Terlalu Mahal? Simak Kekurangan dan Kelebihan Samsung S24 Ultra Disini!

Semakin berkembangnya dunia teknologi memberikan ruang lebih untuk memberikan inovasi yang bisa mempermudah hidup kita. Seperti Samsung yang mengeluarkan Samsung Galaxy S24 Ultra pada Januari 2024 yang meng-highlight fitur Galaxy AI yang memberikan beberapa fitur canggih.

Perkembangan AI sendiri semakin menjamur sejak kemunculan ChatGPT oleh OpenAI dan sekarang sudah merambah ke sebuah perangkat telepon seluler sehingga bisa memberikan beberapa pemrosesan data yang lebih cepat dan praktis.

Samsung Galaxy S24 Ultra sendiri memberikan beberapa peningkatan di beberapa sektor dari seri pendahulunya. Beberapa dari banyak sektor yang mendapatkan peningkatan adalah sektor kamera, material bodi, kinerja, dan daya tahan baterainya.

Sebagai model dari kasta tertinggi saat ini, pasti spesifikasi Samsung S23 Ultra menjadi salah satu HP terbaik di tahun 2024. Selain harganya yang termasuk mahal, apakah Galaxy S24 Ultra memiliki kekurangan?

Oleh karena itu, yuk simak kekurangan dan kelebihan Samsung S24 Ultra disini untuk jadi bahan pertimbangan sebelum kamu beli.

Baca juga: Tes Kelayakan Samsung Galaxy S23 Ultra di April 2024

Kelebihan Samsung S24 Ultra

Sebagai HP flagship keluaran terbaru tentu Samsung Galaxy S24 Ultra 5G memiliki beberapa kelebihan. Salah satu diantaranya adalah sebagai berikut.

Kamera Terbaik

Terlalu Mahal? Simak Kekurangan dan Kelebihan Samsung S24 Ultra Disini! | Jagofon
Image Source: Samsung

Kamera Samsung Galaxy S24 Ultra dibekali dengan 4 kamera belakang dan 1 kamera depan. Kamera belakangnya diracik dengan komposisi kamera utama 200MP + kamera telefoto 10MP + kamera periskop 50MP + kamera ultrawide 12MP, dan kamera depan 12MP.

Kamera utamanya beresolusi 200 MP dan mengandalkan sensor Samsung ISOCELL HP2 sebesar 1/1,3 inci yang bisa menghasilkan piksel sebesar 0,6µm - 2,4µm. Aperturenya berada pada f/1.7 dengan focal length 23mm. Fitur pendukung lainnya adalah dengan menyematkan multi-directional PDAF dan sudah pasti dibekali OIS, Perekaman video bisa sampai kualitas 8K@30fps atau 4K@120fps.

Kamera periskop nya memiliki resolusi 50MP dengan bantuan sensor Sony IMX854 sebesar 1/2,52 inchi dengan besaran piksel 0,7 - 1,4µm. Aperturenya f/3.4 dengan focal length 111mm dan bisa melakukan 5x optical zoom. Lensa ini juga sudah dibekali fitur PDAF, OIS, dan bisa menghasilkan rekaman kualitas 4K@60fps.

Kamera telefoto nya memiliki resolusi 12MP dengan sensor Sony IMX754 sebesar 1/3,52 inchi yang menghasilkan piksel sebesar 1.12µm dengan aperture f/2.4 dan focal length 67mm. Fitur pendukungnya sudah dilengkapi PDAF dan OIS dengan kemampuan 3x optical zoom serta mampu merekam video dengan kualitas maksimal 4K@60fps.

Kemudian kamera ultrawide 12 MP nya dibantu sensor Sony IMX563 sebesar 1/2,55 inchi dengan keluaran piksel sebesar 1.4µm. Aperturenya berada pada tingkat f/2.2 dengan cakupan field of view 120˚. Fitur tambahannya dilengkapi dual pixel PDAF dan mampu merekam video sampai 4K@60fps.

Kamera depannya beresolusi 12MP yang disokong oleh sensor Samsung ISOCELL S5K3LU dengan ukuran 1/3,2 inchi yang memproduksi piksel sebesar 1,12µm. Aperturenya di f/2.2 dengan focal length 26mm. Kemudian fitur lainnya sudah dilengkapi dual pixel PDAF dan perekaman video sampai kualitas maksimal 4K@60fps.

Dilihat dari spesifikasi kameranya, kamu tak perlu muluk-muluk mengatur settingan fotografi sedemikian rupa. Cukup mengeluarkan HP kemudian asal jepret saja pasti akan menghasilkan foto yang bagus.

Kemudian ada fitur AI yang mempermudah kamu dalam urusan editing foto seperti bisa menghilangkan dan memperbesar objek tertentu, serta bisa membuat video slow motion dari sebuah rekaman video.

Nah, berikut beberapa contoh hasil kamera Samsung Galaxy S24 Ultra.

Terlalu Mahal? Simak Kekurangan dan Kelebihan Samsung S24 Ultra Disini! | Jagofon
Kamera Utama | Image Source: GSMArena
Terlalu Mahal? Simak Kekurangan dan Kelebihan Samsung S24 Ultra Disini! | Jagofon
Telefoto 3x zoom | Image Source: GSMArena
Terlalu Mahal? Simak Kekurangan dan Kelebihan Samsung S24 Ultra Disini! | Jagofon
Periskop 5x zoom | Image Source: GSMArena
Terlalu Mahal? Simak Kekurangan dan Kelebihan Samsung S24 Ultra Disini! | Jagofon
Ultrawide | Image Source: GSMArena
Terlalu Mahal? Simak Kekurangan dan Kelebihan Samsung S24 Ultra Disini! | Jagofon
Selfie | Image Source: GSMArena

Kualitas kamera Galaxy S24 Ultra memang sudah berada pada level yang berbeda. Menghasilkan gambar yang detail kontras yang bagus dan memiliki wana sedikit vibrant khas Samsung sudah cukup menjadikan foto kamu memiliki kualitas super. Dynamic range nya juga sudah tidak diragukan kemampuannya.

Desain Premium

Terlalu Mahal? Simak Kekurangan dan Kelebihan Samsung S24 Ultra Disini! | Jagofon
Image Source: Samsung

Desain Samsung S24 Ultra sebenarnya mirip-mirip dengan S23 Ultra dengan tetap menghadirkan culture Galaxy Note. Hanya saja layarnya kini seluruhnya flat yang merupakan suatu perubahan besar mengingat sebelumnya melengkung.

Layar yang flat memang memberikan dampak positif yang banyak, seperti menghindari kesalahan sentuh hingga menambah kenyamanan menggenggam, serta bisa menambah screen protector sehingga tertutup dengan sempurna.

Selain itu, kini layar dan tutupan belakangnya dilindungi oleh material Gorilla Armor yang diyakini bisa menambah ketahanan terhadap benturan dan goresan daripada model sebelumnya.

Kemudian untuk framenya, ponsel ini menggunakan bahan titanium yang sudah jelas memiliki ketahanan yang lebih baik dari aluminium. Namun bahan ini hanya lapisan luarnya saja dengan menggabungkan berbagai bahan seperti plastik untuk menyambungkannya dengan rangka bahan dalamnya yang menggunakan aluminium.

Tak hanya materialnya yang solid dan premium, ponsel yang memiliki ukuran dengan dimensi 162,3 x 79 x 8,6 mm dengan bobot 232 gram ini menyediakan beberapa pilihan warna menarik, yakni Titanium Black, Titanium Gray, Titanium Violet, Titanium Yellow, Titanium Blue, Titanium Green, dan Titanium Orange.

Baterai Bertenaga

Terlalu Mahal? Simak Kekurangan dan Kelebihan Samsung S24 Ultra Disini! | Jagofon
Image Source: Samsung

Galaxy S24 Ultra memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh. Kapasitas yang tergolong standar ini bisa menopang kamu dalam kegiatan sehari-hari tanpa harus ribet mengisi ulang dayanya jika kamu memakainya dengan wajar.

Ponsel ini meraih skor active use dari GSMArena dengan angka 13 jam 49 menit. Dalam masa pengujiannya, Samsung S24 Ultra mempertahankan baterainya selama 35 jam 34 menit ketika melakukan panggilan telepon, 16 jam 48 menit ketika menonton video lokal, 11 jam 8 menit ketika berinternet, dan 9 jam 6 menit ketika bermain game secara berturut-turut.

Pengisian daya ulangnya didukung teknologi Super Fast Charging 45W yang bisa mengisi ulang dayanya sampai 69% hanya dalam 30 menit. Kemudian untuk mengisi dengan daya penuh dibutuhkan waktu 1 jam 16 menit.

Performa Maksimal

Terlalu Mahal? Simak Kekurangan dan Kelebihan Samsung S24 Ultra Disini! | Jagofon
Image Source: Vulcan Post

Masalah performa, Samsung S24 Ultra tak diragukan lagi kinerjanya. Bermodal SoC Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 dengan prosesor octa-core (1 core prima Cortex-X4 3,39GHz dan 3 core performa Cortex-A720 3.1GHz dan 2 core performa Cortex-A720 2.9GHz, serta 2 core daya hemat Cortex-A520 2.2GHz) dengan gabungan GPU Adreno 750 1 GHz membuat proses kinerja sangat lancar.

Komposisi memori super dengan RAM 12 GB dan memori internal 256GB, 512GB, dan 1TB memberikan keleluasaan dan kecepatan multitasking tiada banding.

Untuk menjalankan game berat seperti Genshin Impact, ponsel ini menyuguhkan pengalaman diluar nalar. Kamu bisa dengan lancar menjalankan game tersebut dengan settingan grafis paling tinggi tanpa harus mengalami lag.

Untuk mengukur kemampuannya dalam angka, ponsel ini meraih skor 1823822 di AnTuTu v10, serta mendapatkan skor 7076 pada GeekBench v6.

Hadirnya Fitur Galaxy AI

Terlalu Mahal? Simak Kekurangan dan Kelebihan Samsung S24 Ultra Disini! | Jagofon
Image Source: Fast Company

Galaxy AI menjadi salah satu fitur andalan yang diperkenalkan pada Samsung Galaxy S24 Ultra. Beberapa fitur tambahan ini terbukti bisa mempermudah kamu dan menambah kualitas hidup kamu karena memiliki fungsi yang canggih dengan hanya melakukan perintah yang simple.

Salah satu fitur Circle to Search bisa mencari definisi dari sebuah gambar yang kamu lingkari. Jika kamu bingung mengenai suatu gambar, kamu bisa mencarinya dengan cara seperti ini.

Kemudian ada fitur Live Translate yang berguna saat kamu bepergian dan bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan sebuah percakapan dengan orang lokal secara langsung.

Kemudian ada fungsi seperti layaknya ChatGPT, yakni Chat Assist yang bisa memberikan pilihan lain ketika kamu mengetik sebuah topik tertentu.

Kekurangan Samsung S24 Ultra

Selain semua kelebihannya, Samsung S24 Ultra memiliki beberapa kekurangan. Adapun beberapa kekurangannya adalah sebagai berikut.

Harga Masih Tinggi

Terlalu Mahal? Simak Kekurangan dan Kelebihan Samsung S24 Ultra Disini! | Jagofon
Image Source: Samsung

Samsung Galaxy S24 Ultra memang bukan untuk semua orang. Harga Samsung S24 Ultra saat ini masih tergolong tinggi, untuk varian 12/256 GB saja dijual dengan harga Rp21 jutaan. Sementara itu untuk varian 12/512 GB dijual seharga Rp23 jutaan dan varian 12 GB/1 TB dihargai Rp27 jutaan.

Buat kamu yang memiliki dana lebih mungkin bisa membelinya tanpa ada beban, namun buat kaum mendang-mending bisa kunjungi Jagofon untuk mendapatkan penawaran menarik!

Bobot Berat

Terlalu Mahal? Simak Kekurangan dan Kelebihan Samsung S24 Ultra Disini! | Jagofon
Image Source: Counterpoint Research

Bodi yang tebal dengan ukuran 8,6 mm dan bobot yang seberat 232 gram memang sedikit mengganggu saat kamu menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Hal ini merupakan dampak ari material yang digunakan yang semakin berat, contohnya bahan titanium yang notabene memiliki bobot lebih berat dari aluminium dan plastik.

Kemudian ukurannya yang besar juga secara otomatis akan menambah bobot Samsung S24 Ultra menjadi lebih berat.

Buat kamu yang merasa tidak nyaman menggunakan HP yang terlalu berat dan besar, kamu bisa mengalihkan pilihan sebelum beli HP baru ke Samsung S24 atau S24 plus yang jelas memiliki bobot yang jauh lebih ringan.

Baca juga: Cara Gunakan Fitur Circle to Search di Samsung Galaxy S24 Series, Tertarik?

Cek S24 Ultra di Jagofon!

Beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada pada Samsung S24 sudah dijabarkan di atas. Buat kamu yang ingin memilikinya, kamu bisa cek Jagofon untuk mendapatkan penawaran yang menarik.

Jika kamu ingin membeli HP lain dengan harga yang lebih masuk akal, kamu bisa beralih ke HP bekas lain yang ada pada website Jagofon. Tentu sebagai spesialis HP bekas Jagofon menyediakan berbagai jenis HP impianmu. Jagofon melaksanakan quality control terhadap semua produknya sehingga 100% berfungsi sebelum sampai ke tanganmu.

Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 Bulan loh! Beli HP bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon.