Product

February 3, 2024

Review Jujur, Spesifikasi dan Harga OPPO A54

OPPO menambah armada baru ke dalam jajaran seri A nya pada tahun 2021. Dengan perilisan OPPO A54, diharapkan bisa memenuhi harapan, keinginan, dan kebutuhan para OPPO fans.

Seri A adalah jajaran ponsel penyumbang penjualan terbanyak untuk vendor ponsel yang satu ini. Pasalnaya 50% penjualan model ponsel OPPO bermuara di Seri A. Hal ini juga yang menobati OPPO sebagai salah satu penguasa pangsa pasar ponsel di Indonesia.

Nah, karena OPPO A54 semenarik itu, yuk kita bedah spesifikasi sekaligus harga terbaru OPPO A54 di tahun 2024.

Desain Menarik & Eye-Catching

Image Source: oppo.com

Kesan pertama melihat desain OPPO A54 adalah memiliki bodi dan warna yang elegan. Tanpa ada embel-embel corak selain logo OPPO di bagian kanan bawah, ponsel ini berhasil memadukan bahan polycarbonate dengan warna Crystal Black menjadi ponsel yang menarik dan eye-catching.

Kemudian untuk varian warna Starry Blue, kamu bisa mendapatkan visual yang berubah warna seperti warna pelangi saat terpapar sinar matahari.

OPPO A54 punya dimensi 163,6 x 75,7 x 8,4 mm dengan bobot 192 g. Ponsel ini tergolong ramping dengan perpaduan frame yang hanya setebal 0,2 mm yang dipadukan langsung dengan bodi 3D nya. Buat kamu yang sering menggunakan ponsel dengan satu tangan, akan merasa nyaman menggunakan ponsel ini.

Sementara itu, untuk menambah pengamanan pada ponsel ini, fitur sidik jari disematkan pada frame di sebelah kanan bersamaan dengan tombol power dan ponsel ini sudah tersertifikasi IPX4 yang berarti sudah tahan cipratan air dari berbagai sisi.

Lanjut ke spesifikasi layar, OPPO A54 memiliki panel IPS LCD berukuran 6,51 inchi. Layarnya memiliki resolusi HD+ (1600 x 720 pixel) dengan refresh rate 60 Hz dan touch sampling di 120 Hz.

Kemudian ponsel ini memiliki 3 fitur menarik untuk menunjang aktifitas kamu bersama OPPO A54. Adapun fiturnya adalah Smart Sunlight Screen, Moonlight Screen, dan Eye Comfort Mode.

Fitur Smart Sunlight Screen dan Moonlight Screen memastikan ponsel ini akan mengatur tingkat kecerahan secara otomatis tergantung suasana sekitar. Sebagai contoh, jika kamu menggunakan di suasana yang terik, ponsel akan mengubah kecerahan ke tingkat tertinggi di 550 nits, sebaliknya jika digunakan dalam keadaan gelap, kecerahan akan turus sampai dengan tingkat terendah di 2 nits.

Untuk fitur Eye Comfort Mode, kamu bisa menggunakannya untuk menyaring cahaya biru yang mengakibatkan mata kamu mudah lelah saat melihat layar ponsel.

Baca juga: 5 Rekomendasi HP Merk Oppo Dibawah 3 Juta. Wajib Simak!

Performa OPPO A54

Image Source: Duniaku

Spesifikasi OPPO A54

  • Layar: IPS LCD 6,51 inchi
  • SoC: MediaTek Helio P35
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • ROM: 64 GB, 128 GB
  • Kamera: 13 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Selfie: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

OPPO memutuskan untuk menanamkan chipset MediTek Helio P35 (12nm) sebagai sumber tenaga OPPO A54. Chipset yang memiliki CPU Octa-core yang terdiri dari 4 inti Cortex-A53 2.35 GHz dan 4 inti Cortex-A53 1.8 GHz. Chipset ini juga didukung GPU PowerVR GE8320 untuk membantu memroses urusan grafisnya.

Chipset keluaran tahun 2019 ini dirasa kurang menggigit performanya. Pasalnya, diantara kedua klaster CPUnya, tidak ada yang bersifat performa. Kedua klaster CPU nya bersifat mode hemat daya.

Setelah dilakukan tes melalui Antutu 8, chipsetnya hanya meraih skor sekitar 98.000. Oleh karena itu untuk menunjang bermain game, ponsel ini memiliki performa yang kurang bagus walaupun masih tetap bisa dimainkan.

Sementara itu untuk pemakaian standar sehari-hari, ponsel ini masih cukup bagus performanya.

Walaupun chipsetnya kurang greget, OPPO A54 dibekali oleh memori yang besar. Ponsel ini memiliki 2 varian RAM 4 GB dan 6 GB. Kemudian disuguhkan 2 pilihan storage 64 GB dan 128 GB.

Kamera 13MP dari OPPO A54

Image Dource: oppo.com

OPPO A54 memiliki 3 kamera belakang yang memiliki embel-embel nama AI kamera. Adapun konfigurasi kamera utamanya adalah 13 MP (f/2.2) PDAF. Ponsel ini juga memiliki kamera macro dan depth, masing-masing memiliki resolusi 2 MP (f/2.4). Sementara itu, untuk perekaman video, ponsel ini mampu merekam dengan kualitas 1080p di 30 fps.

Keunggulan kamera OPPO A54 terdapat di kamera selfienya. Ponsel ini ditenagai kamera selfie beresolusi 16 MP (f/2.0) HDR dan mampu merekam dengan kualitas 1080p di 30 fps.

Adapun fitur tambahan yang disuguhkan OPPO A54 adalah AI Beautification yang bisa menyesuaikan tone warna kulit kamu dengan nuansa dan cahaya sekitar, sehingga hasilnya bisa lebih terlihat alami dan menawan.

Sementara itu, untuk kamera macro nya, mampu memperlihatkan detail yang cukup bagus di kelasnya. Begitu juga untuk lensa depth nya, mampu menghasilkan efek bokeh yang lumayan rapi.

Berikut contoh hasil jepretan OPPO A54.

Hasil Kamera Selfie | Image Source: sellular.id
Hasil Kamera Utama Siang Hari | Image Source: sellular.id
Hasil Kamera Utama Malam Hari | Image Source: sellular.id

Baterai Bertenaga

Image Source: oppo.com

Dengan kapasitas 5000 mAh, baterai OPPO A54 merupakan salah satu sektor yang bisa diandalkan. Dari besarnya daya yang disematkan, dalam pemakaian normal ponsel ini bisa menemani kamu seharian tanpa harus di charge ulang.

OPPO sendiri mengklaim bahwa ponsel ini bisa bertahan selama 19,9 jam untuk streaming online video serta bisa mendengarkan musik selama 41 jam tanpa henti.

Fitur Black Screen Mode ikut berperan dalam menghemat daya baterai ponsel ini dengan meredupkan layar saat kamu ingin mendengarkan video musik tanpa ingin menontonnya. Kemudian ada Mode Hemat Daya Super yang akan menghemat saat daya tinggal 10%, namun kamu hanya bisa mengirim SMS dalam mode ini.

Untuk pengisian daya, ponsel ini dibekali teknologi pengisian cepat 18W yang bisa mengisi daya sebanyak 25% hanya dlam 30 menit. Kemudian ponsel ini juga sudah menggunakan charging port Type-C yang membuat pengisian daya bisa lebih cepat.

Fitur Optimized Night Charging sangat berguna untuk kamu yang sering mengisi ulang HP saat tidur. Saat fitur ini aktif, ponsel akan berhenti melakukan pengisian daya saat menyentuh kapasitas 80%, kemudian proses pengisian akan dilanjutkan kembali sampai mencapai 100% beberapa saat sebelum kamu bangun. Fitur ini sangat berguna untuk menghindari overcharged.

Baca juga: Mengenal HP Oppo Terbaik Di Bawaah 3 Juta

Cek OPPO A54 di Jagofon!

Dari semua kelebihan dan kekurangannya, apakah OPPO A54 worth to buy buat Jagoans? Untuk mengingatkan kembali, berikut beberapa poin acuan buat kamu yang mau beli OPPO A54 di Jagofon.

Alasan Beli OPPO A54

  • Desain elegan dan sudah tahan cipratan air
  • Daya tahan baterai memuaskan di 5000 mAh
  • Layar mumpuni di kelas harganya
  • Penyimpanan lega bisa muat banyak aplikasi

Alasan Tidak Beli OPPO A54

  • Chipset kurang greget
  • Absennya kamera ultrawide
  • Layar belum dilindungi Corning Gorilla Glass

Buat kamu yang mencari ponsel baru, beli OPPO A54 mungkin menjadi solusinya. Sekarang harga OPPO A54 hanya Rp. 1,5 jutaan loh di Jagofon! Jika kamu mau mencari gadget lain, kamu juga boleh cek katalog Jagofon ya.

Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 bulan loh! Ini cara baru beli HP bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!

Share on: