JagoHacks

Tips Memakai MacBook Untuk Pemula Sampai Lancar

Jika kamu adalah seorang pemula yang baru saja beralih dari Windows ke Mac, kamu mungkin sedikit bingung cara menggunakannya. Karena mungkin kamu sudah terbiasa dengan fitur yang ada di Windows, yang cukup berbeda dengan Mac.

Souce: Tom's Guide

Tapi, kamu tidak perlu khawatir! Jagofon akan membantumu sebagai pemula untuk memahami cara menggunakan MacBook, khusunya MacBook Air. Bagaimana dasar-dasar sistem operasi macOS, fitur khusus MacBook Air, dan Tips MacBook yang akan membuat kamu dapat dengan cepat dan nyaman menggunakan MacBook Air-mu. Mari kita mulai menjelajahi informasi serta Tips MacBook di bawah ini!

1. Mengenal MacBook Air

Source: Alkhaleej Today

MacBook Air adalah laptop ringan dan tipis yang dirancang oleh Apple. Memiliki layar retina berkualitas tinggi, keyboard yang nyaman, dan baterai tahan lama. Produk ini merupakan pilihan yang sangat baik untuk kebutuhan sehari-hari, seperti penulisan, penelitian, menjelajah internet, dan bahkan mengedit foto atau video.

Ketika Jagoans pertama kali menyalakan MacBook Air, ikuti panduan konfigurasi. Ini akan memandu kamu melalui pengaturan dasar seperti bahasa, zona waktu, dan Wi-Fi. Buat akun Apple ID jika kamu belum memilikinya, karena ID memungkinkan Jagoans mengakses layanan Apple seperti App Store, iCloud, dan pesan. MacBook Air dilengkapi dengan trackpad multitouch yang hebat. Beberapa gerakan dasar yang berguna, adalah gerakkan kursor, hingga gesture pinch-to-zoom.

Baca juga:  https://blog.jagofon.com/post/ketahui-jenis-macbook-yang-paling-pas-buat-kamu/

2. Mengenal macOS

macOS adalah sistem operasi yang berjalan di MacBook Air. Terdapat Antarmuka yang elegan dan intuitif dan beberapa fitur dasar macOS yang akan sering kamu gunakan. Terdapat desktop yang merupakan area kerja utama milikmu. Kamu dapat menyimpan file, folder, dan pintasan aplikasi di sini. Lalu ada Finder adalah aplikasi untuk mengelola file. Ini mirip dengan Windows Explorer.

Source: Pinterest

Jagoans dapat menggunakan Finder untuk membuat, mengedit, dan mengatur berkasmu. Di bagian atas layar, Jagoans akan melihat Menu Bar. Di sini kamu akan menemukan ikon-ikon seperti Wi-Fi, volume, dan tanggal. Ini adalah tempat di mana kamu dapat mengakses pengaturan sistem dan informasi penting.

Di bagian bawah layar, kamu akan melihat Dock. Ini adalah tempat di mana kamu dapat mengakses aplikasi yang sering digunakan. Jagoans dapat menambahkan atau menghapus aplikasi dari Dock sesuai kebutuhan.

3. Aplikasi Dasar

MacBook Air dilengkapi dengan sejumlah aplikasi dasar yang dapat membantumu melakukan berbagai tugas sehari-hari. Kamu bisa mulai dengan mencoba satu per satu aplikasi yang terdapat pada perangkat. Di App Store kamu dapat menemukan berbagai aplikasi dan perangkat lunak yang dapat meningkatkan produktivitas dan hiburamu.

Source: Apple

Terdapat fitur yang bisa membantumu dalam melakukan aktivitas dengan lebih praktis dan mudah. Di antaranya adalah Launchpad, tempat di mana kamu dapat menemukan semua aplikasi yang diinstal di MacBook Air milikmu. Ini mirip dengan menu Start di Windows.

Ada Time Machine untuk melakukan pencadangan otomatis data milikmu. Ini akan membantu kamu melindungi file jika terjadi kehilangan atau kerusakan. Kemudian Siri, yang dapat membantu kamu mencari informasi, mengontrol MacBook-mu, dan melakukan banyak tugas lainnya.

4. Kumpulan Shortcuts

Source: Tom's Guide

Aktivitas dengan MacBook-mu bisa lebih efisien, dengan banyak shortcut semudah seperti Command + C untuk menyalin, Command + V untuk menempel, dan Command + Z untuk mengembalikan tindakan. Ada beberapa Tips MacBook berupa shortcut keyboard yang bisa kamu coba di bawah ini:

Membuka Folder:

Untuk membuka folder di Finder atau Desktop, tahan Command + panah bawah (). Untuk kembali, tinggal tahan Command + panah atas ().

