JagoHacks

Punya Macbook? Inilah 10 Pengaturan Yang Wajib Kamu Coba

Apakah Jagoans baru saja memiliki MacBook dan mau mengeksplorasi semua fiturnya? Tentu saja, Jagoans perlu mengatur setiap pengaturan bawaan untuk mendapatkan performa yang maksimal. Atau, apakah MacBook Jagoans sering berjalan tidak lancar atau tidak sesuai dengan kebiasaan kamu? Mungkin sudah saatnya kamu perlu membenahi pengaturan MacBook milikmu, baik yang menggunakan MacBook Pro ataupun MacBook Air.

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah periksa apakah Apple merilis pembaruan MacOS sejak MacBook-mu dibuat. Caranya adalah dengan mengklik tombol Apple di pojok kiri atas layarmu, lalu klik "About This Mac". Kamu akan melihat tab "Overview" pada jendela "About This Mac". Jika ada pembaruan, kamu bisa mengklik tombol "Software Update."

Ada beberapa pengaturan yang bisa Jagoans ubah dan dapat membuat perangkat Jagoans semakin lancar, praktis dan mudah digunakan. Berikut beberapa tips dari Jagofon yang bisa Jagoans lakukan untuk pengaturan MacBook-mu. Yuk, kita simak bersama!

Pengaturan Baterai

Dalam menggunakan perangkat apapun, baterai pastinya memiliki peran sangat penting. Apalagi kalau kamu sering menggunakan perangkatmu untuk melakukan pekerjaan berat. MacBook-mu pun akan perlu dicas terus menerus, sehingga akan membuat performa baterai berkurang. Seperti di iPhone, MacBook menampilkan ikon baterai kecil di bagian atas layar untuk menunjukkan seberapa banyak daya baterai yang tersisa. Lebih membantu jika persentase baterai yang tersisa ditampilkan di sebelah ikon ini.

Kamu bisa mengatur MacOS supaya mengurangi penuaan baterai dengan mengaktifkan "Optimized battery charging." Caranya adalah dengan mengklik ikon baterai di menu bar kanan atas layar dan pilih "Battery Preferences." Kalau ikon baterai tidak muncul, kamu bisa membukanya di "System Preferences" > "Energy Saver" dan centang tulisan "Optimized battery charging."

Aktifkan atau Nonaktifkan Siri

Siri” biasanya sudah aktif secara dan memiliki pengaturan default. Langkah untuk mengatur “Siri” pada MacBook Pro atau MacBook Air cukup mudah. Jagoans bisa memilih suara “Siri”, bahasa yang digunakan dan juga shortcut pada keyboard. Pertama buka “System Preferences” > “Siri”. Untuk menonaktifkannya, kamu cukup hilangkan centang pada kotak "Enable Ask Siri". Kalau ingin mengaktifkan “Siri" kembali, Jagoans bisa buka jendela Siri kembali dan centang kotaknya.

Baca juga: https://blog.jagofon.com/post/ketahui-jenis-macbook-yang-paling-pas-buat-kamu/

Browser Default

MacBook Pro dan MacBook Air memiliki browser bawaan yaitu Safari. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk Jagoans merubah browser yang kamu gunakan, seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Opera, Safari, atau Mozilla Firefox. Untuk mengatur browser default pada laptopmu, pergilah ke "System Preferences" > "General" dan pilih opsi selain Safari yang ingin kamu jadikan sebagai browser default. Setelah memilih browser, pengaturan akan secara otomatis tersimpan, dan browser yang kamu pilih akan menjadi browser default untuk sistem operasi MacBook-mu.

Izinkan Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal

Untuk mengizinkan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal pada MacBook Pro maupun MacBook Air, Jagoans perlu melakukannya dengan penuh pertimbangan. Mengingat bahwa tindakan ini menginkatkan risiko keamanan pada semua data yang ada dalam MacBook-mu. Jika Jagoans ingin mengunduh aplikasi dari web umum dan tidak hanya dari Mac App Store, kamu perlu mengatur MacOS menjadi lebih fleksibel.

Caranya adalah dengan membuka "System Preferences" > "Security & Privacy” > “General.” Pada tab ini, kamu mungkin perlu mengklik ikon kunci di pojok kiri bawah jendela dan memasukkan kata sandi administrator untuk membuka pengaturan ini. Setelah kamu membuka pengaturan keamanan, lihat bagian "Allow apps downloaded from." Jika kamu ingin mengizinkan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, pilih opsi "App Store and identified developers."

Namun, jika kamu ingin mengizinkan aplikasi dari sumber yang benar-benar tidak dikenal, kamu perlu mengklik opsi "App Store and identified developers" dan kemudian mengklik tombol "Open Anyway" yang akan muncul ketika kamu mencoba menjalankan aplikasi yang tidak diunduh dari App Store atau pengembang yang diidentifikasi. Penting untuk diingat bahwa mengizinkan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal dapat meningkatkan risiko keamanan, karena aplikasi tersebut tidak diverifikasi sepenuhnya oleh Apple. Oleh karena itu, pertimbangkan keamanan Jagoans dengan cermat dan pastikan hanya mengizinkan aplikasi yang kamu percayai sepenuhnya.

