Tes Kelayakan Samsung Galaxy S21 di Maret 2024

Samsung S21

Pada perhelatan Samsung Galaxy Unpacked di 14 Januari 2021, brand terkemuka asal Korea Selatan ini meluncurkan model Samsung Galaxy S21 dalam jajaran seri S21 nya ke pasar Indonesia.

Ponsel flagship paling basic dari jajaran nya ini memiliki ukuran yang paling mungil dan paling compact. Namun walaupun memiliki ukuran yang paling kecil dan memiliki status anak paling bungsu diatara jajarannya, ponsel ini tetap memiliki takhta HP flagship dengan segudang kelebihannya.

Namun dengan kelebihannya tersebut, apakah Samsung Galaxy S21 5G masih layak dan bisa mengangkat performa dalam menjalankan aplikasi-aplikasi berat di tahun 2024? Untuk tahu jawabannya, yuk kita simak tes kelayakan Samsung Galaxy S21 di Maret 2024 berikut.

Baca juga: Samsung Galaxy S21 Ultra 5G: Spesifikasi Paling Lengkap

Performa

Image Source: Samsung

Ponsel mungil dengan ukuran layar 6,2 inchi ini tidak bisa kamu pandang sebelah mata dalam hal performanya. Samsung Galaxy S21 ditenagai chipset ngebut Exynos 2100 di seluruh dunia (termasuk Indonesia), terkecuali di Amerika yang menggunakan chipset Snapdragon 888.

SoC Exynos 2100 sendiri memiliki konfigurasi apik dengan menyematkan CPU dengan 8 inti alias octa-core yang terdiri dari 1 inti prima Cortex-X1 2.9 GHz, 3 inti performa Cortex-A78 2.80 GHz, dan 4 inti efisiensi daya Cortex-A55 2.2 GHz. Di sisi lain ponsel ini didukung GPU Mali-G78 MP14 yang berfungsi mengerjakan proses visualisasi 3D dan grafis nya.

Untuk mempercepat pemrosesan datanya dan mempermulus sektor multitaskingnya, ponsel ini dibekali memori yang besar di 8 GB pada RAM dan pilihan memori internal di 128 GB dan 256 GB yang menganut teknologi UFS 3.1.

Untuk mengukur performa yang dihasilkan Galaxy S21, beberapa tes dilakukan terhadap ponsel ini dan sebagian besar menghasilkan skor yang bagus. Dimulai dari pengetesan kekuatan prosesornya, melalui tes yang dilakukan oleh Mighty Gadget yang menggunakan aplikasi GeekBench 5, Samsung S21 meraih skor 1079 untuk single-core dan 3381 untuk multi-core nya.

Sementara itu pada pengetesan performa melalui aplikasi AnTuTu v8 yang dilakukan oleh GSMArena, Samsung S21 meraih skor mengagumkan di 584.055. Skor ini juga mampu melampaui pendahulunya, Samsung S20 sekaligus mengalahkan performa iPhone 12 yang saat itu berstatus sebagai rival abadi dari Samsung.

Kanal Youtube George Lock mencoba menggunakan Galaxy S21 di tahun 2024 dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Pasalnya saat ponsel ini dicoba untuk memainkan game kekinian yang berat seperti Asphalt 9, CoD MW, dan mampu menjalankan game sekelas Resident Evil Village dengan masih sangat mulus di settingan grafis tinggi.

Jika kamu masih mempertanyakan kemampuan multitaskingnya, ponsel ini masih sangat lancar dan smooth ketika berpindah aplikasi atau menjalankan beberapa aplikasi dalam satu layar. Terima kasih juga pada layarnya yang sudah mendukung refresh rate tinggi di 120 Hz.

Buat kamu yang memang sudah menabung dan ingin memiliki Samsung Galaxy S21 di tahun 2024, kamu bisa cek website Jagofon. Di sana kamu bisa mendapatkan HP bekas rasa baru dengan harga yang lebih terjangkau. Yuk buruan cek!

Kamera

Image Source: Samsung

Samsung Galaxy S21 hadir dengan menyuguhkan 3 kamera belakang yang memiliki konfigurasi yang apik. Dengan menyediakan kamera utama berkekuatan 12 MP (f/1.8) yang memiliki fitur dual pixel PDAF dan OIS, gambar yang dihasilkan dijamin memiliki kualitas yang baik.

Selain itu, ponsel ini juga dibekali kamera dengan lensa ultrawide 12 MP (f/2.2), yang memiliki fov sampai dengan 120˚ serta memiliki fitur Super Steady video. Terakhir ada kamera khas dari Samsung, yakni lensa telefoto 64 MP (f/2.0) yang didukung fitur PDAF, OIS, dan memiliki kemampuan 1.1x optical zoom dan 3x hybrid zoom.

Di sisi depan, ada kamera selfie yang memiliki konfigurasi 10 MP (f/2.2) dengan focal length 26mm dan dilengkapi fitur dual pixel PDAF, Dual video call, dan Auto-HDR.

Untuk perekaman videonya, kamera utamanya mampu merekan video sampai dengan resolusi 8K pada 24fps, 4K pada 30/60fps, 1080p pada 30/60/240fps, atau 720p pada 960fps serta sudah didukung HDR10+, perekaman dengan suara stereo, serta sudah dilengkapi fitur gyro-EIS. Untuk kamera depannya mampu merekan video dengan kualitas 4K pada 30/60fps atau 1080p pada 30fps.

Nah, apakah di tahun 2024 ini kamera Galaxy S21 masih bisa menghasilkan kualitas yang bagus? Atau apakah ada penurunan kualitas setelah dipakai selama kurang lebih 3 tahun? Oleh karena itu yuk kita coba lihat beberapa contoh hasil jepretan kameranya yang di ambil di tahun 2024 ini.

Berikut contoh hasil jepretan kamera Samsung Galaxy S21 di tahun 2024.

Hasil Kamera Utama Samsung Galaxy S21
Hasil Kamera Utama | Source: Youtube/George Lock
Hasil Kamera Utama 3x zoom Samsung Galaxy S21
Hasil Kamera Telefoto | Source: Youtube/George Lock
Hasil Kamera Ultrawide Samsung Galaxy S21
Hasil Kamera Ultrawide | Source: Youtube/George Lock

Melihat hasil yang dibagikan oleh kanal Youtube George Lock, Galaxy S21 masih menyuguhkan hasil kamera yang sangat layak di tahun 2024. Hasilnya tak jauh berbeda dengan ponsel keluaran baru yang mampu menghasilkan detail yang tajam dan rentang dinamis yang tinggi. Tingkatan noise nya juga sangat minim dan memiliki warna khas Samsung yang bright namun tidak berlebihan.

Baterai

Image Source: Samsung

Samsung Galaxy S21 ditenagai oleh baterai berkapasitas 4000 mAh. Kapasitas yang tergolong kecil ini apakah bisa membuat HP flagship ini bertahan seharian?

Mengingat kapasitasnya sama dengan model pada seri sebelumnya, Samsung S20 yang memiliki baterai yang boros, diharapkan hasilnya akan berbeda dengan S21. Dengan dukungan chipset yang baru dan kemampuan panel Dynamic AMOLED 2X yang mampu menyesuaikan refresh rate, ponsel ini menghasilkan daya tahan baterai lebih baik dari pendahulunya.

Sebuah tes dari GSMArena menghasilkan endurance rating sebesar 93 jam untuk Samsung Galaxy S21 5G. Dari gambaran rating tersebut, ponsel ini mampu bertahan selama 27 jam 30 menit saat digunakan untuk menelepon, kemudian untuk bermain internet ponsel ini mampu bertahan selama 10 jam 57 menit, lalu untuk menonton video ponsel ini mampu bertahan selama 15 jam 10 menit.

Sementara itu untuk mendukung pengisian daya cepatnya, Samsung dibekali teknologi Super Fast Charging 25W. Yah, walaupun Samsung masih keukeuh dengan menyematkan daya yang segitu-gitu saja, chargernya ini masih mampu mengisi ponsel ini dari kosong hingga penuh dalam kurun waktu 1 jam 25 menit.

Untuk pemakaian sehari-hari di tahun 2024 ini, Samsung S21 bisa saja menemani kamu seharian untuk pemakaian yang wajar. Jika kamu seorang yang selalu menghabiskan waktu untuk bermain game, ponsel ini dirasa kurang maksimal. Pasalnya menurut pengetesan yang dilakukan oleh kanal Youtube George Lock, ponsel ini mampu bertahan sekitar 6 jam ketika dipakai secara intense.

Konektivitas

Image Source: Samsung

Konektivitas yang disediakan Samsung S21 5G tergolong lengkap. Secara kelas HP flagship pasti memiliki konektivitas yang lengkap, yaitu meliputi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0, GPS, GLONASS, BDS, GALILEO untuk memberikan akurasi tingkat tinggi saat mencari suatu lokasi, dan sudah dilengkapi fitur NFC yang berguna bagi masyarakat perkotaan.

Sementara itu, untuk sensornya, ponsel ini juga sudah didukung fingerprint (di bawah layar, ultrasonic), accelerometer, gyro, proximity, compass, dan barometer. Serta tersedianya fitur exclusive berupa Samsung DeX yang bisa memindahkan layar ke desktop sehingga bisa menyuguhkan kualitas gambar yang lebih besar.

Jika kamu berniat beli Samsung S21 di tahun 2024, kamu akan sangat dimanjakan dengan fitur yang lengkap dengan performa yang apik. Ditambah lagi harga Samsung S21 yang sekarang sudah turun di Jagofon, kamu ga akan merasa rugi setelah membelinya!

Baca juga: Masih Layak? Cek Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S21 Ultra!

Cek Samsung Galaxy S21 di Jagofon!

Memiliki performa di atas rata-rata, layar adaptif dengan refresh rate 120Hz, dan dibekali kualitas kamera yang baik sudah cukup menjadi alasan Jagoans untuk mengantongi mantan HP flagship ini. Walaupun umurnya sudah 3 tahun, terbukti Samsung Galaxy S21 5G masih sangat layak untuk kamu miliki.

Jika kamu sudah memantapkan niat untuk beli Samsung S21, yuk langsung cek katalog Jagofon di websitenya. Jagofon sebagai spesialis HP bekas menyediakan berbagai jenis HP impianmu. Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 bulan loh! Hati-hati jika di luar sana ada HP yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original.