Kupas Tuntas Spesifikasi dan Harga Samsung S24 Ultra!

Samsung Galaxy S24 Ultra diperkenalkan di Indonesia pada Bualan Januari 2024. Dalam perilisannya, ponsel ini ditemani jajaran Seri S24 lainnya, yakni Samsung Galaxy S24 dan Samsung Galaxy S24+.

Ponsel flagship besutan Samsung ini memiliki beberapa upgrade hardware dan memperkenalkan Galaxy AI yang memayungi semua fitur AI yang dikembangkan ke dalam jajaran Seri S24.

Penasaran dengan teknologi terbaru yang disematkan ke dalam Samsung Galaxy S24 Ultra? Yuk kita kupas tuntas spesifikasi dan harga Samsung S24 Ultra berikut.

Desain Premium ala Samsung

Image Source: Samsung

Samsung Galaxy S24 Ultra hadir dengan bentuk yang tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya. Mengusung bentuk persegi dengan ujung-ujung yang bersiku tajam dan memiliki bagian bawah dan atas yang rata.

Seperti pendahulunya, bodi Samsung Galaxy S24 Ultra hadir dengan ukuran yang bongsor. Ponsel ini memiliki dimensi bodi 79 x 162,3 x 8,6 mm dengan berat 233 gram. Secara tradisi, dalam ponsel ini juga terdapat slot S Pen untuk menyimpan dan mengisi ulang dayanya.

Ponsel ini dilindungi Gorilla Glass Armor di bagian layar dan di bagian cover belakangnya, serta memiliki frame berbahan dasar titanium yang tahan dari benturan dan goresan. Tekonogi Gorilla Glass yang baru ini disinyalir memiliki ketahanan dari keretakan 4x lebih baik dan memiliki kemampuan anti-glare lebih baik sebanyak 75% daripada bahan lain.

Kemudian untuk melindungi komponen dalamnya, ponsel ini tersertifikasi IP68 yang mampu melindungi dari debu dan mampu bertahan di dalam air bersih selama 30 menit di kedalaman 1,5 meter.

Di sisi depan, Samsung memutuskan untuk menerapkan layar flat. Berbeda dengan seri sebelumnya yang menggunakan layar curved alias melengkung ala edge. Untuk sisi belakang, sama seperti seri sebelumnya, Samsung S23 Ultra menyematkan kamera berjejer secara vertikal di bagian kiri atas dan dilengkapi cincin per kamera nya.

Kemudian ponsel ini memiliki beberapa pilihan warna matte yang menarik, yakni Titanium Black, Titanium Gray, Titanium Violet dan Titanium Yellow.

Sementara itu, ponsel ini memiliki spesifikasi layar Dynamic LTPO AMOLED 2X seluas 6,8 inchi dengan kemapuan refresh rate 1-120Hz dan memiliki fitur HDR10+. Ponsel ini juga memiliki tingkat kecerahan puncak di 2600 nits. Resolusi yang ditawarkan layarnya berada pada 1440 x 3120 pixel dengan rasio 19.5:9 dan memiliki kerapatan pixel 505 ppi.

Baca juga: Paling Tangguh? Harga dan Spesifikasi Samsung S23 Ultra

Performa Samsung S24 Ultra

Image Source: Info Komputer

Spesifikasi Samsung Galaxy S24 Ultra

  • Layar: 6,8 inchi Dynamic LTPO AMOLED 2X
  • Chipset: Qualcomm SM8650-AC Snapdragon 8 Gen 3 (4 nm)
  • RAM: 12 GB
  • Memori Internal: 256 GB, 512 GB. 1TB
  • Kamera: 200 MP (wide), 50 MP (periscope), 10 MP (telefoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan: 12 MP (wide)
  • Baterai: Li-Ion 5000 mAh

Samsung Galaxy S24 Ultra ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy. SoC yang dikhususkan untuk S24 Ultra ini adalah versi overclocked dari versi Snapdragon biasa. Versi ini memfokuskan kecepatan pada inti prime dan mengorbankan kecepatan pada performa dan efisiensi daya nya.

Adapun konfigurasi Prosesornya terdiri dari 1 inti prima 3,39 GHz Cortex X4, 3 inti performa 3,1 GHz Cortex A720, 2 inti performa 2,9 GHz Cortex A720, dan 2 inti efisiensi 2,2 GHz Cortex A520. Sementara itu, untuk pengolahan grafisnya, ponsel ini mengandalkan GPU Adreno 750 1GHz.

Komponen lain yang termasuk ke dalam SoC ini adalah prosesor AI Hexagon, prosesor gambar Spectra, dan modem internal 5G.

Untuk menambah performanya, SoC Snapdragon 8 Gen 3 dipasangkan dengan 12 GB RAM LPDDR5X dan 3 pilihan storage 256 GB,  512 GB dan 1 TB yang mengapliaksikan teknologi UFS 4.0. Kemudian untuk meredam panas berlebih yang timbul saat bermain game, ponsel ini disematkan vapor chamber 92% lebih besar dari seri sebelumnya.

Untuk mengukur seberapa baik performa prosesornya, Ryan Whitwam dari Hot Hardware menggunakan Geekbench 6 untuk mengetesnya. Hasilnya ponsel ini mendapatkan skor multi-core 6892 dan single-core 2251. Ponsel inipun melampaui One Plus 12 dan ASUS ROG Phone 8 Pro.

Sementara itu, ponsel ini menghasilkan skor 1.924.189 pada saat dites menggunakan AnTuTu benchmark v8. Untuk mengetahui performa GPU nya, ponsel ini menunjukkan skor memuaskan di 20.142 pada uji 3DMark Wild Life.

Untuk pemakaian dan pengalaman bermain game, jangan lagi Jagoans pertanyakan kemampuannya. Semua game yang ada di Play Store bisa dilibas dengan pengaturan grafis yang tinggi.

Quad Camera Samsung S24 Ultra

Image Source: sparrows news

Samsung Galaxy S24 Ultra mengusung hal yang sama dengan seri pendahulunya (S23 Ultra) yang memasangkan 4 kamera belakang dan satu kamera depan. Kameranya memiliki peningkatan di bagian lensa periskop dan telefoto, sementara yang lainnya menggunakan konfigurasi yang sama dengan S23 Ultra.

Kamera periskop Samsung S24 Ultra mengalami peningkatan menjadi 50 MP (f/3,4; dengan focal length 111 mm) berbeda dengan pendahulunya yang memiliki 10 MP (f/4,9; dengan focal length 230 mm). Namun demikian, kemampuan pembesaran optiknya diturunkan jadi 5 kali saja dari yang semula 10 kali.

Sementara itu, kamera telefotonya tetap beresolusi 10 MP (f/2,4 dengan focal length 67mm) dan didukung kemampuan zoom optik 3 kali. Untuk kamera yang lain masih menggunakan konfigurasi kamera yang sama dengan pendahulunya, yaitu meliputi kamera utama 200 MP (f/1,7), kamera ultrawide 12 MP (f/2,2), dan kamera depan 12 MP (f/2,2).

Untuk kualitas video yang dihasilkan, ponsel ini mampu menghasilkan kualitas dengan resolusi 4K di 60fps. Sementara itu resolusi tertingginya bisa diraih sampai dengan 8K di 30fps menggunakan kamera utama dan kamera periskop. Kemudian, kamera utama dan kamera ultrawide bisa menghasilkan resolusi 4K di 120fps.

Semua kamera Samsung Galaxy S24 Ultra dilengkapi fitur OIS dan EIS untuk menghasilkan gambar dan video yang stabil.

Disamping hasil kamera yang bagus, Samsung Galaxy S24 Ultra memiliki fitur AI yang dapat menyempurnakan gambarnya. Salah satu fitur AI yang berguna adalah yang edit foto yang berada dalam gallery. Fitur ini memungkinkan kamu mengurangi noise, memperbaiki gambar yang miring, menambahkan objek ke dalam gambar, dan bisa mempertajam detail gambar.

Kemudian kamu juga bisa meng-generate video yang ada menjadi video slow-motion dan bisa memilih speed nya menjadi 1/8, 1/4, dan 1/2 dari video speed normal.

Berikut contoh hasil gambar Samsung Galaxy S24 Ultra.

Hasil Kamera Utama | Image Source: Iyaz Akhtar/pcmag
Hasil Kamera Ultrawide | Image Source: Iyaz Akhtar/pcmag
Hasil Kamera 5x Telefoto | Image Source: Iyaz Akhtar/pcmag
Hasil Kamera Selfie | Image Source: Iyaz Akhtar/pcmag

Baca juga: Penasaran? Ketahui Lebih Lanjut Samsung Galaxy S Series

Baterai Memadai

Image Source: Digital Trends

Samsung Galaxy S24 Ultra dibekali kaspasitas baterai 5000 mAh. Hal ini tidak ada perubahan dengan seri sebelumnya. Namun dengan dibekali dengan chipset dan komponen hardware dan software terbaru lainnya, apakah performa baterainya lebih baik?

Dalam pengetesan yang dilakukan TechRadar, ponsel ini mampu bertahan selama 16 jam 45 menit saat digunakan untuk browsing menggunakan jaringan 5G. Sementara itu, untuk S23 Ultra, bertahan hanya dalam waktu 14 jam.

Ponsel ini juga didukung pengisian daya cepat 45W yang mampu mengisi daya dari 0 sampai penuh hanya dalam durasi 70 menit. Ponesl ini juga didukung pengisian daya nirkabel alias wireless charging 15 Watt.

Cek Samsung Galaxy S24 Ultra di Jagofon!

Spek kasta tertinggi tahun ini yang dikeluarkan Samsung memang ga ada duanya. Dari semua kelebihan dan inovasi terbaru yang dihadirkan, ada beberapa sektor yang mungkin menjadi deal breaker buat Jagoans.

Yuk kita rangkum poin-poin yang bisa menguatkan keyakinan kamu untuk beli Samsung Galaxy S24 Ultra dan poin-poin yang meyakinkan kamu untuk tidak beli Samsung Galaxy S24 Ultra.

Alasan Beli Samsung Galaxy S24 Ultra

  • Build quality jempolan dengan menghadirkan material titanium
  • Layar flat dengan spek dewa
  • Chipset khusus untuk Galaxy yang performanya paling bagus
  • Kamera masih dalam jajaran kelas atas

Alasan Tidak Beli Samsung Galaxy S24 Ultra

  • Harga masih terlalu mahal
  • Bodi bongsor dan berat
  • Fitur AI yang masih bisa dikembangkan
  • Tidak adanya charger dalam satu paket pembelian

Buat para sultan Jagoans ga perlu pikir 2 kali untuk memiliki Samsung Galaxy S24 Ultra, dijamin kamu ga akan nyesel beli Samsung S24 Ultra. Buat kamu kaum mendang-mending, boleh ditunggu kehadiran Samsung Galaxy S24 Ultra nya di Jagofon ya.

Namun, jika kamu menginginkan alternatif HP flagship lain, kamu bisa cek Samsung S22 Ultra atau S23 Ultra yang harganya sudah turun di Jagofon! yuk cek deh sebelum produknya habis duluan!

Jagofon merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas. Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Cukup checkout HP impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa!