JagoHacks

Tips HP Awet Baterai

Punya HP berkapasitas baterai jumbo kok terasa boros ya. Baterai HP memang komponen yang penting untuk menunjang pengalaman kamu menggunakan HP. Jika kamu tidak bisa merawatnya, kualitas baterai akan menurun seiring waktu. Hal ini yang bisa membuat konsumsi daya baterai tidak se-prima pada saat beli HP baru.

Hal ini tentu saja sedikit mengganggu, apalagi aktivitas kamu yang lebih sering di ruangan, atau kamu sedang dalam sebuah perjalanan. Jika HP boros baterai, kamu akan kerepotan untuk mengisi ulang HP kamu.

Nah, untuk memperpanjang daya baterai dan mempertahankan kualitas baterai agar tidak boros, ada beberapa cara agar baterai HP awet. Penasaran? yuk kita simak beberapa tips HP awet baterai berikut ini.

Matikan Layar Always-On

Image Source: Tabloid Pulas

Salah satu penyumbang besarnya daya baterai yang terpakai adalah aktivitas yang ada pada layar. Salah satunya adalah ketika kamu menghidupkan fitur Always-On Display. Tentu saja hal ini akan menguras baterai walaupun daya yang dikuras tidak banyak, sekitar 1,5% per jam. Kamu bisa mematikan fitur ini untuk menghemat baterai apalagi kamu dalam suatu perjalanan.

Adapun cara agar baterai HP awet adalah dengan mematikan layar Always-on. Caranya dengan pergi ke Settings, kemudian ketuk bagian Display, kemudian matikan Always-on Display dengan mengetuk toogle on/off.

Gunakan Mode Hemat Daya

Image Source: Samsung

Jika kamu sedang dalam perjalanan dan sedang tidak menggunakan HP, kamu bisa mengaktifkan mode hemat daya. Mode ini memungkinkan HP kamu menurunkan semua proses yang berpotensi menggunakan daya yang berlebih.

Adapun fungsi yang diturunkan kemampuannya adalah tingkat kecerahan layar, beberapa notifikasi tidak akan masuk, refresh rate akan diturunkan, beberapa efek visual dan motion akan diturunkan kualitasnya, proses di belakang layar akan dihentikan, dan sebagainya.

Dengan mengaktifkan fitur ini kamu akan menghemat baterai kamu secara signifikan. Namun jika kamu sesekali ingin menggunakan HP nya kembali, kamu bisa mematikan mode ini.

Jika di HP bisa mode hemat daya, di Jagofon kamu bisa hemat budget loh. Kamu bisa mendapatkan HP bekas berkualitas tanpa harus was-was kena zonk. Karena semua produknya 100% original dan tidak ada part yang diganti atau refurbished. Semua sinyal lokal pasti support dan pasti IMEI nya juga dijamin terdaftar.

Baca juga: Ini Cara Mengatasi Video WA Tidak Tersimpan di Galeri HP

Kurangi Kecerahan Layar HP

Image Source: Tekno Kompas

Terkadang kamu tidak sadar menggunakan tingkat kecerahan tinggi untuk HP kamu. Hal ini sangat berpengaruh dalam terkurasnya daya baterai HP. Kamu harus memastikan menggunakan tingkat kecerahan yang pas di situasi yang berbeda.

Hal yang perlu dihindari juga adalah mengaktifkan auto-brightness. Mode ini memang cara yang praktis untuk menyesuaikan kecerahan secara otomatis, namun terkadang kecerahannya masih terlalu tinggi padahal sedang di dalam ruangan.

Untuk mendapatkan masa depan yang cerah, kamu bisa berkontribusi membantu lingkungan mengurangi limbah elektronik dengan memakai HP bekas. Disinilah Jagofon hadir dengan menawarkan HP bekas dengan performa berkelas. Dengan beli HP bekas di Jagofon, kamu dipastikan berperan langsung menjaga kelestarian alam demi masa depan yang cerah.

Gunakan Mode Gelap

Iamge Source: suara.com

Selain memberi kesan aesthetic pada tampilan HP kamu, mode gelap memiliki fungsi agar baterai HP awet. Mode ini juga menjaga mata kamu agar tidak cepat letih ketika memandangnya.

Selain itu mode gelap dipercaya bisa mengurangi kemungkinan mengalami migrain, mengurangi tegangan mata kamu, dan bisa meningkatkan kualitas tidur kamu. Karena sifatnya yang tidak memberikan kontras yang kuat dibandingkan mode cerah.

Untuk HP dengan layar AMOLED, mode gelap sangat membantu dalam mengurangi pemakaian daya baterai, sementara HP dengan panel LCD tidak begitu signifikan, namun masih bisa jadi alternatif agar baterai HP awet.

Pakai Mode Senyap

Image Source:Yesdok

Mode senyap cukup membantu menghemat daya agar baterai HP awet. Disamping bisa mengemat baterai, dengan mode senyap ditambah mematikan mode getar kamu juga akan terhindar dari suara notifikasi yang kadang mengganggu.

Ketika kamu mengaktifkan mode senyap, secara otomatis semua pemberitahuan yang masuk tidak akan mengeluarkan suara. Hal ini berakibat ketika ada pemberitahuan penting yang masuk, akan terlewat dari perhatian kamu.

Jika kamu ingin mengatur pemberitahuan mana saja yang masuk dengan nada dan pemberitahuan mana saja yang masuk secara senyap, kamu bisa mengaturnya secara manual. Caranya mudah, kamu hanya perlu pergi ke Settings, kemudian pilih Apps, kemudian kamu pilih aplikasi mana saja yang ingin kamu atur pemberitahuannya, kemudian pilih Silent.

Pakai Charger Original

Image Source: Eraspace

Nah, sekarang beralih ke cara agar baterai HP awet dan menjaga kualitasnya agar tetap prima. Hal yang standar adalah dengan menggunakan adaptor dan kabel asli. Dengan menggunakan adaptor dan kabel asli, daya yang masuk akan sesuai dengan ketentuan yang sudah diterapkan. Hal ini akan menghindari arus yang berlebih sehingga bisa menekan kemungkinan baterai akan rusak.

Walaupun sekarang banyak produsen HP tidak menyertakan adaptor ke dalam satu paket pembelian, kamu wajib menggunakan adaptor original guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, jika kamu belanja HP second di Jagofon, kamu akan mendapatkan keuntungan berupa full aksesoris sesuai box baru. Kamu juga akan mendapatkan 30 hari garansi mesin gratis ditambah 6 Bulan garansi dengan biaya terjangkau. Beli HP second di Jagofon emang ga ada ruginya, Jagoans!

Jangan Main HP Ketika Charging

Image Source: Ruangan Info

Cara agar baterai HP awet dan memiliki umur panjang adalah dengan tidak memainkannya ketika charging. Jagoans pasti tidak tahan ketika asyik push-rank tiba-tiba mendapat pemberitahuan low-batt. Alhasil kamu mengisi daya sambil memainkan HP kamu. Hal ini sebisa memungkin dihindari agar HP kamu awet ya Jagoans.

Memakai HP ketika charging adalah cara ampuh memendekkan umur baterai HP kamu. Ketika kamu mengisi daya sambil memainkannya, proses pengisian daya akan terhambat dan akan memakan waktu lama. Terlebih HP kamu akan mengeluarkan panas yang berlebih alias overheat yang bisa menyebabkan performa HP kamu tersendat alias stuttering.

Jika hal ini dilakukan terus-menerus, wajar jika kemudian hari baterai HP kamu akan terasa boros dan berujung mengganti baterai dengan yang baru. Sebesar apapun kapasitas baterai HP kamu, jika baterainya sudah tidak sehat kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Baca juga: Tips Mengisi Baterai HP Agar Lebih Cepat Penuh

Kesimpulan

Merawat baterai dengan baik merupakan salah satu hal yang bisa menjadi investasi sendiri untuk Jagoans. Jika kamu memakai HP dengan sembarangan, bisa mengakibatkan baterai tidak awet.

Jika kamu beli HP bekas di Jagofon, kamu akan mendapat produk dengan jaminan 100% berfungsi karena sudah lolos tes 90+ titik fungsi dan kamu akan mendapatkan laporannya, termasuk kapasitas battery health nya.

Kemudian kamu juga akan mendapatkan garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Hati-hati jika diluar sana ada HP yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original.