Product

Oppo Reno 8: Salah Satu Smartphone Paling Istimewa Dari Oppo?

Unboxing Oppo Reno 8 4G, Spesifikasi Menggoda Harganya Rp 5 Juta
Sumber : detiknet-detik.com

Jagoans, siapa sih yang nggak kenal sama smartphone satu ini? Berdasarkan riset oleh Counterpoint di 2023, Oppo bahkan menduduki peringkat pertama dan menjadi pemimpin pangsa pasar smartphone di Indonesia. Hal tersebut juga membuat Oppo unggul atas lima pesaingnya yakni Samsung, Vivo, Realme, Xiaomi, dan juga Infinix.

Perusahaan asal Cina ini terus mengembangkan dan memasarkan produknya dengan berbagai model yang mempunyai fitur menarik, salah satunya Oppo Reno 8 4G. Diluncurkan pertama kali pada tahun 2022, Oppo Reno 8 kini mempunyai berbagai tipe seperti Oppo Reno8 5G, Oppo Reno8 Z 5G, dan Oppo Reno8 Pro.

Kali ini kita bakal mem-breakdown, Oppo Reno 8 4G yang harganya sangat terjangkau dibandingkan dengan tipe Reno 8 yang lain. Dengan desain yang mewah, elegan, dan mempunyai kamera yang berkualitas, Oppo Reno 8 menjadi salah satu smartphone istimewa besutan Oppo. Penasaran? Yuk simak artikel ini ya Jagoans!

Desain & Layar

Oppo Reno 8 mempunyai desain Ultra-Slim Retro Design, yaitu desain layar flat dengan tinggi 159,9 mm, lebar 72,2 mm, berat 182 gram dan ketebalan yang cukup tipis hanya 7,66 mm dan menjadikan Oppo Reno 8 lebih nyaman untuk di genggam ataupun di simpan di dalam tas, dompet, ataupun kantong.

Terdapat beberapa tombol dari Oppo Reno 8 ini, seperti tombol power di bingkai sebelah kanan, dan tombol volume dan slot SIM Card di sebelah bingkai kiri. Selain itu, di bawahnya juga terdapat konektor USB-C, mikrofon dan speaker.

Kamera Oppo Reno 8 ini juga merupakan salah satu daya tarik dari smartphone ini. Pasalnya, tidak hanya satu kamera saja, melainkan terdapat tiga kamera dengan lensa dan fokus yang berbeda, yaitu kamera utama, kamera makro, dan kamera mikro.

Terdapat fitur mode pemrotretan seperti , Pro, Pano, Potret, Ekstra HD, Slo-Mo, Selang Waktu, Microlens, Stiker, dan Pemindai Teks yang memudahkan kita dalam menggunakan kamera agar sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Di bagian kamera juga terdapat Orbit Light yang akan menyala pada saat menerima panggilan, pesan, serta notifikasi.

Untuk masalah warna, Reno 8 hadir dalam dua warna yang elegan dan versatile, yaitu Dawnlight Gold untuk yang menyukai warna cerah, dan warna Starlight Black untuk warna yang lebih gelap.

Dilengkapi layar Amoled dan beresolusi FHD+, ketajaman dan kontras layar Oppo Reno 8 4G cocok untuk Jagoans yang suka menonton video, meskipun layarnya hanya berdimensi 6,43 inci atau 16,33 cm, lebih kecil dibanding seri Oppo lainnya, tapi sejalan dengan desain yang compact dan elegan.

Lebih lanjut, layar Reno 8 juga memiliki aspek rasio 20:9 dengan piksel 409 ppi (pixel per inch). Terdapat juga opsi refresh rate yang tinggi sampai dengan 90 Hz yang membuat tampilannya lebih mulus saat dipakai. Ketahanan dari layar Reno 8 ini juga didukung oleh kaca yang diperkuat yang memungkinkan smartphone ini terhindar dari keretakan saat terjatuh dari ketinggian tertentu. Hal ini merupakan glow up yang patut diapresiasi, karena pendahulunya Oppo Reno 7 hanya dilengkapi dengan Panda Glass.

Baca juga: Inilah Top 5 HP Oppo di Terjangkau Tahun 2022

Kamera

Kamera utama dari Oppo Reno 8 4G ini beresolusi 64 MP dengan bukaan lensa f/1.7 dan motor fokus loop terbuka.  Fitur dari kamera utamanya adalah PDAF atau phase detection autofocus, yang mempunyai kemampuan yang baik dalam mengunci fokus dengan lebih cepat dan tepat.

Di samping itu, dua kamera pendamping lainnya yaitu kamera makro beresolusi 2MP dengan f/3.3 dan kamera mikro beresolusi 2 MP dengan f/2.4. Tidak kalah dengan kamera utamanya, kamera depan dari Reno 8 ini beresolusi 32 MP dengan f/2.4 dan sensor Ultra-Sensing Selfie, menjadikan Reno 8 pilihan yang tepat untuk Jagoans yang menginginkan kualitas selfie yang keren.

Baik kamera depan dan belakang sama-sama menggunakan fitur gyro-EIS sehingga perekaman video menjadi lebih stabil dan terbebas dari guncangan dan dapat merekam hingga resolusi 1080p di kecepatan 30 fps.

Untuk Jagoans yang sangat mementingkan aspek fotografi, Oppo Reno 8 5G mungkin juga bisa jadi pertimbangan untuk dibeli. Hal ini dikarenakan fitur kameranya lebih unggul dari Oppo Reno 8 4G yang menggunakan teknologi Sony.

Kamera utamanya sudah menggunakan teknologi Sony IMX766 dengan resolusi 50 MP dan bukaan lensa f/1.8, dan dilengkapi kamera wide dengan resolusi 8 MP serta kamera makro beresolusi 2 MP. Sedangkan kamera depan dari Oppo Reno 5G menggunakan sensor Sony IMX709 beresolusi 32MP dengan f/2.4. Untuk videonya, dapat merekam hingga 4K di kecepatan maksimal 30 fps.

Perbandingan hasil foto dari Oppo Reno 4G dan Oppo Reno 5G dapat dilihat pada gambar berikut :

Sumber : youtube.com/kuliahsore

Performa & Baterai

Jika dibandingkan dengan versi Oppo sebelumnya, yaitu Oppo Reno 7, terdapat kesamaan pada performa dan kualitas baterai. Oppo Reno 7 dan Oppo Reno 8 memiliki kapasitas baterai yang sama yaitu 4500 mAh/17.41 Wh.

Sedangkan untuk chipsetnya, Oppo Reno 8 dan Reno 7 menggunakan Snapdragon 680. Untuk perbedaannya, Oppo Reno 8 sudah dilengkapi dengan MediaTek Dimensity 1300 (6 nm), Octa Core dan Mali – G77 MC9.

Sedangkan Oppo Reno 7 dilengkapi MediaTek Dimensity 900 (6 nm), Octa Core dan Mali – G68 MC4. Jika dilihat dari performanya, memang Oppo Reno 8 sedikit lebih unggul dari Reno 7, namun kedua smartphone ini cukup canggih di kelasnya.

Spesifikasi dari Oppo Reno 8 4G sendiri dapat dilihat pada tabel berikut :

Dimensi

159.9 x 73.2 x 7.5 mm

Berat

174 gram

Layar

  • AMOLED 409 ppi 

  • 1080 x 2400 piksel

  • Tingkat kecerahan: 430 nit (khas), 600 nit (HBM), 800 nit (puncak)

  • Rasio 20 :9

Chipset

Qualcomm Snapdragon 680

CPU

Octa-core (4x2.4 GHz Kryo 265 Gold & 4x1.9 GHz Kryo 265 Silver)

GPU

Adreno 610

Memori

  • RAM 8 GB

  • Memori Internal 256 GB

  • Terdapat Memori Eksternal

Konektivitas

  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

  • Bluetooth  5.1, A2DP, LE, aptX HD

  • NFC

  • USB Tipe-C 2.0

Kamera

  • Kamera utama dengan fitur PDAF, LED flash, HDR, & panorama.
    Video: Hingga 1080p@30fps, gyro-EIS, 64 MP (wide), f/1.7, 2 MP (microscope), f/3.3 2 MP (depth), f/2.4

  • Kamera depan dengan fitur Panorama & HDR, Video: Hingga 1080p@30fps, gyro-EIS, 32 MP (wide), f/2.4

Baterai

  • Jenis Li-Po 4500 mAh

  • Pengisian cepat 33 W

Fitur Lainnya

  • Tahan percikan air

  • Lampu notifikasi RGB yang melingkari dua lensa kamera belakang

  • Fingerprint, akselerometer, cahaya, giroskop, proksimitas, kompas

Baca juga: Smartphone Yang Gesit, Cek Harga Oppo A31 Second Tahun 2023 Disini

Kesimpulan Oppo Reno8

Oppo Reno 8 merupakan smartphone dengan kualitas yang baik dengan harga yang terjangkau. Berikut beberapa alasan kenapa harus memilih Oppo Reno 8 :

  • Desainnya elegan dan stylish
  • Mempunyai kualitas dan fitur kamera yang cocok untuk kebutuhan fotografi
  • Dapat mengisi daya dengan sangat cepat dengan teknologi fast charging
  • Menggunakan prosesor Snapdragon yang cepat & canggih

Gimana Jagoans? Udah nggak penasaran kan?

Tapi, sebelum membeli, Jagoans harus berhati-hati juga ya terhadap oknum yang menjual barang refurbished dengan harga yang lebih murah tapi kualitasya belum terjamin. Daripada khawatir soal kualitasnya, mending langsung aja check out Oppo Reno 8 di Jagofon!

Selain harganya terjangkau, produk di Jagofon juga dipastikan original  dan telah melewati 90+ tes untuk menjamin kualitas produk di Jagofon. Selain itu, dengan berbelanja produk di Jagofon, kamu juga ikut berkontribusi untuk mengurasi e-waste lho! Jadi tunggu apalagi? Yuk beli produk gadget favorit kamu di Jagofon sekarang!