Bedanya Samsung S23 vs Samsung S23 FE, Mana yang Masih Layak?

Samsung Galaxy S23 FE: Spesifikasi, Harga dan Promo
Source : detik.com

Jagoans, siapa yang di sini penggemar Samsung? jika kamu penggemar Samsung, pasti tidak asing lagi dengan seri Galaxy S. Merupakan seri flagship dari Samsung, banyak customer Jagofon yang membeli seri Galaxy S karena memiliki segudang fitur mumpuni, apalagi dengan desainnya yang juga elegan

Nah, jika Jagoans, sedang mempertimbangkan untuk membeli Samsung Galaxy Seri S, kamu mungkin dapat memilih Samsung S23. Selain fiturnya yang pastinya canggih, harganya juga sudah terjangkau di tahun 2024 ini. Namun, selain seri S23, Samsung juga mengeluarkan seri S23 FE atau Fan Edition.

Seri Fan Edition ini dikeluarkan Samsung sebagai ponsel yang menawarkan berbagai fungsi yang dianggap esensial berdasarkan masukan dan kebutuhan para pengguna, sehingga memberikan solusi yang seimbang antara harga dan performa.

Baca juga : Paling Tangguh? Harga dan Spesifikasi Samsung S23 Ultra

Lalu, apa sih perbedaan dari Samsung S23 dan Samsung S23 FE? dan mana kah yang lebih baik? cari tahu jawabannya di artikel berikut yuk!

Desain dan Tampilan

Sekilas, Jagoans mungkin akan kesulitan untuk membedakan Samsung S23 dan Samsung S23 FE ini, apalagi jika dilihat hanya dari tampilan luarnya saja. Hal ini wajar karena jika dilihat dari berbagai aspek, kedua ponsel ini tampak sangat mirip. Sama-sama mengusung desain yang elegan dan aesthetic, berikut beberapa perbedaan tampilannya :

Samsung S23

Samsung Galaxy S23: price, carriers, and how to buy - The Verge
Source : The Verge

Jika dilihat dari size dan bobotnya, Samsung S23 memiliki desain yang lebih ramping dan bobot yang lebih ringan, yaitu dengan ukuran 146.3 x 70.9 x 7.6 mm dan bobot 168 gram. Warna-warnanya juga aesthetic dengan pilihan warna pastel yang soft seperti Phantom Black, Cream, Green, Lavender, Graphite, dan juga Lime.

Untuk layarnya, Samsung S23 ini memiliki ukuran layar 6,1 inch beresolusi 1080 x 2340 pixels yang didukung dengan teknologi Dynamic AMOLED 2X dan refresh rate 120 Hz, yang pastinya mulus untuk menonton, scrolling, dan juga bermain game.

Layarnya juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus 2 yang tahan debu dan goresan, Samsung S23 juga memiliki beberapa tombol di samping, yaitu tombol volume, power, dan port USB C di bagian bawah. Sayangnya, untuk Jagoans yang menyukai wired headset, Samsung S23 sudah tidak menyediakan port audio jack tersebut.

Samsung S23 FE

Hands-on Samsung Galaxy S23 FE, HP Flagship Murah Terbaru Samsung Halaman  all - Kompas.com
Source : Tekno Kompas

Beralih ke Samsung S23 FE, samsung ini bisa dibilang berukuran lebih besar dan lebih berat dari versi Samsung S23. Pasalnya, ukurannya mencapai 158 x 76.5 x 8.2 mm dengan bobot 209 gram. Pilihan warnanya juga tetap aesthetic namun dengan warna-warna yang lebih cerah dan berbeda, seperti Mint, Cream, Graphite, Purple, Indigo, dan Tangerine.

Dari segi layarnya, Samsung S23 FE memiliki ukuran layar yang juga sedikit lebih besar dengan ukuran 6,4 inch. Namun, dari teknologi dan refresh ratenya masih sama dengan Samsung S23, yaitu didukung dengan teknologi Dynamic AMOLED 2X dan refresh rate 120Hz.

Jika layar dari Samsung S23 dilindungi dengan Corning Gorilla Glass Victus 2, Samsung S23 FE dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5. Untuk tombol dan port USB-nya juga masih sama, menggunakan USB Type-C tanpa port audio jack.

Kamera

Sekilas, tampilan kameranya lebih mirip dengan tiga lensa yang disusun secara vertikal. Namun, jika Jagoans bisa lebih teliti, ada satu perbedaan yang terlihat. Perbedaan tersebut terletak pada posisi lampu flash kamera belakang.

Pada Samsung S23, lampu flash ditempatkan sejajar dengan lensa kamera paling atas. Sementara pada Samsung S23 FE, lampu flash berada di antara lensa paling atas dan lensa kedua. Berikut untuk perbedaan pada fitur kameranya :

Samsung S23

Spesifikasi Samsung Galaxy S23, Smartphone Flagship yang Masih Worth It di  Tahun 2024
Source : Blibli

Mengusung konsep triple camera atau kamera dengan tiga lensa, Samsung S23 memiliki kamera utama beresolusi 50 MP, yang pastinya dapat menghasilkan gambar yang jernih dan tajam. Sedangkan dua lensa lainnya beresolusi 1o MP untuk telefoto, dan 12 MP untuk lensa ultrawide.

Untuk kamera depannya, Samsung S23 dilengkapi kamera beresolusi 12 MP. Tidak hanya dapat mengambil gambar yang jernih dan tajam, Samsung S23 ini juga dapat melakukan perekaman video hingga kualitas 8K untuk kamera belakang, dan kualitas 4K untuk kamera depan.

Samsung S23 juga dilengkapi dengan teknologi gyro-EIS sehingga pengambilan gambar menjadi lebih stabil. Untuk Jagoans yang penasaran, berikut beberapa hasil jepretan foto dari Samsung S23 :

Source : Youtube DWGadgets
Source : Youtube DWGadgets

Samsung S23 FE

Samsung Galaxy S24 FE color versions leak - GSMArena.com news
Source : GSM Arena

Tidak jauh berbeda dengan Samsung S23, Samsung S23 FE ini juga mengusung konsep kamera yang sama dengan triple camera, namun memiliki resolusi kamera yang sedikit berbeda. Jika Samsung S23 memiliki resolusi 10 MP untuk kamera telefoto, Samsung S23 FE memiliki resolusi 8 MP untuk kamera telefoto.

Untuk resolusi utamanya juga masih sama dengan Samsung S23 dengan 50 MP dan 12 MP untuk lensa ultrawide. Namun, untuk kamera depannya Samsung S23 FE ini hanya beresolusi 10 MP, berbeda dengan Samsung S23 yang memiliki resolusi 12 MP.

Dari segi perekaman video, Samsung S23 FE ini juga masih mampun untuk merekam hingga kualitas 8K menggunakan kamera belakang, dan kualitas 4K untuk kamera depan. Sensornya juga menggunakan teknologi dual pixel PDAF dan OIS yang dipastikan dapat mengambil foto dan gambar yang stabil. Berikut hasil fotonya :

Baca juga : Cari HP Samsung dengan Kamera 0.5? Ini Rekomendasinya!

Source : CNBC Indonesia
Source : CNBC Indonesia

Performa

Alasan Samsung hadirkan Galaxy S23 FE Exynos 2200 bukan Snapdragon - ANTARA  News
Source : Antara News

Jika dilihat dari segi performa, kedua ponsel ini memang menggunakan chipset yang berbeda, namun keduanya masih dapat menjalankan beragam aktivitas ponsel secara mulus. Selain chipset, baterai dari Samsung S23 dan Samsung S23 FE juga memiliki kapasitas baterai yang berbeda. Untuk Jagoans yang penasaran, berikut perbedaan yang lebih detail terkait dengan performanya :

Samsung S23

Samsung S23 dilengkapi dengan chipset Qualcomm SM8550-AC Snapdragon 8 Gen 2 dengan sistem android 13 yang masih dapat diupgrade. Di sisi lain, RAM-nya juga berkapasitas besar dengan ukuran 8 GB dan pilihan memori hingga 512 GB. Dengan fitur yang mumpuni, Samsung ini mulus untuk menjalankan aktivitas ponsel yang ringan hingga berat.

Sedangkan, dari sisi baterainya, Samsung S23 ini hanya memiliki kapasitas baterai yang mencapai 3900 mAh, cukup kecil mengingat ukurannya yang juga compact. Namun, Jagoans tidak perlu khawatir karena Samsung S23 ini telah didukung oleh teknologi fast charging dan juga reverse charging, sehingga bisa menjadi sumber daya untuk perangkat lainnya.

Samsung S23 FE

Beralih ke Samsung S23 FE, Samsung ini dilengkapi dengan chipset Qualcomm SM8450 Snapdragon 8 Gen 1 dengan sistem android 13 yang masih dapat ditingkatkan. Untuk ukuran RAM dan memorinya, Samsung S23 FE ini dilengkapi dengan RAM 8 GB dan pilihan penyimpanan hingga 256 GB.

Untuk baterainya, Samsung S23 FE memiliki kapasitas baterai yang lebih besar jika dibandingkan dengan Samsung S23, dengan kapasitas 4500 mAh yang juga didukung fast charging dan reverse charging. Berdasarkan GSM Arena, fast chargingnya dapat mengisi 50% hanya dalam waktu 30 menit.

Mana yang Lebih Baik?

Gimana Jagoans? apakah kamu sudah menentukan mau membeli Samsung S23 atau Samsung S23 FE? Nah, untuk Jagoans yang masih bingung berikut beberapa poin penting yang dapat kamu pertimbangkan :

  • Kamu dapat memilih untuk membeli Samsung S23 jika mengedepankan performa, penyimpanan yang luas dan juga perekaman video, serta ukurannya yang compact.
  • Samsung S23 FE dapat menjadi pilihan terbaik jika Jagoans mengedepankan ponsel flagship dengan harga yang lebih terjangkau, pilihan warna yang lebih cerah, serta kapasitas baterai yang lebih besar.

Dari pada bingung, mau beli Samsung S23 atau Samsung S23 FE dimana, mending langsung cek Jagofon deh! Dijamin kamu akan mendapat produk yang 100% original, tidak ada part yang diganti atau refurbished.

Untuk kamu yang belum tahu, Jagofon adalah marketplace pertama Indonesia yang menyediakan gadget dan HP bekas. Jangan khawatir, semua produk Jagofon sudah lolos tes 90+ titik fungsi dan terjamin berkualitas.

Kapan lagi kamu beli HP dan gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Cukup checkout HP dan gadget impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa! Beli HP dan gadget bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP dan gadget impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon!