Product

January 24, 2024

Apple Watch X Debut di 2024, Ini Bocoran Spesifikasinya.

Source : MacRumors

Siapa sih yang tidak mengenal Apple Watch? smart watch besutan Apple ini memiliki segudang fitur menarik dan sangat memudahkan aktivitas pengguna, apalagi dengan fitur-fiturnya yang bisa langsung terhubung ke iPhone. Dirilis pertama kali pada tahun 2015, Apple Watch ini meledak di pasaran. Dilansir dari beritasatu.com, penjualan Apple Watch pada kuartal ketiga 2023 naik 7% dari periode sama tahun lalu.

Didesain untuk mendampingin iPhone, Apple Watch terkenal dengan fitur kesehatannya yang sangat berguna untuk tracking beragam masalah kesehatan. Selain itu, Apple Watch juga dapat difokuskan untuk menunjang aktivitas olahraga pengguna, seperti fitur waktu, jumlah kalori, dan ritme jantung. Apple bahkan berkolaborasi dengan Nike untuk membuat strap atau tali yang dirancang khusus untuk pelari.

Dengan beragam model dan tipe, Apple digadang-gadang akan menghadirkan seri terbaru dari Apple Watch dengan nama Apple Watch X yang diprediksi akan debut di tahun 2024 ini. Tentunya, hal ini merupakan kabar baik setelah versi Apple Watch sebelumnya yaitu, Apple Watch 9 dihentikan penjualannya karena masalah hak paten. Penasaran dengan tanggal rilis dan rumor fitur yang akan hadir? Simak artikel ini yuk Jagoans!

Rumor Desain Apple Watch X

Apple Watch Bands

Source : XDA Developers

Dilansir dari Macrumors, desain dari bands atau strap dari Apple Watch X dirumorkan akan memiliki sistem pemasangan tali magnetic, dan akan memberikan lebih banyak ruang untuk komponen lainnya serta akan membuat desain casing dari Apple Watch X ini menjadi lebih ramping.

Tali magnetic ini tentunya akan sangat memundahkan pengguna dan dapat meningkatkan kapasitas baterai dari Apple Watch, karena selama ini tali Apple Watch dikunci dan diselipkan ke samping yang diklaim dapat membatasi ruang dalam perangkat dan juga membatasi peningkatan baterai yang lebih besar.

Di samping itu, sistem pemasangan tali yang magnetic ini kemungkinan tidak akan compatible dengan versi strap terdahulu. Walaupun sejak tahun 2015, Apple telah memastikan bahwa model Apple Watch baru tetap kompatibel dengan tali jam yang sudah ada. Namun, belum ada kejelasan dari Apple apakah akan menggunakan tali magnetic atau tetap menggunakan strap pita.

Display

Source : The Verge

Display dari Apple Watch X ini juga dirumorkan akan memiliki spesifikasi yang lebih mumpuni dengan micro-LED Display. Analis terkemukan Ross Young, percaya bahwa Apple sedang mengerjakan smartwatch high end terbaru dengan 2.1-inch (diagonal) micro-LED Display.

Micro-LED adalah teknologi yang relatif baru yang menggunakan LED mikroskopis untuk setiap piksel. Keunggulan dari Micro-LED ini terletak pada masa pakai yang lebih lama, hemat energi, dan memiliki risiko layar terbakar yang lebih kecil jika dibandingkan dengan layar yang memiliki teknologi LED.

Display dengan micro-LED juga akan membuat warna dan tampilan layar Apple Watch menjadi lebih tajam. Selain itu, layar micro-LED memiliki waktu respons lebih cepat dan kontras lebih baik dibandingkan jenis layar lainnya karena fitur pixel-level individual lights yang ada pada micro-LED.

Baca juga: Inilah Produk-produk Apple yang Akan Rilis Tahun 2024

Rumor Fitur Apple Watch X

Health Feature

Source : XDA Developers

Apple dikenal untuk memposisikan Apple Watch tidak hanya sebagai pendamping iPhone dan ekosistem Apple lainnya, tetapi juga sebagai pendamping alat kesehatan karena beragam fitur kesehatan yang dihadirkan dalam Apple Watch. Apple juga selalu berinovasi untuk memberikan upgrade kepada Apple Watch dari tahun  ke tahun.

Untuk Apple Watch X, Apple akan dirumorkan akan mendesain beragam fitur kesehatan baru yang juga lebih akurat dan mumpuni. Fitur-fitur tersebut antara lain sensor tekanan darah untuk mengetahui hipertensi, sensor suhu tubuh, deteksi untuk sleep apnea, bahkan fitur utuk mengetahui kadar oksigen dalam darah.

Hypertension Detection

Source : bgr.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Apple Watch X dirumorkan akan memiliki fitur kesehatan yaitu deteksi hipertensi atau yang dikenal dengan tekanan darah tinggi. Fitur ini akan sangat berguna bagi penderita hipertensi, karena Apple Watch akan memberi notifikasi ketika tekanan darah pengguna mengalami kenaikan.

Berbeda dengan metode umum yang mengukur tekanan darah menggunakan manset tiup yang dililitkan di lengan atas, sistem Apple Watch diyakini mengukur kecepatan gelombang detak jantung melalui arteri pengguna menggunakan sensor. Namun, alat ini kemungkinan tidak dapat memberikan pengukuran sistolik dan diastolik yang tepat.

Ketika tekanan darah pengguna menunjukkan tekanan darah yang tinggi, Apple Watch akan segera mengarahkan pengguna untuk berbicara dengan dokter atau memeriksa tekanan darahnya dengan tensi tradisional, yang dapat memberikan pengukuran sistolik dan diastolik yang tepat.

Sleep Apnea Feature

Source : Macrumors

Sleep apnea mungkin jarang terdengar bagi sebagian orang, namun sleep apnea ini dapat memberikan dampak yang serius bagi penderita, bahkan bisa menyebabkan kematian hingga 46% menurut penelitian. Sleep apnea sendiri adalah gangguan tidur dimana pernapasan penderita akan terhenti sementara selama beberapa kali saat sedang tidur.

Gejalanya berupa mendengkur keras dan mengeluarkan suara tersedak saat pendertia sedang tidur. Kondisi ini sangat berbahaya karena menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dan sesak nafas di malam hari. Jika gejala yang dialami masih ringan, penderita dapat mencoba untuk menurunkan berat badan, berhenti merokok, serta mengubah posisi tidur menjadi menyamping.

Dengan hadirnya Sleep Apnea Feature pada Apple Watch, sleep apnea dapat dideteksi saat pengguna sedang tidur. Apple Watch akan menggunakan riwayat tidur dan pola pernapasan pengguna tersebut untuk memperkirakan apakah seseorang mengidap kondisi tersebut dan Apple Watch kemudian akan memberikan notifikasi untuk agar pengguna menghubungi dokter.  

Baca juga: Inilah Spesifikasi Apple Watch Series 9 Tahun 2023

Perilisan dan Prediksi Harga

Source : TribunNews

Dengan segudang fitur menarik dan mumpuni dari Apple Watch X, mungkin kita harus sabar menunggu nih Jagoans! pasalnya Apple kemungkinan akan merilis Apple Watch ini di tahun 2024 maupun 2025. Nah, sebelum membeli Apple Watch, pastikan kamu telah menyesuaikannya dengan kebutuhan dan juga bugdet kamu ya Jagoans!

Untuk kamu yang tertarik, kamu tetap dapat membeli model dan tipe Apple Watch lainnya di Jagofon lho! Jagofon sendiri merupakan marketplace spesialis gadget maupun HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja gadget dan HP bekas.

Jangan khawatir, semua gadget atau HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dan gadget dengan kualitas terbaik! Dijamin, semua part yang ditawarkan Jagofon original, tidak ada yang diganti maupun menggunakan part refurbished.

Kapan lagi kamu beli gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Beli HP atau gadget bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP atau gadget impianmu sampai depan rumah.

Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon! Jadi, tunggu apalagi? yuk segera dapatkan Apple Watch dan gadget incaran kamu lainnya hanya di Jagofon!

Share on: