Product

Pertimbangan Sebelum Membeli Oppo Reno 6, Apa Saja Kekuranganya?

Sumber : (YouTube @DenzhoPro)

Salah satu brand smartphone terkenal asal China, Oppo, kembali mengeluarkan produk Oppo Renonya. Meskipun China terlebih dahulu mengeluarkan versi 5G nya, namun setelah ditelusuri, ternyata versi Oppo Reno 6 4G ini hanya dirilis di Indonesia dan di Kamboja lho Jagoans!

Kira-kira produk Reno yang mana nih Jagoans? Tidak lain dan tidak bukan yaitu Oppo Reno 6. Rilis pada tahun 2021, smartphone ini mempunyai beberapa keunggulan dan fitur menarik yang bisa Jagoans pertimbangkan sebagai produk android untuk keseharian Jagoans. Yuk kita cek dan breakdwown spesifikasi dari Reno 6 ini!

Desain dan Layar

Jagoans yang menyukai menonton video melalui smartphone, pasti cocok dengan Oppo Reno 6 yang satu ini. Pasalnya, Oppo Reno 6 hadir dengan layar AMOLED berukuran 6,3 inch dan resolusi 2400x1800 FHD+. Hal ini memungkinkan pengguna mendapatkan overall experience yang baik, apalagi untuk pengalaman menonton video.

Selain itu, Layarnya juga sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 3 untuk pertahanan lebih baik, dan dihiasi dengan satu lensa depan berbentuk punch hole. Reno 6 ini juga dilengkapi refresh rate sampai dengan 90 Hz yang membuat tampilan layar menjadi lebih smooth saat scrolling. Hal ini merupakan keunggulan dari Reno 6 karena tidak semua smartphone mendapat layar AMOLED sekaligus memiliki refresh rate yang tinggi.

Dengan dimensi 159.1 mm x 73.3 mm, Oppo Reno 6 ini sangat nyaman untuk digunakan scrolling dan dapat dengan mudah disimpan di saku.

Dalam hal kamera, Oppo selalu bisa konsisten dengan fiturnya. Kamera dari Oppo Reno 6 ini dilengkapi dengan kamera kamera mono, mikro, dan ultra wide angle. Sedangkan untuk kamera depan sudah beresolusi 44 MP.

Perihal desain, Reno 6 hadir dengan desainnya yang retro dan warna yang bergradasi membuat kesan Oppo Reno 6 semakin premium dan terlihat mewah. Teknologi Oppo Reno Glow juga membuat Reno 6 ini bebas dari sidik jari. Terdapat varian warna Aurora untuk Jagoans yang menyukai warna yang cerah, dan Stellar Black untuk yang lebih gelap.

Oppo Reno 6 mempunyai tombol power di sebelah kanan, lubang mikrofon di atas, dan tombol volume di sebelah kiri. Sedangkan di bagian bawah terdapat slot SIM dengan dua nano SIM, mikrofon, audio jack dan USB Type C.

Baca juga: Inilah Top 5 HP Oppo di Terjangkau Tahun 2022

Kamera

Dengan Oppo Reno 8 ini, dijamin hasil foto dan selfie Jagoans bakal lebih ciamik dan instagrammable. Hal ini dikarenakan fitur dan desain dari kameranya yang lengkap, mulai dari 4 fitur lensa yaitu dengan kamera utama beresolusi 64 MP, kamera mono dan mikro dengan resolusi 2 MP, dan kamera ultra wide angle dengan resolusi 8 MP.

Sedangkan untuk kamera depan sudah beresolusi 44 MP.  Lensa mono pada Reno 6 ini juga memungkinkan Jagoans untuk mengambil gambar hitam putih berkualitas tinggi.

Perekaman video dari Reno 6 ini dapat diambil sampai 4K pada 30 fps dengan kamera utama. Terdapat juga fitur bokeh flare portrait video yang membuat latar menjadi lebih blur dan pastinya membuat video kamu menjadi lebih estetik. Kamera depannya dapat mengambil video dengan 720p sampai 1080p di 30 fps dan terdapat fitur portrait beautification yang membuat Reno 6 ini selfe-able.

Untuk Jagoans yang sangat mementingkan aspek fotografi, Oppo Reno6 bisa jadi salah satu pilihan Jagoans lho. Berikut hasil foto dari Reno6  :

Sumber : youtube.com/gadgetin

Performa & Baterai

Oppo Reno 6 menggunakan Qualcomm Snapdragon 720 G sebagai chipsetnya, teruji dan masih mulus untuk melakukan pekerjaan harian. Chipset jenis ini juga masih digunakan sejak versi Oppo Reno 4 dan masih banyak digunakan di smartphone jenis lainnya dengan rentang harga menengah. Buat Jagoans yang gamers, Oppo Reno4 juga masih oke untuk digunakan bermain game enteng ke yang menengah.

Untuk masalah baterai, Oppo Reno 4 menggunakan baterai berbahan polimer lithium-ion dengan Dua sel yang terhubung seri, setara dengan total kapasitas 4310mAh. Didukung juga dengan teknologi fast charging 50W Flash Charge, VOOC 4.0, PD 2.0, QC 2.0 dengan USB tipe C.

Hal ini membuat Jagoans dapat mengisi daya dengan sangat cepat, bahkan dalam waktu lima menit sudah bisa digunakan untuk menonton video selama 3 jam menurut uji coba. Pihak Oppo juga mengklaim bahwa daya bisa terisi 100% dengan waktu kurang dari 48 menit. Fitur menarik lainnya adalah Oppo Reno 6 memiliki fitur untuk menghemat baterai atau Power Saving Mode. Untuk spesifikasi lengkap dari Oppo Reno 6 dapat dilihat pada tabel berikut :

Ukuran dan Berat

Tinggi: 159.1mm

Lebar: 73.3mm

Ketebalan: 7.8mm

Berat: 173g

Memori

RAM 8GB + ROM 128GB
Tipe RAM: LPDDR4x @ 1866 MHz, 2 x 16 bit
Penyimpanan Eksternal: Didukung
Versi USB: USB 2.0USB
OTG: Didukung

Layar

Ukuran: 6.4''Rasio Layar: 91.7%
Resolusi: 2400x1080 (FHD+)
Kecepatan Penyegaran: Maksimum: 90Hz
Piksel: 410 PPI
Panel: AMOLED (layar kaku)

Kamera

Belakang
Kamera Utama 64MP: f/1.7; 

Kamera Ultra Wide-angle 8MP: f/2.2

Kamera Makro 2MP: f/2.4

Kamera Mono 2MP


Video Hingga 4K@30fps, 1080P @60fps/30fps, 720P@60fps/30fps;Video SLO-MO: 1080P@120fps, 720P@240fps,


Depan
Kamera Depan 44MP: f/2.4

Video maksimal 1080P/720P 30fps (default: 1080@30fps); Beautification diaktifkan secara default.
Gerak lambat: 1080P@120fps, 720P@240fps.


Chipset

CPU: Qualcomm® Snapdragon™ 720G
Kecepatan CPU: 8 inti dengan frekuensi maksimum 2,3 GHz
GPU: Adreno™ 618 @750 MHz

Baterai

Lithium Ion

4310 mAh/16,67 Wh (Tipikal)

Konektivitas

WLAN: Wi-Fi 2.4G, Wi-Fi 5.1G, Wi-Fi 5.4G, Wi-Fi 5.8G

Bluetooth® 2.1 + EDR, 

USB: USB Tipe C

Jack Earphone: 3,5mm

NFC 

Fitur Lainnya

Fast Charging

Sidik Jari & Kunci Wajah

Dual Sim

Baca juga: Oppo Reno 8: Salah Satu Smartphone Paling Istimewa Dari Oppo?

Kesimpulan Oppo Reno 6

Setelah mengetahui keunggulan dan spesifikasi dari Oppo Reno 6, beberapa alasan yang bisa Jagoans pertimbangkan untuk membeli Oppo Reno 6 yaitu :

  • Menggunakan chipset yang teruji untuk melakukan pekerjaan sehar-hari dan bermain game.
  • Mempunyai fitur kamera yang mumpuni sehingga cocok untuk segala kebutuhan fotografi.
  • Menggunakan teknologi Oppo Reno Glow yang tahan sidik jari dan memiliki warna elegan dan mewah.
  • Mempunyai resolusi kamera depan yang tinggi dan cocok untuk para digital creatoryang memiliki banyak kebutuhan selfie.
  • Memiliki teknologi powersaving battery yang membuat ponsel awet seharian.
  • Daya dapat dengan cepat terisi dengan teknologi fast charging.

Gimana Jagoans? Tertarik untuk membeli Oppo Reno 6?

Sebelum membeli, hendaknya Jagoans memastikan bahwa barang yang dibeli merupakan barang yang original ya, jangan sampai yang refurbished karena kualitasnya belum terjamin.

Daripada bingung dan khawatir, cek Jagofon aja yuk! Selain kualitasnya yang dijamin original, Jagofon juga selalu memastikan produk yang dijual dapat berfungsi dengan baik dengan melakukan lebih dari 90+ tes dan dapat dipastikan bahwa semua produk gadget yang ada di Jagofon telah terdaftar IMEI dan telah mengikuti aturan.

Jagoans juga akan mendapat garansi 30 hari dan ikut berkontribusi untuk mengurasi limbah elektronik lho! Tunggu apalagi? Yuk beli gadget incaran kamu di Jagofon sekarang!