JagoHacks

January 2, 2024

Mudah! Ini Cara Cek Pajak Lewat HP!


Hai, Jagoans! Jangan lupa buat ngecek pajak mobil. Biar siap setiap tahunnya. Pajak mobil harus bayar on-time biar gak kena denda dan STNK tetap aktif.

Biaya pajak mobil itu gak nentuin dari seberapa kaya pemiliknya. Tarif pajak mobil itu ditentuin dari nilai jual kendaraan yang dinilai tiap tahun. Jadi, biaya pajak mobil bisa beda-beda tiap tahunnya.

Kalo punya lebih dari satu mobil di satu rumah, hati-hati, bisa lebih mahal pajaknya. Itu namanya pajak progresif. Jadi, mobil pertama kena biaya 1—2 persen, trus mobil kedua, ketiga, keempat, gitu, kena biaya 2—10 persen.

Soalnya besaran pajak bisa berubah-ubah tiap tahun, makanya penting buat cek biaya pajak mobil setiap tahun. Apalagi jaman yang udah canggih, sekarang udah bisa cek pajak kendaraan online dimanapun kamu berada, praktis kan?

Ada beberapa cara cek pajak motor lewat HP maupun mobil dari online yang bisa dicoba. Yuk, simak beberapa pilihan cara cek pajak lewat HP!

Baca Juga: Fitur AI Menarik Yang Dihadirkan Samsung di Update One UI 6

Image Source: Berita Subang

Cek Pajak Lewat Website

Ini caranya kalau kamu mau cek pajak kendaraan online, mampir aja ke website resmi Samsat. Di situs ini, gak cuma bisa tau biaya pajak mobil, tapi juga dapat info lain, kayak tanggal jatuh tempo pajak kendaraan.

Tapi, perlu diinget, website Samsat bisa beda-beda tiap daerah. Misalnya, Jakarta punya situs resmi Samsat sendiri. Buat yang di Jakarta, bisa buka samsat.info lewat ponsel. Kalo lewat laptop atau komputer, bisa cek www.jakarta.go.id/e-samsat. Kalo di Jawa Barat, bisa kunjungi bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/.

Ini langkah-langkahnya buat cek biaya pajak online lewat website Samsat:

  1. Buka website resmi Samsat Kalo lewat ponsel, buka samsat.info. Kalo lewat laptop, kunjungi situs resmi daerah kamu, misalnya www.jakarta.go.id/e-samsat buat DKI Jakarta.
  2. Isi Data Begitu masuk ke situs resmi, isilah data kendaraan biar bisa cek biaya pajak. Biasanya, harus isi nomor polisi kendaraan dan nomor induk kependudukan di kolom yang disediain di situs. Abis itu, klik buat lanjutin proses.
  3. Pantau Biaya Pajak Setelah data terisi, kamu bakal dapat info tentang seberapa besar biaya pajak yang harus dibayar. Tapi perhatian, biaya pajak yang muncul di website belum termasuk denda telat atau pajak progresif, ya.

Cek Pajak Lewat Aplikasi

Samsat punya aplikasi khusus nih, namanya Sambara, yang bisa bantu pemilik kendaraan cara cek pajak motor lewat HP maupun mobil secara online. Nah, kelebihannya, selain buat cek pajak, aplikasi ini punya berbagai menu terkait perpajakan kendaraan.

Ini nih langkah-langkahnya buat cek biaya pajak mobil lewat aplikasi Sambara:

  1. Unduh aplikasi: Aplikasi e-Samsat bisa diunduh di Playstore. Pilih aja antara Sambara atau Samsat Online Nasional.
  2. Log-in: Masuk ke aplikasi Sambara dengan masukin data diri dan data kendaraan. Pastiin nomor induk kependudukan dan nomor polisi kendaraannya bener.
  3. Pilih menu pendaftaran: Di aplikasi, ada beberapa menu. Kalo mau cek biaya pajak, pilih menu Pendaftaran. Di situ, bakal ada panduan buat isi formulir buat cek pajak kendaraan.
  4. Isi formulir: Isi formulir dengan data yang bener. Abis selesai, kamu bakal dapet info tentang nilai pajak, tanggal jatuh tempo pajak, sampe tanggal jatuh tempo STNK.
  5. Dapetin opsi pembayaran: Kamu juga bakal dapetin kode bayar buat pembayaran pajak kendaraan dari formulir tadi. Dan bukan cuma itu, ada beberapa pilihan tempat bayar, bisa di bank-bank yang bekerja sama, kayak bank-bank BUMN, bank daerah, atau bank swasta macam BCA.

Baca Juga: Simak Cara Praktis Mengunci Aplikasi di HP Samsung

Cek Pajak Lewat SMS

Nah, opsi terakhir buat cek pajak kendaraan online bisa lewat pesan singkat alias SMS. Ini khusus buat pajak tahunan ya, bukan yang lima tahunan.

Tapi, perlu dicatat, pengecekan pajak lewat SMS baru bisa di beberapa provinsi di Indonesia. Buat yang di Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur, bisa coba nih.

Caranya gampang, tinggal ketik kode provinsi diikuti nomor plat kendaraan. Contohnya, buat Jakarta pakenya kode "METRO," buat Jawa Barat pake "poldajbr."

Misalnya nomor kendaraan kamu B9876 SKG, tinggal kirim SMS dengan format "METRO (spasi) B9876 SKG," terus kirim ke 1717.

Kesimpulan

Gimana, Jagoans sudah mengerti kan? Ingat, bayar pajak kendaraan sebelum jatuh tempo ya, biar gak kena denda. Kalo buat mobil, denda keterlambatan bisa sampe 25 persen dalam satu tahun.

Makanya, bayar pajak tepat waktu tuh penting banget. Apalagi sekarang udah bisa cek pajak kendaraan online. Apalagi kalau cek onlinenya lewat HP Second dari Jagofon! Eits tunggu dulu, Jagofon merupakan marketplace spesialis gadget/HP bekasi Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja gadget/HP bekas.

Jagofon juga melaksanakan quality control terhadap semua produknya sehingga 100% berfungsi sebelum sampai ke tanganmu. Tunggu apa lagi? Cek website Jagofon sekarang dan tanya-tanya ke admin Jagofon!

Share on: