JagoHacks

February 11, 2024

Jangan Panik! Ini Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

Sejak dimulainya era kerja dari rumah (WFH) dan kerja dari mana saja (WFA), laptop telah menjadi alat yang tak tergantikan bagi banyak pekerja. Kegunaannya sangat luas, memungkinkan akses ke berbagai aplikasi dan data dari hampir mana saja dengan koneksi internet. Dengan laptop, pekerja dapat mengakses email, melakukan video conference, mengelola proyek, dan bahkan mengembangkan kode atau desain, semua tanpa harus berada di kantor fisik.

7 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Tanpa Servis
Source: Asurion

Ini membuka peluang besar bagi produktivitas dan fleksibilitas, memungkinkan pekerja untuk mengatur jadwalmu sendiri dan bekerja dari lingkungan yang nyaman. Laptop memiliki peran penting dalam memfasilitasi kolaborasi antar tim yang terpisah jarak. Dengan alat komunikasi seperti email, pesan instan, dan platform kolaborasi online, pekerja dapat tetap terhubung dengan rekan-rekanmu, berbagi ide, dan bekerja sama dalam proyek tanpa harus berada di lokasi fisik yang sama.

Kini, laptop bukan hanya menjadi alat untuk menyelesaikan tugas individu, tetapi juga sebagai sarana untuk menggerakkan tim dan organisasi secara keseluruhan. Dengan mobilitas yang diberikan oleh laptop, pekerja dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan efisien tanpa harus terbatas oleh batasan tempat.

Baca juga: Simak! Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak

Komponen Penting Ketika WFA

Source: Westend 61

Dalam konteks bekerja dari mana saja (WFA), komponen yang sangat penting dalam laptop adalah keyboard yang berfungsi dengan baik dan solusi cadangan jika keyboard utama rusak. Keyboard yang rusak dapat menghambat produktivitas secara signifikan, mengingat mayoritas pekerjaan saat ini melibatkan penggunaan input teks. Penting untuk memiliki solusi cadangan dalam hal keyboard mengalami kerusakan, agar pekerja dapat tetap menjalankan tugas tanpa terlalu banyak gangguan.

Selain keyboard, komponen lain yang menjadi penting dalam laptop saat WFA adalah layar dan trackpad. Layar yang berkualitas tinggi memastikan pengalaman visual yang optimal, penting untuk aktivitas seperti mengedit dokumen atau berkolaborasi dalam rapat virtual. Sementara itu, trackpad yang responsif dan intuitif juga membantu dalam navigasi antar aplikasi dan dokumen dengan lancar.

Kombinasi dari keyboard, layar, dan trackpad yang berfungsi dengan baik memastikan bahwa pekerja dapat menjalankan tugas-tugasmu dengan efisien dan nyaman, bahkan saat bekerja dari tempat-tempat yang mungkin memiliki keterbatasan dalam hal ruang dan peralatan. Nah, buat kamu yang pernah atau sering mengalami keyboard yang rusak, jangan khawatir! Jagofon ada solusi untuk keyboard laptopmu  yang tidak berfungsi. Mari kita simak bersama beberapa tipsnya di bawah ini.

1. Singkirkan Debu dan Kotoran yang Menempel

Solusi untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi karena debu dan kotoran adalah dengan membersihkan dengan hati-hati menggunakan alat yang sesuai, seperti kuas kecil atau semprotan udara bertekanan rendah. Kamu bisa membersihkan dengan lembut tanpa harus membuka tombol dari laptop satu per satu.

How to Clean a Laptop Keyboard: Quick and Easy Tips | Apartment Therapy
Source: Apartment Teraphy

Dalam beberapa kasus, kotoran atau debu dapat menyebabkan kunci tertentu macet atau tidak responsif. Dengan menghapus debu dan kotoran tersebut, kunci-kunci keyboard dapat kembali berfungsi seperti semula. Namun, perlu diingat untuk melakukannya dengan lembut dan hati-hati agar tidak merusak komponen keyboard atau menyebabkan kerusakan yang lebih besar.

2. Restart Laptop

Melalui proses restart, sistem operasi laptop akan di-refresh, yang dapat membantu memperbaiki masalah yang disebabkan oleh perangkat lunak atau konfigurasi yang tidak sesuai. Cara benerin keyboard yang paling mudah untuk dilakukan, nih. Tentu saja bisa kamu lakukan di mana dan kapan pun.

Restart juga dapat membantu dalam mengatasi masalah sementara yang mungkin muncul dalam pengoperasian laptop, termasuk kelancaran fungsi keyboard. Meskipun solusi ini mungkin tidak selalu efektif untuk masalah hardware yang lebih kompleks, seringkali melakukan restart dapat menjadi langkah awal yang efisien untuk benerin keyboard yang tidak berfungsi.

3. Update Driver

Driver adalah perangkat lunak yang memungkinkan sistem operasi untuk berkomunikasi dengan perangkat keras, termasuk keyboard. Terkadang, masalah dengan keyboard dapat disebabkan oleh driver yang tidak terbaru atau rusak. Cara benerin laptop dengan memperbarui driver keyboard ke versi terbaru yang kompatibel dengan sistem operasi laptop patut dicoba.

Source: CiperX

Hal ini dapat membantu memperbaiki masalah yang terkait dengan fungsi keyboard. Proses biasanya dilakukan melalui manajer perangkat atau situs web resmi produsen laptop, dan dapat membantu mengoptimalkan kinerja keyboard serta memastikan kompatibilitas dengan perangkat lunak dan perangkat keras lainnya.

4. Gunakan Keyboard Eksternal / On-Screen Keyboard

Dengan menghubungkan keyboard eksternal melalui port USB atau menggunakan keyboard virtual yang ada di layar, kamu masih dapat menjalankan tugas-tugasmu tanpa terganggu oleh kerusakan keyboard laptop. Meskipun ini hanya merupakan solusi sementara, kamu dapat terus bekerja dengan lancar sambil mencari solusi jangka panjang untuk memperbaiki atau mengganti keyboard laptop yang rusak.

5. Periksa Lock Keyboard

Beberapa keyboard dilengkapi dengan fitur penguncian yang bisa kamu gunakan untuk mengunci keyboard agar tidak merespons tekanan tombol. Biasanya terdapat tombol khusus di keyboard untuk mengaktifkannya. Jika fitur ini diaktifkan tanpa disadari, maka keyboard tidak akan merespons input apa pun. Dengan memeriksa dan memastikan bahwa fitur penguncian keyboard tidak diaktifkan, kamu bisa benerin keyboard yang tidak berfungsi dengan cepat dan tanpa perlu melakukan tindakan yang lebih rumit.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi - SUCCESS COMP
Source: Success Comp

6. Troubleshooting

Solusi yang komprehensif untuk mengatasi masalah keyboard laptop yang tidak berfungsi adalah melalui proses troubleshooting. Langkah-langkah ini mencakup serangkaian tindakan seperti memeriksa koneksi fisik keyboard, memastikan driver keyboard berfungsi dengan baik, dan memeriksa pengaturan sistem operasi terkait keyboard. Troubleshooting juga melibatkan pengujian keyboard di lingkungan yang berbeda.

Pengujian seperti mem-boot laptop dengan sistem operasi live atau menguji keyboard di perangkat lain jika memungkinkan. Dengan melakukan troubleshooting secara sistematis, kamu  dapat mengidentifikasi akar masalah dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memperbaiki atau mengganti komponen yang rusak. Cara benerin laptop ini bisa kamu lakukan sebelum kamu harus pergi ke tempat servis laptop.

Baca juga: Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Macbook Dibanding Laptop Biasa?

Kesimpulan

Bagi individu yang bekerja dari mana saja (WFA), penting untuk memperhatikan seluruh komponen laptopmu untuk memastikan kelancaran dalam menjalankan tugas-tugasmu. Setiap komponen, mulai dari keyboard, layar, baterai, hingga koneksi internet, memainkan peran krusial dalam mendukung produktivitas dan kinerja secara keseluruhan. Kecilnya masalah pada salah satu komponen dapat menyebabkan gangguan yang signifikan dalam alur kerja, mengganggu konsentrasi dan efisiensi.

Canberra's best 'coffices': cafes that welcome both you and your laptop |  The Canberra Times | Canberra, ACT
Source: The Canberra Times

Oleh karena itu, menjaga dan memelihara setiap komponen laptop dengan baik, serta mengatasi masalah secepat mungkin saat terjadi, merupakan langkah penting bagi pekerja WFA untuk memastikan bahwa kamu dapat tetap fokus dan produktif dalam lingkungan kerja yang berbeda-beda. Kesadaran akan pentingnya perawatan dan pemeliharaan laptop juga menggambarkan tanggung jawab individu terhadap pekerjaanmu sendiri.

Sebagai pekerja yang bekerja secara mandiri dari lokasi yang beragam, Jagoans bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua alat yang kamu butuhkan untuk bekerja berfungsi dengan baik. Dengan memperhatikan dan merawat komponen laptop secara teratur, individu menunjukkan dedikasi terhadap tugas-tugas dan keseriusanmu terhadap lingkungan kerja virtual.

Selain itu, dengan memiliki pemahaman dasar mengenai cara benerin laptop atau benerin keyboard, kamu juga dapat menjadi lebih mandiri dalam mengatasi masalah yang mungkin timbul. Kamu tidak perlu panik ketika sedang bekerja dan mengalami gangguan, jadi tetap bisa menjaga produktivitas. Jagoans tetap optimal saat bekerja dari mana saja, deh!

Share on: