Panduan Beli HP Second di Tahun 2024 Biar Nggak Ketipu!

Terkadang membeli HP second adalah salah satu jalan yang bijak untuk mengganti HP lama kamu yang rusak. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kualitas yang bagus kamu harus memahami panduan beli HP second di tahun 2024 biar ngga ketipu.

Beli HP second memang sangat menarik. Spek yang ditawarkan biasanya masih relevan kamu gunakan di tahun 2024 yang menyesuaikan dengan kondisi dan tahun pembuatannya.

Namun acap kali karena tergiur oleh harga yang murah, kamu sering mengabaikan kondisi HP second yang hendak kamu beli. Alhasil kamu kecewa karena mendapati beberapa masalah di kemudian hari.

Disini Jagofon bisa membagikan beberapa panduan beli HP second di tahun 2024 biar Jagoans ga ketipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Penasaran? Yuk langsung simak artikel di bawah ini!

Baca juga: Awas Tertipu Ini Beda iPhone Inter dan iBox

Yang Perlu Kamu Pikirkan Saat Beli HP Second

Panduan Beli HP Second di Tahun 2024 Biar Nggak Ketipu! | Jagofon
Image Soure: freepik.com/cookie-studio

Tentukan HP yang Dibutuhkan

Sebelum beli HP second pastikan kamu sudah membuat wishlist HP apa yang kamu butuhkan, bukan apa yang kamu inginkan ya Jagoans. Kamu bisa menyesuaikan spek HP dengan apa yang kamu butuhkan dan menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Jika kamu sering menggunakan HP untuk ngonten, pastikan beli HP yang memiliki kamera bagus dan terjangkau seperti vivo V20 atau mi 10T 5G. Jika kamu butuh HP yang memiliki performa gaming yang oke, kamu bisa riset POCO X3 Pro.

Jadi saat kamu mencari HP second, pilihannya akan mengerucut menjadi lebih spesifik dan lebih mudah menemukan HP second yang cocok. Apalagi cari HP second di Jagofon pasti kamu akan dipermudah karena bisa memanfaatkan filter pada websitenya.

Cari Seller Online atau Offline

Mencari seller HP second yang tepat dan terpercaya memang sedikit tricky. Jagoans yang suka datang langsung ke toko offline pastikan cek track record toko tersebut dengan mencari review di Google atau forum khusus jual beli HP second.

Pun ketika kamu mencari HP second online, kamu harus mengeluarkan sedikit usaha lebih untuk melihat kinerja, ulasan, atau testimoni mengenai produk yang dijual.

Beda kalau di Jagofon, semua produk dijamin ori dan bisa dibuktikan dengan kartu pengujian yang dilakukan di 90+ titik fungsi. Jadi semua HP second yang ada di Jagofon terjamin kualitas dan kelayakannya, bahkan produknya seperti baru loh!

Pertimbangkan Jual HP Lama atau Tukar Tambah

Budget kamu kurang untuk beli HP second baru? Coba pertimbangkan untuk jual HP lama kamu atau tukar tambah dengan HP yang baru. Walau sedikit susah untuk melakukannya, tapi ini cara ampuh untuk mendapatkan dana tambahan.

Nah, solusi menarik untuk menambah dana tambahan buat beli HP second, kamu bisa jual HP lama kamu di Jagofon atau kamu juga bisa tukar tambah di Jagofon. Buat yang belum tahu, Jagofon menyediakan jasa Jual HP dan Tukar Tambah. Kamu yang berniat jual atau tukar tambah HP bias memanfaatkan fitur ini.

Caranya sangat mudah, kamu tinggal isi form mengenai informasi HP kamu, terima tawaran harga yang ditawarkan, kemudian tinggal tunggu konfirmasi lanjutannya. Dengan cara ini kamu bisa jual HP kamu dengan aman dan praktis!

Yang Perlu Kamu Cek Saat Beli HP Second

Panduan Beli HP Second di Tahun 2024 Biar Nggak Ketipu! | Jagofon
Image Source: O2

Nah jika kamu sudah matang mempersiapkan diri untuk beli HP second, ada beberapa komponen yang kamu perlu cek saat hendak membelinya. Adapun komponen tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Cek Kondisi Body

Cek fisik HP second adalah langkah yang paling mudah namun sangat penting dilakukan. Pasalnya hal ini akan berdampak juga pada komponen dalamnya jika kondisi fisiknya ada yang penyok atau retak.

Hal yang perlu kamu cek di bagian body nya antara lain adalah apakah layarnya ada baretan atau retakan, apakah framenya ada dent atau penyok, kemudian apakah modul kameranya masih aman, serta tombol-tombolnya apakah masih empuk? dan sensor sidik jarinya apakah masih responsif?

Beberapa hal tersebut tentu harus disesuaikan dengan apa yang diiklankan oleh seller HP bekas. Kamu harus menyocokkan apa yang ada di deskripsi dengan kondisi nyata. Jika ada yang ga beres, jangan ragu untuk break the deal karena seller tidak jujur.

Mau dapet seller HP bekas yang jujur dan amanah? Jagofon sih masih paling the best dan transparan mengenai kondisi HP second yang dijual. Di websitenya dijelaskan kondisi HP dalam beberapa kategori, seperti Fair, Good, Very Good, dan Mint, jadi kamu ga akan bertanya-tanya mengenai kondisi fisiknya lagi.

Cek Kondisi Baterai

Beli HP bekas pasti tidak akan mendapatkan baterai dengan performa yang prima. Kesehatan baterai pasti sudah menurun seiring dipakainya HP tersebut. Kamu bisa cek kondisi baterai HP second kamu sebelum membelinya.

Jika kamu ingin beli iPhone second, kamu dengan mudah bisa cek battery health nya. Jika dibawah 70% mending skip dulu aja Jagoans. Nah jika kamu mau beli HP Android kamu bisa cek catatan SoT alias Screen on Time nya. Jika SoT nya kurang dari 6 jam berarti baterainya sudah boncos ya Jagoans.

Cek Kondisi Kamera

Cek kamera saat beli HP second hukumnya wajib. Kamu harus cek kamera depan, belakang, serta fitur lain seperti zoom, fitur HDR dan lainnya berfungsi secara baik. kamu juga boleh kok memotret langsung menggunakan kameranya untuk mengecek apakah lensanya masih oke atau malah ada tanda-tanda kerusakan.

Cek Kondisi Sinyal

Hal penting lainnya untuk dicek sebelum beli HP second adalah cek koneksi sinyalnya. Kamu wajib bawa SIM card jika ingin memastikan HP nya bisa mendapatkan sinyal apa tidak. Apalagi kamu beli iPhone yang belum terdaftar IMEI nya, pasti kamu akan rugi dong. Koneksi WiFi juga wajib kamu cek dan memastikan koneksinya stabil.

Cek Garansi (Jika Masih Ada)

Jika kamu beli iPhone atau HP Android, tidak ada salahnya cek garansinya masih hidup atau tidak. Jika HP nya sudah melewati masa garansi resmi, kamu boleh kok meminta garansi pribadi dengan seller nya. Hal ini untuk memastikan HP yang kamu beli bisa berjalan dengan baik dalam waktu yang lama.

Mau beli HP bekas tapi memiliki garansi uang kembali? Jagofon menyediakan garansi di semua produknya loh. Mulai dari garansi 7 hari uang kembali, 30 hari ganti mesin, sampai bisa perpanjang masa garansi selama 6 bulan! Kapan lagi beli HP second mendapat garansi yang panjang? Cuma di Jagofon yang bisa.

Baca juga: Tips Membeli HP Gaming Murah

Ribet? Jual Beli HP Second di Jagofon Aja!

Yah jual-beli HP second pasti ribet ya Jagoans. Kamu harus hati-hati menemukan penjual dan pembeli yang terpercaya. Kalau kamu ga mau ribet, beli HP second nya di Jagofon aja! Semua produk di Jagofon dijamin 100% original dan 100% layak pakai karena sudah melalui pengetesan di 90+ titik fungsi. Selain itu, Jagofon juga menyediakan garansi sampai 6 bulan loh!

Kamu juga bisa jual HP bekas kamu di Jagofon tanpa ribet! kalau mau tukar tambah, bisa juga. Yuk kunjungi website Jagofon sekarang juga! Urusan jual-beli HP second ga ada yang senyaman dan seaman ini!