Product

iPhone SE (2nd Gen): Harga dan Spesifikasi 2023

Kamu berencana ingin membeli iPhone? Eits, jangan khawatir!

Saat ini, kamu sudah bisa kok untuk mendapatkan iPhone dengan harga terjangkau. Selain karena adanya penyusutan nilai, Apple akan terus berinovasi dengan memproduksi iPhone baru dari tahun ke tahun.

Salah satu iPhone yang harganya terjangkau dan bisa kamu dapatkan di tahun ini adalah iPhone SE Gen 2, yang meskipun dirilis pada tahun 2020 tapi desain dan teknologinya tidak ketinggalan zaman.

iPhone SE Gen 2 adalah seri handphone dari Apple yang paling murah diantara seri yang lainnya seperti Plus atau Pro. Meskipun harganya termasuk entry level, iPhone SE memiliki fitur-fitur dan spesifikasi yang berkualitas.

Produk-produk Apple dikenal sebagai produk yang elegan dan berkelas. Salah satu wujud ini ditunjukkan melalui pilihan warna yang tersedia dalam warna hitam, putih, dan merah.

(Source: Apple)

Selain dilihat dari segi elegannya, Apple juga tidak main-main dalam hal keamanan dan privasi. Tidak hanya dari teknologi sensor biometrik sidik jari atau pengenalan wajah, Apple juga terus memberikan pembaruan sistem operasi agar terhindar dari virus atau malware.

Kalau kamu tertarik untuk membeli iPhone SE Gen 2, yuk pelajari dulu spesifikasi lengkap dan harganya di bawah ini.

Desain bodi

Seperti yang kita tahu, desain iPhone memang simpel nan elegan. Tidak hanya cantik, iPhone SE Gen 2 juga dilindungi oleh Ion-strengthened glass yang kualitasnya sangat baik untuk menjaga keretakan layar handphone, serta dilindungi dengan penghantar debu atau air IP67 yang dapat bertahan pada kedalaman maksimum 1 meter hingga 30 menit.

Gorilla glass yang digunakan berada pada bagian depan dan belakang bodi, sedangkan bingkainya menggunakan aluminium. Meskipun terbuat dari kaca, iPhone tidak akan pecah berkeping-keping seperti kaca pada umumnya, sehingga tidak membahayakan pengguna.

2-year review: How good is the iPhone SE (2nd gen) in 2022? | by Shaunak  Bhanarkar | UX Planet
(Source: UX Planet)

iPhone SE Gen 2 juga sangat nyaman untuk digenggam bahkan jika digunakan hanya dengan satu tangan saja. Dengan ukuran tinggi 138,4 mm, lebar 67,3 mm, dan tebal 7,3 mm, iPhone SE Gen 2 termasuk handphone yang tipis. Beratnya pun cukup ringan, yaitu 148 gram.

Layar

Tipe layar yang digunakan iPhone SE Gen 2 adalah Retina IPS LCD dengan penangkap cahaya 625 nits, merupakan tipe layar yang dapat membuat tampilan pada handphone menjadi lebih jelas dan jernih serta nyaman dilihat dalam waktu yang cukup lama tanpa membuat mata merasa lelah.

iPhone SE Gen 2 merupakan handphone satu generasi dengan iPhone 12 karena keduanya dirilis pada tahun yang sama. iPhone 12 menggunakan tipe layar AMOLED yang dinilai lebih bagus daripada layar IPS, namun harganya lebih mahal.

Orang yang sudah mengerti akan perbedaan IPS LCD dan AMOLED akan memahami mengapa harga iPhone SE Gen 2 lebih terjangkau meskipun tanpa mengurangi kualitas handphone itu sendiri.

iPhone SE - Apple
(Source: Apple)

Dengan resolusi 750 x 1334 piksel dan ukuran 4,7 inci, layar iPhone SE Gen 2 termasuk memiliki ukuran layar yang lebih kecil dibandingkan flagship iPhone terbaru.

Hal ini dikarenakan bentuk iPhone SE masih menggunakan tombol touch ID sebagai tombol home atau pembaca sidik jari. Sedangkan, handphone terbaru saat ini menggunakan full view display atau layar penuh.

Baca juga: Apakah iPhone 8 Masih Layak Pakai di Tahun 2023?

Kamera

iPhone merupakan merek handphone yang kameranya selalu dinilai terbaik di dunia. Setiap rilisnya seri baru, kualitas kameranya akan terus meningkat. Tak terkecuali pada iPhone SE Gen 2 yang juga memiliki kamera yang bagus meskipun tidak sebaik seri utamanya.

iPhone SE: A powerful new smartphone in a popular design - Apple
(Source: Apple)

Untuk kamera belakang, iPhone SE Gen 2 memiliki resolusi 12 MP dengan bukaan lensa f/1.8 menggunakan lensa wide. Hasil perekaman video juga memiliki resolusi yang besar dan sudah menjadi standar dunia konten, dengan resolusi 4K pada 24/30/60fps dan 1080p pada 30/60/120/240fps.

Sedangkan kamera depan iPhone SE Gen 2 memiliki resolusi 7 MP dengan bukaan lensa f/2.2 yang didukung oleh mode HDR agar foto menjadi lebih tajam dan bagus. Resolusi untuk pengambilan video juga tidak kalah, dengan resolusi 1080p pada 30fps yang dapat membuat video yang diambil tidak ngeblur.

Performa

iPhone merancang chip prosesor yang luar biasa canggih dan kuat, dinamakan Apple Bionic. iPhone SE Gen 2 menggunakan prosesor Apple A13 Bionic yang juga digunakan oleh iPhone 11. Jika kamu tahu spesifikasi iPhone 11, kamu akan mengerti bagaimana kinerjanya yang sangat cepat dan lancar.

Bersamaan dengan chip yang digunakan, iPhone SE Gen 2 memiliki CPU Hexa-core (2x2.65 GHz Lightning + 4x1.8 GHz Thunder) dan GPU Apple 4-core graphics. Sistem operasi dasar yang digunakan iPhone SE Gen 2 adalah iOS 13.

Compared: New 2022 iPhone SE vs 2020 iPhone SE - iPhone Discussions on  AppleInsider Forums
(Source: AppleInsider Forums)

Meskipun RAM yang tersedia adalah 3GB, iPhone SE Gen 2 tetap lancar jika digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berat, menonton video dengan resolusi terbaik, hingga bermain game dengan pengaturan grafik terbaik.

Lancarnya iPhone dengan RAM 3GB dengan handphone lainnya salah satunya karena berkat dukungan dari chip prosesornya yang memang mendukung penggunaan iPhone dengan optimal.

Meskipun tidak ada iPhone yang dirancang untuk menggunakan memori eksternal agar terhindar dari adanya serangan virus atau malware, memori internal yang ditawarkan sangat cukup, yaitu 64GB, 128GB, dan 256GB. Apple juga memberikan gratis iCloud sebesar 5GB untuk pengguna produk Apple.

Baca juga: Mengapa iPhone XR Lebih Laku dari iPhone XS? Ketahui Perbedaannya!

Baterai

iPhone SE Gen 2 memiliki kapasitas baterai sebesar 1821 mAh dengan kabel pengisian daya 18W yang dipercaya dapat mengisi baterai hingga 50% hanya dalam 30 menit. Setelah diuji, handphone ini dapat bertahan hingga 13 jam untuk menonton video, 8 jam untuk menonton streaming, dan 40 jam untuk mendengar audio.

Meskipun kapasitasnya terlihat kecil, pastinya Apple sudah menggunakan teknologi agar dapat mengoptimalkan penggunaan baterai serta teknologi pengisian daya cepat.

Kesimpulan

Kalau soal iPhone, kamu tidak perlu khawatir akan ketinggalan zaman. Tidak hanya untuk gaya hidup, iPhone SE Gen 2 juga dapat bertahan sampai bertahun-tahun kok. Makanya hingga detik ini masih banyak yang menggunakan dan/atau mencari handphone ini.

Saat ini, kamu sudah bisa beli iPhone SE Gen 2 atau iPhone SE lainnya dengan harga terjangkau kok, harganya sudah turun cukup jauh. Di Jagofon, kamu bisa dapatkan handphone ini di harga Rp 4 jutaan saja.

Untuk ukuran sebuah iPhone yang dirilis di tahun 2020, harga Rp 4 jutaan merupakan harga yang cukup worth it loh. Kami merekomendasikan iPhone SE Gen 2 karena kombinasi akan modelnya yang belum jadul dan juga spesifikasinya itu sendiri. Kalau juga bisa temukan iPhone SE Gen 1 di Jagofon. Tergantung kamu lebih suka model dan spesifikasi yang mana.Apalagi di Jagofon, kamu bisa temukan iPhone second lainnya dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau. Langsung saja telusuri dan kontak kami untuk tanya-tanya yuk!