Product

Tes Kelayakan iPhone 11 di April 2024

iPhone 11

Apakah beli iPhone 11 di tahun 2024 suatu keputusan yang tepat? untuk kamu yang mengidam-idamkan memiliki iPhone di tahun 2024 patut mempertimbangkan untuk membelinya di Jagofon.

Unit keluaran Apple yang dirilis tahun 2019 ini barang tentu sudah mengalami penurunan harga, apalagi setelah rilisnya iPhone 15 pada September silam pasti akan mendorong harga jual iPhone 11 lebih murah lagi.

Walaupun sudah berumur sekitar 5 tahun, iPhone 11 masih memiliki performa yang bisa diandalkan dan tentu saja memiliki konfigurasi kamera yang canggih khas iPhone. Tak ayal kualitasnya kemungkinan masih bisa kamu andalkan di tahun 2024.

Namun apakah ada sektor lain yang sudah terlalu ketinggalan jaman? oleh karena itu yuk simak tes kelayakan iPhone 11 di April 2024 berikut.

Baca juga: Perbandingan iPhone 11 dan iPhone 14: Mana Yang Lebih Baik untukmu?

Performa

2024 Beli iPhone 11 di Jagofon
Image Source: Apple

Unit iPhone yang sudah termasuk senior ini dibekali chip A13 Bionic. Chipset yang memiliki sistem dasar ARM 64 bit ini dilengkapi dengan 6 inti prosesor alias hexa-core yang terdiri dari 2 core performa Lightning 2,65 GHz plus 4 core efisiensi Thunder 1,8 GHz. Di dalam chipsetnya juga terdapat Apple GPU 4 core untuk menunjang performa grafisnya.

Kemudian chipsetnya juga memiliki 8 core Neural Engine memiliki 8,5 miliar transistor yang dibangun dalam fabrikasi 7nm.

Chipsetnya juga didukung memori yang cukup besar dengan RAM 4 GB dan memiliki beberapa pilihan memori internal yakni 64 GB atau 128 GB yang menganut sistem teknologi NVMe.

Dalam pengujian performa yang dilakukan oleh kanal Youtube Ichsan Zulfikar di tahun 2024, ponsel ini masih menawarkan pengalaman yang asik tanpa ada hambatan yang berarti. Saat dipakai untuk memainkan game MLBB, iPhone 11 masih menyuguhkan performa yang halus dan masih sangat layak menemani kamu untuk push rank.

Nah, jika kamu memiliki keinginan untuk membeli iPhone 11 di 2024, kamu masih bisa menjadikan ponsel ini sebagai daily driver kamu. Secara produk Apple memang terkenal memiliki kualitas performa dan daya tahan yang tergolong awet.

Kamera

Hasil Kamera iPhone 11 - Jagofon
Image Source: Sellular.ID

Sektor andalan iPhone secara keseluruhan adalah kemampuan kameranya yang mampu menghasilkan jepretan yang bagus. Termasuk iPhone 11, kameranya memiliki konfigurasi mumpuni yang terdiri dari 2 kamera belakang.

Kamera utamanya memiliki resolusi 12 MP (f/1.8) dengan focal length 26mm dengan sensor berukuran 1/2.55 inchi yang mampu membuat pixel sebesar 1.4µm. Kamera utamanya juga dibekali fitur dual pixel PDAF dan OIS.

Sementara itu di bagian bawahnya terdapat kamera ultrawide dengan konfigurasi 12 MP (f/2.4) fov di 120˚dan memiliki sensor sebesar 1/3.6 inchi. Namun sayangnya kameranya belum dibekali OIS atau EIS. Untuk perekaman video, kamera belakangnya mampu mengahasilkan video dengan kualitas 4K di 24/30/60fps atau 1080p di 30/60/120/240fps.

Sementara itu di sisi depan terdapat kamera selfie dengan resolusi 12 MP (f/2.2) dengan jarak fokus 23mm. Kameranya dilengkapi fitur HDR dan mampu menghasilkan video dengan kualitas 4K di 24/30/60fps atau 1080p di 30/60/120fps dan dilengkapi gyro-EIS

Lanjut ke kualitas foto yang dihasilkan di 2024, kanal YouTube Ichsan Zulfikar mengetes kamera iPhone 11 dan mendapatkan hasil gambar sebagai berikut.

