Lifestyle

January 8, 2024

Keluhan Umum Dari Macbook Air M2: dari Warna Memudar hingga SSD yang Lambat

Belakangan ini, sebuah inovasi produk dari Apple telah menjadi sorotan di bidang kemajuan digital. Perangkat MacBook Air M2 ini dengan cepat menarik perhatian para penggemar teknologi baik pengguna setia Apple maupun penggemar yang melirik kecanggihannya.

MacBook Air M2 menawarkan desain ramping, kinerja luar biasa, dan integrasi yang mulus dalam sistem komputasi. Popularitasnya meroket, didukung oleh chip M2 yang memberikan performa superior dalam hal efisiensi dan kecepatan.

Tidak hanya itu, keberadaan Magsafe dan kualitas audio yang semakin baik juga menjadi daya tarik utama. Tidak dapat dipungkiri bahwa produk ini telah menjadi salah satu pilihan utama di kalangan pengguna Apple.

Disamping popularitasnya yang tinggi, ada beberapa kelemahan dari MacBook Air M2 yang perlu diperhatikan oleh Jagoans sebelum memutuskan untuk membeli produk ini. Mari Jagofon bahas beberapa kekurangan yang dimiliki oleh produk ini!

Baca juga: Ketahui Sebelum Membeli! Ini 5 Kekurangan Chip Apple M1

MacBook Air berkualitas di Jagofon

Port yang Tersedia Minim

Source: Indiatodayn

Berbeda dengan kebanyakan laptop perangkat Windows dengan rentang harga yang sama dengan Macbook Air M2 ini, terdapat perbedaan mencolok dari segi jumlah port yang tersedia. Dimana produk ini memiliki keterbatasan dalam jenis port yang ditawarkan.

Terdapat dua port USB Type-C yang bertujuan untuk mendukung interface Thunderbolt dan USB 4 pada Macbook Air M2, sehingga memungkinkannya terhubung ke monitor eksternal. Namun, sangat disayangkan bila produk ini tidak dilengkapi dengan port HDMI, yang saat ini merupakan standar umum pada banyak perangkat perkantoran seperti TV dan proyektor.

Ketidaktersediaan slot MicroSD juga menjadi kekurangan dari Macbook Air M2 yang umumnya dimiliki oleh hampir setiap laptop Windows. Bagi pengguna yang sering mentransfer data, perlu selalu menyiapkan pembaca kartu eksternal saat bepergian.

Dengan hanya dua port USB-C, penggunaan aksesori atau perangkat tambahan secara bersamaan juga terbatas. Meskipun mungkin dapat menggunakan USB Hub, ini akan menambah barang yang perlu dibawa oleh Jagoans, yang sebenarnya tidak diperlukan.

SSD yang Tidak Cepat

Bagi Jagoans yang belum tahu, SSD pada Macbook Air M2yang menggunakan spesifikasi 256GB justru memiliki kinerja yang lebih lambat dibandingkan dengan Macbook Pro dan Macbook Air M1.

Perbedaan ini disebabkan oleh penggunaan sistem single NAND Chip berukuran 256GB pada M2. Sebaliknya, pada M1, Apple menggunakan 2 keping NAND Chip berukuran 128GB yang dihubungkan secara parallel.

Source: Dave2D Youtube

Meskipun penggunaan single chip NAND dapat mengurangi biaya produksi bagi Apple, hal ini juga menyebabkan kecepatan Read dan Write pada SSD menjadi lebih rendah. Menurut pengujian yang dilakukan oleh Dave2D di YouTube, kecepatan SSD MacBook Air M2 dengan kapasitas 256GB berada pada kisaran 1450MBPS. Sementara itu, pada MacBook Air atau MacBook Pro M2 dengan kapasitas 512GB, kecepatan SSD mencapai angka 2900MBPS, sama seperti pada MacBook Air atau MacBook Pro M1.

Meskipun demikian, untuk pengguna yang bersifat kasual atau tidak memerlukan kecepatan baca dan tulis yang sangat tinggi, seperti dalam pengeditan video, pembuatan animasi, atau tugas pengolahan yang kompleks, kecepatan 1450MBPS pada SSD tetap dianggap cukup baik.

Jadi apabila Jagoans, ingin menggunakan MacBook air M2 dengan kapasitas 256GB dan melakukan beberapa tugas multimedia standar seperti pengolahan dokumen, pengeditan foto dan video standar, atau kegiatan komputasi harian lainnya, mungkin tidak akan merasakan perbedaan signifikan dalam kecepatan SSD dibandingkan dengan model 512GB.

