Tips Jitu Merawat iPhone Second, Jaminan Awet Bertahun-Tahun!

Saat membeli iPhone second, pasti kondisinya tak se-prima beli iPhone baru. Oleh karena itu agar iPhone kamu awet, kamu harus tahu beberapa tips jitu merawat iPhone second dengan jaminan awet bertahun-tahun!

Tak bisa dipungkiri bahwasanya saat beli iPhone second, masa pakainya tak akan sepanjang beli HP baru. Terlebih jika pemakaiannya yang jorok sehingga bisa mempercepat terjadi kerusakan pada komponen dalamnya.

Sejatinya, masa pakai iPhone memiliki umur yang panjang. Hal ini sudah dijamin oleh perusahaan Apple dengan menggaransi pembaruan piranti lunak sampai 6 tahun sejak pertama kali beli iPhone baru. Hal ini membuktikan bahwa mereka memprediksi pemakaian iPhone akan sangat awet jika kamu bisa merawatnya dengan baik.

Nah, untuk merawatnya dengan baik, kamu bisa simak tips jitu merawat iPhone second di bawah dengan jaminan awet bertahun-tahun!

Baca juga: Biar iPhone Hemat Baterai WAJIB Cek Tips Ini!

Hindari Menggunakan iPhone Second Sambil Nge-Charge

Tips Jitu Merawat iPhone Second, Jaminan Awet Bertahun-Tahun! | Jagofon
Image Source: Quora

Menggunakan iPhone sambil nge-charge bisa membuat iPhone kamu bekerja dengan sangat berat. Pasalnya saat iPhone kamu mengisi ulang daya, temperatur baterai akan mengalami peningkatan karena adanya arus listrik yang masuk ke dalam baterai iPhone kamu.

Jika disaat bersamaan kamu menggunakan iPhone membuka aplikasi berat seperti bermain game, jangan salahkan kalau battery health iPhone kamu akan cepat drop. Hal ini juga bisa memicu kerusakan pada komponen lain jika temperaturnya sudah melewati batas normal.

Hindari Pemakaian iPhone Second Sampai Terlalu Panas

Tips Jitu Merawat iPhone Second, Jaminan Awet Bertahun-Tahun! | Jagofon
Iamge Source: Teknologi.id

Mirip seperti kasus di atas, jika kamu menggunakan iPhone terlalu panas walau tidak sambil nge-charge, sebaiknya kamu berhenti sejenak untuk menurunkan temperaturnya terlebih dahulu.

Jika kamu melakukan hal ini berlarut-larut, entah memang kamu sering berada di luar ruangan, atau sangat aktif bermain game, kamu harus mawas diri dan berhenti sejenak ketika iPhone kamu mengalami overheating. Bukan hanya untuk merawat iPhone sendiri, namun hal ini juga baik untuk kesehatan kamu.

Jangan Biarkan Daya Baterai iPhone Second Mati Total

Tips Jitu Merawat iPhone Second, Jaminan Awet Bertahun-Tahun! | Jagofon
Image Source: Appbuntu

Saat asyik menggunakan iPhone 11 second memang terkadang kita melupakan peringatan low battery yang hanya menyisakan 20% atau kurang. Nah saat kamu tak sadar dan membiarkan iPhone second kamu mati, hal ini yang menyebabkan baterai iPhone kamu cepat rusak.

Jadi sebisa mungkin kamu harus mengisi ulang daya baterainya sebelum mati total. Kemudian jika kamu ingin baterainya lebih awet, jangan charge baterainya sampai 100%, namun stop saat kapasitas baterai berada di sekitar 80% ya Jagoans!

Pakai Charger Ori

Tips Jitu Merawat iPhone Second, Jaminan Awet Bertahun-Tahun! | Jagofon
Image Source: Apple

Nah, satu masalah yang sering kamu abaikan adalah pasti sering menggunakan charger KW alias palsu daripada charger asli alias ori. Menggunakan charger tidak resmi bisa mengakibatkan ketidakcocokan arus yang harus masuk ke dalam iPhone second kamu.

Hal ini menjadi pemicu cepatnya baterai iPhone rusak dan bisa merambat ke komponen lainnya jika terjadi korsleting. Maka dari itu usahakan beli charger ori walau harganya cukup bisa menguras jatah jajan kamu ya Jagoans!

Pilih Case iPhone Second yang Memiliki Bahan Berkualitas

Tips Jitu Merawat iPhone Second, Jaminan Awet Bertahun-Tahun! | Jagofon
Image Source: The New York Times

Walau build quality iPhone semakin baik, seperti iPhone 13 yang menggunakan frame aluminium dan iPhone 15 Pro Max yang menggunakan bahan titanium, tak menutup kemungkinan iPhone kamu akan mengalami kerusakan atau lecet saat terbentur benda keras lainnya.

Oleh karena itu, pasti kamu memakaikan iPhone kamu dengan case agar terlindung dari hal tersebut. Namun kamu harus memilih case dengan bahan yang baik. Tak mesti premium, bahan yang menyerap panas dengan baik seperti silikon cukup mampu menyerap panas sehingga bisa menyalurkannya dengan cukup baik.

Bersihkan Port Charger atau Lubang yang Ada pada iPhone

Tips Jitu Merawat iPhone Second, Jaminan Awet Bertahun-Tahun! | Jagofon
Image Source: Blackview Blog

Salah satu hal yang membuat iPhone kamu awet adalah dengan membersihkan port charger atau lubang lain yang ada pada iPhone second kamu. Walau sudah memiliki sertifikat IP68 yang sudah tahan debu, tak ada salahnya membersihkan lubang-lubang yang ada pada iPhone kamu agar lebih awet.

Tak menutup kemungkinan lubang tersumbat oleh partikel-partikel yang sifatnya menempel karena suatu tingkat kelembaban tertentu. Tentu hal ini akan menghambat lajunya fungsi seperti suara, panas, atau kemampuan nge-charge iPhone bekas kamu. Oleh karena itu dengan membersihkannya iPhone kamu akan lebih awet bertahun-tahun.

Hapus Aplikasi yang Tidak Sering Dipakai

Tips Jitu Merawat iPhone Second, Jaminan Awet Bertahun-Tahun! | Jagofon
Image Source: ZDNET

Terlalu banyak App dalam iPhone menyebabkan berkurangnya kapasitas memori dengan cepat. Hal ini mengakibatkan lemotnya iPhone kamu jika kapasitas memori sudah mepet alias hampir penuh.

Jika kamu sering mendapatkan peringatan memori penuh, kinerja iPhone akan terganggu dan terasa lemot, kemudian lama-kelamaan penyimpanan kamu akan rusak dan harus menggantinya dengan yang baru. Alangkah baiknya menghapus aplikasi yang jarang kamu pakai untuk memberikan ruang yang cukup luas dalam memori iPhone kamu.

Bersihkan File Cache secara Berkala

Tips Jitu Merawat iPhone Second, Jaminan Awet Bertahun-Tahun! | Jagofon
Image Source: iDownload

Membersihkan file cache adalah salah satu hal yang bisa membuat iPhone kamu awet bertahun-tahun. Memang tak semudah membersihkan cache pada HP Android, pada iPhone kamu harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menggunakan cara ini. Itu pun tergantung aplikasinya apakah memberikan izin untuk membersihkan cache atau tidak.

Cara lain untuk membersihkan cache pada aplikasi iPhone adalah dengan menghapus dan memasang kembali aplikasi kamu. Namun tak hanya cache, data yang ada pada aplikasi iPhone kamu akan terhapus juga.

Kurangi Aktivitas Multitasking dengan fitur Picture-in-Picture (PiP)

Tips Jitu Merawat iPhone Second, Jaminan Awet Bertahun-Tahun! | Jagofon
Image Source: iDrop News

Menjalankan beberapa aplikasi dalam satu layar memang bisa membuat aktivitas multitasking lebih efektif. Fitur Picture-in-Picture alias PiP pada iPhone menjadi pilihan menarik buat kamu yang gemar melakukan aktivitas multitasking.

namun dampak yang ditimbulkan adalah bertambahnya beban kinerja dan meningkatnya suhu secara cepat yang mengakibatkan iPhone kamu cepat panas. Hal ini sebisanya dihindari dalam jangka waktu panjang karena bisa berakibat rusaknya komponen yang ada dalam iPhone kamu.

Update iOS Ketika Sudah Tersedia

Tips Jitu Merawat iPhone Second, Jaminan Awet Bertahun-Tahun! | Jagofon
Image Source: Apple

Nah, untuk memaksimalkan kinerja agar tidak lemot dan awet bertahun-tahun, jika iPhone second kamu memiliki update, disarankan melakukan update tersebut ke versi yang lebih baru.

Dengan melakukan update iOS, hampir dipastikan ada fitur yang membuat jalannya aplikasi lebih ringan, sehingga bisa memberikan kinerja maksimal, menghemat baterai, dan dalam jangka panjang bisa membuat iPhone kamu awet bertahun-tahun.

Baca juga: Pengen Update? Simak Fitur Terbaru iOS 17 Besutan Apple

Cek iPhone Second Jaminan Awet di Jagofon!

Beli iPhone second memang merupakan pilihan yang bijak buat kamu yang ingin mengganti iPhone lawas kamu. Buat kamu yang baru saja beli iPhone second di Jagofon atau berencana membelinya, bisa simak beberapa tips di atas agar iPhone kamu awet sampai hari tua.

Temukan model iPhone sesuai selera kamu di Jagofon! Tak hanya menyediakan iPhone bekas berkualitas, Jagofon menjamin kinerjanya dijamin masih awet sampai beberapa tahun kedepan karena sudah lolos uji fungsi dan kelayakan di 90+ titik!

Tak hanya itu, Jagofon menjamin garansi selama sampai dengan 6 Bulan dengan garansi uang kembali selam 7 hari sejak hari pertama pembelian unit. Kapan lagi beli iPhone bekas rasa beli iPhone baru. Selain unitnya like-new, ada garansinya juga!

Jadi pembeli yang pintar! Kamu bisa dapatkan iPhone bekas yang kualitasnya setara dengan iPhone baru, namun harganya lebih terjangkau!