Merapikan Desktop

Kamu bisa membersihkan Desktop di laptopmu dengan klik kanan dan pilih “Stacks.” File di Desktop akan secara otomatis tersusun berdasarkan jenis file.

Menghapus File

Kamu bisa menghapus file langsung atau permanen, tanpa memasukkannya ke Trash. Pilih  file yang ingin kamu hapus, kemudian tekan Option + Command + Delete secara bersamaan.

Duplikat File

Membuat file dupilkat dengan otomatis dengan klik kanan pada file yang dituju, klik “Get Info” > centang kotak “Stationary Pad.”

Mencari Dengan Spotlight

Untuk mencari file, aplikasi, atau informasi lain di MacBook Air-mu, cukup tekan tombol Command + Space secara bersamaan. Ini akan membuka Spotlight, yang merupakan alat pencarian hebat.

Beralih Aplikasi

Sewaktu kamu menggunakan MacBook untuk bekerja atau melakukan aktivitas lainnya, biasanya kamu akan membuka beberapa aplikasi sekaligus. Tekan Command + Tab, lalu tahan untuk memilih aplikasi mana yang dituju, dan lepaskan tombol.

Ketika kamu berada pada tampilan Command + Tab, kamu bisa menutup langsung aplikasi tertentu dengan ditambahkan dengan menekan tombol Q.

Sudut Multifungsi

Setiap sudut MacBook-mu bisa diberikan perintah untuk langsung pergi ke menu tertentu, misalnya seperti Mission Control, atau menampilkan Desktop. Pengaturannya terdapat di “System Preferences” > “Mission Control” > “Hot Corners.”

Menyembunyikan Jendela

Untuk kamu yang senang mengerjakan pekerjaan multitasking, kamu bisa menggunakan fitur sembunyi dengan menekan Command + H. Tanpa harus minimize, jendela aplikasi yang sedang kamu jalankan akan hilang dari tampilan.

Kamu juga bisa menyembunyikan semua jendela yang sedang kamu buka, dengan menyisakan layar yang sedang aktif kamu tampilkan. Cukup tekan Option + Command + H, semua otomatis bersembunyi.

Kamu bisa langsung menukar jendela yang sedang kamu buka Command + Tilde (~). Fitur ini memudahkan, karena bisa berpindah sambil melihat tampilan aplikasi dengan aktif.

Berpindah Desktop

Untuk Jagoans yang ingin menggunakan beberapa Desktop, kamu bisa berpindah secara cepat dengan menekan tombol Control + panah kiri (←) atau kanan ().

Kontrol Alternatif dengan Mouse

Ini merupakan solusi aksesibilatas yang memungkinkan kamu untuk mengontrol kursor mouse tanpa menggunakan trackpad atau mouse fisik. Sangat berguna bagi kamu yang memiliki keterbatasan motorik atau memerlukan metode penegendalian yang berbeda.

Cara mengaktifkannya adalah melalui “System Preferences” > “Accessibility” > “Mouse & Trackpad.” Setelah itu centang kotak “Enable Mouse Keys,” dan kamu bisa menyesuaikan preferensi mu dengan klik “Options” di sebelahnya.

Custom Tombol Fungsi

Pada dasarnya, tombol fungsi di MacBook Air memiliki fungsi standar seperti penyesuaian volume, kecerahan layar, kontrol pemutaran media, dan lain-lain. Namun, Jagoans dapat menyesuaikan penggunaan tombol ini sesuai dengan kebutuhan.

Kamu bisa memilih apakah ingin menggunakan tombol fungsi standar atau mengaktifkan penggunaan fungsi spesifik dengan menekan tombol Fn secara bersamaan. Cara pengaturan dilakukan dengan pergi ke “System Preferences” > “Keyboard,” kemudian aktifkan dengan centang kotak “Use F1, F2, etc. keys as standard function keys.”

Baca juga: https://blog.jagofon.com/post/5-perbedaan-macbook-dengan-laptop-biasa-jangan-sampai-keliru/

5. Fitur Force Touch pada Trackpad

Source: iLounge

Quick Looks (Tampilan Cepat)

Fitur ini memungkinkan kamu untuk melihat konten dari berkas atau dokumen tanpa harus membuka terlebih dulu. Melihat tampilan cepat cukup dengan mengklik dan menahan pada berkas seperti gambar, dokumen, atau video.

