Comparison

5 Perbedaan Mencolok iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max

Jika mendengar kata apple, mungkin hal pertama yang terbayang di benak kita adalah produk iPhonenya.

Desainnya yang elegan, warnanya yang classy, dan fitur-fiturnya yang outstanding selalu bikin kita kagum sama smartphone yang satu ini.

Gak heran, perusahaan asal Amerika ini, emang jago banget soal inovasi.

Sumber : Onsitego

Dari iPhone generasi pertama sampai yang paling terbaru iPhone 14, pengguna selalu dimanjakan sama fiturnya yang menarik, apalagi teknologi kameranya yang sekarang bikin kita doyan selfie.

Dengan banyaknya tipe iPhone dengan rentang harga yang berbeda, tentunya sering membuat kita bimbang dan galau untuk memilih jenis iPhone yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kita.

Mungkin Jagoans sempat berpikir untuk membeli iPhone 14, tapi kok sepertinya harganya masih agak pricey, tapi di sisi lain, kalau beli iPhone 12 juga rasanya tanggung banget sama fiturnya yang kurang update.

Nah, no worries Jagoans! Ada iPhone 13 yang mungkin cocok buat kamu!

Dengan tipe beragam, mulai dari iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, Jagoans bisa menyesuaikan tipe iPhone yang sesuai dengan dana dan kebutuhan.

Untuk Jagoans yang penasaran dan ingin membeli tipe iPhone 13 ter-update yaitu iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, kita bakal bahas perbedaan-perbedaan yang mencolok supaya Jagoans bisa lebih yakin sama tipe iPhone yang ingin dibeli!

Spesifikasi & Storage

Sejak awal kemunculannya di akhir tahun 2021,  iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max merupakan generasi iPhone 13 yang menggunakan teknologi termutakhir dan mempunyai spesifikasi paling tinggi di diantara generasi iPhone 13 lainnya.

Menggunakan chipset A15 Bionic, CPU Hexa-Core clock up to 3.22 GHz, Apple GPU (5-core graphics), dan RAM 6 GB, membuat iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max tidak diragukan lagi performanya.

Hal yang mungkin dapat dikategorikan sebagai perbedaan dari kedua ponsel ini adalah resolusinya. Jika iPhone 13 Pro Max menggunakan resolusi 1284 x 2778, iPhone 13 Pro memiliki resolusi 1170 x 2532

Fitur lain yang menarik adalah water resistance, dimana kedua iPhone ini tahan air sampai kedalaman 6 meter dalam waktu 30 menit.

Hadir dengan beragam pilihan storage mulai dari 128 GB, 512 GB, dan yang paling fantastis, 1 TB membuat kedua iPhone ini menjadi pilihan yang aman untuk Jagoans yang membutuhkan fitur penyimpanan yang besar.

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max juga sudah menggunakan layar  Super Retina XDR dengan teknologi ProMotion yang bisa melakukan refresh rate adaptif hingga 120 Hz,  dan akan sangat memanjakan mata saat digunakan, menambah kenyamanan saat scrolling, bermain game, ataupun menonton video, dan tentunya lebih menghemat baterai.

Pilihan warna dari kedua iPhone ini sangat elegan dan tersedia dari warna Hijau Alpen, Biru Sierra, Abu-abu Grafit, Emas, dan Perak.

Baca juga: 5 Alasan Untuk Beli iPhone 13 Mini Di Tahun 2023

Ukuran Bodi

Terbuat dari material Ceramic  Shield di bagian depan dan baja tahan karat,  terdapat perbedaan ukuran yang mencolok dari kedua iPhone ini, meskipun memiliki ketebalan yang sama yaitu 7,65 mm.

Jika dilihat dari ukurannya, terdapat perbedaan iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, yaitu layar dari iPhone 13 Pro Max yang berukuran  6, 7 inch menjadikannya  0,6 inch lebih lebar dan memanjang dibandingkan iPhone 13 Pro yang berukuran 6,1 inch.

Lebih detailnya, iPhone 13 Pro mempunyai dimensi 146.7 x 71.5 x 7.7 mm, sedangkan iPhone 13 Pro Max mempunyai dimensi 160.8 x 78.1 x 7.7 mm.

Hal ini juga berdampak pada bobot kedua iPhone dimana  iPhone 13 Pro  lebih ringan dengan bobot 203 gram, daripada iPhone 13 Pro Max yang berbobot 238 gram.

Perbedaan lainnya yaitu notch, atau yang biasanya dikenal dengan “poni” yang ada pada iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max ukurannya lebih kecil 20% dari versi iPhone sebelumnya. Dengan notch yang ramping, memungkinkan adanya tambahan ikon status bar pada kedua iPhone tersebut.

Kamera

Sumber: CNET

Soal fitur kamera, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, mempunyai kesamaan dengan fitur ciaimik. Resolusi dari kamera utama adalah 12MP dengan stabilisasi sensor-shift, kamera ultrawide 12MP, dan kamera telefoto 12MP dengan zoom optik sampai 3x.

