Product

May 13, 2023

5 Alasan Untuk Beli iPhone 13 Mini Di Tahun 2023

Mengapa Apple merancang iPhone Mini? Mengikuti jejak kesuksesan iPhone 12 Mini, Apple merilis iPhone 13 Mini dan iPhone SE 2.

iPhone 13 Mini adalah salah satu handphone seri mini dari Apple yang populer terutama bagi perempuan karena ukurannya imut.

Selain karena mirip dengan iPhone 5 yang populer pada saat itu, Apple merancang iPhone Mini dengan maksud menyesuaikan market yang menyukai handphone berukuran kecil. Hal ini disampaikan langsung oleh beberapa pengguna iPhone Mini.

Meskipun ukurannya lebih kecil, iPhone 13 Mini tetap dilengkapi dengan teknologi terbaru dan fitur-fitur yang menarik bagi para pengguna iPhone.

Jika kamu masih ragu untuk beli iPhone 13 Mini, pada artikel ini akan membahas informasi iPhone 13 lebih lanjut.

Desain Bodi Yang Imut

Source: Pikiran Rakyat

Ukurannya yang kecil membuat salah satu seri mini menjadi populer dan salah satu hal yang banyak membuat orang untuk beli iPhone 13 Mini.

iPhone 13 Mini terbuat dari Ceramic Shield untuk bagian depan dan kaca plus aluminium untuk bagian belakang.

Handphone ini memiliki dimensi: tinggi 131,5mm, lebar 64,2mm, dan ketebalan 7.65mm.

Berat iPhone 13 Mini adalah 140g, hampir setengah dari Samsung Galaxy S20 Ultra yang beratnya mencapai 220g.

Di bawah ini adalah perbandingan ukuran iPhone 13 Mini dengan iPhone 13 biasa dalam segenggam tangan.

Pada sisi kiri terdapat tombol toggle untuk mengaktifkan mode berdering atau hening dan pengaturan volume. Pada sisi kanan terdapat tombol kunci handphone.

Pada sisi atas terdapat speaker dan microphone bawaan, sedangkan di sisi bawah terdapat konektor lightning, speaker bawaan, dan microphone bawaan.

Warna yang ditawarkan iPhone 13 Mini adalah Midnight, Biru, Pink, Starlight, Merah, dan Hijau. Popularitas warnanya sesuai dengan urutan pada daftar ini.

Baca juga: Perbandingan iPhone 14 Pro Max dengan iPhone 12 Pro Max

Layar Yang Memukau

Source: GSM Arena

Layar iPhone 13 Mini berukuran 5’4 inci, menggunakan layar Super Retina XDR dengan resolusi 2340x1080 piksel pada 476 ppi.

Berkat teknologi Super Retina XDR OLED, layar iPhone 13 Mini tetap menawarkan resolusi tinggi dan kualitas gambar yang jernih.

Kecerahan maksimal yang dapat dihasilkan layar ini adalah 800 nit dan kecerahan puncah 1.200 nit (HDR).

iPhone 13 Mini dilengkapi dengan lapisan oleophobia anti sidik jari dan Haptic Touch, teknologi yang dapat memberikan respon berupa getaran atau gerakan pada pengguna.

Semua handphone saat ini sudah menggunakan oleophobia agar layar lebih mulus tanpa meninggalkan jejak kotoran atau bekas sidik jari. Namun, iPhone konsisten menggunakan.

Layar iPhone 13 Mini juga dilindungi oleh Ceramic Shield, teknologi yang membuat layar akan lebih tahan terhadap goresan dan benturan.

Pengguna juga dapat menonton lebih baik dengan layar True Tone, yang secara otomatis menyesuaikan suhu warna layar dengan pencahayaan sekitar.

Selain itu, layar iPhone 13 mini juga mendukung Dolby Vision dan HDR10, sehingga pengguna dapat menikmati konten video dengan kualitas gambar yang lebih baik. Tidak lupa, iPhone 13 Mini juga dilengkapi dengan fitur keamanan biometrik Face ID, kombinasi fitur layar dan kamera yang digunakan untuk mendeteksi wajah.

Kamera Yang Canggih

Source: GSM Arena

Siapa bilang handphone mungil punya kamera yang lebih sedikit? iPhone 13 Mini tetap dilengkapi dengan dua kamera belakang dan satu kamera depan yang cukup powerful.

