JagoHacks

Serba-Serbi Android 15 yang Perlu Kamu Tahu!

Setelah sukses merilis Android 14 pada Oktober 2023, Google sudah merilis berupa developer preview Android 15 dengan nama kode "Vanilla Ice Cream". Versi pratinjau yang diluncurkan ini merupakan persiapan selagi mengembangkan dan memutakhirkan sistem operasi ini sebelum dirilis secara resmi pada Februari 2025.

Jagoans penasaran tentang hint apa saja yang akan menjadi fokus pengembangan di Android 15? apakah kamu harus menjajal OS yang sebenarnya belum resmi dirilis ini? Apakah ada fitur Android 15 lain yang harus Jagoans antisipasi?

Yuk kita bahas bersama-sama dan mengenal serba-serbi apa saja yang akan Google hadirkan di Android versi 15 tahun ini.

Baca juga: Inilah Bocoran Fitur iOS 17, Beda Jauh dengan iOS 16?

Perilisan Android 15

Serba-Serbi Android 15 yang Perlu Kamu Tahu! - Jagofon
Image Source: nextpit

Tak bisa dipungkiri HP Android adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini. Tak ayal sistem operasi yang berjalan sejak kemunculannya di tahun 2008 ini konsisten berkembang menjadi sistem operasi yang lebih baik dan canggih.

Saat ini Google sudah merilis secara resmi OS Android 14 dan sudah merilis versi developer preview Android 15 1 pada 16 Februari 2024 dan developer preview Android 15 2 pada 21 Maret 2024. Sementara itu, Android 15 yang direncanakan dirilis pada Februari 2025 ini sudah mengeluarkan versi beta pertamanya pada tanggal 11 April 2024.

OS terbaru Android ini memiliki setidaknya 3 fokus pengembangan. Ketiga fokus pengembangan itu terdiri dari privasi atau keamanan pengguna, dukungan pengembang (developer) atau pembuat, dan peningkatan performa aplikasi.

Dengan rencana peningkatan kualitas tersebut, diharapkan Android 15 lebih stabil, aman dari ancaman virus atau phising, dan memiliki beberapa fitur personalisasi lebih andal dengan memanfaatkan teknologi AI yang bisa meningkatkan pengalaman penggunanya.

Adapun beberapa fitur lain yang yang mendapat perhatian lebih adalah sebagai berikut.

Persentase Kesehatan Baterai

Serba-Serbi Android 15 yang Perlu Kamu Tahu! - Jagofon
Image Source: Google

Kesehatan baterai HP Android terkadang seakan komponen yang diabaikan oleh penggunanya. Bagaimana tidak, informasi yang ditampilkan pada sistem operasi sebelumnya mengenai battery helath terasa kurang begitu detail. Sehingga berdampak pada pendeknya umur dari masa pakai si baterai tersebut.

Nah, pada OS Android 15 ini akan ditambahkan beberapa informasi penting mengenai presentasi kesehatan baterai. Seperti aplikasi apa saja yang berpotensi memendekkan umur baterai dan aplikasi mana saja yang sifatnya sangat boros memakan daya baterai. Sehingga kamu bisa memonitor atau membatasi memakai sebuah aplikasi penyumbang boros nya baterai HP kamu.

Selain itu, kamu juga bisa mengantisipasi kapan kamu harus mengganti baterai HP kamu sebelum baterainya benar-benar mati, menggembung, atau yang lebih parahnya lagi sampai meledak.

Privasi pada Sandbox

Serba-Serbi Android 15 yang Perlu Kamu Tahu! - Jagofon
Image Source: Newsroom.id

Android 15 akan mengenalkan fitur Privacy Sandbox, sebuah fitur baru yang dijanjikan dapat meningkatkan keamanan data dan mampu menjaga privasi pengguna HP Android. Kita semua tahu bahwa kejahatan berupa pencurian data dan pelacakan data tanpa izin di dunia digital terasa sudah tidak bisa dibendung. Hal inilah yang memprakarsai hadirnya fitur ini.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperketat keamanan data pribadi apalagi untuk mereka yang tidak selalu tergantung pada sebuah kata sandi. Untuk kamu yang sadar akan kepentingan data pribadi kamu yang ada di dunia digital, fitur ini akan sangat membantu mengamankannya.

Selain itu, pengguna HP Android seperti Oppo, Xiaomi, realme, dan lainnya yang terkenal jarang mendapatkan update OS, kamu memang harus bersabar dan sekalinya mendapat update, kamu harus segera memperbarui sistem operasinya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk meng-update terus versi OS dan security patch jika pengembang HP kamu menyediakannya. Hal ini diakukan semata-mata untuk memberi kesan aman dan nyaman akan data pribadi para pengguna HP Android.

Kualitas Kamera

Serba-Serbi Android 15 yang Perlu Kamu Tahu! - Jagofon
Image Source: eraspace

Salah satu faktor yang berpengaruh dalam penentuan kualitas jepretan kamera adalah sistem operasi Android yang dibawanya. Pada Android 14, kualitas kamera sudah didukung sampai dengan Ultra HDR. Hal ini sudah mampu menghasilkan gambar yang jernih, detail, dan memiliki warna yang cemerlang.

Peningkatan kualitas kamera yang ada pada Android 15 diharapkan bisa memenuhi ekspektasi para penggunanya. Sehingga kamu bisa memanfaatkan kamera bawaan Samsung, vivo, atau merek lain dengan sempurna dan sesuai dengan selera kamu.

Fitur bawaan sistem seperti kemampuan flash, sensitivitas menangkap cahaya, dan kemampuan menghasilkan atau menggabungkan besaran pixel akan berpengaruh terhadap hasil jepretan kamera HP kamu.

Oleh karena itu dasar teknologi yang disuguhkan Android 15 ini bisa digabungkan dengan kamera pihak ketiga dan ditambah dengan beberapa inovasi khas masing-masing merek akan menghasilkan kualitas yang berbeda dan unik.

Screen Recorder

Serba-Serbi Android 15 yang Perlu Kamu Tahu! - Jagofon
Image Source: Nadeem Sarwar / Digital Trends

Fitur menarik lainnya yang mengalami peningkatan adalah Screen Recorder atau perekaman layar. Pada versi Android 15, kamu akan dimudahkan dalam penggunaan screen recorder yang mampu merekan pada bagian tertentu atau aplikasi tertentu. Jadi saat kamu menentukan bagian apa yang akan direkam, ketika kamu berpindah ke aplikasi lain, aplikasi tersebut tidak akan terekam.

Sebagai contoh, ketika kamu akan melakukan rekam layar pada sebuah aplikasi game MLBB, kemudian kamu ingin membeli diamond pada website atau aplikasi tertentu, perekaman akan terjeda sejenak selama kamu membuka aplikasi selain MLBB. Kemudian perekaman layar akan kembali berjalan ketika kamu membuka kembali aplikasi MLBB. Canggih kan Jagoans?

Hal ini juga bisa menjaga privasi dan data kamu ketika membuka page yang memiliki muatan konten sensitif sehingga tidak akan tersebar ke khalayak ramai.

Android 15 tampak menjanjikan dalam hal peningkatan privasi, kemampuan kamera, dan pemeliharaan masa pakai baterai HP Android. Seperti produk di Jagofon yang memiliki kualitas tiada banding yang memerhatikan kenyamanan dan keamanan pengguna saat bertransaksi.

Jika kamu ingin merasakan pengalaman Android 15, kamu bisa beli HP Samsung S22 atau S23 di Jagofon yang pasti mendapatkan pembaruan sistem Android terbaru. Kamu juga bisa cek merek lain seperti Oppo, POCO, dan Redmi yang pasti akan mendapatkan pembaruan sistem Android 15.

Sedikit tambahan informasi, Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Walaupun bekas, setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Beli HP bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon!