JagoHacks

February 4, 2024

Simak! Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak

Dengan kemajuan teknologi dan ketersediaan akses internet yang semakin luas, penggunaan laptop untuk bekerja telah menjadi lebih mudah dan fleksibel dari sebelumnya. Laptop saat ini dirancang dengan berbagai fitur untuk terhubung dengan dunia digital di mana saja dan kapan saja. Dengan koneksi internet yang stabil, Jagoansdapat mengakses dokumen, aplikasi, dan sumber daya online dengan mudah, sehingga tidak terikat pada kantor atau tempat kerja tertentu.

Source: Asurion

Perkembangan dalam perangkat lunak kolaboratif dan layanan cloud untuk berkolaborasi secara real-time dengan rekan kerjamu, bahkan jika kalian berada di lokasi yang berbeda. Kemudahan penggunaan laptop untuk bekerja dari mana saja dan kapan saja juga didukung oleh adopsi gaya kerja yang lebih fleksibel, seperti kerja jarak jauh atau remote.

Hal ini memungkinkan individu untuk mengatur jadwal kerja Jagoans masing-masing sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pribadi, kamu tetap terhubung dan produktif bahkan saat sedang bepergian. Dengan demikian, laptop telah menjadi alat yang sangat penting dalam mendukung gaya kerja modern yang fleksibel dan mobilitas yang tinggi.

Baca juga: MacBook atau Windows Laptop. Mana Yang Terbaik Untukmu?

Tidak Perlu Bawa Alat Tambahan

Penggunaan laptop menjadi lebih mudah karena semua perangkat yang diperlukan untuk berinteraksi dengan komputer telah terintegrasi dalam satu perangkat yang ringkas dan portabel. Dengan keyboard dan touchpad yang telah terpasang secara permanen pada laptop, kamu tidak perlu lagi membawa perangkat tambahan seperti keyboard eksternal atau mouse. Hal ini tidak hanya menghemat ruang dan berat dalam bepergian, tetapi juga mempercepat proses setup saat ingin mulai bekerja.

Source: Driver Easy

Jagoans hanya perlu membuka laptop dan Jagoans siap untuk mulai bekerja tanpa harus menyambungkan atau mengatur perangkat tambahan. Selain itu, integrasi perangkat pada laptop juga mengurangi risiko kehilangan atau rusaknya perangkat tambahan seperti keyboard atau mouse eksternal. Dengan semua komponen penting yang terdapat dalam satu perangkat, kamu dapat merasa lebih aman dan nyaman saat bepergian atau bekerja di luar kantor.

Kemudahan ini dapat membuatmu jadi lebih fokus pada tugas yang dihadapi, tanpa harus khawatir tentang ketersediaan atau keamanan perangkat tambahan. Dengan demikian, integrasi perangkat pada laptop tidak hanya meningkatkan kenyamananmu, tetapi juga meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam penggunaan komputer portabel.

Resiko yang Bisa Terjadi

Ketika menggunakan laptop, ada berbagai risiko yang dapat terjadi, termasuk kerusakan perangkat keras seperti touchpad yang rusak akibat terkena air atau kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Misalnya, jika touchpad laptop terkena cairan seperti air, minuman, atau bahan kimia lainnya, hal ini dapat mengakibatkan kerusakan yang signifikan dan mengganggu fungsi keseluruhan perangkat.

Source: Gearrice

Jika laptop terjatuh atau terkena goncangan yang kuat, itu bisa merusak komponen internal seperti hard drive atau motherboard, yang dapat menyebabkan kehilangan data atau kerusakan permanen pada perangkat. Begitu juga, jika laptop digunakan di lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin, suhu ekstrim tersebut dapat mengganggu kinerja perangkat keras dan mempercepat kerusakan komponen.

Selain risiko kerusakan perangkat keras, penggunaan laptop juga membawa risiko keamanan yang perlu dipertimbangkan. Terhubungnya laptop ke internet meningkatkan risiko serangan malware, virus, dan serangan siber lainnya yang dapat mengancam keamanan data dan informasi sensitifmu. Selain itu, risiko kehilangan atau pencurian laptop juga merupakan ancaman, terutama jika data penting disimpan secara lokal di perangkat tersebut tanpa cadangan yang memadai.

Oleh karena itu, penting bagi Jagoans untuk mengambil langkah-langkah pencegahan seperti melakukan cadangan data secara teratur, menjaga laptop dari kerusakan fisik atau lingkungan, dan menggunakan perangkat lunak keamanan yang terkini untuk melindungi diri dari risiko yang terkait dengan penggunaan laptop. Di sini Jagofon ingin membagikan beberapa tips untuk kamu, dalam permasalahan kursor laptop rusak. Yuk, simak bersama di bawah ini!

Baca juga: Sebelum Beli, Simak Perbedaan MacBook Dengan Chromebook, Ultrabook, dan Notebook Di Sini

1. Cek Touchpad Aktif / Nonaktif

Source: Hindustan Post

Untuk mengaktifkan touchpad, kamu biasanya cukup menyentuh atau menggeser jarimu di atas permukaan touchpad. Beberapa laptop memiliki tombol khusus atau kombinasi tombol fungsi yang dapat digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan touchpad secara manual. Kamu juga dapat mengatur berbagai pengaturan dan preferensi touchpad melalui pengaturan sistem operasimu, seperti sensitivitas, kecepatan, dan fitur lainnya, untuk menyesuaikan pengalamanmu sesuai dengan kebutuhan individu.

2. Cek Pengaturan Touchpad

Pengaturan touchpad pada laptop dapat kamu sesuaikan dengan berbagai preferensi dan fitur untuk meningkatkan pengalamanmu. Melalui pengaturan sistem operasi, Jagoans dapat mengakses opsi untuk mengatur sensitivitas touchpad, kecepatan kursor, dan fungsi gerakan multi-jari, seperti pengguliran atau zooming.

Selain itu, kamu juga dapat menyesuaikan pengaturan khusus untuk penggunaan touchpad dengan fitur seperti pengenalan palm rejection untuk mencegah gerakan tidak sengaja saat mengetik, serta pengaturan gestur untuk melakukan tindakan cepat seperti menggeser atau mengeklik dengan dua jari.

3. Enhanced Pointer Precision

Source: Logitech

Fungsi Enhanced Pointer Precision adalah fitur yang ada dalam sistem operasi Windows yang dirancang untuk meningkatkan akurasi gerakan kursor mouse dengan mengubah kecepatan dan responsivitas gerakan mouse sesuai dengan kecepatan gerakan. Fitur ini dapat berguna bagi kamu untuk meningkatkan akurasi penggunaan mouse, terutama dalam situasi yang membutuhkan gerakan yang presisi.

Namun, untuk sebagian orang, terutama bagi yang terbiasa dengan pengaturan kursor yang konsisten, Enhanced Pointer Precision dapat menyebabkan gerakan kursor menjadi tidak stabil atau tidak konsisten. Untuk mematikannya, kamu dapat membuka "Control Panel" > "Mouse" > "Pointer Options". Di sana, kamu akan menemukan opsi untuk mematikan "Enhanced Pointer Precision" dengan menghapus centang dari kotak yang sesuai.

4. Update Driver

Update driver biasanya dirilis oleh produsen perangkat keras secara berkala untuk meningkatkan kompatibilitas, keamanan, dan kinerja perangkat lunak dengan sistem operasi yang baru, serta memperbaiki bug atau masalah yang mungkin ada dalam versi sebelumnya. Dengan mengupdate driver touchpad secara teratur, kamu dapat menghindari masalah

Masalah yang sering muncul diantaranya seperti kinerja yang lambat, ketidakstabilan, atau ketidakcocokan dengan perangkat lunak dan sistem operasi terbaru. Biasanya, kamu dapat memperbarui driver touchpad melalui manajer perangkat pada sistem operasi Jagoans, atau mengunduh versi terbaru dari situs web produsen laptopmu.

5. Service Center

Untuk melaporkan kursor laptop rusak ke pusat layanan, biasanya kamu perlu menghubungi departemen dukungan pelanggan dari produsen laptopmu. Ini bisa dilakukan melalui telepon, email, atau formulir online yang disediakan oleh produsen. Saat melaporkan masalah, kamu sebaiknya memberikan deskripsi yang jelas tentang masalah yang dialami oleh touchpad, termasuk detail tentang kapan dan bagaimana masalah tersebut muncul.

Produsen kemudian mungkin akan memandu Jagoans melalui serangkaian langkah pemecahan masalah atau memintamu untuk mengirimkan laptopmu ke pusat layanan untuk diperbaiki. Proses ini sering kali melibatkan pembuatan tiket dukungan pelanggan, di mana kamu akan diberikan nomor referensi untuk mengikuti perkembangan perbaikanmu.

Baca juga: 5 Tips Merawat Macbook Agar Awet dan Tahan Lama

Kesimpulan

Dalam menyimpulkan solusi untuk kursor laptop rusak atau touchpad yang tidak bergerak. Langkah-langkah awal termasuk memeriksa apakah touchpad dalam mode nonaktif dan melakukan restart laptop untuk memperbaiki masalah sementara. Jika masalah berlanjut, Jagoans dapat memeriksa dan menyesuaikan pengaturan touchpad melalui pengaturan sistem operasimu, atau mencoba memperbarui driver touchpad ke versi terbaru.

Jika langkah-langkah tersebut tidak berhasil menyelesaikan masalah, kemungkinan ada masalah perangkat keras yang lebih serius yang memerlukan perbaikan oleh teknisi yang terlatih di pusat layanan resmi. Dengan langkah-langkah ini, kamu dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah touchpad dengan cepat dan efisien, memastikan kembali fungsionalitas normal perangkat Jagoans. Tetapi jika kursor laptop rusak hingga tidak bisa digunakan lagi, ada baiknya kamu mengganti laptopmu untuk kenyamanan dalam penggunaan.

Jagofon menyediakan banyak pilihan laptop untukmu yang sedang mencari laptop dengan harga yang tidak menguras kantongmu. Laptop bekas yang dijual di Jagofon melalui quality control, sehingga semua laptop yang kamu terima pasti berfungsi dengan baik. Dengan membeli laptop bekas di Jagofon, kamu juga bisa mendapatkan garansi 7 hari uang kembali, dan garansi mesin hingga 6 bulan. Silahkan kunjungi website Jagofon, dan temukan laptop impianmu sekarang juga, Jagoans!

Share on: