Product

Tes Kelayakan Samsung Galaxy S22 di April 2024

Samsung Galaxy S22 hadir pada Bulan Februari 2022 sebagai penerus dari Galaxy S21. HP flagship pada masanya ini tentu dibekali dengan fitur dan spesifikasi yang lebih mutakhir dari seri sebelumnya. Beberapa peningkatan yang ditujukan pada fitur kamera dan performa chipset yang ditingkatkan adalah menjadi fokus pengembangan untuk Samsung S22.

Setelah kurang lebih 2 tahun lamanya, apakah Samsung S22 masih layak kamu andalkan di tahun 2024? Mengingat harga Samsung S22 yang masih tinggi, apakah ada fitur yang sudah tidak relevan untuk dipakai tahun ini?

Oleh karena itu, mari kita simak tes kelayakan Samsung Galaxy S22 di April 2024 berikut yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membelinya tahun ini.

Baca juga: Tes Kelayakan Samsung Galaxy S22+ di Maret 2024

Performa

Jual Samsung S22 - Jagofon
Image Source: Samsung

Sebagai HP yang memiliki status flagship, tentu performa kencang adalah salah satu parameter yang harus diwujudkan. Oleh karena itu, Samsung S22 dibekali chipset gahar Snapdragon 8 Gen 1. Berkat chipset berukuran 4nm dengan komposisi CPU octa-core, GPU Adreno 730, modem 5G yang mutakhir, dan komponen lainnya membuat ponsel ini stand-out dari para kompetitor lain.

Prosesor nya yang kencang mendapat dukungan memori yang lega dan ngebut. Memiliki RAM 8 GB LPDDR5 dan penyimpanan 128 GB atau 256 GB dengan teknologi UFS 3.1 memberikan pengalaman membaca dan menulis data dengan cepat. Memberikan kesempatan kamu mencicipi performa multitasking yang apik.

George Lock, sebuah kanal YouTube mencoba memakai Samsung S22 di tahun 2024 dan mengetes performanya dengan memainkan beberapa aplikasi game. Hasilnya pada saat memainkan game Asphalt 9, ponsel ini masih bisa memberikan pengalaman bermain dengan sangat lancar di settingn grafis tinggi. Menurutnya, tidak ada perbedaan yang signifikan terkait performa selama ini.

Jika kamu merencanakan untuk beli Galaxy S22 tahun ini untuk aktif bermain game, kamu tak akan kecewa dengan performa yang dihasilkan. Apalagi hanya memainkan game sekelas MLBB, dijamin akan memberikan pengalaman rata kanan paling memuaskan.

Kamera

Jual HP Samsung Galaxy S22 Bekas 2024 - Jagofon
Image Source: Samsung

Salah satu yang menjadi fokus pengembangan Samsung S22 adalah sektor kamera. Dengan beberapa fitur dan spesifikasi baru, Galaxy S22 seakan bertransformasi menjadi alat fotografi yang bisa diandalkan di berbagai medan dan situasi termasuk di dalam air bersih karena ponsel ini sudah memiliki sertifikat IP68.

Samsung Galaxy S22 dibekali triple camera 50 MP (wide, OIS) + 10 MP (telefoto, OIS) + 12 MP (120° ultrawide). Lalu di sisi depannya terdapat kamera selfie 10 MP (wide).

Salah satu peningkatan pada kamera utamanya adalah dengan membekali sensor ISOCELL GN5 berukuran 1/1,56 inci yang 23% lebih besar dari model S21. Hal ini mengindikasikan bahwa kemampuan kamera utamanya bisa menangkap cahaya lebih baik dari seri pendahulunya.

Oleh karena itu Samsung S22 dengan bangga bisa menghadirkan detail dengan baik untuk kebutuhan fotografi pada malam hari yang memiliki julukan Nightography.

Auto Framing, sebuah fitur yang berguna saat melakukan perekaman video bisa fokus ke dalam satu objek sehingga fokus akan terjaga secara otomatis walau objek tersebut melakukan beberapa gerakan.

Nah, apakah di tahun 2024 kameranya masih bisa mendukung kebutuhan fotografi dan videografi kamu? Berikut beberapa contoh gambar dari kamera Samsung S22.

Tes Kelayakan Samsung Galaxy S22 di April 2024 - Jagofon
Kamera Utama Samsung S22 | Source: YouTube/George Lock
Tes Kelayakan Samsung Galaxy S22 di April 2024 - Jagofon
Kamera Utama Samsung S22 Zoom 3x | Source: YouTube/George Lock
Tes Kelayakan Samsung Galaxy S22 di April 2024 - Jagofon
Kamera Ultrawide Samsung S22 | Source: YouTube/George Lock

Seperti yang dilihat, hasil kamera Samsung S22 sangat tajam, menyuguhkan detail yang baik dan memiliki dynamic range yang tinggi. Sehingga hasilnya juga bisa dinikmati di layar Dynamic AMOLED 2X dengan refresh rate 120Hz Galaxy S22 yang immersive.

