Comparison

iPhone 13 Pro VS iPhone 15 Pro. Apakah Harus Upgrade?

Source : Phone Arena

iPhone 15 Pro yang dirilis pada akhir 2023 lalu, membawa perubahan fitur yang signifikan, termasuk materialnya yang dibuat dari bahan titanium. Model terbaru dari iPhone 15 Pro ini juga dilengkapi dengan chip tercanggih besutan Apple yaitu second-generation Ultra Wideband Chip dan A17 Pro Chip.

Selain chipsetnya, fitur kamera dari iPhone 15 Pro juga telah mengalami peningkatan. Walaupun mengusung beragam fitur dan peningkatan desain yang impresif, untuk sebagian orang, melakukan upgrade dianggap tidak perlu, apalagi jika melakukan upgrade dari iPhone 14 Pro.

Namun bagaimana dengan iPhone 13 Pro? Jika dibandingkan dengan iPhone 15 Pro, tentunya bukan hal yang mengejutkan jika kedua ponsel besutan Apple ini memiliki perbedaan yang cukup jauh, mengingat iPhone 13 Pro dirilis pada tahun 2021.

Nah, untuk Jagoans yang penasaran, apakah worth it untuk melakukan upgrade dari iPhone 13 Pro ke iPhone 15 Pro? Yuk temukan jawabannya di artikel berikut!

Baca juga: Simak Cara Foto Keren Dengan iPhone 13 Pro

Desain & Layar

Source : Digital Trends

Dari segi desain, jika dilihat sekilas, iPhone 13 Pro dan iPhone 15 Pro tidak memiliki perbedaan yang signifikan, dan terkesan sama. Namun, iPhone 15 Pro telah dilengkapi dengan fitur dynamic island untuk menggantikan notch, yang membuat iPhone 15 Pro menampilkan desain layar yang lebih luas.

Selain itu, iPhone 15 Pro dan iPhone 13 Pro juga memiliki ukuran layar yang sama dengan layar berukutan 6,1 inch dan telah didukung oleh Super Retina XDR dan teknologi Pro Motion yang membuat tampilan warna yang tajam serta nyaman saat digunakan berjam-jam.

Perbedaan lainnya terletak pada material yang digunakan, dimana iPhone 15 Pro telah menggunakan titanium, sedangkan iPhone 13 Pro masih menggunakan baja tahan karat. Dimensi dari iPhone 15 Pro juga memiliki tinggi dan lebar 0,1 mm lebih kecil dan bobot yang lebih ringan jika dibandingkan dengan iPhone 13 Pro.

Untuk bobotnya, iPhone 15 Pro memiliki bobot 187 gram, dan iPhone 13 Pro berbobot 203 gram. Di samping itu, warna dari iPhone 15 Pro cenderung lebih gelap dan monokrom, namun masih menampilkan kesan mewah. iPhone 15 Pro hadir dalam beberapa warna yaitu Natural Titanium, Hitam Titanium, Biru Titanium, dan Titanium Putih.

Sedangkan, iPhone 13 Pro memiliki desain warna yang lebih cerah dan cheerful, serta menampilkan kesan yang elegan. Warna-warna yang tersedia pada iPhone 13 Pro yaitu Silver, Gold, Hijau Alpen, Sierra Blue, dan Abu-Abu Grafit. Warna Hijau Alpennya bahkan sempat viral dan diincar oleh banyak orang karena warna tersebut dinilai langka dan aesthetic.

Spesifikasi & Performa

Source : CekAja

Untuk lebih mengetahui spesifikasi dari iPhone 13 Pro dan iPhone 15 Pro, Jagoans dapat melihatnya pada tabel berikut :

Spesifikasi

iPhone 13 Pro

iPhone 15 Pro

Chipset


Chip A15 Bionic

CPU 6-core

GPU 5-core

Neural Engine 16‑core

Chip A17 Pro

CPU 6-core

GPU 6-core

Neural Engine 16-core


Layar

6,1 inch

Layar Super Retina XDR

Teknologi ProMotion

6,1 inch

Layar Super Retina XDR

Teknologi ProMotion

Layar yang Selalu Aktif


Dimensi

Tinggi

146,7 mm


Lebar

71,5 mm


Tebal

7,65 mm


Berat

203 g

Tinggi

146,6 mm


Lebar

70,6 mm


Tebal

8,25 mm


Berat

187 gram

Material

Baja tahan karat dengan bagian belakang kaca matte bertekstur


Titanium dengan bagian belakang kaca matte bertekstur.


Kamera

Sistem kamera Pro
Utama 12 MP

Ultra Wide

Telefoto


Mode Potret dengan Fokus dan Kontrol Kedalaman


Sistem kamera Pro
Utama 48 MP 

Ultra Wide 

Telefoto


Generasi baru mode potret dengan Fokus dan Kontrol Kedalaman


Penyimpanan

128 GB

256 GB

512 GB

1 TB

128 GB

256 GB

512 GB

1 TB

Konektivitas

5G (sub-6 GHz) dengan 4x4 MIMO

Wi‑Fi 6

Bluetooth 5.0


Kabel Lightning

Mendukung USB 2

5G (sub-6 GHz) dengan 4x4 MIMO

Wi‑Fi 6E

Bluetooth 5.3


Kabel USB-C

Mendukung USB 3 untuk transfer hingga 20x lebih cepat

Daya Tahan Baterai

Pemutaran video:

Hingga 22 jam


Pemutaran audio:

Hingga 75 jam


Pengisian daya hingga 50% dalam 30 menit

Pemutaran video:

Hingga 23 jam


Pemutaran audio:

Hingga 75 jam


Pengisian daya hingga 50% dalam 30 menit

Fitur Lainnya

NFC dengan mode pembaca

Darurat SOS

NFC dengan mode pembaca

Darurat SOS

Deteksi Tabrakan

Jika dilihat dari chipsetnya, iPhone 15 Pro lebih unggul karena sudah menggunakan chip A17 Pro. Apple bahkan mengklaim bawah chip ini merupakan chip mobile pertama yang menggunakan fabrikasi 3 nm. Performa GPU nya juga 20% lebih cepat jika dibandingkan chip A16 Bionic. Pengguna akan sangat dimanjakan dengan performa yang mulus dan cepat, termasuk bermain game.

Selain itu, chip A17 Pro ini juga dilengkapi dekoder AV1 yang dapat membuat pengalaman menonton video berkualitas tinggi menjadi lebih mengesankan. Fitur upgrade lainnya dari iPhone 15 Pro jika dibandingkan dengan iPhone 13 Pro adalah desain dari dynamic island pada layar.

Fitur ini dapat membuat tampilan layar menjadi lebih full, efisien, dan juga unik. Pasalnya dynamic island dapat digunakan untuk menampilkan notifikasi dan aktivitas yang dilakukan pengguna secara realtime. Kamera dari iPhone 15 Pro juga sudah ditingkatkan resolusinya menjadi 48 MP dengan pengisi daya kabel USB-Type C yang universal.

Kamera

Source : amateurphotographer.com

Jika berbicara soal kamera, iPhone 13 Pro sebenarnya juga sudah unggul dalam pengambilan gambar. iPhone 13 Pro memiliki resolusi sebesar 12 MP dengan sistem kamera Pro yang dilengkapi lensa ultrawide, wide, dan lensa telefoto. Di samping itu, iPhone 13 Pro juga memiliki Mode Potret dengan bokeh yang disempurnakan dan Depth Control.

Namun, untuk permasalahan kamera, iPhone 15 Pro daapt diaktakan lebih unggul karena resolusi kameranya yang lebih tinggi dengan 48 MP, dan juga dilengkapi lensa wide, ultrawide dan lensa telefoto. Selain itu, iPhone 15 Pro ini juga telah mendukung perekaman video HDR dengan Dolby Vision hingga 4K pada kecepatan 60 fps.

Untuk perbandingan hasil foto antara iPhone 13 Pro dan iPhone 15 Pro dapat dilihat pada gambar berikut :

Source : Youtube Mohit Balani
Source : Youtube Mohit Balani

Baterai & Harga

Source : Beebom

Beralih ke fitur baterai, iPhone 15 Pro memiliki kapasitas 3274 mAh yang diklaim dapat bertahan selama 80 jam untuk pemakaian audio. Kapasitas baterai ini sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan iPhone 13 Pro yang berkapasitas 3095 mAh. Kedua model iPhone ini juga telah mendukung teknologi pengisian daya cepat (fast charging). Cocok untuk Jagoans yang sering berpergian.

Dari segi harga, iPhone 15 Pro tentunya lebih tinggi jika dibandingkan dengan iPhone 13 Pro. Hal ini bukanlah hal yang mengejutkan, mengingat iPhone 15 Pro dirilis pada September 2023, dan iPhone 13 Pro dirilis pada September 2021. Dilansir dari website Jagofon, untuk harga iPhone 13 Pro berkisar 10-15 jutaan, sedangkan iPhone 15 Pro berada pada rentang harga 19-21 juta.

Baca juga: Perbandingan iPhone 11 dan iPhone 14: Mana Yang Lebih Baik untukmu?

Kesimpulan

Untuk kamu yang masih bingung, berikut beberapa poin penting yang dapat kamu pertimbangkan sebelum membeli iPhone 13 Pro ataupun iPhone 15 Pro :

Alasan Pilih iPhone 15 Pro

  • Memiliki layar mumpuni dengan teknologi Super Retina XDR yang dilengkapi dengan dynamic island yang fungsional dan aesthetic.
  • Kamera beresolusi tinggi dengan fitur perekaman vuideo HDR dengan Dolby Vision.
  • Dilengkapi Chipset A17 Pro yang canggih dengan performa yang lebih cepat dan efisien.
  • Menggunakan USB Type-C yang universal untuk melakukan pengisian daya.

Alasan Pilih iPhone 13 Pro

  • Fitur masih tergolong mumpuni dengan harga yang lebih terjangkau.
  • Baterai masih tahan lama untuk aktivitas sehari-sehari, ditambah dengan dukungan fast charging.
  • Kamera dengan resolusi 12 MP masih menghasilkan gambar yang jernih dan tajam.
  • Performa dengan chipset A15 Bionic juga masih unggul jika dibandingkan series iPhone sebelumnya.

Nah gimana Jagoans? tertarik untuk membeli iPhone 13 Pro atau iPhone 15 Pro? daripada bingung mau beli dimana, mending langsung ke website Jagofon aja! Jagofon merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas.

Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru. Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 bulan loh! Cukup checkout HP impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa!

Tunggu apalagi? yuk segera dapatkan semua HP incaranmu hanya di Jagofon!