Mitos dan Fakta Samsung S22? Apakah Layak Dibeli?

Samsung, selaku penyedia HP berkualitas tinggi memperkenalkan Galaxy S22 pada tahun 2022. HP flagship yang memiliki ukuran paling mungil diantara jajaran S22 Series ini memiliki beberapa kelebihan yang tidak bisa dianggap remeh.

Namun ada saja beberapa mitos yang membeberkan beberapa kekurangan dari HP ini. Oleh karena itu yuk kita crosscheck beberapa mitos dan fakta mengenai Samsung S22 berikut ini.

Baca juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra!

Daya Baterai Standar

Mitos dan Fakta Samsung S22? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: Samsung Mobile Press

Ada beberapa anggapan bahwa kapasitas baterai Samsung S22 itu standar atau biasa-biasa saja. Yah di atas kertas memang kapasitas baterainya hanya 3700 mAh sih Jagoans. Mengingat ukurannya yang mungil tak masuk akal jika menjejalkan kapasitas baterai yang besar juga.

Namun dengan disematkannya chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang memiliki teknologi efisiensi daya yang canggih membuat daya tahan ponsel ini dirasa masih bisa bertahan jika kamu memakainya dengan wajar selama seharian.

GSMArena melakukan pengetesan baterai Samsung S22 untuk mengukur kekuatan daya tahannya. Hasilnya ponsel ini mampu meraih endurance rating 85 jam setelah diforsir selama 25 jam 41 menit saat melakukan panggilan telepon, 11 jam 57 menit saat digunakan untuk berinternet, dan 14 jam 4 menit saat digunakan untuk menonton video.

Sementara itu, Hashfirama sebuah akun dari Samsung Members menemukan bahwa Samsung S22 memiliki SoT selama 4 jam 31 menit dari total pemakaian 9 jam 38 menit dari kapasitas baterai 100% sampai 14%.

Jika kamu perhatikan SoT yang melebihi dari 4 jam terbilang normal dan masih bisa diandalkan untuk pemakaian seharian tanpa harus mengisi ulang daya lebih dari satu kali. Lain halnya jika kamu sangat aktif bermain game atau membuka aplikasi berat lainnya, mungkin kamu harus mengecas S22 sebanyak 2 atau 3 kali dalam sehari.

Kamera Kurang Maksimal

Mitos dan Fakta Samsung S22? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: Amateur Photographer

Mitos lainnya adalah Samsung Galaxy S22 5G memiliki kamera yang kurang maksimal. Sebelum melihat hasilnya, yuk kita simak konfigurasi kamera Samsung Galaxy S22 terlebih dahulu.

Kamera belakang Samsung dibekali dengan triple camera dengan konfigurasi 50 MP (f/1.8) + kamera ultrawide 12 MP (f/2.2) + kamera telefoto 10 MP (f/2.4). Sementara itu di sisi depannya terdapat kamera selfie 10 MP (f/2.2).

Untuk perekaman videonya, kamera utama mampu merekam video dengan kualitas maksimal 8K@24fps dan kamera depannya mampu merekam video dengan kualitas maksimal 4K@30/60fps.

Di tahun 2024, konfigurasi kamera yang mumpuni di atas mampu mengahasilkan kualitas gambar seperti berikut.

Mitos dan Fakta Samsung S22? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Hasil Kamera Utama Samsung S22 | Source: amateurphotographer.com/Joshua Waller
Mitos dan Fakta Samsung S22? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Hasil Kamera Ultrawide Samsung S22 | Source: amateurphotographer.com/Joshua Waller
Mitos dan Fakta Samsung S22? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Hasil Kamera Selfie Samsung S22 | Source: amateurphotographer.com/Joshua Waller

Menilai dari hasil gambarnya, kamera Samsung S22 mampu menghasilkan gambar yang memiliki warna yang bagus. Kameranya juga mampu memberikan tingkatan saturasi yang baik dengan menghasilkan jepretan yang konsisten.

Dynamic range nya juga mampu dihandle dengan baik berkat fitur auto HDR dan menghasilkan gambar yang kaya dan detail.

Nah kan, mitos kamera Samsung S22 yang kurang maksimal tidak terbukti ya Jagoans. Kamu bisa kok menghasilkan jepretan yang bagus dengan menggunakan kamera Samsung S22 bak fotografer profesional.

Absen Audio Jack 3.5mm

Mitos dan Fakta Samsung S22? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: Tech Advisor

Salah satu fakta yang kurang mengenakkan pada Samsung S22 adalah absennya jack audio 3,5 mm. Hal ini disayangkan karena untuk mendapatkan kualitas audio terbaik dari sebuah musik, film atau game adalah mendengarkannya lewat earphone atau headphone.

Namun tak perlu khawatir, dengan adanya Galaxy Buds atau TWS lain, kamu bisa menikmati audio tanpa harus terganggu oleh kabel. Jika kamu ingin menggunakan earphone atau headphone yang hanya support jack audio 3,5 mm, kamu bisa menggunakan converter jack 3,5 mm ke USB Type-C.

Isu Throttling

Mitos dan Fakta Samsung S22? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: Digital Trends

Seperti yang diketahui, Samsung S22 dibekali dengan SoC Snapdragon 8 Gen 1 yang tak bisa dipungkiri performanya termasuk ke dalam jajaran tier atas. Namun, setelah dicoba untuk memainkan beberapa game dengan settingan rata kanan, ponsel mulai mengeluarkan beberapa kendala.

Saat dilakukan tes gaming oleh tim digitaltrends, hanya dalam 15 menit, ponsel ini mengalami peningkatan panas yang tergolong tajam. Sehingga berdampak pada buruknya performa memainkan sebuah game.

Pada saat menjalankan game Call of Duty: Mobile, terdapat frame drop saat game menyentuh di 40 menit pertama. Tentu hal ini sangat disayangkan ya Jagoans, mengingat spek dewa yang ada dalam Samsung S22 ternyata tidak bisa menghandle faktor panasnya.

Untungnya, isu throttling ini sampai ke tim software engineer Samsung sehingga isu ini sudah bisa diselesaikan dengan cepat pada pembaruan piranti lunak yang dikeluarkan yang mencakup tentang kestabilan jalannya aplikasi dan patch keamanan terkini.

Jadi isu throttling ini sudah dibereskan oleh pihak Samsung dengan baik ya Jagoans. Jika kamu ingin membeli Samsung S22 di tahun 2024, kamu bisa cek Jagofon yang bisa mewujudkan wishlist impian kamu!

Absen Slot Memori Eksternal

Mitos dan Fakta Samsung S22? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: Android Central

Samsung S22 tidak menyertakan slot untuk memori external. Hai ini tentu saja menghambat kamu yang memiliki hobi dengan membutuhkan ruang penyimpanan yang besar seperti fotografer, videografer, atau seorang content creator.

Tanpa adanya memori external juga memungkinkan kamu berisiko untuk kehilangan semua data yang ada di dalam memori internal jika kamu harus mereset ulang HP kamu dikarenakan bootloop atau ada bug di dalam softwarenya.

Namun, jika kamu menginginkan penyimpanan yang luas dan aman, kamu bisa membeli Samsung S22 yang versi 256 GB plus berlangganan penyimpanan berbasis cloud.

Hal tersebut merupakan solusi untuk menambah kapasitas penyimpanan HP kamu walau ujung-ujungnya, kamu harus mengeluarkan kocek lebih untuk membeli Samsung S22 versi paling mahal dan berlangganan jasa cloud storage.

Baca juga: Tes Kelayakan Samsung Galaxy S21 di Maret 2024

Dapatkan Samsung Galaxy S22 Berkualitas

Banyak pengguna smartphone yang memiliki preferensi Samsung S22 untuk dijadikan daily driver mereka. Selain bentuknya yang pas di kantong dan di genggaman, performa yang ditawarkan termasuk kencang dan gahar.

Selain itu, fitur kameranya juga menawan dengan menghasilkan jepretan yang bisa kamu banggakan di media sosial. Dengan modal konfigurasi kamera belakang yang mumpuni, kamu sudah bisa menyuguhkan hasil jepretan yang bisa dibilang sangat bagus.

Adapun beberapa mitos dan kekurangan seperti absennya jack audio 3,5 mm dan slot memori eksternal memang sangat disayangkan ya Jagoans. Namun hadirnya beberapa alternatif untuk menutup kekurangannya dirasa masih sah-sah saja jika kamu ingin membeli Samsung S22 di tahun ini.

Nah, jika kamu tidak sabar ingin memiliki HP impian kamu, kamu bisa langsung checkout produknya di Jagofon. Selain mudah dan aman, bertransaksi di Jagofon pasti mendapatkan garansi.

Kamu akan mendapatkan garansi uang kembali jika selama 7 hari pemakaian terdapat kekurangan seperti HP mati atau tidak bisa digunakan. Selain itu, Jagofon juga menyediakan garansi ganti mesin selama 1 Bulan dengan pilihan perpanjangan sampai 6 Bulan dengan tambahan biaya yang sedikit.

Kapan lagi, beli HP bekas murah berkualitas + garansi uang kembali adalah sebuah value for money yang sesungguhnya! Secara harga Samsung S22 yang hanya di kisaran Rp. 7 jutaan di Jagofon adalah penawaran yang terbaik untuk para Jagoans!