Baca juga: Tips Merawat Macbook Agar Awet dan Tahan Lama

Kustomisasi Touch Bar

Untuk menyesuaikan Touch Bar pada MacBook Pro, Jagoans dapat mengikuti langkah-langkah berikut. Sayangnya, untuk MacBook Air tidak dilengkapi dengan Touch Bar. Pertama, pastikan MacBook Pro Jagoans sedang dalam kondisi aktif. Kemudian, buka "System Preferences" > "Keyboard" > "Customize Control Strip." Sekarang, Jagoans akan melihat berbagai ikon yang dapat kamu tambahkan atau hilangkan dari Touch Bar laptopmu. Kamu bisa menyeret ikon yang tersedia ke area Control Strip di bawah layar Touch Bar. Kamu dapat menambahkan ikon volume, kecerahan layar, atau tombol pintas aplikasi. Kamu pun dapat menghapus ikon dengan menyeretnya keluar dari Control Strip.

Source: Groovy Post

Selain menambahkan ikon, kamu juga dapat mengklik opsi "More" di bagian kanan untuk melihat lebih banyak ikon yang dapat Anda tambahkan ke Touch Bar. Setelah Jagoans menyesuaikan Touch Bar sesuai keinginanmu, cukup klik "Done" di sudut kanan bawah jendela "Customize Control Strip" untuk menyimpan perubahanmu. Sekarang, Touch Bar pada MacBook Pro milikmu akan memiliki tombol dan kontrol yang sesuai dengan preferensi kamu, deh! Semakin memudahkan Jagoans untuk mengakses fungsi-fungsi yang kamu gunakan secara rutin.

Sinkronisasi Folder melalui iCloud

Menghubungkan data yang ada di folder Desktop dan dokumen yang ada pada perangkat iOS lainnya, sangat memudahkan aktivitas kamu, loh. Caranya adalah dengan melakukan sinkronisasi folder melalui iCloud pada MacBook Pro atau MacBook Air, dengan langkah-langkah yang cukup sederhana. Pastikan kamu telah masuk ke akun iCloud di perangkatmu, ya. Buka menu "System Preferences" > "Apple ID" > "iCloud." Di bawah opsi "Apps on this Mac using iCloud," kamu akan melihat daftar aplikasi yang dapat menggunakan iCloud untuk menyimpan data.

Pastikan opsi "Desktop & Documents Folders" dicentang. Dengan mengaktifkan opsi ini, folder Desktop dan Documents pada perangkatmu akan secara otomatis disinkronkan dengan iCloud. Ini berarti bahwa dokumen dan file yang kamu simpan di folder Desktop dan Documents akan otomatis muncul juga di semua perangkat yang menggunakan akun iCloud yang sama. Kamu dapat mengaksesnya dari MacBook Pro, MacBook Air, atau perangkat Apple lain yang kamu gunakan. Proses sinkronisasi akan berjalan di latar belakang secara otomatis, sehingga Jagoans tidak perlu melakukan banyak interaksi.

Ubah Arah Scrolling

Arah scrolling pada MacBook sudah diatur untuk penggunaan secara umum. Tapi jika kamu tidak nyaman dengan pengaturan ini, kamu bisa mengubahnya sesuai dengan kebiasaanmu. Cara mengubah arah scrolling pada trackpad laptopmu adalah dengan pergi ke "System Preferences" > "Trackpad" atau “Mouse,” tergantung pada perangkat input yang kamu gunakan. Di dalam tab "Scroll & Zoom," kamu akan menemukan opsi "Scroll direction."

Untuk mengubah arah scrolling agar terasa lebih alami seperti menggesekkan layar sentuh, Jagoans cukup centang atau hapus centang kotak yang bertuliskan "Scroll direction: Natural." Setelah kamu sudah memilih arah scrolling yang kamu inginkan, tinggal klik "Save" atau "OK" untuk menyimpan perubahan. Jika kamu mengaktifkan "Scroll direction: Natural," maka saat menggesekkan jari ke atas akan menggeser konten ke atas, mirip dengan gerakan pada layar sentuh smartphone atau tablet. Sedangkan jika kamu menonaktifkannya, maka menggesekkan jari ke atas akan menggeser konten ke bawah, sebaliknya dengan gerakan scroll konvensional.

Mengatur Dock

Apple menyertakan beberapa aplikasi bawaan di Dock di bagian bawah layar. Kamu dapat memberi tempat bagi aplikasi yang sering digunakan dengan menghapus yang tidak kamu butuhkan di Dock. Jika kamu suka dengan susunan yang rapi, kamu dapat mengurutkan ikon aplikasi di Dock sesuai keinginanmu dengan cara menekan dan menahan ikon, lalu menariknya ke posisi yang diinginkan.

Untuk menghapus aplikasi dari Dock, cukup klik ikonnya di Dock dan seret ke desktop hingga terlihat "Remove from Dock" muncul di atas ikon, lalu lepaskan. Untuk menambahkan aplikasi ke Dock, buka aplikasi tersebut, lalu klik kanan pada ikonnya di Dock dan arahkan ke baris "Option" dalam menu dan klik "Keep in Dock."

Dock dasarnya berada di bagian bawah layar, sudah menjadi default dari MacBook. Tetapi pada layar MacBook-mu yang cukup lebar, kamu mungkin akan merasa lebih baik jika meletakkannya di samping. Untuk memindahkan Dock, pergilah ke "System Preferences" > "Dock & Menu Bar" dan pilih "Left" atau "Right" untuk "Posisi di Layar." Kamu juga dapat menggeser untuk menyesuaikan ukuran Dock. Dock MacBook-mu bisa dibuat menghilang ketika tidak digunakan dengan mencentang kotak "Sembunyikan dan tampilkan Dock secara otomatis."

Night Mode & Dark Mode

Untuk Jagoans yang harus bekerja hingga larut malam, mungkin menatap layar MacBook sebelum pergi tidur dapat mengganggu jam tidur malam kamu. Dengan fitur “Night Mode” pada Apple, warna layar kamu akan bergeser ke ujung spektrum yang lebih hangat pada waktu malam. Kamu bisa mengaturnya di “System Preferences” > “General” > “Night Shift.” Kamu dapat mengaktifkan “Night Mode” dari matahari terbenam hingga matahari terbit, atau mengatur sendiri waktu yang sesuai dengan preferensi kamu. Geser slider ke kanan untuk membuat suhu warna dengan efek yang lebih hangat.

Selain “Night Mode”, Jagoans juga bisa mengaktifkan “Dark Mode” yang dapat membuat tema dari sistem antarmuka MacBook-mu menjadi gelap. Ini akan membuat teks dan elemen antarmuka menjadi lebih mudah terlihat dalam kondisi pencahayaan yang rendah, dan memberikan tampilan yang lebih modern. Pada umumnya “Dark Mode” akan membuat tampilan dengan layar hitam dan tulisan teks putih. Untuk pengaturan “Dark Mode” terdapat pada "System Preferences" > "General” > “Appearance” dan pilih Dark.

Jadwal Do Not Disturb

Sama seperti di iOS, MacOS memungkinkan Jagoans untuk menonaktifkan pemberitahuan pada malam hari, supaya kamu tidak terganggu pada waktu istirahatmu. Mode "Do Not Disturb" membantu kamu menghindari gangguan dan notifikasi saat kamu ingin fokus pada pekerjaan atau ketika kamu membutuhkan ketenangan. Untuk mengaktifkan mode "Do Not Disturb" pada MacBook Pro atau MacBook Air, Jagoans dapat membuka "System Preferences" > "Notifications" > "Do Not Disturb." Secara default, pengaturannya adalah dari jam 10 malam hingga jam 7 pagi, tetapi kamu dapat mengatur sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jagoans bisa mengaktifkan fitur ini ketika layar MacBook-mu, ketika kamu sedang menonton film, atau membiarkan panggilan masuk apabila kamu menggunakan MacBook untuk menjawab panggilan. Setelah Jagoans mengatur preferensi "Do Not Disturb" sesuai dengan kebutuhanmu, cukup klik tombol "Turn on" untuk mengaktifkannya. Kamu juga dapat mematikan kembali mode "Do Not Disturb" dengan mengklik tombol "Turn off" ketika kamu ingin kembali menerima pemberitahuan.

Baca juga: Inilah Rekomendasi MacBook yang Cocok untuk Gaming Tahun 2023!

Kesimpulan

Dengan demikian, Jagoans sudah  menjelajahi berbagai tips pengaturan yang dapat meningkatkan pengalaman penggunaan MacBook Pro dan MacBook Air milikmu, nih! Dari mengubah pengaturan Dock hingga mengoptimalkan pengaturan baterai, kamu memiliki kendali penuh atas bagaimana perangkatmu berfungsi sesuai dengan preferensi dan kebutuhan kamu.

Pengaturan personalisasi ini membantu Jagoans untuk mengoptimalkan kinerja, meningkatkan produktivitas, dan menciptakan pengalaman yang lebih nyaman dengan perangkat Apple kamu. Selain itu, pengaturan ini dapat membantumu menjaga keamanan dan privasimu. Jangan ragu untuk menjelajahi lebih banyak pengaturan dan menyesuaikan MacBook milikmu sesuai dengan gaya hidup dan pekerjaan kamu. Dengan pengetahuan ini, Jagoans dapat memaksimalkan potensi MacBook Pro atau MacBook Air kamu dan membuatnya bekerja sesuai keinginanmu.

Kalau kamu ingin mencari produk MacBook atau mengganti MacBook-mu ke versi yang lebih baru, kamu bisa membelinya di Jagofon. Kami menawarkan MacBook Pro maupun MacBook Air yang dapat memenuhi kebutuhanmu dalam aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Jagofon memberikan pilihan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau dibandingkan dengan pembelian perangkat baru. Segera dapatkan MacBook yang kamu inginkan di Jagofon sebelum kehabisan!