Comparison

Inilah Perbandingan Samsung A52 dan Samsung A52s, Apakah Signifikan?

Samsung kembali menghadirkan smartphone untuk kelas menengahnya, yaitu Samsung A52. Tidak tanggung-tanggung, Samsung juga meluncurkan versi S nya tiga bulan kemudian. Samsung A52 dirilis lebih dulu pada Maret, sedangkan seri Samsung A52s dirilis pada September di tahun yang sama, 2021.

Sekilas, kedua tipe ini memang memiliki tampilan yang mirip dan fitur yang mumpuni. Untuk lebih detailnya yuk kita bedah spesifikasi dari kedua tipe Samsung ini!

Sumber : Gadgets Compare

Warna & Desain

Dari segi dimensi dan berat, kedua ponsel besutan Samsung ini sama-sama memiliki ukuran 15,99 cm x 7,51 cm x 8,4 mm dan memiliki berat 189 gram. Untuk desainnya, Samsung A52 dan Samsung A52s sama-sama mengusung konsep seamless design, yang bercirikan minimalis dengan bagian belakang yang matte dengan pilihan warna menarik.

Samsung A52 memiliki empat warna, yaitu Awesome Black, White, Violet, dan Blue. Sedangkan Samsung A52s memiliki warna pastel, seperti Awesome Purple dan Mint di samping warna Black dan White.

Kamera dari kedua ponsel Samsung ini juga disusun secara vertikal dengan empat kamera, yaitu kamera utama beresolusi 64 MP yang didukung teknologi OIS (Optical Image Stabilization) untuk mencegah blur, kamera ultra wide dengan resolusi 12 MP, kamera macro dan depth kamera yang sama-sama beresolusi 5 MP. Untuk kamera depannya, juga telah mempunyai resolusi yang tinggi yaitu 32 MP.

Untuk perekaman video, Samsung model ini dapat merekam menggunakan hingga kualitas 4K dengan kecepatan 30 fps. Kedua layar dari Samsung ini sudah menggunakan teknologi Super AMOLED dengan resolusi 1080 x 2400 pixel yang berukuran 6,5 inch. Hal ini tentunya akan sangat memanjakan mata para penggunanya, baik untuk aktivitas sehari-hari, maupun menonton video dan bermain game.

Baca juga: Review Samsung Galaxy A30: HP Segala Kalangan

Refresh Rate

Salah satu perbedaan utama dari Samsung A52 dan Samsung A52s adalah refresh rate nya. Pada Samsung A52 refresh rate nya hanya mencapai 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz, sedangkan Samsung A52s sudah mencapai 120 Hz dengan touch sampling rate 240 Hz.

Hal ini membuat Samsung A52s lebih responsif dan memiliki navigasi yang mulus dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu A52. Selain itu, Samsung A52s juga unggul dari segi scrolling karena refresh rate nya yang lebih tinggi. Namun, perlu diperhatikan juga refresh rate yang tinggi tentunya dapat menguras daya baterai.

Jaringan

Perbedaan mendasar lainnya terletak pada konektivitas atau jaringan. Pasalnya Samsung A52s telah didukung oleh jaringan 5G. Berdasarkan situs Samsung, A52s ini telah dilengkapi jaringan 5G sub-6 GHz di band N3 (1.800 MHz) dan N40 (2.300 MHz) yang telah dikenal digunakan oleh dua operator seluler 5G di Indonesia.

Jika di total keseluruhan, A52s telah mendukung12 pita jaringan (bandwidth) berupa n1, n3, n5, n7, n8, n20, n28, n38, n40, n41, n66, dan n78. Hal ini tentunya jauh berbeda dengan Samsung A52 yang hanya mensupport jaringan sampai 4G LTE saja. Selain itu, kedua ponsel ini juga hadir dengan konektivitas lain yang mumpuni seperti USB Type-C, Bluetooh 5.0, NFC, 3.5 mm jack audio, serta jaringan WiFi.

RAM

Berbicara soal RAM, Samsung A52s lebih unggul karena menghadirkan RAM plus yang tidak ada pada Samsung A52. Fitur ini membuat Samsung A52s memiliki virtual RAM, yang dapat menambah kapasitas RAM hingga 12 GB yang dijalankan secara otomatis.

Cara kerjanya yaitu dengan “meminjam” ruang di media internal yang dikelola oleh AI atau Artificial Intelligence. AI ini yang akan mempelajari aktivitas pengguna, terutama saat multitasking dan kemudian menjalankan fitur RAM plus.

Sedangkan untuk pendahulunya yaitu Samsung A52, ponsel ini hadir dengan RAM 8 GB dan storage penyimpanan yang cukup besar bisa sampai 256 GB dan 1 TB dengan microSD. Di samping itu, kedua ponsel ini memiliki ketahanan baterai yang kuat dengan kapasitas 4500 mAh.

Baca juga: HP Samsung Harga 1 Sampai 2 Jutaan Terbaik Tahun 2023

Prosesor

Prosesor Samsung A52s bisa dibilang lebih unggul karena telah ditenagai oleh prosesor Snapdragon 778 G dengan fabrikasi 6nm. Prosesor ini membuat pengalaman scrolling, aktivitas sehari-hari, bahkan aktivitas gaming menjadi lebih mulus.

Dominikus Susanto, business manager development Qualcomm menyampaikan bahwa prosesor jenis ini merupakan jenis prosesor terbaik  yang juga dimiliki banyak ponsel high end di pasaran. Sedangkan untuk A52, prosesor yang digunakan adalah Snapdragon 720 G dengan fabrikasi 8nm yang banyak digunakan oleh ponsel mid-range.

Keunggulan lain dari A52s yaitu memiliki skor perbandingan AnTuTu lebih tinggi 1.59x dengan 541000, dibandingkan dengan skor A52 yang hanya mencapai 341212. Hal ini membuktikan bahwa performa Samsung A52s sedikit lebih unggul daripada Samsung A52.

Kesimpulan

Dalam memilih ponsel, Jagoans tentunya juga harus mempertimbangkan kebutuhan dari penggunaan ponsel tersebut. Jagoans juga bisa membuat daftar tujuan dari penggunaan ponsel tersebut, apakah akan digunakan untuk aktivitas ringan untuk sehari-hari, kebutuhan fotografi dan video ataupun untuk bermain game.

Nah, biar nggak salah pilih, berikut rangkuman dari masing-masing alasan yang dapat dipertimbangkan sebelum membeli Samsung A52s ataupun A52 :

Alasan untuk membeli Samsung A52s:

  • Memiliki refresh rate yang lebih tinggi yaitu 120 Hz yang membuat layar lebih responsif.
  • Didukung oleh prosesor Snapdragon 778 G yang membuat performa ponsel lebih mulus.
  • Mendukung jaringan 5G dengan 12 pita jaringan.
  • Memiliki fitur RAM Plus yang canggih dan dapat meng-upgrade penggunaan RAM dengan bantuan AI sampai dengan 12 GB.
  • Terdapat pilihan warna yang lebih cerah dengan warna mint ataupun ungu muda.

Alasan untuk membeli Samsung A52:

  • Harga lebih terjangkau, cocok untuk aktivitas normal sehari-hari.
  • Memiliki fitur refresh rate 90 Hz dan resolusi Full HD+, Adreno 618 bisa memberikan performa yang cukup.
  • Memori yang dapat di upgrade hingga 1 TB menggunakan micro SD.
  • Ponsel mid-range dengan layar AMOLED dan baterai yang awet.
  • Kamera yang mumpuni berbeda jauh dengan ponsel terdahulunya

Gimana nih Jagoans? Sudah berpikir untuk membeli Samsung yang mana? Eits, sebelum membeli jangan tergiur dengan harga yang jauh lebih murah ya Jagoans! Hal ini dikarenakan banyak banget produk refurbished yang kualitasnya belum tentu terjamin tapi marak diperjual belikan.

Jangan khawatir dan  bingung yuk langsung aja cek di Jagofon! Jagofon tidak hanya menyediakan brand Samsung, tetapi juga menyediakan berbagai tipe dari brand lainnya.

Soal garansi, tenang aja Jagoans, kamu akan mendapat garansi tiga puluh hari dan dapat dipastikan bahwa semua produk gadget yang ditawarkan kepada pengguna adalah original. Hal ini dikarenakan Jagofon selalu melakukan quality control terlebih dahulu dengan menjalankan lebih dari 90+ tes.

Dengan belanja di Jagofon, kamu juga turut berkontribusi untuk mengurangi limbah elektronik lho! Yuk tunggu apa lagi? Segera beli gadget impian kamu di Jagofon sekarang juga!