Absennya ProMotion

Kekurangan ini mungkin dianggap sepele oleh sebagian orang, tapi pada kenyataannya, Apple MacBook Air M2tidak dilengkapi dengan fitur yang umumnya dimiliki oleh laptop sekelasnya, yaitu ProMotion atau refresh rate tinggi.

Meskipun MacBook Air M2bukan dirancang khusus sebagai laptop gaming, kemampuan chipset yang dimilikinya sebenarnya lebih dari cukup untuk mencapai frame rate tinggi saat bermain game. Sayangnya, layar perangkat ini terbatas pada refresh rate 60 Hz.

Saat ini, ProMotion dengan refresh rate 120 Hz hanya dapat ditemukan pada varian MacBook Pro dengan ukuran layar 14 dan 16 inci. Jadi apabila Jagoans membutuhkan fitur ProMotion sebaiknya pikir-pikir kembali ya.

Bodi yang Mengelupas

Kekurangan yang terakhir pada Macbook Air M2 ini terdapat pada varian warna tertentu memiliki kecenderungan lebih tinggi mengalami anodisasi atau pengelupasan cat jika dibandingkan dengan warna lainnya.

Beberapa user menyatakan bahwa ketika mereka menyambungkan kabel data iPhone atau flash drive ke port USB-C, mereka melihat cat warna Midnight Blue langsung terkelupas dengan mudah, padahal baru menggunakan port tersebut beberapa kali saja. Jadi apabila Jagoans ingin memilih varian warna Macbook Air M2 ini dapat mempertimbangkan untuk memilih varian warnanya juga ya.

Baca juga: Tips Merawat Macbook Agar Awet dan Tahan Lama

Cek MacBook Impianmu di Jagofon!

Dari beberapa kekurangan yang Jagofon jelaskan, tentu Macbook Air M2 ini juga memiliki beberapa kelebihan yang dapat Jagoans pertimbangkan sebelum membeli. Berikut poin penting yang sudah Jagofon rangkum :

  • Desain bodi yang lebih ringkas dari versi sebelumnya, dengan bobot 1,24 kg, dimensi yang 20% lebih kecil, dan ketebalan yang lebih ramping dari model sebelumnya.
  • Dimensi layar yang lebih besar, hadir dengan layar 13,6 inci (2560 x 1664 piksel), Liquid Retina IPS, kecerahan 500 nit, TrueTone, serta bezel tipis.
  • Dilengkapi dengan kamera web Full HD, MacBook Air M2hadir dengan webcam Full HD 1080p, memastikan kualitas video optimal dan penempatan subjek yang lebih baik saat bergerak ke tepi frame.
  • Kinerja semakin unggul berkat kehadiran chipset Apple M2, MacBook Air M2 punya delapan inti CPU, dua GPU, dan performa 1,4 kali lipat lebih baik daripada M1, sambil tetap hemat daya.
  • Tersedia Port untuk MagSafe, Daya tahan baterai 18 jam, adaptor USB-C 30 W/35 W, dan fast charging 67 W dengan kabel USB-C ke MagSafe membuat pengecasan lebih aman.
  • Kualitas speaker yang lebih superior, kualitas audio dengan empat speaker, tiga mic array dengan beamforming, dan dukungan audio spasial yang membuat audio lebih nyata.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan produk besutan Apple ini yaitu Macbook Air M2. Apakah Jagoans sudah siap untuk mempertimbangkan produk yang satu ini? Masih penasaran sama produknya? Udah, daripada bingung begitu langsung aja cek di Jagofon aja!

Jagofon merupakan website/situs spesialis penjualan gadget/HP bekas di Indonesia yang menawarkan kenyamanan berbelanja. Semua produk yang tersedia di Jagofon memiliki kualitas teruji dan mendapatkan laporan tes untuk memastikan keberfungsiannya.

Seluruh gadget/HP bekas di Jagofon telah melewati uji kelayakan, sehingga pembeli mendapatkan produk dengan kualitas terbaik. Jagofon memberikan garansi 7 hari uang kembali, 30 hari garansi mesin gratis, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Proses pembelian di Jagofon mudah, termasuk pengantaran ke rumah dan opsi COD khusus wilayah Jakarta serta layanan Self-Pickup di kantor Jagofon untuk konsultasi langsung. Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki Macbook Air M2 dan gadget impian kamu hanya di Jagofon!

Share on: