Product

August 3, 2023

Review Detail Vivo V20, Dari Desain Hingga Performa

Vivo sebagai brand smartphone terus konsisten untuk menghadirkan berbagai jenis model dan tipe smartphone. Untuk seri mid-range Vivo biasanya meluncurkan seri V.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas Vivo V20. Smartphone keluaran Vivo ini rilis pada 2020 dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan fitur premium, Vivo V20 mungkin bisa jadi pilihan untuk Jagoans yang ingin membeli smartphone berbasis android.

Desain & Layar

Mengusung desain yang slim, dengan dimensi 161.30 x 74.20 mm dan ketebalan 7.38 mm membuat V20 semakin trendi dan nyaman untuk digenggam. Bobot dari V20 ini juga hanya 171 gram, sangat compact dan mudah dibawa-bawa. Walaupun rangkanya plastik, bagian belakang Vivo V20 didesain dengan AG Matte Glass menampilkan kesan mewah dan tahan goresan.

Jika berbicara soal kamera, pihak Vivo mengklaim bahwa di versi V20 ini, mereka mengoptimalkan fitur fotografi nya dengan memberikan tiga lensa kamera yang disusun secara piramid yang juga dilengkapi dengan Dual-LED dan dual-tone flash. Untuk kamera depan terletak di bagian tengah smartphone yang sangat cocok untuk Jagoans yang doyan selfie.

Vivo V20 mempunyai layar AMOLED dengan ukuran 6.4 inch. Beresolusi 1080 x 2400 piksel, Vivo V20 juga sudah didukung dengan full HD+ resolutions V20 ini tersedia dari 3 warna yaitu midnight jazz untuk yang bewarna gelap, moonlight sonata untuk warna putih, dan sunset melody untuk yang lebih colorful dengan gradasi warna ungu, pink dan biru.

Baca juga: Spesifikasi Vivo S7: Kelebihan dan Kekurangannya

Kamera

Vivo V20 mempunyai fitur kamera yang cukup unggul di kelasnya. Kamera utama terdiri dari 64 MP (wide), f/1.9, 8 MP (ultrawide), f/2.2, dan 2 MP (depth), f/2.4. Fitur kamera yang menarik dari V20 yaitu terdapat supernight mode yang bisa membantu kamu mengambil gambar dengan kualitas tinggi meskipun di malam hari, dan fitur motion autofocus untuk mengambil objek yang bergerak.

Vivo V20 juga dapat merekam video sampai 4K dengan kecepatan maksimal 30 fps. Fitur unik untuk perekaman video adalah Art Portrait Video yang memungkinkan kamu untuk mengambil gambar dengan latar monokrom dengan objek tetap full color.

Di kamera depan, V20 sudah beresolusi 44 MP (wide) dengan bukaan lensa f/2.0. Selain itu, V20 juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Eye Autofocus, Super Night Selfie, dan Selfie Soflight Band,  yang dapat menunjang selfie kamu supaya makin instagrammable lho!

Jika dibandingkan dengan penerusnya yaitu Vivo V21 5G, tidak terdapat perbedaan yang signifikan, baik dari resolusi yang masih sama yaitu 64 MP untuk kamera utama dan 44 MP untuk kamera depan. Penasaran sama hasil fotonya? Yuk cek gambar berikut!

Hasil dari Vivo V20 | Sumber : Gadgetin

Baca juga: Rekomendasi Smartphone Terbaik Tahun 2023 Versi Jagofon

Performa & Baterai

Vivo V20 sudah menggunakan chipset Qualcom Snapdragon 720 GB dengan 8GB RAM dan 256 GB ROM yang menjadikan performa dari smartphone ini sangat mulus untuk melakukan pekerjaan sehari-hari seperti scrolling, chatting, ataupun browsing. V20 ini juga masih lancar untuk digunakan untuk bermain game, bahkan dengan game yang berat sekalipun. Hal ini didukung oleh refresh rate nya yang juga mencapai 60 Hz.

Sistem operasi dari perilisan V20 ini adalah FunTouch OS 11 yang memudahkan pengguna untuk meng-uninstall aplikasi bawaan sehingga dapat menghemat storage. Selain itu juga terdapat fitur gaming picture in picture dalam bentuk mini window, sehingga pengguna dapat melakukan multitasking sambil bermain game.

Berbicara soal baterai, Vivo V 20 ini memiliki tipe baterai Li-Po dengan kapasitas 4000 mAh. Meskipun hanya 4000 mAh, Vivo V20 ini telah didukung oleh teknologi fast charging 33W (11V/3A) yang diklaim dapat terisi penuh dalam kurun waktu kurang dari satu jam. Baterai dari V20 ini juga tahan seharian untuk pemakaian normal lho Jagoans! Hal ini dikarenakan V20 menggunakan teknologi OLED yang menampilan warna true balck yang membuat baterai tahan lebih lama.

Spesifikasi penuh dari Vivo V20 dapat dilihat dalam tabel berikut :

Bodi

Dimensi
161.3 x 74.2 x 7.4 mm
Berat
171 gram

Layar 

AMOLED, 6,4 inch, 1080 x 2400 piksel
Refresh rate 60 Hz

Hardware

Chipset
Qualcomm Snapdragon 720 G

CPU
Octa-core (2x2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 465 Silver)

GPU
Adreno 618

Memori

RAM 8 GB

Internal Memory 128 GB

Mendukung External Memory

Kamera Belakang

Jumlah kamera 3

Konfigurasi : 

64 MP (wide), f/1.9

8 MP (ultrawide), f/2.2

2 MP (depth), f/2.4

Fitur
Dual-LED dual-tone flash,panorama,HDR,gyro-EIS


Video
Dapat merekam hingga 4K di 30 fps.

Kamera Depan

Jumlah Kamera 1
Konfigurasi : 44 MP (wide), f/2.0
Fitur
HDR, AF

Video
Dapat merekam hingga 4K di 30 fps.

Konektivitas

WLAN
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth
5.1, A2DP, LE

NFC


USB Type C

Baterai 

Li-Po 4000 mAh
Fast Charging Supported

Fitur Lainnya

  • Akselerometer

  • Fingerprint

  • In-Display Fingerprint Scanning (Screen Touch ID)

  • Ambient light sensor

  • Proximity Sensor

  • Giroskop

Kesimpulan Vivo V20

Setelah Jagoans mengulik dan membaca beberapa fitur dan kelebihan dari Vivo V20, terdapat beberapa alasan yang bisa meyakinkan Jagoans untuk membeli V20, yaitu :

  • Desainnya yang terkesan mewah, mudah digenggam dan anti sidik jari
  • Cocok untuk para digital creators yang ¬†membutuhkan fitur kamera yang bisa menunjang smartphone photography dan pengambilan selfie.
  • Menggunakan Qualcomm Snapdragon 720 G sebagai chipsetnya
  • Memiliki refresh rate 60 Hz yang memadai, bahkan bsia digunakan untuk gaming sekalipun.
  • Sudah menggunakan fast charging yang dapat mengisi daya ponsel dengan waktu yang relatif singkat.

Gimana Jagoans? Sudah siap untuk membeli Vivo V20? Sebelum membeli, hendaknya Jagoans tetap memerhatikan kualitas ponselnya ya, jangan sampai tergiur dengan harga yang murah tetapi ternyata produk salah pilih dan malah membeli produk refurbished.

Supaya tetap tenang dan gak pusing mikirin hal-hal kaya gitu, mendingan langsung beli di Jagofon aja! Di Jagofon, produk yang ditawarkan sudah pasti original dan terjamin kualitasnya karena telah melewati lebih dari 90+ serangkaian tes lho Jagoans! Selain itu kamu juga bisa mendapat harga yang lebih terjangkau dari pasaran dan akan mendapat garansi 30 hari setelah pembelian.

Nggak cuma itu Jagoans, kalau kamu membeli produk gadget di Jagofon, kamu juga berkontribusi untuk mengurangi e-wastei untuk membantu kelestarian lingkungan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk belanja gadget incaran kamu di Jagofon aja! Jangan lupa untuk ajak teman-temanmu ya!

Share on: