Comparison

February 10, 2024

Inilah Perbandingan iPhone 12 Pro dan iPhone 15 Pro Tahun 2023

iPhone 15 Pro merupakan inovasi terbaru dari Apple, menghadirkan serangkaian fitur revolusioner yang memperkuat posisinya di puncak teknologi mobile. Dengan desain yang lebih ramping dan elegan, iPhone 15 Pro menampilkan layar ProMotion yang adaptif dengan refresh rate hingga 120Hz untuk pengalaman visual yang mulus. Teknologi kamera yang diperbarui, termasuk sensor yang lebih besar dan kemampuan AI yang ditingkatkan, menghasilkan foto dan video yang lebih tajam dan detail.

iPhone 15 vs iPhone 12: might be time for an upgrade - PhoneArena
Source: Phone Arena

Selain itu, pembaruan signifikan dalam performa dengan chip A16 yang lebih canggih serta peningkatan daya tahan baterai membuat iPhone 15 Pro menjadi pilihan utama bagi Jagoans yang menginginkan kombinasi sempurna antara kekuatan, keindahan, dan inovasi. Sekarang Jagofon mau membahas mengenai perbandingan iPhone 15 Pro dengan iPhone 12 Pro, yuk intip bersama!

Baca juga: Inilah Spesifikasi iPhone 15 Pro Yang Baru Masuk Indonesia

Desain

iPhone 15 Pro menampilkan sentuhan desain yang lebih futuristik dengan tepian yang lebih halus dan ramping serta kaca yang dipoles dengan cermat, memberikan kesan yang lebih elegan dan modern. Pergeseran yang paling mencolok mungkin terletak pada modul kamera belakang yang lebih besar dan lebih maju, menambah dimensi yang menarik pada penampilan perangkat tersebut. Selain itu, ukuran fisik yang sedikit lebih kecil dari iPhone 15 Pro menawarkan kenyamanan yang lebih besar dalam penggunaan sehari-hari tanpa mengorbankan layar yang luas dan imersif.

Apple identifies issues causing overheating in the iPhone 15 | Reuters
Source: Reuters

Namun, perbedaan terbesar tidak hanya terletak pada penampilan visual, tetapi juga pada detail yang mungkin tidak terlihat secara langsung. Meskipun iPhone 15 Pro memiliki desain yang ramping, inovasi desain tersembunyi dalam penggunaan material yang lebih kuat dan tahan lama, yang meningkatkan ketahanan terhadap goresan dan benturan sehari-hari. Dengan demikian, iPhone 15 Pro tidak hanya menghadirkan keindahan yang memukau, tetapi juga keandalan yang ditingkatkan, memastikan bahwa perangkat ini siap menemani kamu dalam petualanganmu sehari-hari dengan gaya yang tak tertandingi.

Ukuran dan Layar

Perbedaan antara iPhone 12 Pro dan iPhone 15 Pro dalam hal ukuran dan layar mencerminkan kemajuan yang signifikan dalam teknologi visual mobile. iPhone 12 Pro menampilkan layar Super Retina XDR OLED berukuran 6.1 inci dengan resolusi 2532 x 1170 pixel, menawarkan gambar yang tajam dan warna yang hidup. Namun, iPhone 15 Pro memberikan lonjakan yang luar biasa dengan layar yang lebih besar dan lebih cerah.

New iPhone 15 models compared: iPhone 15 vs. Plus vs. Pro vs. Pro Max |  ZDNET
Source: ZD Net

Dengan layar Super Retina XDR OLED berukuran 6.4 inci dan resolusi yang sama, iPhone 15 Pro memperluas pengalaman multimediamu dengan memberikan ruang yang lebih besar untuk menikmati konten dengan detail yang lebih tajam dan warna yang lebih kaya. iPhone 12 Pro memiliki dimensi 146.7 x 71.5 x 7.4 mm dengan berat 189 gram, sedangkan iPhone 15 Pro memiliki dimensi 145.1 x 71.5 x 7.8 mm dengan berat 194 gram.

Perbedaan ukuran yang sedikit antara kedua perangkat ini memberikan pengalaman yang nyaman dalam penggunaan sehari-hari. Selain itu, layar iPhone 15 Pro juga dilengkapi dengan teknologi ProMotion yang adaptif, memungkinkan refresh rate hingga 120Hz untuk respons yang lebih cepat dan pengalaman visual yang lebih mulus. Dengan kombinasi ukuran yang optimal dan layar yang luar biasa, iPhone 15 Pro memastikan bahwa kamu dapat menikmati konten dengan kualitas tertinggi di mana pun dan kapanpun kamu inginkan.

Kamera

iPhone 12 Pro dilengkapi dengan sistem kamera triple 12MP yang telah terbukti handal, termasuk kamera utama, ultrawide, dan telefoto, yang menghasilkan gambar yang tajam dan detail. Namun, iPhone 15 Pro mengambil langkah lebih jauh dengan memperkenalkan sistem kamera yang diperbarui yang menampilkan sensor yang lebih besar dan lebih canggih serta kemampuan pemrosesan AI yang ditingkatkan.

iPhone 15 vs. iPhone 12 camera face-off — why you should upgrade now |  Tom's Guide
Source: Tom's Guide

Dengan teknologi pengambilan gambar yang lebih mutakhir, iPhone 15 Pro memberikan hasil foto dan video yang lebih tajam, dinamis, dan memukau dalam berbagai situasi pencahayaan. Secara spesifik, iPhone 12 Pro dilengkapi dengan kamera utama 12MP, kamera ultrawide 12MP, dan kamera telefoto 12MP, sementara iPhone 15 Pro juga memiliki kamera utama 12MP tetapi dengan sensor yang lebih besar, yang meningkatkan kinerja dalam kondisi pencahayaan rendah.

Selain itu, iPhone 15 Pro juga memperkenalkan fitur baru seperti mode sinematik yang memungkinkan Jagoans untuk menciptakan film layar lebar yang menakjubkan dengan kedalaman bidang yang dinamis. Dengan kombinasi kemampuan kamera yang lebih canggih dan fitur inovatif, iPhone 15 Pro memungkinkan kamu untuk menghasilkan konten visual yang lebih kreatif dan mengesankan.

Prosesor

iPhone 12 Pro ditenagai oleh chip A14 Bionic yang tangguh, memberikan kinerja yang luar biasa dan responsif dalam menjalankan aplikasi dan tugas multitasking yang kompleks. Namun, iPhone 15 Pro menghadirkan lonjakan performa yang lebih besar dengan chip A15 Bionic yang revolusioner. Dengan arsitektur yang lebih canggih dan kecepatan yang meningkat secara signifikan, chip A15 Bionic menghadirkan kinerja yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam smartphone, memungkinkanmu untuk menjelajahi dunia digital dengan kecepatan dan efisiensi yang luar biasa.

Source: CNN

iPhone 12 Pro dilengkapi dengan chip A14 Bionic, yang terdiri dari CPU hexa-core dan GPU quad-core, sementara iPhone 15 Pro ditenagai oleh chip A15 Bionic yang terdiri dari CPU hexa-core dan GPU quad-core yang lebih canggih. Chip A15 Bionic juga membawa peningkatan dalam efisiensi energi, memastikan daya tahan baterai yang lebih baik pada iPhone 15 Pro.

Baterai

iPhone 12 Pro, dengan baterai berkapasitas 2.815 mAh, telah menetapkan standar untuk daya tahan baterai yang solid dalam smartphone kelas atas. Namun, iPhone 15 Pro menghadirkan lonjakan yang mengesankan dengan baterai berkapasitas yang ditingkatkan dan optimisasi perangkat lunak yang cermat. Dengan kapasitas baterai yang lebih besar dan efisiensi energi yang lebih baik, iPhone 15 Pro memungkinkanmu untuk menjelajahi dunia digital dengan lebih lama tanpa khawatir tentang kehabisan daya.

Source: Apple Insider

Secara spesifik, iPhone 12 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas 2.815 mAh, sedangkan iPhone 15 Pro memiliki baterai yang diperkirakan berkapasitas lebih besar, meskipun angka resminya belum diumumkan. Namun, peningkatan kapasitas baterai pada iPhone 15 Pro, bersama dengan optimisasi perangkat lunak yang lebih baik, menjanjikan daya tahan baterai yang lebih baik daripada pendahulunya.

Selain itu, iPhone 15 Pro juga memperkenalkan fitur pengisian daya yang lebih cepat dan lebih efisien, memberikan solusi yang lebih praktis untuk kamu yang selalu dalam perjalanan. Dengan kombinasi peningkatan kapasitas baterai dan teknologi pengisian yang lebih baik, iPhone 15 Pro tidak hanya menawarkan kinerja yang lebih unggul, tetapi juga pengalaman Jagoans  yang lebih tahan lama dan nyaman.

Baca juga: Inilah Sejarah Perjalanan iPhone Hingga Tahun 2023

Kesimpulan

Dalam perbandingan antara iPhone 12 Pro dan iPhone 15 Pro, kedua perangkat menawarkan keunggulan masing-masing. iPhone 12 Pro hadir dengan desain yang sudah dikenal dan kamera yang handal, sementara iPhone 15 Pro menghadirkan inovasi yang signifikan dengan desain yang lebih futuristik, kamera yang lebih canggih, prosesor yang lebih kuat, dan daya tahan baterai yang lebih baik.

Untuk kamu yang sedang mencari iPhone bekas, kamu bisa menemukannya di Jagofon! Di sini, semua produknya sudah bisa dijamin kualitasnya karena setiap HP telah melalui quality control. Kamu gak perlu takut mendapatkan HP seken yang tidak dapat berfungsi atau produk cacat. Yang menarik lagi, kamu akan mendapatkan garansi mesin 1-6 bulan.

Namun, perlu diingat bahwa iPhone 15 Pro mungkin memiliki harga yang lebih tinggi dan beberapa pengguna mungkin tidak merasakan perbedaan yang signifikan dalam penggunaan sehari-hari dibandingkan dengan model sebelumnya. Sementara iPhone 15 Pro menawarkan kemajuan yang menakjubkan dalam teknologi mobile, kamu juga harus mempertimbangkan dengan cermat kebutuhan dan anggaranmu sebelum membuat keputusan pembelian.

Share on: