JagoHacks

Layar iPhone Ada Bayang Hitam? Simak Solusinya Disini!

Untuk Jagoans para pengguna iPhone, mungkin pernah mengalami beberapa masalah layar pada iPhone, mulai dari layar sentuhnya yang  tidak berfungsi sebagian, layar tertahan ketika sedang scrolling, layar mengalami keretakan, hingga layar iPhone ada bayang hitam.

Bayang hitam yang terdapat pada iPhone tentunya akan sangat mengganggu aktivitas dan kinerja dari iPhone, mengingat beragam jenis smartphone di era sekarang sudah menggunakan layar sentuh tanpa tombol atau keypad.

Gangguan yang mungkin terjadi yaitu pengguna bisa mengalami kesulitan untuk melihat tampilan layar secara keseluruhan, kesulitan untuk menekan keypad, dan sulitnya untuk beralih ke menu aplikasi lainnya.

Baca juga : Banyak Dikeluhkan, Apa Penyebab Screen Burn iPhone 14 Pro?

Jika kamu sedang mengalami hal tersebut, jangan khawatir! karena kali ini, Jagofon akan membahas solusi dari layar iPhone ada bayang hitam. Penasaran? yuk simak artikel ini sampai habis ya!

Penyebab Bayang Hitam di Layar iPhone

Layar Iphone Ada Bayangan Hitam - Homecare24
Source : Homecare24

Penyebab dari layar iPhone ada bayang hitam bisa terjadi dikarenakan oleh erornya sistem operasi dan permasalahan pada software atau pun terdapat kerusakan pada hardware iPhone. Salah satu penyebabnya juga bisa diakibatkan oleh dead pixel.

Untuk Jagoans yang belum tahu, dead pixel adalah permasalahan yang terjadi pada layar smartphone akibat gagalnya dioda. Dioda sendiri terdiri dari ketiga warna RGB yaitu warna Red (merah), Green (hijau), dan Blue (biru). Dead pixel dapat terjadi saat ketiga warna tersebut mengalami kegagalan pada dioda.

Faktor lainnya seperti kerusakan pada soket LCD yang diakibatkan oleh karat dan kemasukan air juga dapat membuat layar iPhone ada bayang hitam. Dari segi software, adanya bug pada sistem operasi juga selain layarnya menjadi warna hitam, iPhone dapat menjadi lemot atau bagian layarnya menjadi tidak bisa bergerak.

Untuk tambahan, kecerahan layar yang terlalu tinggi dan latar belakang layar yang kontras juga dapat membuat layar iPhone ada bayang hitam. Di sisi lain, kerusakan layar karena sering terjatuh dan terbentur juga turut membuat layar iPhone menjadi bermasalah. Oleh karena itu, kamu harus berhat-hati saat menggunakan ponsel dan gunakan lapisan pelindung layar atau pun menggunakan case.

Cara Mengatasi Bayang Hitam di Layar iPhone

Berikut beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi layar iPhone ada bayang hitam :

Ganti Ukuran Zoom Layar

Cara pertama yang paling mudah untuk mengatasi layar iPhoneada bayang hitam adalah dengan mengganti ukuran zoom layar. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti :

  • Buka menu settings atau pengaturan.
  • Kemudian scroll ke bawah hingga kamu menemukan display & brightness atau tampilan layar.
  • Selanjutnya, di menu bagian paling bawah, klik pada menu display zoom.
  • Jika iPhone milikmu menggunakan pengaturan menu larger text rubah ke menu default.
  • Terapkan pengaturan tersebut dan cek kembali apakah masalah layar iPhone ada bayang hitam sudah teratasi atau belum.

Force Restart

Cara klasik yang sering digunakan saat iPhone mengalami berbagai permasalahan adalah dengan melakukan restart. Untuk melakukan restart secara manual, kamu dapat menonaktifkan ponsel dan menghidupkannya kembali atau pun bisa melalui pilihan shut down yang ada pada menu paling bawah di tab general di pengaturan.

Namun, jika restart biasa belum dapat mengatasi masalah layar iPhone ada bayang hitam, kamu dapat mencoba untuk melakukan force restart. Caranya cukup mudah, kamu tinggal menekan dan menahan tombol power hingga logo Apple muncul dan tunggu sampai iPhone ter-restart secara otomatis.

Menonaktifkan Kecerahan Otomatis Layar

Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah layar iPhone ada bayang hitam adalah dengan mematikan fitur kecerahan otomatis. Untuk menonaktifkan fitur tersebut, berikut langkah-langkahnya :

  • Pada menu pengaturan pilih menu display dan brightness.
  • Kemudian nonaktifkan fitur raise to wake dengan menggeser toogle ke samping.
  • Fitur raise to wake ini memungkinkan iPhone dapat menyala otomatis ketika diangkat. 
  • Kamu juga dapat mengaktifkan night shift dan mengatur kecerahan layar pada menu tersebut.

Update iOS iPhone

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, masalah layar iPhone ada bayang hitam juga dapat diakibatkan oleh sistem operasi yang mengalami bug. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu dapat meng-update iOS iPhone kamu dengan cara :

  • Masuk ke menu pengaturan.
  • Scroll sampai kamu menemukan menu General.
  • Kemudian pilih menu Software Update.
  • Ikuti langkah-langkahnya dan tunggu hingga selesai.
  • iPhone kamu akan otomatis ter-restart jika iOS sudah selesai di-update.
  • Terakhir, cek kembali apakah masalah layar iPhone ada bayang hitam kamu sudah teratasi atau belum.

Perbaiki ke Service Apple Center

Jika cara-cara tersebut belum berhasil, ada baiknya Jagoans membawa iPhone yang ada bayang hitamnya ke Service Center terdekat agar bisa diperiksa oleh ahlinya dan dapat segera diperbaiki untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Jika kamu masih memiliki garansi jangan lupa untuk membawa kartu garansi agar tidak dikenakan biaya tambahan.

Setelah diperbaiki, berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah masalah layar iPhone ada bayang hitam :

  • Gunakan iPhone dengan berhati-hati.
  • Pasang pelindung layar atau anti gores.
  • Kamu juga dapat menggunakan case yang dapat melindungi bodi dari iPhone kamu.
  • Jaga iPhone agar tidak terkena benturan keras dan terjatuh.
  • Bersihkan dan gunakan pembersih layar secara rutin.

Butuh Ganti iPhone, Tuh!

Jika kamu sudah membawa iPhone kamu ke service center terdekat dan ponsel tersebut tidak dapat diperbaiki lagi, kamu mungkin dapat mempertimbangkan untuk mengganti iPhone kamu. Di tahun 2024 ini, iPhone 12 dan iPhone 11 juga masih menjadi alternatif pilihan iPhone entry level dengan harga yang sudah terjangkau

Untuk kamu yang sedang mencari iPhone untuk upgrade dengan kualitas terbaik tapi juga dengan harga terjangkau, kamu dapat langsung kunjungi Jagofon lho! Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP dan gadget bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas.

Hati-hati jika diluar sana ada HP yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original. Jagofon juga menjual beragam smartphone mulai dari iPhone, Android, serta beragam gadget dengan brand lainnya seperti Vivo, Infinix, Xiaomi, Oppo dan Samsung.

Jangan khawatir, semua produk Jagofon sudah lolos tes 90+ titik fungsi dan terjamin berkualitas. Kapan lagi kamu beli HP atau pun gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Beli HP bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon!

Tunggu apalagi? yuk segera dapatkan HP impian kamu hanya di Jagofon!