Jika ditanya masih layak atau tidak mengandalkan kamera Samsung S22 di tahun 2024, jawabannya adalah masih sangat layak. Apalagi kemampuan merekam videonya sangat cocok untuk para content creator yang mampu menyuguhkan kualitas video maksimum 8K@24fps untuk kamera utama dan 4K@30/60fps untuk kamera selfienya.

Baterai

Tes Kelayakan Samsung Galaxy S22 di April 2024 - Jagofon
Image Source: Samsung

Kapasitas baterai Samsung S22 sebesar 3700 mAh yang mengalami penurunan dari seri sebelumnya sebanyak 300 mAh. Ukuran yang lebih compact pada dimensi bodi 146 x 70,6 x 7,6 mm mungkin menjadi salah satu penyebabnya.

Dampaknya adalah performa daya tahan baterainya tidak lebih baik dari seri pendahulunya. Beberapa ahli mengungkapkan faktor yang mempengaruhi daya tahan baterai bukan hanya besaran kapasitasnya, namun chipset dengan manajemen daya yang bagus bisa mempengaruhi daya tahan baterai itu sendiri. Tapi hal ini tidak berlaku pada Samsung S22.

Kendati memiliki daya tahan baterai yang kurang mumpuni, ponsel ini dibekali teknologi pengisian daya cepat 25W. Dengan daya sebesar itu, ponsel ini mampu mengisi daya baterai dari habis total sampai penuh selama 75 menit. Ponsel ini juga didukung pengisian daya nirkabel alias wireless charging 15W dengan standar Qi/PMA, serta mampu melakukan reverse wireless 4,5W.

Di tahun 2024 ini kanal YouTube Ho Young Won menguji baterai Samsung S22 dan mengujinya dalam pemakaian sehari-hari.

Hasilnya, Ho Young Won mendapati bahwa ponsel ini memiliki SoT alias screen on time 3 sampai 3,5 jam yang mana jika kamu memakainya secara wajar, ponsel ini akan bertahan seharian dan hanya butuh men-charge 1 kali dalam satu hari. Nah, jika kamu memakainya dengan sangat aktif, kamu harus mengisi ulang dayanya bisa sampai 2 kali dalam satu hari.

Konektivitas

Tes Kelayakan Samsung Galaxy S22 di April 2024 - Jagofon
Image Source: Samsung

Tak mungkin sebuah kasta HP flagship tidak memiliki konektivitas yang lengkap. Terima kasih kepada chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang menyematkan modem 5G di dalam nya sehingga ponsel ini sudah mendukung jaringan 5G.

Untuk mendukung kebutuhan kamu berinternet dengan lebih cepat, tersedia Wi-Fi 6 dengan kecepatan yang luar biasa. Ponsel ini juga sudah dilengkapi NFC, Bluetooth versi 5.2 dengan core anyar, serta disematkan port USB Type-C untuk transfer data dan daya lebih kencang.

Fitur Samsung DeX dan Samsung Wireless DeX dipastikan ada dalam ponsel ini untuk menunjang produktivitas kamu. Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, dan sensor fingerprint di bawah layar dengan kemampuan ultrasonic turut hadir untuk melengkapi sektor keamanan pada ponsel ini.

Kelengkapan konektivitas dan jaringan 5G masih sangat relevan dan masih bisa dipakai untuk jangka waktu yang lumayan panjang. Jadi kalau kamu beli Samsung S22 di tahun 2024, ponsel ini masih bisa kamu andalkan ya Jagoans!

Baca juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra!

Cek Samsung Galaxy S22 di Jagofon!

Memiliki segudang fitur dan spesifikasi mumpuni dalam HP yang termasuk mungil adalah impian bagi beberapa orang. Samsung S22 adalah jawaban bagi Samsung fanboy yang memiliki preferensi lebih terhadap ponsel mungil.

Fitur kamera yang andal dan dipadukan dengan spesifikasi layar yang mewah menjadikan ponsel ini bisa memanjakan mata kamu dengan sempurna. Tak hanya itu, dukungan chipset ala Snapdragon menyuguhkan performa unggul dan menyediakan konektivitas kencang untuk menunjang produktivitas sekaligus hiburan kamu.

Jangan ragu lagi deh untuk beli Samsung Galaxy S22 di tahun 2024 ini. Secara harga Samsung S22 sudah turun dan affordable di kisaran Rp. 7-8 jutaan di Jagofon. Yuk buruan cek webite Jagofon untuk melihat penawaran menarik lainnya!

Jagofon sebagai spesialis HP bekas menyediakan berbagai jenis gadget/HP impianmu. Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik.

Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 bulan loh! Cukup checkout HP impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa!