JagoHacks

Jangan Panik! Ini Solusi SIM Tidak Didukung iPhone!

Masalah kartu SIM tidak didukung di iPhone 14, dan Apple memperingatkan  agar tidak ikut campur untuk menyelesaikannya - iPhone Islam
Source : iphoneislam.com

Permasalahan pada kartu SIM ponsel memang dapat mengganggu aktivitias dan produktifitas kita sehari-hari. Pasalnya, tanpa kartu SIM, jaringan data seluler tidak akan tersedia dan kita tidak dapat mengakses internet atau pun melakukan panggilan telepon.

Masalah ini biasanya banyak terjadi pada pengguna iPhone. Penyebab dari SIM tidak didukung iPhone ini beragam, mulai dari iPhone Inter ilegal yang tidak neniliki IMEI, iOS yang belum di-update, hingga penutup tempat SIM yang longgar.

Jika Jagoans mengalami permasalahan SIM tidak didukung iPhone, jangan panik terlebih dahulu, karena kamu bisa mencoba beberapa cara berikut. Penasaran? simak artikel ini sampai habis!

Cara Mengatasi SIM yang Tidak Didukung iPhone dari Apple Support

10 Pertanyaan Seputar iPhone Dual SIM untuk Pengguna Pemula, Simak
Source : Makemac

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengunjungi website Apple Support. Berikut langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan SIM tidak didukung iPhone :

  • Pastikan kamu memiliki paket aktif dari operator provider milikmu.
  • Periksa baki SIM iPhone. Pastikan baik penutup SIM tersebut benar-benar tertutup dan tidak longgar.
  • Restart atau mulai ulang iPhone.
  • Kemudian buka Pengaturan > Umum > Mengenai.
  • Jika terdapat pembaruan yang tersedia, kamu akan melihat opsi OK atau Perbarui.
  • Apabila kamu menggunakan e-SIM, kamu harus menghubungi operator dari provider iPhone milikmu, kemudian ikuti instruksi yang diberikan operator.
  • Jika cara tersebut belum juga berhasil untuk mengatasi permasalahan SIM tidak didukung iPhone, kamu dapat menghubungi Apple Support : https://getsupport.apple.com/solutions

Cara Lain Mengatasi SIM yang Tidak Didukung iPhone

Jika cara sebelumnya masih belum berhasil, jangan khawatir terlebih dahulu Jagoans! berikut beberapa cara yang masih bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan SIM tidak didukung iPhone :

Copot dan Pasang Kembali Kartu SIM

Trik Jitu Memperbaiki iPhone Tidak Baca Sim Card | otakatik.co.id
Source : Otak Atik

Cara lainnya yang paling mudah untuk mengatasi permasalahan SIM tidak didukung iPhone adalah dengan mencopot SIM selama beberapa saat kemudian pasang kembali kartu SIM. Di beberapa kasus, letak SIM yang tidak benar juga mengakibatkan SIM menjadi tidak didukung atau dengan kata lain tidak valid.

Pastikan juga kamu memasang baki penutup kartu SIM dengan rapat, agar tidak longgar dan SIM bisa terbaca oleh iPhone. Selain itu, jika kamu menggunakan baki SIM dari model iPhone dan iPad lainnya, atau pun yang berasal dari produsen ponsel lain, baki penutupnya mungkin tidak pas, dan dapat mengakibatkan SIM menjadi tidak didukung pada iPhone.

Menggunakan Airplane Mode

Security company shows how iPhone users could be tricked with Fake Airplane  Mode
Source : BGR

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur Airplane Mode. Kamu bisa mencobanya dengan menghidupkan airplane mode selama beberapa saat kemudian menonaktifkannya kembali. Kartu SIM tidak didukung iPhone bisa jadi diakibatkan oleh pengaturan Airplane kamu yang mengalami eror.

Untuk menghidupkan dan menonaktifkannya juga cukup mudah, kamu tinggal pergi ke control center, lalu tekan ikon dengan gambar pesawat. Selain itu, Jagoans juga bisa pergi ke menu pengaturan atau setting kemudian pilih Airplane Mode atau Mode Pesawat yang terletak di bawah menu akun Apple ID kamu.

Update Sistem Operasi iOS Pada iPhone

Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 17, Apa Saja? - Tekno Liputan6.com
Source : Liputan6.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyebab dari Kartu SIM tidak didukung iPhone bisa dikarenakan oleh iOS yang belum up to date. Masalah ini sering dijumpai di iPhone 14 dengan iOS yang belum di-update. Untuk melakukan update iOS pada iPhone milikmu, berikut langkah-langkahnya :

  • Masuk ke menu Pengaturan atau Settings.
  • Setelah itu pilih tab General dan klik pada menu Software Update.
  • Kemudian pilih opsi download and Install.
  • Tunggu hingga proses download dan install selesai.
  • Saat melakukan update, iPhone akan otomatis melakukan restart.
  • Tunggu sampai iPhone hidup kembali.
  • Terakhir, cek jaringan pada iPhone kamu. Pastikan sinyal seluler sudah muncul.

Restart iPhone

Source : Bisnis Tekno

Me-restart atau memulai ulang iPhone memang cara yang paling klasik yang biasa digunakan. Namun, di beberapa kasus, me-restart ulang iPhone bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengatasi permasalahan SIM tidak didukung iPhone.

Jika restart iPhone manual tidak berhasil, Jagoans dapat mencoba untuk melakukan force restart. Caranya adalah dengan menekan dan menahan tombol power dan tombol volume selama beberapa saat dan tunggu hingga iPhone ter-restart secara otomatis.

Gunakan Kartu SIM Lain

Source : CNN Indoneia

Jika cara update iOS, Airplane Mode, dan cara lainnya belum berhasil untuk mengatasi SIM tidak didukung iPhone, Jagoans mungkin dapat mempertimbangkan untuk mengganti kartu SIM yang sedang dipakai.

Bisa jadi kartu SIM tersebut rusak dan bermasalah sehingga tidak dapat digunakan untuk menelepon atau pun jaringan seluler. SIM yang rusak dapat dilihat dari tampilan SIM-nya, seperti material plastik serta kuningan pada kartu SIM tersebut tergradasi sehingga tidak terbaca oleh iPhone.

iPhone Asli dengan SIM Aman

Gimana Jagoans? kamu sudah menemukan cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan SIM tidak didukung iPhone? kalau cara-cara tersebut tidak berhasil juga, ada baiknya kamu membawa iPhonetersebut ke service center terdekat. Jangan lupa untuk membawa kartu garansi dan fraktur pembelian agar tidak terkena biaya tambahan.

Jika setelah dibawa ke service center dan tetap tidak berhasil, mungkin saatnya kamu meng-upgrade iPhone kamu Jagoans! Namun, agar hal ini tidak terjadi lagi, sebelum membeli ponsel atau pun gadget, pastikan kamu mengecek keasliannya, khususnya iPhone Inter yang rawan mengalami SIM tidak didukung iPhonekarena IMEI-nya tidak terdaftar.

Baca juga : 5 iPhone ini Harganya Sudah Murah Untuk Dibeli Tahun 2024, Yuk Intip Sekarang

Nah, dari pada bingung dan khawatir soal keaslian iPhone yang ingin kamu beli, mending kamu langsung check out di Jagofon aja! Kamu akan mendapat kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau. Selain itu, semua produk yang ditawarkan Jagofon 100% original, tidak ada part yang diganti atau refurbished.

Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP dan gadget bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP dan gadget impian yang berkualitas. Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Kapan lagi kamu beli HP dan gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Beli HP atau pun gadget bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP dan gadget impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon!

Jadi pembeli yang pintar! Kamu bisa dapatkan HP bekas yang kualitasnya setara dengan HP baru, namun harganya lebih terjangkau! Tunggu apalagi Jagoans? yuk segera dapatkan beragam smartphone dan gadget impianmu hanya di Jagofon!