Banyak loh orang yang beli iPhone 13 Mini karena kekuatan kameranya yang tidak kalah dengan seri utamanya.

Kedua kamera belakang memiliki 12MP: lensa tujuh elemen dengan bukaan f/1.6 dan lensa lima elemen dengan f/2.4 untuk Ultra Wide.

Kamera belakang iPhone 13 Mini mendukung zoom optik 2x memperkecil dan zoom digital hingga 5x.

Selain itu, kamera ini juga mendukung mode malam dan live photo yang dilengkapi dengan pilihan live, loop, dan bounce exposure.

Untuk perekaman video, iPhone 13 Mini juga mendukung mode sinematik dan resolusinya video daoat mencapai mulai dari 720p dengan 30fps hingga 4K dengan 60fps.

Kamera depan iPhone 13 Mini juga dibekali 12MP dengan bukaan f/2.2, dilengkapi dengan Animoji dan Memoji.

Hal yang keren juga, video kamera depan dilengkapi dengan Dolby Vision hingga 4K dengan 60fps.

Sebenarnya, kamera yang ada pada iPhone 13 Mini sama persis dengan yang ada pada iPhone 13.

Baca juga: 5 Fitur iPhone ini Dapat Membantu Produktivitas

Performa Maksimal

Source: GSM Arena

Performa sistem dan prosesor adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan ketika memilih handphone. Jangan sampai harganya mahal tapi performanya kurang canggih.

Sistem operasi yang digunakan adalah iOS terbaru saat artikel ini ditulis, yaitu iOS16.

Kapasitas memori yang tersedia adalah 125GB, 256GB, dan 512GB, sangat besar untuk ukuran handphone yang mungil.

iPhone 13 Mini juga dapat disebut sebagai ‘Baby Monster’ karena meskipun bodinya kecil, prosesor yang digunakan adalah Chip A15 Bionic yang sangat bagus.

Pada Android, prosesor yang setara dengan Chip A15 Bionic adalah Snapdragon 8+ Gen 1 yang digunakan oleh Samsung Galaxy S22.

Prosesor A15 Bionic dibangun dengan teknologi 5nm, yang membuatnya lebih efisien dan lebih cepat daripada chip sebelumnya

Handphone mini ini mempunyai CPU 6-core dengan 2-core performa dan 4-core efisiensi. CPU ini dapat membantu iPhone 13 Mini untuk memiliki kinerja yang lebih cepat dan lebih hemat daya

Untuk GPU, iPhone 13 Mini mempunyai GPU 4-core yanf dapat membantu iPhone 13 Mini untuk memiliki performa grafis yang lebih cepat dan lebih lancar.

Jika kamu belum tahu, prosesor A15 Bionic didukung oleh Neural Engine 16 inti yang mampu memproses tugas-tugas AI dengan lebih cepat dan efisien. iPhone sudah banyak menerapkan teknologi AI.

Baca juga: Bocoran iPhone 15: Ada Ultra dan Pro!

Baterai Tahan Lama

Kapasitas baterai iPhone 13 Mini adalah 2438mAh. Salah satu handphone Xiaomi juga memiliki baterai 2500mAh.

Meskipun terlihat tidak besar, namun teknologi yang digunakan pada handphone ini dapat mengoptimalkan kapasitas baterai agar dapat bertahan lama.

Kamu dapat menggunakan iPhone 13 Mini untuk menonton video 17-19 jam, menonton streaming 13-15 jam, dan memutar audio 55-75 jam.

iPhone 13 Mini sudah dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat, sehingga kamu tidak perlu menunggu lama untuk mengisi handphone mungil ini.

Yuk, Beli iPhone 13 Mini Yang Imut

Source: Phone Arena

Jika kamu sudah mulai bosan dengan ukuran handphone pada umumnya, kamu bisa coba gunakan iPhone Mini Series.

Merek lain tidak ada yang membuat handphone berukuran mini, jadi ini merupakan salah satu ciri khas produk Apple.

Saat ini, harganya masih cukup mahal karena iPhone 13 Mini masih termasuk model baru, ditambah lagi market Apple untuk kelas menengah keatas.

Masih banyak orang yang mempunyai budget untuk beli iPhone 13 Mini namun harganya masih terlalu tinggi.Kalau kamu punya budget untuk beli iPhone 13 Mini atau iPhone lain, kamu boleh coba cek di Jagofon, siapa tahu cocok dengan budget kamu!

Share on: