Tips Membeli iPhone Second? Efektif Biar Nggak Ketipu!

Berikut daftar harga iPhone 11 <abbr title=iPhone 12 iPhone 13 iPhone 14 bulan Juni 2023, makin anjlok - Hops ID" loading="lazy">
Source : Hops.id

Siapa sih yang tidak mengenal iPhone? brand smartphone besutan Apple ini selalu sukses memasarkan produknya di market Indonesia. Tidak hanya versi terbarunya yang digemari masyarakat, versi second-nya pun masih banyak diminati karena harganya yang miring.

Namun, sebelum membeli iPhone bekas, ada baiknya Jagoans memerhatikan beberapa hal seperti kondisi dan tampilan iPhone, apakah terdapat defect seperti goresan, atau pun hal-hal basic lainnya seperti kondisi sinyal, IMEI, dan juga garansi. Jangan sampai Jagoans tergoda dengan harga miring namun kualitasnya buruk.

Baca juga : 5 iPhone ini Harganya Sudah Murah Untuk Dibeli Tahun 2024, Yuk Intip Sekarang

Nah, kali ini Jagofon akan mengupas tuntas tentang tips membeli iPhone second yang dijamin aman dan terpercaya. Penasaran? Simak artikel berikut ya Jagoans!

Cari Penjual Terpercaya

Apple сократила производство iPhone 14 Plus через две недели после релиза |  РБК Life
Source : rbc.ru

Sebelum melakukan pembelian iPhone second, hal pertama yang kamu harus pastikan adalah penjual atau pun marketplace yang terpercaya. Ciri dari marketplace yang terpercaya yaitu terdapat deskripsi detail dari kondisi dari iPhone bekas tersebut dan biasanya melampirkan foto barang yang dijual.

Kamu juga dapat melihat review dari pembeli lainnya atau pun langsung menghubungi penjual. Salah satu marketplace terpercaya contohnya Jagofon yang menawarkan beragam gadget dan HP second bergaransi.

Jika Jagoans berbelanja iPhone bekas di Jagofon, Jagoans juga akan mendapat produk yang 100% original, karena tidak ada part yang diganti atau refurbished. Selain itu Jagofon juga menyediakan ponsel bekas dengan berbagai macam jenis sinyal, mulai dari Sinyal On sampai IMEI verified.

Cek Kondisi Fisik

Sinyal iPhone Hilang? Coba Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya
Source : Kompas.com

Hal kedua yang tidak kalah penting adalah kondisi fisik dari iPhone second tersebut. Pastikan kamu memeriksa bodi iPhone second tersebut, apakah terdapat goresan, retak, atau pun part yang pecah. Untuk itu disarankan untuk membeli langsung iPhone second di toko fisik atau pun melakukan COD saat transaksi.

Namun, jika kamu tidak memiliki waktu luang untuk berbelanja ke toko fisik dan ingin melakukan pembelian iPhone second, pastikan untuk melakukan transaksi di platfotm marketplace online yang terpercaya, sehingga kamu dapat mengajukan pengembalian apabila iPhone bekas tersebut tidak sesuai dengan deskripsi.

Kamu juga bisa meminta penjual untuk mengirimkan kondisi fisik dari iPhone bekas tersebut melalui video. Selain itu jangan lupa melakukan video unboxing iPhone tersebut sebagai bukti jika harus mengajukan pengembalian.

Pastikan Fungsi Standar iPhone Hidup

Inilah Cara Mengatasi iPhone Hilang Sinyal Mendadak, Jangan Panik!
Source : GRID ID

Tips selanjutnya dalam membeli iPhone second yaitu pastikan iPhone tersebut bisa menyala atau hidup. Selain itu, fungsi standar iPhone, seperti fitur layar sentuh, speaker, mikrofon, dan perekam suara dapat bekerja dengan baik. Jangan lupa untuk mencoba fungsi mikrofon saat melakukan panggilan.

Jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan baterai. Kamu harus memastikan bahwa iPhone second tersebut memiliki battery health yang baik, biasanya ditunjukkan dengan angka 100% sampai 98%.

Untuk melakukan pengecekan baterai tersebut kamu tinggal pergi ke menu pengaturan dan gulir ke bawah sampai menemukan opsi baterai.

Tidak Ada iCloud Nyangkut

Cara Cek iCloud iPhone Kosong/Terkunci atau Tidak | PUKEVA
Source : Pukeva

Jangan tergiur dengan harga iPhone second yang sangat murah dan tidak wajar, karena bisa jadi ponsel tersebut refurbished atau merupakan iPhone curian yang iCloudnya terkunci sehingga dijual dengan harga yang sangat murah.

Pastikan iPhone bekas tersebut tidak memiliki iCloud yang terkunci. iCloud yang terkunci akan menampilkan notifikasi berupa ID Apple terkunci, Lost iPhone atau opsi Activation Lock. Jika iCloud terkunci, iPhone tersebut tidak akan bisa masuk ke menu utama.

Namun, jika iPhone second tersebut memiliki iCloud yang masih login, minta penjual untuk mengeluarkan atau me-logout iCloud tersebut. Hal ini bertujuan agar kamu dapat menggunakan iCloud milikmu sendiri.

Cek Tombol dan Keyboard

Cara Mematikan iPhone, Simak di Sini! - Blibli Friends
Source : Blibli.com

Untuk ponsel layar sentuh seperti iPhone, ada baiknya kamu juga melakukan pengecekan pada tombol dan keyboard. Cek juga untuk tombol kunci/power dan tombol volume. Pastikan tombol tersebut masih berfungsi dengan baik, sehingga aktivitas multimedia dan keamanan kamu tidak terganggu.

Hal ini sebenarnya sederhana, namun sering kali dilupakan oleh pembeli. Padahal keyboard adalah hal yang esensial untuk mengoperasikan sebuah ponsel. Pastikan keyboard dan tombol yang ada pada iPhone bekas tersebut berjalan dengan baik tanpa lagging.

Cek Kamera

Terungkap! Ini Rahasia di Balik Canggihnya Kamera iPhone
Source : IDN Times

Hal penting selanjutnya dalam membeli iPhone bekas adalah mengecek kamera. iPhone memang terkenal dengan fitur kameranya yang canggih dan mumpuni. Sebelum membeli iPhone second, kamu juga harus memastikan kameranya dapat berjalan dengan baik, tanpa kendala seperti buram atau pun hasil gambar yang goyang.

Selain itu, Jagoans juga harus memastikan bahwa kamera iPhone bekas tersebut tidak tertutup lensa, atau pun menampilkan gambar hitam, kabur, atau pun tidak fokus terhadap objek yang dijadikan foto. Cek juga menggunakan tombol down volume untuk mengambil gambar.

Cek Sinyal iPhone

9 Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Layanan, Jangan Panik!
Source : Sindonews

Hal selanjutnya yang tidak boleh terlupakan adalah cek sinyal iPhone. Pastikan sinyalnya tidak terblokir dengan mengecek IMEI iPhone tersebut. Untuk melakukan pengecekan IME iPhone, kamu dapat melakukan langkah berikut :

  • Buka Pengaturan atau Settings.
  • Kemudian klik opsi Umum atau General.
  • Setelah itu cari opsi Tentang atau About.
  • Nomor IMEI akan terlihat pada bagian bawah.

Setelah Jagoans sudah cukup puas dengan kondisi fisik dan performa iPhone tersebut, minta penjual untuk mereset iPhone ke setelan pabrik. Hal ini bertujuan untuk menghapus semua pengaturan dan data yang ada di iPhone. Jangan lupa juga untuk mengecek kembali performa iPhone bekas tersebut setelah melakukan reset pabrik.

Ribet? Langsung Cek Jagofon Aja!

Gimana Jagoans? tertarik untuk membeli iPhone second? Nah biar nggak ribet untuk cek kondisi iPhone bekas tersebut, mending langsung ke Jagofon aja! Dijamin semua produknya berkualitas dan 7 hari uang kembali jika HP terbukti tidak berfungsi!

Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP dan gadget bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Jagofon juga melaksanakan quality control terhadap semua produknya sehingga 100% berfungsi sebelum sampai ke tanganmu.

Kapan lagi kamu beli HP dan gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Beli HP atau gadget bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP dan gadget impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon!

Selain harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan platform lain, kamu juga turut berkontribusi untuk membantu membantu lingkungan dengan mengurangi limbah elektronik atau e-waste di Indonesia lho!

Jadi tunggu apalagi Jagoans? yuk segera dapatkan beragam pilihan HP dan gadget impianmu hanya di Jagofon!