Product

Pertimbangan Sebelum Membeli Oppo Reno 6, Apa Saja Kekuranganya?

Diluncurkan pada Juli 2021, Oppo Reno 6 kini mengalami penurunan harga. Smartphone besutan Oppo ini masih sangat layak digunakan di tahun 2023. Hal ini dikarenakan fitur-fiturnya yang bisa di bilang mumpuni dan cukup lengkap walaupun masih tergolong ponsel mid-range.

Nah untuk Jagoans yang ingin membeli Oppo Reno 6, yuk kita breakdown spesifikasi lengkapnya supaya Jagoans tahu seberapa worth it Oppo Reno 6 untuk dibeli!

Desain & Layar

Sumber: Flash Gadget

Oppo Reno 6 berdimensi 156,8 x 72,1 x 7,6 mm dengan berat 182 gram. Didesain dengan bazel tipis dengan pojok yang melengkung, membuat Oppo Reno 6 nyaman untuk digunakan scrolling maupun digenggam.

Terdapat tombo volume di sebelah kanan, tombol power di sebelah kiri, serta mic, speaker dan audio jack di bagian bawah. Namun, Oppo Reno 6 ini tidak dilengkapi stereo speaker yang menjadikan kualitas audionya kurang.

Kamera dari smartphone ini disusun secara vertikal dengan empat kamera yang berada di pojok kiri belakang.

Tersedia dengan warna Aurora dan Stellar Black, bagian belakang dari Reno 6 ini bisa dibilang sangat estetik karena menampilkan warna gradasi jika terpantul oleh cahaya dengan fitur Reno Glow. Tekstur belakangnya yang doff juga membuat Reno 6 ini bebas dari sidik jari. Namun sayang, Oppo Reno 6 tidak dilengkapi sertifikasi IP yang bisa tahan air dan debu.

Untuk masalah desain, Oppo Reno 6 tidak hanya ramping tapi juga elegan. Di bagian layar, Oppo Reno 6 menggunakan ukuran 6,4 inch, yang sudah dilengkapi panel AMOLED dengan resolusi HD+. Layar dari Reno 6 ini dapat berjalan mulus dan juga menampilkan warna yang tajam saat scrolling dengan refresh rate 90 Hz.

Terdapat juga sensor fingerprint dalam layar yang memudahkan pengguna untuk mengakses keamanan tombol kunci.

Baca juga: Smartphone Yang Gesit, Cek Harga Oppo A31 Second Tahun 2023 Disini

Kamera

Oppo Reno 6 memiliki kamera dengan lensa yang berbeda-beda. Kamera utama memiliki resolusi 64 MP yang dilengkapi dengan kamera ultrawide angle beresolusi 8 MP, serta kamera macro dan mono dengan masing-masing beresolusi 2 MP.

Tidak hanya kamera utama yang beresolusi tinggi, kamera depan dari Reno 6 juga sudah memiliki resolusi sampai dengan 44 MP. Namun, fitur beautification yang berguna untuk menghasilkan tampilan kulit yang mulus terpasang default, buat kamu yang bukan penggemar selfie masih harus effort untuk menonaktifkan fitur ini.

Selain itu, juga terdapat fitur Bokeh Flare Portrait dan AI Highlight Video yang dapat menjadikan smartphone besutan Oppo ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan Jagoans yang mengutamakan fitur kamera. Perekaman video dari Oppo Reno 6 ini juga tidak kalah dengan kualitas fotonya karena sudah bisa merekam dengan kualitas 4K dengan kecepatan 30 fps.

Dengan resolusi yang tinggi, tiga lensa kamera berbeda, dan fitur mumpuni, smartphone ini akan membuat foto dan selfies pengguna menjadi lebih estetik dan tentunya instagrammable. Berikut hasil dari kamera Oppo Reno 6 :

Sumber: Flash Gadget
Sumber: Flash Gadget

Performa dan Baterai

Berbicara soal chipset, sangat disayangkan tidak ada update terbaru dari chipset yang digunakan karena masih menggunakan chispet yang sama dengan pendahulunya, yaitu Oppo Reno 5. Walaupun performa dari smartphone Oppo yang satu ini bisa dibilang cukup baik karena sudah dilengkapi chipset Snapdragon 720 G dengan kecepatan CPU 8 inti dengan frekuensi maksimum 2,3 GHz (2 inti besar + 6 inti kecil) serta delapan Inti CPU yang menggunakan Adreno 618 750 MHz sebagai model GPU.

Untuk masalah scrolling, tidak ditemukan kendala dan masih lancar untuk digunakan bermain game enteng sampai menengah, tapi secukupnya saja untuk game berat. Untuk para gamers mungkin akan merasa kurang puas karena hal ini.

Baterai dari Oppo Reno 6 ini bisa terbilang cukup dengan kapasitas 4310 mAh, walaupun masih di bawah kapasitasnya dibandingkan smartphone mid range dari brand lainnya. Selain itu, Reno 6 juga telah didukung dengan teknologi pengisian daya cepat (fast charging) yang menggunakan daya 50 watt dan bisa penuh dengan waktu kurang dari satu jam.

Dilengkapi baterai dan performa yang mumpuni, salah satu kekurangan dari Reno 6 ini adalah tidak tersedianya memori eksternal. Smartphone ini hanya dilengkapi memori internal dengan kapasitas 128 GB. Spesifikasi lengkap dari Reno 6 dapat dilihat pada tabel berikut :

Bodi

Dimensi 159.1 x 73.3 x 7.8 mm
Berat 173 gram

Layar

Jenis AMOLED

Ukuran 6.4 inch
Resolusi 1080 x 2400 pixel
Tingkat kecerahan 400 nit, maksimal 600 nit

Touch Sampling Rate 180 Hz

Refresh Rate 90 Hz

Chipset

Chipset Qualcomm Snapdragon 720 G
CPU Octa-core (2x2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 465 Silver)
GPU Adreno 618
OS Android 11
ColorOS 11.1 (Saat Rilis)

Memori

RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Memori Eksternal tidak ada

Kamera

Konfigurasi kamera
64 MP (wide), f/1.7

8 MP (ultrawide), f/2.2

2 MP (macro), f/2.4

2 MP (depth), f/2.4

Kamera Depan
44 MP (wide), f/2.4
Gyro-EIS","Video: 1080p@30\/120fps

Video

Kamera Belakang 

Perekaman zoom video: 4K@30fps, 1080P @60fps/30fps, 720P@60fps/30fps


Kamera Depan
1080P/720P 30fps (default: 1080@30fps); beautification diaktifkan secara default.

Konektivitas

Dual SIM dengan 2G/3G/4G LTE
USB Type C 2.0, USB On-The-Go
Type C 2.0, USB On-The-Go
Bluetooth 5.1, A2DP, LE, aptX HD,NFC Tersedia

Baterai

Jenis Li-Po
Kapasitas 4310 mAh
Fast Charging 50 watt

Fitur Lain

Warna Stellar Black & Aurora
Fingerprint, GPS, Sistem Satelit Navigasi BeiDou, GLONASS, sistem penentuan posisi Galileo, dan Sistem Satelit Quasi-Zenith (QZSS).

Baca juga: Inilah Top 5 HP Oppo di Terjangkau Tahun 2022

Kesimpulan Oppo Reno 6

Sebelum membeli smartphone, hendaknya Jagoans menyesuaikan kebutuhan dan budget Jagoans. Berikut rangkuman dari keunggulan dan kekurangan Oppo Reno 6 yang dapat kamu pertimbangkan sebelum membeli :

Keunggulan:

  1. Memiliki tiga kamera dengan berbagai fitur mumpuni.
  2. Didukung teknologi fast charging untuk pengisian daya baterai.
  3. Layar panel AMOLED dengan fitur HD+ dan refresh rate yang baik.
  4. Harganya sudah lebih terjangkau.
  5. Desain estetik dengan bobot yang ringan mudah untuk dibawa atau disimpan di dalam saku.

Kekurangan:

  1. Masih menggunakan chipset yang sama dengan pendahulunya yaitu Reno 5.
  2. Tidak adanya dukungan memori eksternal tapi dilengkapi memori internal 128 GB.
  3. Tidak tahan air dan debu karena tidak tersertifikasi IP.
  4. Kurang cocok untuk gaming karena tidak mulus untuk menjalankan game yang berat.
  5. Tidak dilengkapi speaker stereo sehingga kualitas audio kurang.

Gimana nih Jagoans? Sudah tahu kan kelebihan dan kekurangan dari Oppo Reno 6? apakah sudah memutuskan untuk membeli? Sebelum membeli pastikan produk yang kamu beli original ya Jagoans, bukan produk refurbished yang tidak terjamin kualitasnya meskipun harganya jauh lebih murah.

Daripada khawatir dan pusing untuk mencari ponsel incaran kamu, mending langsung aja yuk ke Jagofon! Kamu akan mendapat produk berkualitas dan juga garansi lho! Jagofon selalu menjaga kepercayaan konsumen dengan menjalankan lebih dari 90+ untuk memastikan produk yang ditawarkan original. Selain itu, kamu juga akan mendapat harga yang lebih terjangkau dan ikut serta untuk mengurangi limbah elektronik di Indonesia lho!Yuk tunggu apalagi? Beli gadget dan smartphone impian kamu di Jagofon!