Dictionary (Kamus):

Seperti namanya, Dictionary merupakan kamus digital yang tersedia di macOS, yang mencakup definisi kata, makna, sinonim, antonim, dan informasi bahasa. Kamu bisa klik untuk menyorot kata yang tidak kamu mengerti, misalnya di dalam dokumen atau halaman web. Tahan pada kata tertentu untuk mendapatkan definisi kata, informasi terkait, dan terjemahan jika diperlukan.

Rename Folders and Files:

Mengganti nama bisa dengan cepat dan praktis menggunakan Force Touch. Caranya cukup dengan mengetuk dua kali pada dokumen atau folder terkait.

Look Up (Mencari Informasi) & Data Detectors (Pendeteksi Data):

Kamu perlu mengaktifkan fitur ini sebelum menggunakannya. Keduanya merupakan sistem yang dapat membantu mencari informasi tambahan tentang kata, frasa, atau data dalam konteks yang lebih luas.

Selain teks, kamu juga bisa mendapatkan informasi merupa data, seperti tanggal, waktu, alamat, nomor telepon, tanpa harus meninggalkan dokumen atau aplikasi yang sedang kamu gunakan. Kamu hanya perlu melakukan sentuhan tiga jari pada teks yang dituju.

Secondary Click (Klik Sekunder):

Pengaturan yang memungkinkan kamu untuk melakukan klik kanan seperti menggunakan mouse. Kamu bisa klik dengan dua jari pada trackpad. Selain itu, klik kanan juga bisa digunakan dengan mengklik di sudut kanan bawah trackpad.

Tap to Click (Klik Melalui Sentuhan):

Jika kamu mengaktikan pengaturan ini, kamu bisa klik dengan mudah dengan mengetuk ringan pada trackpad. Kamu bisa bereksplorasi dengan trackpad seperti menggunakan layar sentuh pada layar sentuh handphone atau tablet.

7. Cara Mudah Screenshoots

Source: Mac Optimizer Pro

Screenshoots:

Dengan menggunakan shortchut di keyboard, kamu bisa mengambil tangkapan layar berupa gambar. Untuk mengambil tangkapan layar penuh tekan Shift + Command + 3. Kamu juga bisa mengambil tangkapan layar dengan memilih area tertentu dengan tekan Shift + Command + 4. Kemudian atur area yang ingin kamu ambil gambarnya.

Video Screenshots / Screencast:

Selain gambar, MacBook Air juga sudah mendukung untuk mengambil tangkapan layar berupa video, dengan menekan Shift + Command + 5. Pada panel kontrol, terdapat opsi “Record Entire Screen” dan “Record Selected Portion.”

Pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Setelah itu, tekan tombol “Record” untuk memulai perekaman video, dan kamu bisa menyelesaikannya dengan menekan Option/Control + Command + Esc. Semua dokumen akan disimpan di Desktop atau folder yang sudah kamu tentukan di pengaturanmu.

Cleaner Screenshots:

Jika kamu screenshot sebagian layar menggunakan Shift + Command + 4, lalu menekan Space, maka akan muncul ikon kamera. Kamu bisa mengambil tangkapan layar sebesar jendela yang sedang kamu buka.

Baca juga: https://blog.jagofon.com/post/sebelum-beli-simak-perbedaan-macbook-dengan-chromebook-ultrabook-dan-notebook-di-sini/

Kesimpulan

Jangan ragu untuk mencari bantuan kalau Jagoans sedang mengalami kesulitan. Ada banyak sumber daya mengenai Tips MacBook di situs online, tutorial video, dan komunitas pengguna Apple yang siap membantu kamu! Semakin lama menggunakannya, kamu akan semakin nyaman dan terbiasa dengan sistem operasi macOS maupun fitur-fitur dari MacBook Air.

Untuk kamu yang sedang mencari dan ingin membeli MacBook Air, kamu bisa mendapatkannya di Jagofon dengan harga yang lebih murah dibanding membeli perangkat yang baru, loh. Walaupun kamu membeli MacBook Air seken, tapi kamu tetap mendapatkan kualitas yang unggulan. Kamu bisa bertanya kepada kami informasi ataupun Tips MacBook lainnya di kontak Jagofon. Selamat menjelajah dan menikmati pengalaman barumu dengan MacBook Air!