Product

Jangan Sampai Tertipu! Inilah Perbedaan Apple Watch Original Dan Tiruan

Seperti yang sudah kita ketahui, Apple adalah salah satu perusahaan yang produknya sangat sulit untuk ditiru. Meskipun berbagai usaha telah dilakukan untuk menguranginya, produk Apple Watch palsu masih saja beredar dimana-mana.

Pihak-pihak yang memproduksi barang tiruan pasti akan membuatnya semirip mungkin, setidaknya dari segi fisik agar lebih banyak yang mudah tertipu, terutama pada produk Apple Watch yang mana banyak orang belum mengetahui perbedaan yang asli dan palsu.

Liciknya, mereka memasarkan Apple Watch ini sebelum produk yang asli dijual secara publik. Hal ini dilakukan agar mereka yang membeli tidak mengetahui produk yang dibeli apakah asli atau palsu.

Pasti orang-orang yang tertipu ini telah membeli produknya bukan di toko resmi Apple atau toko distribusi resmi seperti iBox. Tergiur dengan harga Apple Watch yang murah, mereka terjebak untuk membelinya.

Hal ini juga terjadi pada toko yang menjual elektronik second, dengan iming-iming barang asli yang masih belum terpakai dan dijual dengan harga rendah yang padahal adalah barang palsu.

(Source: Apple)

Maka itu, kamu harus memilih toko dengan cermat. Salah satu toko yang dipercayai oleh seluruh masyarakat Indonesia adalah Jagofon. Meskipun menjual produk second, barang yang dijual semuanya asli.

Lalu, bagaimana cara mengetahui perbedaan Apple Watch asli dan yang palsu? Agar tidak tertipu di kemudian hari, kamu wajib baca artikel ini sampai habis!

Beli di Toko Terpercaya

Seperti yang sudah dibahas diatas, membeli barang di toko terpercaya memang sangat penting, tidak hanya barang elektronik namun barang apapun. Kami tidak akan bosan untuk selalu mengingatkan kamu, karena hal ini juga penting untuk kamu.

Alasan mengapa banyak orang yang masih tertipu adalah karena harga yang ditawarkan oleh toko resmi dan toko distribusi resmi sangat tinggi, didukung dengan adanya tawaran harga yang lebih murah dari toko lain.

Murah disini bukan berarti harga yang dijual sangat anjlok, misalnya seperti harga Apple Watch di iBox adalah Rp7 jutaan, namun toko lain menjual yang palsu dengan harga Rp1jutaan. Perbedaan ini sangat besar sehingga membuat orang curiga. Mereka malah terjebak dengan tawaran sekitar Rp4jutaan hingga Rp5jutaan. Meskipun begitu, masih banyak juga orang yang tertipu dengan harga Rp1 jutaan.

Jika kamu butuh rekomendasi akan toko mana yang terpercaya, dengan yakin kami sangat merekomendasikan iBox, Erafone, dan Jagofon.

Kenapa Jagofon termasuk toko yang terpercaya? Selain sudah banyak pembeli, Jagofon juga menawarkan garansi produk.

Harga Second VS Harga Palsu

Harga barang elektronik pasti akan menyusut setiap tahunnya. Sebagai contoh, kamu bisa dapatkan Apple Watch Series 3 di Jagofon dengan harga Rp2 jutaan saja dari harga aslinya yaitu Rp3.299.000.

Karena dirilis pada tahun 2017, Apple Watch 3 ini mengalami penyusutan harga. Namun, bukan berarti kualitasnya menurun juga.

Produk palsu akan dijual dengan harga kurang lebih Rp1 jutaan atau kebawah. Jangan tergiur dengan harga yang murah dulu, kamu harus mengetahui harga penyusutan atau harga second yang valid di market.

(Source: Apple)

Baca juga: Review Apple Watch 8: Spesifikasi dan Kelebihan

Perbedaan Fisik Apple Watch

Meskipun secara sekilas terlihat sama, ternyata terdapat banyak perbedaan fisik yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Berikut adalah beberapa ciri perbedaan fisik Apple Watch asli dan palsu:

Bentuk layar Apple Watch

Apple Watch asli memiliki layar yang memenuhi bodi, sedangkan Apple Watch palsu memiliki bezel di sekitar layar yang lebih besar. Jika jam tangannya tidak dinyalakan, mungkin yang membelinya tidak tahu bahwa itu palsu.

Dengan adanya layar yang lebih kecil membuat biaya produksi Apple Watch palsu menjadi lebih murah. Foto produk yang ditampilkan oleh toko dapat menipu, akan susah mengetahui keaslian produk jika kita membelinya secara online.

Real vs fake Apple Watch screen
(Source: Verified.org)

Sensor detak jatung

Apple Watch dibekali dengan teknologi yang dapat mendeteksi detak jantung manusia, dimana untuk membuat fitur ini tidaklah murah. Kamu bisa temukan fitur ini di bagian bawah atau belakang layar Apple Watch.

Fitur deteksi detak jantung ini sangat sulit untuk direplika, karena teknologi yang digunakan sangat canggih dan harganya juga mahal. Maka itu, Apple Watch palsu membuat fitur ini dengan bentuk desain dan bahan yang berbeda.

Meskipun ‘berhasil’ direplika, entah apakah fitur sensor detak jantung ini dapat bekerja seperti yang seharusnya, atau malah bahkan tidak bekerja sama sekali.

Real vs fake Apple Watch heart sensor
(Source: Verified.org)

Tali Pengikat

Semua Apple Watch dilengkapi dengan tali pengikat yang dapat dilepas. Jika tali pengikat tidak dapat dilepas, kamu bisa pastikan bahwa itu adalah Apple Watch tersebut adalah palsu.

Faktanya, tali pengikat ini merupakan salah satu aksesoris Apple Watch yang dapat diganti sesuai dengan motif yang kamu suka. Bahkan, Apple sendiri menjual tali pengikat ini di situs web resminya. Meskipun harganya sangat tinggi, kualitasnya sangat baik sehingga dapat tahan selama bertahun-tahun.

Baca juga: Review Apple Watch Ultra: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Kompabilitas dengan iPhone dan Android

Apple Watch palsu mereplikasi desain bagian luar Apple Watch asli dengan baik, tetapi biasanya barang palsu yang bagian luarnya bagus memiliki sistem operasi yang buruk.

Pengguna wajib untuk menghubungkan Apple Watch mereka pada iPhone, bukan Android. Hingga saat ini, belum ada aplikasi yang mendukung Apple Watch untuk dihubungkan ke handphone Android.

Jika pengguna dapat menghubungkannya dengan handphone Android, berarti jam tangan yang digunakan sudah pasti Apple Watch palsu, apalagi jika Apple Watch tidak kompatibel dengan iPhone.

Serial Number Resmi

Kamu bisa memeriksa apakah Apple Watch kamu asli atau tidak. Caranya sangat mudah, kamu bisa kunjungi situs web resmi Apple di https://checkcoverage.apple.com/id/id/ dan masukkan nomor seri Apple Watch asli kamu.

Kamu bisa temukan nomor seri pada Apple Watch kamu. Letaknya berada di bawah atau belakang layar. Terdapat dua versi peletakkan nomor seri Apple Watch karena berbeda seri, contohnya bisa kamu lihat di bawah ini.

Cara menemukan nomor seri atau IMEI Apple Watch - Apple Support (ID)
(Source: Apple)
Cara menemukan nomor seri atau IMEI Apple Watch - Apple Support (ID)
(Source: Apple)

Tidak hanya Apple Watch, produk elektronik apapun pasti memiliki nomor seri pada setiap produknya. Jika Apple Watch kamu resmi, kamu akan melihat tampilan seperti di bawah ini.

How To Spot A Fake Apple Watch (All Series) - Legit Check By Ch

Jangan Sampai Tertipu Beli Apple Watch

Jika kamu lebih suka untuk membeli Apple Watch di toko resmi, kamu tidak perlu khawatir akan semuanya. Namun kamu perlu membayar dengan harga lebih mahal.

Tapi ketika kamu membeli Apple Watch di toko tidak resmi, hal dasar pertama yang perlu kamu perhatikan adalah apakah toko yang menjual berani untuk memberikan garansi. Salah satunya adalah Jagofon.

Biasanya, toko yang memberikan garansi pasti menjual produk asli dan lebih jujur, karena memberikan garansi pada suatu produk tidak bisa sembarangan. Selain memberikan garansi, Jagofon juga memberikan aksesoris tambahan yang harganya cukup lumayan.

Beli Apple Watch asli sekarang di Jagofon!