Product

November 24, 2023

MacBook atau Windows Laptop. Mana Yang Terbaik Untukmu?

Source : Blibli

Untuk para pengguna komputer maupun laptop pasti mengenal yang namanya sistem operasi (OS). Sistem Operasi secara garis besar merupakan sistem operasi jembatan yang menghubungkan perangkat keras dengan perangkat lunak. Terdapat beragam jenis dari Sistem Operasi ini, namun pada saat ini yang banyak digunakan oleh masyarakat umum adalah Windows dan MacOs. Windows merupakan sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan Microsoft yang dimiliki Bill Gates.

Sedangkan OS Mac merupakan sistem operasi yang digunakan pada MacBook ataupun Mac, dan pertama kali yang dibuat dan dipasarkan oleh perusahaan Apple. Sebagai informasi, OS Mac dan Mac adalah dua hal yang berbeda. Mac merupakan bagian dari OS Mac, sedangkan OS Mac berfungsi untuk mengatur Mac di dalam perangkat lunak komputer. Sebenarnya apa perbedaan yang mencolok dari kedua sistem operasi ini? dan manakah yang terbaik untuk kebutuhan sehari-hari? Yuk mari kita bahas pada artikel berikut.

Sistem Perangkat Lunak

Perbedaan signifikan dari MacBook dan Windows adalah User Interface atau bentuk tampilannya. MacBook memang menawarkan User Interface yang bisa dibilang lebih mernarik dan elegan dari Windows. Namun, jika melihat dari segi fungsinya, User Interface dari Windows memang lebih mudah untuk digunakan.  

Di samping itu, banyak aplikasi yang telah didukung Windows, lain halnya dengan sistem operasi MacOS yang memiliki aplikasi terbatas namun memiliki kelebihan pada layarnya yang menampilkan warna yang tajam dengan teknologi Retina Displaynya. Banyak pengguna juga menganggap bahwa MacBook lebih dapat diandalkan untuk keperluan multimedia, sedangkan untuk keperluan yang lebih luas dan umum pengguna lebih banyak yang menggunakan Windows.

Source : Blibli

Tingkat Keamanan

Sumber: Hexnode

Jika berbicara soal tingkat keamanan, sistem MacOS memang lebih unggul dibandingkan dengan sistem operasi Windows. Pasalnya, MacBook memiliki fitur security dan privacy tingkat tinggi, seperti memisahkan aplikasi dengan sandbox yang membatasi apa yang dapat dilakukan suatu aplikasi, serta fitur Gatekeeper yang dapat mengkarantina secara otomatis aplikasi baru dan memindai malware menggunakan XProtect karena pengguna hanya diizinkan menggunakan aplikasi melalui Appstore. Namun, MacOS juga rentan terhadap virus seperti adware.

Sedangkan untuk sistem operasi yang Windows sangat rentan kepada virus malware traditional. Hal ini dikarenakan sistem operasi windows mudah dipelajari yang menyebabkannya juga mudah untuk di hack. Oleh karena itu para pengguna Windows harus berhati-hati dalam menggunakannya. Disarankan pengguna Windows untuk menggunakan tambahan software anti-virus agar terhindar dari virus berbahaya tersebut.

Model dan Komputer

Sumber: The Designer's Toolbox

Menggunakan perangkat besutan Apple memang menambahkan kesan yang ekslusif, dibandingkan perangkat lain. Selain itu, Apple juga selalu memerhatikan dari segi desainnya yang selalu memiliki ciri dan warna yang khas. Sedangkan untuk sistem operasi Windows, model yang ditawarkan lebih beragam, dikarenakan produsennya siapa saja, berbeda dengan MacOS yang hanya dikeluarkan oleh Apple.

Hal tersebut juga menjadikan harga Laptop dengan sistem operasi Windows menjadi lebih beragam dan terjangkau, berbeda dengan Laptop Apple dengan MacBook Air atau MacBook Pro-nya yang bisa terbilang memiliki harga yang cukup mahal, jika dibandingkan dengan laptop yang menggunakan sistem operasi Windows.

Walaupun harga dari laptop Apple seperti MacBook Air dan MacBook Pro terbilang mahal, pengguna masih bisa menggunakan sistem operasi Windows di Mac berbasis Intel dengan teknologi yang dinamakan Boot Camp. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pemakaian hardware Apple dengan pengalaman Windows.

Baca juga: Inilah Rekomendasi MacBook Yang Cocok Untuk Gaming Tahun 2023

MacBook

Kelebihan MacBook

  1. Memiliki daya tahan mesin yang kuat, hal ini dapat dilihat dari MacBook tahun 2015 yang masih dapat digunakan pada tahun sekarang.
  2. Desainnya elegan, dengan beberapa pilihan warna yang metallic, serta dimensinya yang ramping dan tipis juga membuatnya mudah dibawa kemana-mana.
  3. Hardware dan Chip berkualitas tinggi, dengan sistem perangkat lunak menggunakan MacOs, serta kualitas audio, layar, dan juga trackpad yang mumpuni.
  4. Layar yang tajam dan jernih dengan teknologi Retina Display, membuat MacBook semakin unggul dengan tampilan warna yang nyata dan memanjakan mata.

Kekurangan MacBook

  1. Dukungan software dan game yang kurang karena tidak semua aplikasi dapat didukung oleh MacBook, begitu juga dengan aplikasi gaming, namun hal ini membuat keamanan lebih terjaga karena terfilter oleh AppStore.
  2. MacBook lebih cepat panas dibandingkan dengan laptop lain yang menggunakan sistem operasi Windows karena tidak memiliki sistem kipas, apalagi saat digunakan untuk editing, streaming, dan aktivitas berat lainnya.
  3. Aksesoris yang mahal sama seperti harga produk Apple lainnya, misalnya saja seperti port tambahan ataupun kabel yang dijual dengan harga ratusan ribu.
  4. Tempat service yang masih jarang karena service center offical dari Apple memang belum tersedia secara masif di Indonesia, padahal jika ingin melakukan service, kamu harus ke tempat yang official Jagoans, agar terhindar dari kerusakan lainnya.

Windows

Kelebihan Windows

  1. Dukungan software yang beragam, karena banyak aplikasi yang kompatibel dengan Windows. Hal ini juga akan mempermudah kamu dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.
  2. Memiliki interface atau tampilan yang lebih user-friendly. Antarmuka pengguna windows juga mudah digunakan daripada UNIX dan Mac.
  3. Mudah dikembangkan dan diperbaiki karena sistem operasinya lebih mudah untuk dipelajari dan banyak dikembangkan oleh programmer.
  4. Mendukung Sistem Partisi seperti NTFS, exFAT, FAT, 32, dan lain-lain. Dengan adanya kelebihan ini, Jagoans akan lebih mudah untuk menggunakan satu hardisk untuk berbagai kegiatan, seperti penyimpanan file, dokumen, dan yang lainnya.

Kekurangan Windows

  1. Rentan terhadap virus, mengingat penggunanya terbanyak di seluruh dunia, banyak para penjahat cyber yang mencoba menciptakan virus untuk membobol keamanan Windows.  Untuk itu kamu harus berhati-hati dan perlu menambahkan software anti-virus untuk kemanan yang mumpuni.
  2. Mudah untuk di-hack karena sistem operasi Windows mudah untuk dipelajari. Hal ini membuat para penggunanya harus berhati-hati, terutama ketika sedang berselancar di internet.
  3. Memiliki RAM yang boros karena dapat menyimpan berbagai file dalam satu hardisk. Tak jarang hal ini juga dapat membuat laptop menjadi lemot yang menyebabkan pengguna banyak melakukan penambahan RAM.
  4. Sering mengalami update untuk menghindari ancaman berbahaya, namun hal ini sering menghambat pengguna dalam pekerjaan sehari-hari karena laptopnya terlalu sering meminta update.

Baca juga: Tips Memakai MacBook Untuk Pemula Sampai Lancar

Nah, itu tadi Jagoans beberapa poin tentang kelebihan dan kekurangan dari laptop MacBook maupun Windows. Gimana? sudah memutuskan untuk membeli Macbok atau laptop Windows? daripada bingung untuk membeli produk original yang mana, mending langsung ke web Jagofon aja! Kamu juga bisa mendapatkan MacBook impian dengan harga terjangkau namun berkualitas tinggi.

Tidak hanya harga dan kualitasnya, dengan berbelanja di Jagofon kamu juga turut berkontribusi untuk mengurangi limbah elektronik di Indonesia dan turut menjaga lingkungan lho Jagoans! Tunggu apalagi? yuk segera dapatkan MacBook dan gadget terbaik lainnya  hanya di Jagofon!

Share on: