Product

February 3, 2024

Masih Layak? Cek Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S21 Ultra!

Samsung memperkenalkan produk Seri S21 mereka pada tahun 2021. Seri ini terdiri dari 3 model, yaitu Samsung Galaxy S21, Samsung Galaxy S21 Plus, dan Samsung Galaxy S Ultra. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra yang merupakan kasta tertinggi dari semua model ponsel Samsung.

Ponsel flagship dari Samsung ini memiliki harga yang bisa menguras kantong kamu, yakni Rp. 19.999.000 untuk tipe paling basic dengan ukuran RAM dan ROM paling kecil di 12GB/128GB.

Setelah 3 tahun berselang, apakah ponsel yang sudah tidak diproduksi ini masih bisa kamu andalkan? Kemudian apakah sekarang harga Samsung Galaxy S21 Ultra sudah masuk ke dalam budget kamu untuk mengganti daily driver kamu? Yuk kita cek spesifikasi sekaligus update harga Samsung Galaxy S21 Ultra berikut.

Desain Tampan dan Elegan

Image Source: Samsung

Saat pertama kali melihat trailer video promosi Samsung Galaxy 21 Ultra, pasti kamu akan terkagum-kagum dengan desain bodi nya. Ponsel yang memiliki bahan Corning Gorilla Glass Victus di bagian layar dan tutupan belakangnya serta dibalut dengan frame berbahan aluminium akan membuat ponsel ini tahan dari goresan dan benturan.

Ponsel ini menerapkan desain "Contour Cut" untuk modul kameranya. Desain ini membuat efek visual yang kuat sehingga kamu yakin bahwa ponsel ini terlihat kokoh sekaligus elegan.

Tak hanya itu, untuk melindungi komponen mesinnya, ponsel ini sudah mengantongi sertifikat IP68. Samsung Galaxy S21 Ultra tahan debu dan air dan bisa berendam di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Sedikit catatan untuk Jagoans, pengetesan anti air ini menggunakan fresh water ya alias air bersih, bukan air laut atau di dalam kolam renang.

Sementara itu, Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki bodi yang bongsor berdimensi 165,1 x 75,6 x 8,9 mm dengan berat 227 gram. Karena ukurannya yang tergolong besar, untuk menggunakannya dengan satu tangan akan terasa kurang nyaman dan rawan terjatuh.

Samsung Galaxy S21 Ultra dimodali layar yang lebar dengan spesifikasi yang menakjubkan. Ponsel ini memiliki panel Dynamic AMOLED 2X seluas 6,8 inchi dengan kemampuan refresh rate sampai dengan 120 Hz yang membuat scrolling dan transisi perpindahan aplikasi terasa super smooth.

Kemudian ponsel ini memiliki resolusi WQHD+ (1440 x 3200 pixel) dengan rasio 20:9 dan memiliki kerapatan pixel di 515 ppi yang membuat tampilan warna yang tajam dan memukau. Spesifikasi layar ponsel ini memang memiliki kualitas yang top-notch, sangat cocok untuk penikmat visual kualitas tinggi.

Untuk mendukung layarnya yang memiliki kualitas bahan premium, Samsung Galaxy S21 Ultra mengantongi sertifikat HDR10+. Sehingga saat menonton video dengan kualitas HDR, gambar akan terasa hidup dan menambah kesan premiumnya.

Sementara itu, Samsung Galaxy 21 Ultra tersedia dalam 2 pilihan warna, yakni Phantom Black dan Phantom Silver yang memukau dan elegan. Ponsel ini juga menyediakan S Pen.

Baca juga: Paling Tangguh? Harga dan Spesifikasi Samsung S23 Ultra

Performa Samsung Galaxy S21 Ultra

Image Source: Samsung

Spesifikasi Sasmsung S21 Ultra

  • Layar: Dynamic AMOLED 2x, 6,8 inchi 1440 x 3200 piksel
  • Chipset: Exynos 2100 (5 nm)
  • GPU: Mali-G78 MP14
  • RAM: 12 GB, 16 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB, 512 GB
  • Slot Memori Eksternal: Tidak ada
  • Kamera Belakang: 108 MP + 10 MP + 10 MP +12 MP
  • Kamera Depan: 40 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Samsung Galaxy S21 Ultra ditenagai chipset Exynos 2100 dengan manufaktur 5nm. Chipset ini memiliki prosesor Octa-core yang dibagi menjadi 3 klaster yang terdiri dari 1 inti ARM Cortex-X1 2,9 GHz, 3 inti ARM Cortex A78 2,8 GHz dan 4 inti ARM Cortex A55 2,2 GHz. Chipset ini juga didukung GPU Mali-G78 MP14.

Selain itu, di dalam SoC Exynos 2100 terdapat modem 5G dengan jangkauan kecepatan yang memukau sampai dengan 7,35 Gbps di jaringan mmWave, serta 5,1 Gbps di jaringan Sub-6.

Untuk RAM, ponsel ini dibekali memori sebesar 16 GB dan disuguhkan 3 pilihan penyimpanan yang terdiri dari 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Dengan RAM dan storage sebesar ini kamu akan bebas memasukkan aplikasi atau data pribadi. Kamu juga ga bakal khawatir mengalami stuttering saat melakukan multitasking.

Samsung mengklaim bahwa prosesornya memiliki peningkatan kecepatan sebesar 20% dan GPU nya mampu menyelesaikan tugas pemrosesan grafis 30% lebih cepat daripada seri sebelumnya.

