Product

5 Alasan Kenapa Jagofon Menyukai AirPods

Airpods sudah tidak asing lagi, tidak hanya ditelinga fans Apple namun juga bagi orang yang menggemari merek lain.

Faktanya, banyak pengguna handphone merek lain yang memilih Airpods sebagai earphone portabelnya. Banyak yang menggunakan Airpods meskipun mereka tidak menggunakan produk Apple lainnya.

Airpods adalah earbud Bluetooth milik Apple yang pertama kali dirilis pada tahun 2016 bersamaan dengan iPhone 7.

Teknologi Bluetooth yang digunakan Airpods adalah Bluetooth 5.0. Pengguna dapat membawa Airpods menjauhi perangkat elektronik sumber suara sejauh 240 meter (800 feet), termasuk jarak yang cukup jauh.

Faktanya, Airpods adalah lambang dari teknologi audio tanpa kabel pertama, sehingga menjadi panutan juga bagi merek lain.

Ada banyak alasan kenapa menyukai Airpods. Mudah saja, karena produknya memang sebagus itu.

Jenis-Jenis Airpods

Airpods memiliki tiga jenis, yaitu Airpods, Airpods Pro, dan Airpods Max. Airpods memiliki tiga generasi. Generasi pertama dirilis pada tahun 2016 dan diberhentikan pada tahun 2019 sejak generasi dua dirilis.

Source: Apple

Pada generasi kedua yang dirilis pada tahun 2019, Airpods menggunakan chip H1 yang mempunyai kelebihan untuk pemakaian yang lebih lama dan mendukung Siri.

Apple merilis generasi ketiga pada tahun 2021. Airpods gen-3 merubah desain airbudsnya menjadi lebih pendek, mirip dengan Airpos Pro.

Selain itu, Airpods generasi 3 dilengkapi dengan fitur spatial audio, kebal air, serta baterainya lebih tahan lama. Airpods Pro memiliki dua generasi. Generasi pertama menggunakan chip H1 yang sama seperti Airpods gen-2, namun dengan tambahan fitur penghapusan noise, mode transparansi, kebal air, dan penggantian tips silikon.

Airpods generasi kedua dirilis pada tahun 2022 dengan chip H2 dengan peningkatan teknologi yang ada pada gen-1, ditambah baterai yang lebih tahan lama, teknologi gestur untuk mengatur volume.

Airpods Max adalah headphone Bluetooth milik Apple yang dirilis tahun 2020, menggunakan chip H1 dengan teknologi yang mirip dengan Airpods. Namun, Airpods Max bukan untuk digunakan sebagai pendengar portabel.

Perlu dicatat bahwa kebal air pada Airpods adalah terkena air pada sesaat. Jangan memakai Airpods untuk menyelam atau merendam Airpods dalam air pada jangka waktu yang lama.

Baca juga: Beli Airpods Pro Nggak Perlu Mahal, Ini Spesifikasi dan Harganya!

Kompatibilitas Airpods

Kenapa menyukai Airpods? Alasan pertama adalah karena Airpods memiliki kompabilitas yang fleksibel.

Jangan heran jika kamu melihat orang yang menggunakan handphone Android namun memasang Airpods di kedua telinganya.

Source: Alphr

Airpods tidak hanya terkoneksi untuk sesama produk Apple saja, seperti Mac dan iPad. Namun, Airpods dapat terkoneksi juga dengan Android seperti Samsung maupun Windows.

Hal ini yang merupakan salah satu fitur yang membuat Airpods menjadi pemenang diantara kompetitornya, mengetahui teknologi apa saja yang ada pada Airpods.

Namun untuk sesame Apple, Airpods sangat sangat mudah untuk dikoneksikan. Apple merancang semua jenis produknya untuk mendeteksi sesama produk Apple dengan sangat cepat.

Teknologi yang merupakan sumber koneksi Airpods adalah Bluetooth. Kamu hanya perlu membuka casing Airpodsnya, kemudian Airpods akan otomatis langsung terbaca selama perangkat yang dituju terkoneksi dengan Bluetooth.

Handphone modern pasti punya Bluetooth, dari bertahun-tahun lalu juga sudah ada. Tidak sulit untuk mencari handphone dengan fitur Bluetooth.

Desain dan Baterai Airpods

Seperti mereknya, Apple dikenal sebagai produk dengan kesannya yang simple dan modern. Itu adalah salah satu alasan populer kenapa menyukai Airpods atau produk Apple lainnya.

Hal ini juga sesuai dengan desain Airpods yang simpel namun tidak murahan.

Source: Next Pit

Justru, desain simpel inilah yang membuat produk Apple laku dan populer, termasuk Airpods.

Baterai pada Airpods dapat bertahan cukup lama, dibekali juga dengan teknologi pengisian daya yang sangat cepat.

Kamu hanya membutuhkan minimal 15 menit untuk cas Airpods kamu hingga penuh dengan charging case.

Kalau kamu sedang pergi dan membawa Airpods, kamu tidak perlu membawa kabel untuk mengisi baterai. Setidaknya, satu charging case Airpods dapat mengisi penuh sepasang Airpods selama empat kali.

Bicara soal charging case, ada banyak case pelindung untuk charging case yang tersedia di pasaran. Kamu bisa melindungi Airpods kamu karena Airpods akan bisa rusak bila tidak dirawat dengan baik.

Baca juga: 4 Cara Terbaik untuk Mempersonalisasi Airpods Kamu

Noise Filter Microphone

Ini adalah salah satu fitur terbaik Airpods yang tidak dimiliki earbuds lainnya, yaitu noise filter microphone.

Source: Macrumors

Airpods akan mengurangi suara yang tidak dibutuhkan. Airpods akan fokus dalam menangkap suara, sehingga suara microphone akan terdengar lebih yang jernih.

Bye bye suara bising motor atau petasan.

Tidak berhenti sampai situ, Airpods juga dirancang memiliki akselerometer yang akan melakukan filter pada suara latar.

Selain itu, Airpods memiliki sensor optikal yang dapat mendeteksi sentuhan dan gestur cubitan untuk mengatur audio yang sedang terputar, entah itu untuk pause audio atau menghentikan audio.

Bahkan, Airpods tetap dapat bekerja dengan semua fitur yang dimilikinya meskipun dikoneksikan dengan perangkat jam tangan seperti Apple Watch dan Galaxy Watch.

Untuk saat ini, Airpods dinilai sebagai alat dengar dengan fitur penghilangan noise terbaik.

Akselerometer dan Spatial Audio

Bukan asal review, semua orang yang menggunakan Airpods pasti puas dengan kualitasnya, begitu juga orang yang pernah mencoba menggunakan Airpods pasti ingin membelinya.

Kamu bisa coba tanyakan ke temanmu, kenapa menyukai Airpods? Pasti alasan ini merupakan salah satu yang populer. Alasan mereka kenapa menyukai Airpods adalah karena kualitas suara yang dihasilkan sangat tidak murahan. Serasa nonton di bioskop dengan sensasi 360 derajat.

Source: What Hi-Fi

Kehebatan Airpods lainnya adalah Airpods akan mendeteksi dimana Airpods kamu diletakkan, baik sedang mendengar suatu audio maupun tidak.

Misalnya kamu sedang mendengarkan audio, entah itu mendengarkan lagu atau menonton film, lalu jika kamu memasangkan Airpods di telinga kamu, audio akan diputar secara otomatis. Jika kamu melepaskan Airpods dari telinga kamu, audio akan pause secara otomatis.

Airpods gen-3 dan Airpods Pro memiliki fitur spatial audio. Spatial audio adalah teknologi yang melibatkan suara sekitar. Maksudnya adalah audio yang kita dengar dapat terdengar dalam 360° dan dapat membuat apa yang kamu dengar menjadi lebih hidup.

Merek apapun tidak ada yang dapat menyaingi kombinasi Airpods dan Apple Music yang dilengkapi dengan teknologi Dolby Atmos.

Meskipun begitu, Airpods yang dihubungkan dengan Android yang mendukung Dolby Atmos seperti Oppo A5 juga keren.

Baca juga: Masa Depan AirPods: FItur yang Harus Kita Antisipasi

Giliran Kamu, Kenapa Menyukai Airpods?

Source: How-To Geek

Kalau kamu, alasannya kenapa menyukai Airpods?

Kami merekomendasikan Airpods karena memang banyak alasan untuk menyukai Airpods yang sangat canggih ini.

Bagi beberapa orang, hingga saat ini Airpods dianggap harganya cukup mahalm mengingat ini adalah produk dari Apple yang targetnya untuk kelas menengah keatas.Kamu bisa membeli Airpods second yang kualitasnya masih bagus di Jagofon. Jangan khawatir karena meskipun second, tips silikon akan diganti dengan yang baru dan dilengkapi dengan garansi.