JagoHacks

7 Cara Ampuh Menghemat Baterai HP Realme C2

Realme C2, smartphone entry-level yang dirilis di Indonesia pada tahun 2019 ini memiliki banyak keluhan baterainya yang boros. Untuk smartphone yang berkapasitas 4000 mAh ini harusnya memiliki daya tahan baterai yang lumayan awet untuk dipakai seharian dengan pemakaian wajar.

Namun banyak Jagoans yang mengeluhkan borosnya pemakaian daya baterai smartphone ini. Untuk itu, kami memiliki 7 cara ampuh menghemat baterai HP Realme C2. Yuk, kita simak cara-caranya.

Matikan Sinkronisasi Akun di Realme C2

Image Source: freepik.com - @rawpixel.com

Salah satu penyebab borosnya daya Realme C2 yaitu kamu masih mengaktifkan sinkronasi akun. Hal ini menyebabkan smartphone kamu tetap memperbaharui informasi yang masuk ke HP secara berkala.  

Nah, untuk menghentikan proses sinkronasi ini, kamu hanya perlu pergi ke settings atau pengaturan, kemudian pilih menu akun dan sinkronisasi, kemudian nonaktifkan fitur ini di bagian kanan atas. Sekarang HP kamu sudah berhenti tersinkronasi dengan akun mu dan pastinya akan menghemat daya baterai Realme C2 mu.

Nonaktifkan Majalah di Layar Kunci Realme C2

Image Source: realme Global Community

Cara menghemat baterai HP Realme C2 yang lain adalah menonaktifkan fitur majalah di layar kunci. Fitur ini memang cukup menarik untuk diterapkan karena akan mengganti beberapa wallpaper di layar kunci kamu secara otomatis sehingga kamu ga akan bosan melihat wallpaper yang sama berhari-hari. Namun fitur ini juga akan memakan daya baterai yang lumayan banyak karena proses nya akan terus berjalan walau HP kamu dimatikan.

Untuk menonaktifkan fitur ini, kamu bisa ke "settings" atau "pengaturan", kemudian ketuk "layar beranda dan majalah layar kunci", kemudian ketuk "majalah layar kunci", kemudian nonaktifkan fiturnya.

Cara ini dapat menghemat baterai HP kamu jika kamu juga memakainya dalam pemakaian wajar ya Jagoans.

Baca juga: Realme C2: Cek Spesifikasi dan Harga Termurah 2023 Disini!

Menghentikan Aplikasi di Balik Layar di Realme C2

Image Source: Beebom

Beberapa aplikasi atau game yang kamu mainkan akan tetap berjalan di balik layar. Hal ini juga akan membuat baterai Realme C2 Jagoans boros karena aplikasi tersebut akan memakan daya baterai walaupun tidak dipakai atau saat HP kamu terkunci.

Untk menghentikan aplikasi berjalan di balik layar, ada 2 caranya, yaitu kamu bisa menghentikannya secara manual atau dengan bantuan aplikasi lain. Yuk simak caranya:

Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan di Balik Layar Secara Manual

  • Buka "Settings" atau "Pengaturan" HP Realme C2 kamu
  • Pilih menu "Manager Aplikasi" atau "Apps Manager"
  • Kemudian pilih dan ketuk aplikasi atau geme terinstall yang memakan daya yang besar
  • Kemudian ketuk "Force Stop" atau "Paksa Berhenti" untuk menghentikan proses aplikasi.

Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan di Balik Layar Menggunakan Aplikasi

  • Cari aplikasi pembersih balik layar di Play Store seperti AndroidRock
  • Jika sudah terinstall, kemudian jalankan aplikasinya
  • Berikan izin untuk mengakses storage dal lain-lain
  • Kemudian scan HP Realme C2 kamu
  • Kamu tinggal pilih aplikasi mana saja yang mau kamu hentikan proses nya

Menggunakan Mode Hemat pada Realme C2

Image Source: freepik.com - @rawpixel.com

Cara menghemat baterai HP Realme C2 yang lainnya adalah dengan mengaktifkan Mode Hemat. Fitur bawaan dari ColorOS ini memang sangat membantu karena kamu tidak perlu menambah aplikasi untuk mengaktifkan mode hemat. Kamu hanya perlu menuju "Settings" atau "Pengaturan", kemudian aktifkan "Power Saving Mode".

Image Source: c.realme.com

Dengan cara ini juga, secara otomatis kamu akan menonaktifkna beberapa fitur yang sekiranya tidak terlalu diperlukan oleh sistem seperti mode getar saat menyentuh layar, sinkronasi, dan sedikit meredupkan cahaya layar.

Baca juga: Realme C11: Cek Spesifikasi dan Harga Terbaik 2023 Disini!

Nonaktifkan Auto Brightness Pada Layar Realme C2

Image Source: c.realme.com

Hal sepele seperti menonaktifkan "auto brightness" atau "kecerahan otomatis" yang tidak terpikirkan ini dapat membuat boros HP Realme C2 Jagoans. Pasalnya saat mata kamu tidak membutuhkan cahaya yang begitu terang, HP kamu malah mengatur secara otomatis kecerahan di tingkat yang lebih tinggi. Hal ini terasa "mubazir" karena kita tidak membutuhkan daya berlebih hanya untuk sesuatu yang tidak kita butuhkan.

Cara menonaktifkan "Auto Brightness" ini sangat simple. Jagoans hanya perlu pergi ke "Settings" kemudian ketuk "Display & Brightness" atau "Layar dan Kecerahan", kemudian di bagian bawah ada pilihan "Auto Brightness", ketuk slider di sebelah kanan untuk menonaktifkan fitur ini dan kamu sudah berhasil menonaktifkan "Auto Brightnes". Kemudian kamu atur sendiri secara manual kecerahan yang pas dengan mata kamu.

Nonaktifkan Live Wallpaper pada Realme C2

Image Source: Firstpost

Menggunakan fitur Live Wallpaper memang bisa memanjakan mata Jagoans. Namun fitur ini dapat membuat baterai Realme C2 kamu boros. Hal ini akan membebankan HP kamu untuk terus menggati gambar secara berkala dan itu memakan daya baterai yang lumayan besar.

Berikut cara menghemat baterai HP dengan menonaktifkan LIve Wallpaper di HP Realme C2:

  • Buka Settings atau Pengaturan
  • Ketuk pilihan Layar Beranda & Wallpaper
  • Kemudian ketuk Tetapkan Wallpaper
  • Ketuk pilihan Galeri
  • Pilih gambar yang kamu ingin jadikan wallpaper

Sekedar tips, untuk memaksimalkan penghematan daya, Jagoans disarankan memilih wallpaper dengan nuansa gelap supaya tidak memerlukan kecerahan yang terlalu banyak.

Nonaktifka Fitur Tidak Penting dan Gunakan Charger Asli

Image Source: freepik.com - @user3802032

Fitur yang dihadirkan Realme C2 memang banyak. Namun sebanyak-banyaknya fitur yang dihadirkan ada beberapa yang tidak kita butuhkan. Untuk menghemat baterai, Jagoans bisa menonaktifkan beberapa fitur yang sekiranya belum dibutuhkan seperti vibration, GPS, auto back-up foto di Google Photo, Bluetooth, Motion and Gesture, dan masih banyak lagi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Jagoans.

Selain dari fitur-fitur yang tidak dibutuhkan, ada beberapa aplikasi bawaan yang bisa menguras data dan daya baterai Realme C2. Jagoans bisa uninstall atau disable aplikasi-aplikasi tersebut jika dirasa tidak akan sering menggunakannya, karena terkadang ada beberapa aplikasi bawaan yang berjalan di belakang layar.

Kemudian cara menghemat baterai HP Realme C2 selanjutnya adalah dengan memakai charger original. Charger original sudah termasuk dalam box pada saat membeli Realme C2. Namun bagaimana jika kabel USB atau adaptor charger rusak? Jagoans disarankan membeli charger original baru di official store. Hal nini dilakukan untuk menjaga performa baterai Realme C2 tetap terjaga.

Pemakaian charger non-original bisa berdampak penurunan performa baterai. Hal ini juga akan mengakibatkan korsleting jika daya yang disediakan tidak sama dengan charger original. Jadi selain bisa membuat baterai Realme C2 kamu boros, hal ini juga bisa membahayakan lingkungan tempat tinggal Jagoans.

Kesimpulan

Cara ampuh menghemat baterai HP Realme C2 memang banyak. Hal yang perlu ditekankan adalah kamu harus memprioritaskan fitur apa saja yang kamu butuhkan, bukan kamu inginkan ada. Namun jika kamu butuh untuk membeli Realme C2, kamu bisa intip katalog Jagofon sekarang juga. Beli HP second hand di Jagofon dijamin kualitasnya masih terjaga dan masih banyak keuntungan lainnya.