Untuk performa saat bermain game, jangan diragukan lagi kecepatannya. Ponsel ini bisa melibas semua game yang ada sat ini.

Quad Camera Memuaskan

Image Source: Samsung

Berbeda dengan model S21 dan S21 plus yang memiliki 3 kamera, Samsung Galaxy S21 Ultra ditenagai dengan 4 kamera. Adapun kamera utamanya dilengkapi dengan lensa ISOCELL HM3 yang memiliki resolusi 108 MP dengan bukaan lensa f/1.8 berukuran 24mm, 1/1.33" menghasilkan pixel seukuran 0.8┬Ám dan memiliki fitur PDAF, Laser AF dan OIS.

Kemudian beralih ke kamera kedua dan ketiganya, yaitu 2 kamera telefoto yang terdiri dari kamera periscope telephoto dengan resolusi 10 MP (f/4.9) dual pixel PDAF, OIS, dan memiliki kemampuan 10x optical zoom.  Kemudian ada kamera telephoto beresolusi 10 MP (f/2.4) dual pixel PDAF, OIS, dan bisa melakukan 3x optical zoom.

Dengan gabungan 2 kamera telephoto tersebut, Samsung mampu menghasilkan gambar dengan kualitas "Space Zoom" yang bisa melakukan zoom sampai 100x.

Kemudian kamera keempatnya memiliki lensa ultrawide dengan resolusi 12 MP (f/2.2) yang memiliki Field of View sampai dengan 120 derajat. Semantara itu, ponsel ini dilengkapi kamera selfie 40 MP (f/2.2).

Untuk menghasilkan gambar yang bagus, kamu tidak perlu repot mengotak-atik settingan kamera. Dengan konfigurasi kamera yang menakjubkan, kamu hanya perlu membuka aplikasi kamera dan jadilah gambar yang memiliki detail yang jelas serta menyuguhkan warna yang kaya dan vibrant.

Image Source: carisinyal

Salah satu peningkatan yang ada pada kamera Samsung Galaxy S21 Ultra terletak pada noise-reduction pada saat keadaan minim cahaya. Hal ini terbukti dari hasilnya yang memuaskan.

Image Source: cnet.com

Berikut contoh hasil jepretan 100x zoom Samsung Galaxy S21 Ultra.

Image Source: expertreviews

Baterai Cukup Memadai

Sama seperti pendahulunya, Samsung Galaxy S20 Ultra, Samsung Galaxy S21 Ultra dibekali kapasitas baterai sebesar 5000 mAh. Namun apakah daya tahan baterainya sama dengan pendahulunya?

Setelah dilakukan tes ketahanan baterai oleh GSMArena, ponsel ini memiliki endurance rating 114h. Hal ini membuktikan bahwa daya tahan baterai Samsung Galaxy S21 Ultra jauh lebih baik dari Samsung Galaxy S20 Ultra yang memiliki endurance rating 87h. Hal yang mempengaruhi diantaranya dukungan chipset yang lebih efisien dan beberapa hardware yang memakan daya yang lebih hemat.

Adapun hasil lain yang ditemukan, ponsel ini mampu melakukan panggilan di sinyal 3G selama 35 jam 32 menit, lalu browsing internet selama 15 jam, 4 menit, serta memutar video offline selama 17 jam 53 menit.

Dengan hasil ini kamu tidak akan pusing jika sedang bepergian, karena ponsel ini bisa bertahan dan dapat diandalkan saat beraktifitas di luar ruangan.

Untuk pengisian daya, ponsel ini didukung fitur Super Fast Charging 25W yang hanya dalam 30 menit mampu mengisi daya dari 0% sampai 54%, kemudian untuk melakukan pengisian ulang sampai penuh, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 11 menit. Ponsel ini juga mendukung pengisian daya nirkabel (wireless charging) 15W.

Baca juga: Samsung Galaxy S21 FE: Spesifikasi dan Harga Tahun 2023

Cek Samsung Galaxy S21 Ultra di Jagofon!

Spek ponsel flaghip memang ga ada lawan ya Jagoans. Mulai dari desain, hardware dan software, semua terkesan premium. Namun demikian, ada juga beberapa kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra yang menjadi deal breaker buat kamu.

Oleh karena itu yuk kita rangkum beberapa poin alasan beli Samsung Galaxy S21 Ultra atau tidak.

Alasan Beli Samsug Galaxy S21 Ultra

  • Desain premium nan kokoh
  • Spesifikasi layar lebar dengan resolusi yang mumpuni
  • Konfigurasi kamera yang mengagumkan
  • Performa chipset yang tak diragukan lagi

Alasan Tidak Beli Samsung Galaxy S21 Ultra

  • Tidak tersedia slot MicroSD
  • Absennya charging adaptor dan earphone dalam satu paket pembelian
  • Teknologi pengisian daya cepat dirasa masih kalah dengan kompetitor

Mengulik ponsel flagship memang menarik ya Jagoans. Jika kamu tertarik merogoh kocek yang dalam, kamu boleh loh checkout langsung di Jagofon! Soal kualitas, tidak bisa diragukan lagi pokoknya. Karena Jagofon adalah marketplace pertama Indonesia yang menyediakan HP bekas yang sudah lolos tes 90+ titik fungsi.

Beli HP bekas di Jagofon seperti beli HP baru, karena HP punya jaminan garansi mesin 1-6 bulan. Beli HP bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon!

Share on: