Comparison

Perbandingan iPhone 15 dan iPhone 11, Sejauh Apa Upgradenya?

Sempat viral beberapa waktu lalu, iPhone 11 banyak digandrungi masyarakat karena desain kamera yang unik, yang sebagian besar masyarakat menyebutnya dengan "kamera boba". Julukan tersebut diberikan masyarakat, khususnya kalangan muda, karena desain kamera iPhone 11 tersebut memiliki dua dan tiga (untuk iPhone 11 Pro Max) lensa yang disusun ke bawah, yang sekilas mirip dengan boba.

Selain harganya yang sudah terjangkau dari pertama kali dirilis, iPhone 11 memiliki fitur kamera yang digemari, seperti resolusi 12 MP, pencahayaan kamera dengan mode potret dengan enam efek dan penstabilan gambar optik, juga membuat iPhone ini banyak diincar dan dibeli oleh masyarakat.

Namun, di akhir tahun 2023, Apple kemudian merilis series iPhone terbarunya yaitu iPhone 15 sebagai versi upgrade dari series iPhone terdahulunya. Penasaran sejauh apa upgrade iPhone 15 jika dibandingkan dengan iPhone 11? Yuk cari tahu lebih lanjut di artikel berikut!

Source : Youtube TECH MA

Desain & Layar

Fitur Dynamic Island. Source : Liputan 6

Dari segi desain dan layar, iPhone 11 memiliki ukuran layar  6,1 inch dengan teknologi Layar Liquid Retina HD serta beresolusi 1792 x 828 piksel pada 326 ppi. iPhone 11 memiliki dimensi tinggi 150,9 mm, lebar 75,7 mm, tebal 8,3 mm, dan berat 194 gram. Warna dari iPhone 11 juga tersedia dari warna-warna yang cerah seperti ungu, kuning, hijau, merah, hitam dan putih.

Dibandingkan dengan iPhone 11, iPhone 15 memiliki ukuran layar yang sama namun dengan teknologi yang lebih mumpuni dengan Layar Super Retina XDR. Dimensinya juga lebih kecil dan ringan jika dibandingkan dengan iPhone 11, yaitu dengan tinggi 147,6 mm, lebar 71,6 mm, tebal 7,8 mm dan berat 171 gram.

iPhone 15 juga hadir dengan warna pastel sehingga terlihat lebih elegan. Warna-warna tersebut antara lain pink, kuning, hijau, biru, dan hitam. Desain iPhone 15 ini juga menampilkan desain terbaru dengan fitur dynamic island, yang sebelumnya hanya tersedia di seri Pro pada iPhone 14.

Baca juga: Perbandingan iPhone 11 dan iPhone 14: Mana Yang Lebih Baik untukmu?

Spesifikasi & Performa

Source : iStyle

Untuk kamu yang penasaran dengan perbandingan fitur dan spesifikasi dari iPhone 11 dan iPhone 15, kamu dapat melihatnya pada tabel berikut :

Spesifikasi

iPhone 11

iPhone 15

Chipset


Chip A13 Bionic

CPU 6-core dengan 2 core performa dan 4 core efisiensi

GPU 4-core

Neural Engine 8‑core


Chip A16 Bionic

CPU 6-core dengan 2 core performa dan 4 core efisiensi

GPU 5-core

Neural Engine 16-core


Layar

Layar Liquid Retina HD

Layar LCD Multi-Touch sepenuhnya 6,1 inci

Resolusi 1792 x 828 piksel

Layar Super Retina XDR

Layar OLED menyeluruh 6,1 inci

Resolusi 2556 x 1179 piksel

Dimensi

Lebar: 75,7 mm

Tinggi: 150,9 mm

Tebal: 8,3 mm

Berat: 194 gram

Lebar: 71,6 mm

Tinggi: 147,6 mm

Tebal: 7,80 mm

Berat: 171 gram

Kamera

Sistem kamera ganda 12 MP: Kamera Wide dan Ultra Wide

Wide: bukaan ƒ/1.8

Ultra Wide: bukaan ƒ/2.4 


Kamera Utama 48 M

Ultra Wide 12 MP

Telefoto 2x 12 MP


Penyimpanan

64 GB

128 GB

128 GB

256 GB

512 GB

Konektivitas

LTE kelas Gigabit dengan 2x2 MIMO dan LAA

802.11ax Wi-Fi 6 dengan 2x2 MIMO

5G (sub‑6 GHz)

Gigabit LTE dengan 4x4 MIMO dan LAA

Wi‑Fi 6 (802.11ax) dengan 2x2 MIMO

Daya Tahan Baterai

Pemutaran video: 

Hingga 17 jam


Pemutaran video (streaming): Hingga 10 jam


Pemutaran audio: 

Hingga 65 jam


Kemampuan isi daya cepat: Pengisian daya hingga 50% dalam 30 menit dengan adaptor 20W atau lebih tinggi (dijual secara terpisah).


Pemutaran video:

 Hingga 20 jam


Pemutaran video (streaming): 

Hingga 16 jam


Pemutaran audio:

Hingga 80 jam


Pengisian daya hingga 50% dalam waktu sekitar 30 menit dengan adaptor 20 W atau lebih tinggi (dijual terpisah)


Fitur Lainnya

Teknologi nirkabel Bluetooth 5.0

NFC dengan mode pembaca

Bluetooth 5.3

NFC dengan mode pembaca

Dari segi performa, iPhone 15 lebih unggul karena memiliki chipset A16 Bionic dengan CPU dan GPU yang juga lebih tinggi. Chipset A16 Bionic memiliki CPU speed 20% lebih cepat. Selain itu Chipset A16 Bionic pada iPhone 15 juga memiliki AnTuTu skor yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan chipset A13 Bionic yang ada pada iPhone 11.

Dengan prosesor yang lebih cepat, Chipset A16 Bionic pastinya sangat mulus untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari, baik untuk aktivitas ringan seperti scrolling, menonton video, dan bermain game. Untuk Jagoans yang mengedepankan performan, iPhone 15 bisa menjadi salah satu pilihan smartphone.

Fitur signifikan lain yang ada pada iPhone 15 dan tidak ada pada iPhone 11 adalah fitur Dynamic Island. Fitur ini adalah pengganti Notch yang berbentuk status bar berwarna gelap yang mirip seperti gelembung. Dynamic Island sendiri memiliki beberapa fungsi, seperti untuk mengontrol pemutar musik, menjawab dan tutup panggilan FaceTime, hingga mematikan pewaktu yang berjalan.

Selain itu, iPhone 15 juga dilengkapi dengan deteksi tabrakan yang dirancang untuk mendeteksi kecelakaan mobil yang parah. Seperti tabrakan depan, samping, belakang, dan juga mobil terguling yang melibatkan mobil tipe sedan, mini-van, SUV, mobil pickup, dan mobil lainnya. Saat mendeteksi kecelakaan mobil yang parah, iPhone 15 akan membunyikan alarm dan menampilkan peringatan.

Kamera

Kamera menjadi fitur terpenting untuk dipertimbangkan sebelum membeli sebuah smartphone. iPhone 15 memiliki sistem kamera ganda canggih 48 MP, bukaan lensa  ƒ/1.6 dan ultra wide 12 MP dengan bukaan ƒ/2.4. Sedangkan untuk iPhone 11 telah dilengkapi kamera ganda 12 MP (Utama dan Ultra Wide). Untuk perbandingan hasil foto dari iPhone 11 dan iPhone 15 dapat dilihat pada gambar berikut :

Hasil foto iPhone 11 :

Source : Kumparan

Hasil foto iPhone 15 :

Source : Youtube Trending Tek

Untuk Jagoans yang mengedepankan fotografi, videografi, dan kebutuhan profesional lainnya, iPhone 15 bisa menjadi pilihan yang penting sebagai upgrade dari iPhone versi sebelumnya. Namun, jika Jagoans menggunakan kamera hanya untuk aktivitas sehari-hari, seperti keperluan foto pribadi, video call dan online meeting, iPhone 11 masih mumpuni untuk digunakan.

Baterai & Harga

Source : VOI

Beralih ke segi baterai, iPhone 11 dibekali baterai dengan kapasitas 3.110 mAh. Dilansir dari kompas.com, baterai iPhone 11 ini dapat bertahan selama 15 jam untuk pemakaian normal. Untuk pengisian dayanya masih menggunakan USB Lightning, namun telah mendukung pengisian daya cepat (fast charging).

Pada iPhone 15, Apple memberikan upgrade yang cukup signifikan.  Hal ini terlihat dari baterai iPhone 15 yang berkapasitas 3.349 mAh, dan telah didukung teknologi fast charging menggunakan adaptor 20 watt atau lebih. iPhone 15 juga telah menggunakan kabel USB Type-C yang lebih universal.

Untuk harganya, iPhone 11 tentunya memiliki harga yang lebih terjangkau karena sudah terlebih dahulu diluncurkan Apple dan belum memiliki upgrade yang ada pada iPhone 15. Dilansir dari website Jagofon, iPhone 11 dibandrol dengan harga 5 sampai 6 jutaan. Sementara itu iPhone 15 masih memiliki harga yang cukup tinggi di tahun 2024 ini dengan harga 15 sampai 20 jutaan untuk seri Pro.

Baca juga: Inilah Spesifikasi iPhone 15 Plus Dan Harganya Tahun 2024

Kesimpulan

Source : Tom's Guide

Nah itu dia Jagoans perkembangan upgrade oleh Apple untuk iPhone 15. Setelah membaca spesifikasinya, apakah kamu tertarik untuk upgrade ke iPhone 15 atau iPhone 11? Sebelum membeli, simak beberapa poin penting berikut yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membeli seri iPhone 11 ataupun iPhone 15 :

Alasan Pilih iPhone 15 :

  • Memiliki desain yang lebih handy dan elegan, ditambah dengan fitur dynamic island yang membuat tampilan iPhone 15 semakin efisien dan aesthetic.
  • Fitur kamera yang mumpuni, membuat gambar dan video menjadi lebih tajam dengan fokus kamera yang sangat baik.
  • Menggunakan chipset Apple terbaik yaitu A16 Bionic yang menjamin kelancaran beragam aktivitas ponsel.
  • Hadir dengan kapasitas baterai dan penyimpanan yang lebih besar.
  • Menggunakan kabel USB Type - C yang universal dengan teknologi fast charging.

Alasan Pilih iPhone 11 :  

  • Harganya terjangkau, apalagi untuk pengguna yang pertama kali ingin mencoba untuk memakai iPhone.
  • Hadir dengan banyak pilihan warna yang cerah dan bisa disesuaikan dengan preferensi pengguna.
  • Kamera masih mumpuni, apalagi untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari.
  • Masih akan mendukung sampai dengan iOS 17.
  • Layar dengan teknologi Liquid Retina HD masih tergolong jernih dan nyaman saat digunakan.

Gimana Jagoans? sudah memutuskan untuk membeli iPhone 11 atau iPhone 15? Daripada bingung mau belinya dimana, yuk mending langsung check out aja di website Jagofon! Jagofon merupakan marketplace spesialis gadget dan HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja gadget dan HP bekas.

Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru. Kapan lagi kamu beli HP dan gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Beli HP atau gadget bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP dan gadget impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon! Jadi tunggu apalagi? yuk segera dapatkan gadget incaranmu hanya di Jagofon!