Apple bahkan mengklaim jika kedua kamera iPhone ini dapat mengambil gambar dengan jarak hanya 2 cm dari objek dan menghasilkan gambar yang 2,2 kali lebih baik dari versi iPhone sebelumnya.

Sedangkan untuk kamera depan, tidak terdapat perbedaan iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, keduanya sudah menggunakan teknologi TrueDepth yang dijamin ngebuat kita betah untuk selfie.

Kedua kamera pada iPhone ini juga dilengkapi LiDAR sensor yang sangat membantu saat foto pada malam hari atau dalam keadaan low light.

Stabilisasi sensor-shift OIS, fitur night mode dan mode cinematic video dengan teknologi ProRes 4K 30 FPS memungkinkan Jagoans yang berprofesi sebagai videografer dapat dengan mudah merekam video berkualitas tinggi.

Selain itu, fitur-fitur dari Photographic Styles juga memungkinkan kamu untuk memilih filter foto yang sesuai dengan situasi dan kondisi pemotretan.

Baca juga: Ini Perbedaan Kamera iPhone 13 & iPhone 12

Daya Baterai

Beralih ke daya baterai, Jagoans pastinya ingin memiliki iPhone yang mempunyai daya tahan baterai lebih lama, karena seperti yang kita ketahui bahwa versi dari iPhone-iPhone sebelumnya banyak yang memiliki daya tahan baterai yang rendah, dan tentunya ini sangat mengganggu aktivitas online kita sehari-hari.

Namun kini Jagoans tidak perlu cemas karena Apple telah meningkatkan kapasitas baterainya di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Perbedaan yang mencolok dari kedua iPhone ini yaitu iPhone 13 Pro Max mempunyai kapasitas baterai yang lebih besar dengan 4.373 mAh, sementara iPhone 13 Pro memiliki kapasitas baterai 3.125 mAh.

Hal ini menjadikan iPhone 13 Pro Max lebih unggul karena menurut data dari situs Apple sendiri, iPhone 13 Pro Max dapat digunakan untuk pemutaran video hingga 28 jam, pemutaran streaming 25 jam dan pemutaran audio hingga 95 jam. Sementara iPhone 13 Pro dapat digunakan hingga 22 jam untuk pemutaran video, streaming hingga 20 jam, dan audio hingga 75 jam.

Menurut tes uji coba yang dilakukan Tom’s Guide, iPhone 13 Pro Max memiliki daya tahan baterai selama 12 jam dan 16 menit, termasuk kegiatan browsing dengan menggunakan jaringan 5G dan kecerahan layar 150 nit.

Di sisi lain, iPhone 13 Pro memiliki daya tahan baterai selama 11 jam dan 48 menit, meskipun tidak selama versi Pro-nya, kedua iPhone ini masih dikategorikan ke dalam daftar ponsel dengan daya tahan baterai terbaik.

Dengan teknologi fast charging dengan adaptor 20 W ataupun 15W wireless MagSafe, kecepatan pengisian relatif berbeda saat melakukan pengujian, hal ini mungkin dikarenakan perbedaan ukuran baterai. Dalam waktu setengah jam pengisian menggunakan charger resmi Apple 20W, iPhone 13 Pro Max dapat mencapai 40% baterai, sedangkan iPhone 13 Pro mencapai 53% baterai.

Mana yang cocok buatmu?

Source: Notebook Check

Jagoans, untuk memilih iPhone yang cocok, tentunya kamu menyesuaikan dengan kebutuhan, seleran, tujuan pemakaian, dan budget yang tersedia.

Overall, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max memiliki banyak kesamaan, 5 perbedaan mencolok dari kedua iPhone ini dapat terlihat dari ukuran, ketahanan baterai, resolusi layar, kecepatan pengisian daya baterai, dan bobotnya saja.

Jika kamu ingin memiliki iPhone dengan ketahan baterai yang lebih lama dan layar yang lebih lebar, maka iPhone 13 Pro Max merupakan pilihan yang tepat. Namun, jika kamu lebih mementingkan iPhone yang lebih budget friendly dan lebih ringan agar mudah untuk dibawa, iPhone 13 Pro dapat menjadi solusi buat kamu.

Breakdowns Point iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max

iPhone 13 Pro

iPhone 13 Pro Max

36 gram lebih ringan, mudah dibawa

Layar lebih lebar dan besar

200 nits lebih cerah

Resolusi lebih tinggi 20.41% 

Pengisian baterai lebih cepat 

Daya tahan baterai sampai 28 jam

458 ppi

460 ppi

Antutu Benchmark Score : 839675

Antutu Benchmark Score : 854218

Setelah Jagoans mempertimbangkan jenis dan tipe iPhone yang cocok, yuk langsung aja check out iPhone 13 Pro ataupun iPhone 13 Pro Max di webite Jagofon!

Kamu bakal dapetin harga yang sangat terjangkau  dan juga kualitas yang tinggi dibandingkan dengan platform lain.

Jangan lupa juga, kalau kamu belanja di Jagofon, kamu juga berkontribusi dalam mengurangi electronic waste yang membantu bumi kita loh!Yuk lengkapi kebutuhan gadget kamu di Jagofon sekarang!