Product

Samsung Galaxy A30: Intip Harga dan Spesifikasinya Disini

Siapa sih yang tidak kenal Samsung? Perusahaan elektronik yang berbasis di Korea Selatan ini punya berbagai macam dan tipe smartphone yang sangat laku di pasaran. Mulai dari yang kelas mid-range sampai dengan high-end, tersedia di Samsung.

Smartphone besutan Samsung ini juga sukses berdiri di market Indonesia dengan peringkat pertama pada tahun 2022, berdasarkan survei yang dilakukan oleh databoks. Pada artikel kali ini, kita akan membahas salah satu smartphone mid-range dari Samsung, yaitu Samsung Galaxy A30.

Dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan layar yang sudah mengusung Infinity U-Display, Samsung Galaxy A30 banyak dilirik penggemar ponsel mid-range yang ingin membeli ponsel dengan budget yang friendly.

Penasaran seperti apa spesifikasi lengkapnya? Yuk simak artikel berikut!

Desain Simpel Nyaman Digenggam

Source: Jam Distributions

Samsung Galaxy A30 hadir dengan warna hitam, putih dan biru. Memiliki dimensi 158.5 x 74.7 x 7.7 mm, serta bobot yang hanya 165 gram membuat ponsel ini sangat nyaman untuk digunakan scrolling maupun digenggam.

Dilengkapi dengan Gorilla Glass 3 di bagian depan juga membuat Galaxy A50 tahan goresan. Desain dengan bazel tipis dan bagian belakang yang terbuat dari plastik, membuat Samsung Galaxy A30 menampilkan kesan yang tidak hanya ramping, tapi juga simpel.

Layar selebar 6,4 inch dengan teknologi Super AMOLED, menjadikan Samsung Galaxy A30 ini juga sangat nyaman untuk digunakan menonton video maupun bermain game.

Dengan resolusi 1080 x 2340 pixels, layar dari Galaxy A30 sangat memanjakan mata. Selain itu, teknologi fingerprint yang berada di bagian belakang ponsel akan sangat memudahkan pengguna untuk membuka dan mengunci ponsel saat ingin digunakan.

Baca juga: Galaxy A5: Salah Satu Handphone “Mid-Ranger” Pertama Samsung

Kamera 16MP Masih Baik

Jika berbicara soal kamera, Samsung memang selalu memberikan kualitas terbaik untuk berbagai tipe smartphone nya, tak terkecuali Samsung Galaxy A30. Kamera dari ponsel ini terdiri dari kamera utama yang memiliki fitur dual kamera yang disusun secara horizontal, serta kamera depan yang berada di tengah layar.

Kamera utama dari Galaxy A30 sudah beresolusi 16 MP dan kamera ultra-wide yang beresolusi 5 MP. Selain itu, kamera dari Samsung Galaxy A30 ini juga dilengkapi teknologi artificial intelligence yang memudahkan pengguna untuk mendeteksi subjek hingga 19 mode pengambilan gambar.

Pada kamera depan juga sudah beresolusi 16 MP yang dilengkapi fitur flaw detection yang berguna untuk mencegah hasil foto agar tidak buram, dan memberitahu dimana pencahayaan yang kurang sehingga pengguna dapat mendapatkan hasil foto yang baik.

Jika dilihat dari hasil fotonya, Samsung Galaxy A30 dapat mengambil gambar dengan warna yang tajam dan latar yang bokeh. Selain itu, mode lensa ultawide dapat mengambil jarak yang lebih jauh sehingga objek dapat terlihat seluruhnya. Hasil pengambilan foto dari Samsung Galaxy A30 dapat dilihat pada gambar berikut :

Sumber : youtube gadget gaul
Sumber : youtube gadget gaul

Prosesor Mulus

Dirilis pada tahun 2019, Galaxy A30 hadir dengan chipset  Exynos 7904 dengan delapan inti berkecepatan sampai 1,8 Ghz, serta memiliki RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Chipsetnya juga dipadukan dengan fabrikasi 14nm GPU Mali-G71 MP2.Untuk skor AnTuTu sendiri, Samsung Galaxy A30 mencapai skor 106.726 dengan multi core 4.032. Sistem operasi OneUI yang terbaru juga menambah performa dari ponsel besutan Samsung yang satu ini.

Dengan prosesor yang mulus, pengguna tidak perlu khawatir untuk melakukan berbagai multi-task dan sangat cukup untuk digunakan dalam aktivitas ponsel sehari-hari. Walaupun dibandrol hanya dengan tiga jutaan, prosessor dari Samsung Galaxy A30 masih sangat mumpuni.

Samsung juga menjamin warna dari ponsel ini terlihat akurat dan dilengkapi fitur full HD yang membuatnya sangat nyaman untuk digunakan bermain game atau menonton video.

Pada tes untuk aktivitas game berat, Samsung Galaxy A30 mampu menjalankan game PUBG dengan frame rate 60fps dan setting-an grafis HD. Untuk mengetahui spesifikasi lengkap dari Samsung Galaxy A30 dapat dilihat pada tabel berikut :

Dimensi

158.5 x 74.7 x 7.7 mm

165 gram

Layar

Ukuran 6,4 inch
Resolusi FHD+ 2340 x 1080 Super AMOLED

Chipset

Exynos 7904 Octa Core
2x1.8 GHz Cortex-A73 & 6x1.6 GHz Cortex-A53
OS Android 9.0 Pie

Penyimpanan

Storage 32 GB/64 GB

RAM 3 GB/4 GB
External Storage microSD up to 512 GB

Kamera

Dual Kamera
Kamera Utama 16 MP + 5MP (ultrawide)
Kamera Depan 16 MP

Baterai

4000 mAh

SIM

Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby

Konektivitas

25 GSM 850/900/1800/1900 Mhz

3G B1(2100/B2(1900/B4(AWS)/B5(850)/B8(900)

4G (LTE) FDD-LTE/TD-LTE

Fitur Lainnya

Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack

Baca juga: Inilah Top 10 Smartphone Samsung di Tahun 2022: Masih Banyak yang Terjangkau

Baterai 4000 mAh

Dengan performa yang mumpuni, Samsung Galaxy A30 juga dilengkapi dengan baterai dengan kapasitas 4000 mAh. Hal ini membuat Galaxy A30 dapat bertahan lama jika digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Selain itu, smartphone Samsung ini juga telah didukung oleh teknologi fast charging 15 watt yang membuat pengisian daya lebih cepat. Sangat cocok untuk Jagoans yang mempunyai mobilitas tinggi tanpa harus khawatir tidak mempunyai waktu yang cukup untuk mengisi daya baterai.

Galaxy A30 hadir dengan RAM 4 GB serta dengan pilihan penyimpanan internal 32 GB dan 64 GB. Namun, jangan khawatir Jagoans, untuk kamu yang ingin memiliki memori lebih banyak, Galaxy A30 dapat menggunakan External Memory dengan microSD sampai dengan 512 GB.

Kesimpulan

Gimana nih Jagoans? Udah nggak penasaran kan sama spesifikasi Samsung Galaxy A30? Sebelum membeli berikut beberapa poin yang dapat dipertimbangkan sebelum membeli Samsung Galaxy A30 yaitu :

  • Desain dengan bazel tipis membuat layar lebih luas dengan resolusi full HD.
  • Memiliki dual kamera dengan fitur AI yang dapat menyesuaikan 19 mode pengambilan gambar.
  • Didukung teknologi fast charging untuk pengisian daya baterai.
  • Menggunakan prosesor chipset  Exynos 7904 yang mulus untuk aktivitas sehari-hari dan gaming.
  • Harganya terjangkau

Jika Samsung Galaxy A30 termasuk ke dalam gadget incaran kamu, sebelum membeli hendaknya kamu memperhatikan kualitas produknya, jangan sampai membeli produk gadget refurbished yang belum terjamin kualitasnya walaupun harganya jauh lebih murah. Daripada cemas dan bingung mau beli gadget incaran kamu dimana, mending langsung cek ke Jagofon deh! Dijamin harganya pas untuk kamu yang sedang mencari gadget dengan friendly budgdet.

Jagofon juga selalu memperhatikan kualitas dari produk gadget yang ditawarkan dengan melakukan pengujian lebih dari 90+ tes dan memberikan jaminan garansi selama 30 hari. Tidak hanya brand Samsung,  Jagofon juga menawarkan berbagai merk lainnya seperti Apple, Oppo, Vivo, Infinix, Xiaomi dan Realme. Selain itu, dengan membeli produk di Jagofon, kamu juga berkontribusi untuk melestarikan lingkungan dengan mengurangi limbah elektronik lho. Yuk tunggu apalagi? Beli gadget impian kamu di Jagofon!