Hasil Kamera Utama iPhone 11 - Jagofon
Hasil Kamera Utama iPhone 11 | Source: YouTube/Ichsan Zulfikar
Hasil Kamera Ultrawide iPhone 11 - Jagofon
Hasil Kamera Ultrawide iPhone 11 | Source: YouTube/Ichsan Zulfikar
Hasil Kamera Utama Portrait iPhone 11 - Jagofon
Hasil Kamera Utama Portrait iPhone 11 | Source: YouTube/Ichsan Zulfikar
Hasil Kamera Selfie iPhone 11 - Jagofon
Hasil Kamera Selfie iPhone 11 | Source: YouTube/Ichsan Zulfikar

Nah, menilai dari hasil jepretan kamera iPhone 11 di atas, kualitas yang dihasilkan memang masih sangat layak kamu banggakan di tahun 2024. Memang banyak fitur tambahan yang disematkan pada iPhone penerusnya seperti iPhone 12, 13, 14, dan 15, namun jika kamu teliti, sektor kamera iPhone tidak banyak yang diotak-atik, jadi hasilnya pun pasti tidak jomplang antar seri nya.

Baterai

iPhone 11 Jagofon
Iamge Source: Poskota

iPhone 11 ditenagai baterai dengan kapasitas 3,110 mAh. Kapasitas yang tergolong kecil di era ponsel pintar sekarang ini apakah mampu menemani kamu seharian secara optimal?

Merunut hasil tes yang dilakukan oleh GSMArena, iPhone 11 meraih skor endurance rating 94 jam. Hasilnya ponsel ini mampu meng-handle panggilan telepon selama 17 jam 45 menit, kemudian 15 jam 29 menit untuk searching di internet, dan 18 jam 43 menit untuk memutar video secara offline.

Dari hasil di atas bisa disimpulkan bahwa dengan pemakaian yang wajar, kamu hanya butuh satu kali charge saja untuk memakai iPhone 11 seharian.

Pasalnya saat kamu beli iPhone bekas, kapasitas battery helath nya kemungkinan sudah tidak prima, alias sudah tidak 100% lagi. Kanal Youtube Upwards. melakukan tes dengan menggunakan iPhone 11 seharian sambil menemaninya beraktivitas. Hasilnya ponsel ini mampu bertahan dari mulai bangun tidur sampai dengan pukul 8.30 dan menyisakan daya baterai sebanyak 10%.

Intinya iPhone 11 masih bisa diandalkan jika kamu memakainya hanya dalam penggunaan yang wajar di tahun 2024. Namun jika kamu memang aktif bermain game mobile, kamu mungkin harus mengisi ulang ponsel ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam satu hari.

Sementara itu, untuk pengisian dayanya, ponsel ini sudah mendukung fitur fast charging 18W dan sudah didukung pengisian daya nirkabel. Untuk durasi pengisian daya baterainya, ponsel ini mampu mengisi daya sebanyak 55% pada 30 menit pertama.

Konektivitas

iPhone 11系列將退場外媒:iPhone 14發布後停產| ETtoday3C家電新聞| ETtoday新聞雲
Image Source: ETtoday

Sayangnya, iPhone 11 belum mendukung jaringan 5G. Jaringan yang tersedia di ponsel ini mentok pada LTE yang sebenarnya sampai saat ini masih umum digunakan di Indonesia. Sinyal 5G sendiri sebenarnya belum merata jangkauannya dan hal ini tidak menjadi masalah yang serius.

Kemudian ponsel ini juga didukung Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, dan hotspot, serta memiliki konektivitas Bluetooth 5.0. Sensor NFC juga tersedia dan ponsel in masih menggunakan port Lightning USB 2.0. Selain itu ponsel ini dilengkapi oleh sensor Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, dan memiliki fitur Ultra Wideband (UWB).

Nah, buat kamu yang tidak masalah dengan jangkauan jaringan sinyal yang belum 5G namun mementingkan harga yang terjangkau tapi memiliki performa yang kuat, iPhone 11 menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk kamu beli di tahun 2024.

Baca juga: Inilah Lineup iPhone 11 Dengan Harga Bekas Tahun 2023

Cek iPhone 11 di Jagofon!

iPhone 11 dengan segala kelebihan dan kekurangannya masih banyak yang mencari. Dengan harga jual iPhone 11 yang sekarang di kisaran 5 jutaan, kamu sudah bisa mendapatkan HP berkelas dengan harga yang lebih ekonomis. Apalagi belinya di Jagofon, banyak diskon dan flah sale yang pastinya harganya akan menjadi lebih murah.

Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik.

Beli HP bekas di Jagofon seperti beli HP baru, karena HP punya jaminan garansi mesin 1-6 bulan. Cukup checkout HP impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa!