Mengapa iPhone 12 Mini Gagal Laku? Simak Alasannya Disini!

Untuk melengkapi jajaran iPhone 12 series yang rilis pada tahun 2020, iPhone 12 Mini hadir dengan menyuguhkan bodi compact yang bisa mengingatkan sensasi menggenggam iPhone 4 atau iPhone 5. Namun mengapa iPhone 12 Mini gagal laku di pasaran?

Padahal jeroan iPhone 12 Mini tergolong kencang, sama dengan iPhone 12 series lainnya yang mengandalkan chip Apple A14 Bionic dan memiliki konfigurasi kamera yang sama. Secara umum perbedaannya hanya di ukurannya nya saja.

Apakah ada hal lain yang menjadi faktor tidak lakunya iPhone 12 Mini di pasaran? Nah, untuk memenuhi rasa penasaran Jagoans dan para Apple Fanboy, yuk simak alasannya disini!

Baca juga: iPhone 12 Turun Drastis, Lihat Harga Secondnya Disini

Layar Minimalis

Mengapa <abbr title=iPhone 12 Mini Gagal Laku? Simak Alasannya Disini! | Jagofon" loading="lazy">
Image Source: Trusted Reviews

Semakin berkembangnya teknologi, hampir semua kegiatan yang berhubungan dengan digital dan hiburan lain bisa dilakukan di HP. Tentu jika kita memiliki layar HP yang lebih besar, maka kegiatan tersebut akan terasa lebih mudah karena bisa melihat beberapa fitur dengan lebih jelas.

Hal ini juga dilihat oleh beberapa produsen smartphone dan berlomba menciptakan produknya dengan menghadirkan layar yang tergolong besar untuk memaksimalkan fungsi dari smartphone tersebut sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Tentu pada zaman iPhone 4 atau iPhone 5 yang memiliki layar kecil masih diminati karena belum cukup mampu mengelola semacam aplikasi editing, bermain game MOBA, atau menonton streaming di Netflix. Namun sekarang kegiatan tersebut lebih diminati dan nyaman dilakukan pada layar yang lebih besar.

iPhone 12 Mini sendiri memiliki dimensi 131,5 mm x 64,2 mm x 7,4 mm dengan berat hanya 135 gram. Tentu HP yang super compact ini rasanya kurang cocok untuk dipakai bermain game atau editing video. Alih-alih mendapatkan hasil yang maksimal, kamu akan kesulitan mengetuk beberapa pilihan fitur yang ada.

Oleh karena itu, banyaknya pilihan selain iPhone 12 Mini yang memiliki layar yang lebih lebar namun memiliki kinerja yang sama membuat ponsel ini kalah saing dengan saudaranya sendiri. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kurang diminatinya iPhone 12 Mini di pasaran.

Harga Kurang Bersahabat

Mengapa <abbr title=iPhone 12 Mini Gagal Laku? Simak Alasannya Disini! | Jagofon" loading="lazy">
Image Source: ZDNET

Pada saat kemunculannya di tahun 2020, iPhone 12 Mini dibanderol seharga Rp. 12 jutaan. Yah walaupun memang memiliki harga paling murah dibandingkan dengan model lain di seri yang sama, namun tetap rasanya timbul rasa membandingkan dengan model lain yang lebih worthed untuk dibeli dengan harga yang sama.

Harga yang relatif nanggung ini memberikan pilihan antara menambah sedikit budget untuk membeli iPhone 12 atau membeli iPhone 11 yang harganya lebih murah, namun memiliki layar dan kapasitas baterai yang lebih besar.

Oleh karena itu, iPhone 12 Mini terkesan memiliki harga yang relatif mahal jika dibandingkan dengan model lain yang memiliki layar dan kapasitas baterai yang lebih besar.

Baterai Kurang Mumpuni

Mengapa <abbr title=iPhone 12 Mini Gagal Laku? Simak Alasannya Disini! | Jagofon" loading="lazy">
Image Source: Gizmologi

Karena ukurannya yang mini, tentu kapasitas baterai yang disematkan juga tak mungkin sebesar model iPhone lain. iPhone 12 Mini dibekali baterai dengan kapasitas 2.227 mAh, berbeda dengan iPhone 12 yang memiliki kapasitas lebih besar di 2.815 mAh, dan iPhone 12 Pro Max di 3.687 mAh.

Jika di-compare dengan model lain tentu iPhone 12 Mini akan sangat kesulitan dalam mempertahankan masa hidupnya jika dipakai seharian. Tentu hal ini akan menjadi hambatan buat kamu yang aktif menggunakan iPhone untuk menunjang pekerjaan lapangan karena iPhone 12 Mini tak sanggup bertahan sehari hanya dengan satu kali pengisian ulang.

Walaupun demikian, iPhone 12 Mini sudah didukung pengisian daya fast charging 18W yang lumayan cepat mengisi ulang daya baterainya.

Kamera Nanggung

Mengapa <abbr title=iPhone 12 Mini Gagal Laku? Simak Alasannya Disini! | Jagofon" loading="lazy">
Image Source: Gizmologi

Secara garis besar, konfigurasi kamera iPhone 12 Mini sama dengan saudaranya yang berada pada iPhone 12 series. Ponsel ini memiliki dual camera 12 MP kamera utama OIS + 12 MP kamera ultrawide dengan kemampuan perekaman video berkualitas maksimal 4K@60fps Dolby Vision HDR. Sementara itu di kamera depannya terdapat kamera selfie 12 MP dengan kemampuan perekaman yang sama + gyro-EIS.

Namun, absennya fitur Portrait Night Mode pada iPhone 12 Mini serasa ada yang kurang. Bukan mencari-cari kesalahan, namun fitur ini berguna untuk memperindah fotografi malam dan meningkatkan daya kreativitas penggunanya.

Kemudian layar kecil seukuran 5,4 inchi terasa kurang mampu menyuguhkan gambar dengan cukup detail, sehingga foto atau video yang diambil menggunakan iPhone 12 Mini terasa kurang maksimal walaupun kualitasnya sama dengan model yang lain.

Belum 5G

Mengapa <abbr title=iPhone 12 Mini Gagal Laku? Simak Alasannya Disini! | Jagofon" loading="lazy">
Image Source: Tech Advisor

Sungguh disayangkan, iPhone 12 Mini keluaran Indonesia belum mendukung jaringan 5G. Eits, ini salah besar ya Jagoans alias mitos. Pasalnya semua jajaran iPhone 12 termasuk iPhone 12 Mini sudah mendukung jaringan 5G.

Jadi jika kamu ingin beli iPhone paling ringkas yang sudah mendukung jaringan 5G, iPhone 12 Mini adalah jawabannya. Kamu bisa cek iPhone 12 Mini di Jagofon dengan harga mulai dari Rp. 6 jutaan!

Kapan lagi mengantongi HP kelas flagship paling ringan dan paling murah yang menyediakan sinyal 5G selain di Jagofon!

Absen Dual SIM

Mengapa <abbr title=iPhone 12 Mini Gagal Laku? Simak Alasannya Disini! | Jagofon" loading="lazy">
Image Source: Medium

Tersedianya slot SIM lebih dari satu memang bisa memudahkan kamu dalam hal berkomunikasi. Hal ini juga bisa mempermudah untuk memisahkan urusan pribadi dan pekerjaan kamu tanpa harus memiliki lebih dari satu smartphone.

Sayangnya, iPhone 12 Mini tidak dibekali dual nano SIM. Tentu hal ini sangat disayangkan karena kebanyakan warga Indonesia memiliki banyak SIM untuk kebutuhan tertentu masing-masing.

Adapun alasan absennya dual nano SIM ini belum diketahui secara pasti, namun ditengarai bahwa untuk menyematkan fitur ini dibutuhkan ruang lebih sehingga tidak akan pas jika dipaksakan ke dalam struktur iPhone 12 Mini yang super ringkas.

Ukurannya Bukan Selera Orang

Mengapa <abbr title=iPhone 12 Mini Gagal Laku? Simak Alasannya Disini! | Jagofon" loading="lazy">
Image Source: Digital Trends

Beberapa orang berpendapat bahwa size doesn't matter. Namun untuk ukuran iPhone 12 Mini yang super compact tentu akan berpengaruh terhadap daya produktivitas dan hiburan.

Memang iPhone 12 Mini menyuguhkan ukuran yang super nyaman digenggam menggunakan satu tangan, tapi beberapa orang yang mengedepankan layar yang lebar dirasa kurang srek dengan ponsel berukuran kecil.

Mungkin ini hanya masalah preferensi, namun jika ada ponsel yang lebih besar layarnya, fitur tambahannya juga akan semakin banyak dan lebih nyaman digunakan untuk menunjang kebutuhan kamu.

Baca juga: Mitos dan Fakta iPhone 12 Pro Max? Apakah Layak Dibeli?

iPhone Berkualitas? Jagofon Tempatnya!

Buat kamu yang merasa serba nanggung untuk beli iPhone 12 Mini, kami bisa rekomendasikan iPhone 11 Pro Max atau iPhone 12 di Jagofon. Dengan harga iPhone 12 Mini yang berada di sekitar Rp. 6 jutaan di Jagofon, rasanya kamu bisa mendapatkan layar dan baterai yang lebih baik dari itu.

Namun sekali lagi ini hanya masalah preferensi ya Jagoans, jika kamu lebih tertarik dengan bodi yang nyaman digenggam menggunakan satu tangan, jangan ragu untuk beli iPhone 12 Mini atau iPhone 13 Mini. Yang jelas untuk mendapatkan penawaran harga yang lebih bersahabat, belinya jangan lupa di Jagofon!

Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 Bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Beli HP bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan self-pickup ke kantor Jagofon!