JagoHacks

Cara Menambah Kapasitas RAM di HP OPPO, Mudah dan Praktis!

Source : Detik.com

RAM yang penuh tidak hanya terjadi pada perangkat seperti laptop maupun komputer, namun seringkali juga menjadi permasalahan pada smartphone, termasuk ponsel dengan sistem operasi Android. RAM yang terlalu penuh, biasanya akan menyebabkan beberapa masalah, salah satunya yaitu lagging.

Lagging pada smartphone biasanya mengacu kepada suatu keadaan dimana smartphone tidak bisa menjalankan program atau mengalami kemacetan saat ponsel di jalankan. Kondisi ini tentunya banyak membuat pengguna merasa kesal, karena ponsel akan stuck dan tidak dapat berjalan mulus seperti biasa.

Nah, ada kabar baik untuk para pengguna smartphone Android, karena kini sudah terdapat beberapa fitur dan cara untuk menambahkan RAM pada Android. Salah satu smartphone Android yang sudah mendukung fitur ini adalah smartphone besutan OPPO.

Penasaran gimana cara tambah RAM OPPO milik kamu agar kinerja ponsel semakin maksimal? Yuk simak artikel berikut sampai habis!

Cara Menambah Kapasitas RAM di HP OPPO

Untuk para pengguna yang sering mengalami ponsel OPPO yang lagging, mungkin pernah terpikirkan untuk  melakukan upgrade ke ponsel dengan kapasitas RAM yang lebih besar.Namun kendalanya, budgetnya belum cukup untuk membeli ponsel terbaru yang memiliki kapasitas RAM yang besar.

Jangan khawatir Jagoans! kamu tetap dapat meningkatkan kapasitas RAM kamu dengan dua cara ini untuk mengatasi permasalahan lagging sehingga HP OPPO kamu tetap bekerja secara optimal. Selain caranya yang mudah, pastinya juga hemat biaya karena tidak perlu membeli ponsel baru dengan kapasitas RAM yang lebih besar.

Terdapat dua cara untuk melalukan upgrade RAM atau bisa dibilang sebagai tata cara untuk tambah RAM OPPO, yaitu pengguna dapat melakukannya dengan menggunakan fitur Developer Options ataupun menggunakan fitur RAM Expansion.

Baca juga: Simak Jajaran dan Harga Oppo Terlengkap

Menggunakan Fitur Developer Options

Mungkin, banyak pengguna smartphone OPPO yang belum mengetahui fitur bermanfaat yang satu ini. Fitur Developer Options ini memungkinkan pengguna untuk mengurangi atau membatasi proses dan aktivitas di latar belakang ponsel Android.

Hal ini akan menguntungkan pengguna karena dapat membuat kapasitas RAM HP OPPO menjadi lebih lega, sehingga HP OPPO yang  dimiliki pengguna bisa berjalan dengan optimal tanpa khawatir mengalami lagging dan gangguan-gangguan lainnya akibat dari RAM yang penuh.

Berikut langkah-langkah untuk tambah RAM OPPO melalui fitur Developer Options yang bisa kamu coba :

  • Pertama, kamu harus membuka menu pengaturan atau settings pada perangkat OPPO kamu.
  • Setelah masuk ke menu pengaturan, scoll ke bawah dan pilih menu About Phone atau Tentang Ponsel.
  • Untuk Jagoans yang masih bingung, fitur About Phone ini biasanya terletak pada bagian menu yang paling bawah.
  • Selanjutnya cari dan ketuk menu Software Informations.
  • Menu tersebut akan menunjukkan detail dari software yang digunakan pada ponsel OPPO milik kamu.
  • Tekan sebanyak 7 kali pada menu "Build number" untuk mengaktifkan fitur Developer Options.
Source : Gadgets Now
  • Jika berhasil, akan muncul notifikasi bahwa kamus udah menjadi developer.
  • Selanjutnya, pilih kembali  dan cari menu "Developer Options" yang sudah muncul.
  • Scroll ke bawah dan kemudian pilih kolom Apps, lalu pilih menu "Background Process Limit".
Source : Gadgets Now
  • Agar proses atau berbagai aktivitas di latar belakang ponsel bisa dibatasi, kamu dapat memilih opsi "No Background Processes" dan kemudian perubahan akan langsung diterapkan secara otomatis.

Menggunakan RAM Expansion

Source : Youtube Hard Reset Info

Selain menggunakan fitur Developer Options, ada cara lain untuk tambah RAM pada OPPO milik kamu, yaitu dengan menggunakan fitur RAM Expansion. Fitur ini sendiri dikenalkan pertama kali di Singapura dan kemudian di perluas hingga ke negara-negara Asia dan Afrika lainnya.

Cara kerja RAM Expansion ini yaitu dengan cara mengambil beberapa bagian penyimpanan ROM pada perangkat OPPO yang kemudian dirubah menjadi RAM Virtual. Namun, kelemahan dari fitur ini yaitu tidak semua jenis HP OPPO memiliki fitur RAM Expansion ini. Fitur ini tersedia dalam HP OPPO yang menggunakan sistem operasi Android 11 atau di atasnya.

Secara singkat, jika ponsel OPPO kamu memiliki RAM dengan kapasitas 8 GB, kamu dapat mendapat lebih banyak RAM dengan menggunakan virtual RAM tanpa memerlukan perangkat tambahan lainnya. Fitur ini tentunya akan meningkatkan kinerja smartphone kamu secara siginifikan untuk sementara.

Untuk Jagoans pengguna ponsel OPPO yang ingin menggunakan fitur RAM Expansion ini, dapat melihat dan mengikuti langkah-langkah berikut :

Source :Techno Kompas
  • Buka menu kemudian pilih  aplikasi Settings di HP OPPO kamu.
  • Kedua, scroll ke bawah dan pilih menu "About device"
  • Setelah itu dalam menu About Device, ketuk opsi "RAM".
  • Selanjutnya, pilih fitur RAM Expansion dan tekan tombol sampai toggle di samping bewarna hijau.
  • Setelah itu, kamu bisa memilih jumlah kapasitas RAM yang ingin ditambahkan misalnya mulai dari 1 GB, 2 GB, ataupun kapasitas 4 GB. Kamu dapat menyesuaikannya dengan preferensi dan kebutuhan kamu.
  • Setelah selesai, kamu tidak dapat langsung menggunakan ponsel OPPO kamu, tapi kamu harus melakukan restart HP OPPO kamu terlebih dahulu, agar perubahan RAM tersebut bisa tersimpan dan diterapkan dengan baik.
  • Jika sudah selesai dan berhasil, kapasitas RAM ponsel OPPO akan terlihat bertambah secara otomatis.

Baca juga: RAM Besar? Yuk Cek Spesifikasi dan Harga OPPO Reno5 F!

Cek Beragam Android Berkualitas dengan Harga Miring di Jagofon

Nah, itu dia Jagoans cara untuk menambah RAM pada ponsel HP OPPO kamu. Mudah dan hemat biaya bukan? Namun, jika kamu memutuskan untuk melakukan upgrade dengan membeli ponsel Android keluaran terbaru ataupun ingin membeli ponsel besutan OPPO ini juga boleh banget lho Jagoans!

Sebelum membeli, selain kamu juga harus mempertimbangkan fitur dan RAM ponsel, kamu juga harus mempertimbangkan kebutuhan dan budget yang kamu miliki. Untuk beragam jenis ponsel OPPO dan ponsel Android lainnya, kamu dapat langsung check out di website Jagofon!

Jagofon sendiri merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas. Namun, Jagoans tidak perlu khawatir, karena semua HP bekas di Jagofon telah lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP bekas dengan kualitas terbaik.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Jika kamu berada di wilayah Jakarta, kamu dapat checkout HP impianmu dengan metode COD atau Self-pickup ke kantor Jagofon dan konsultasi langsung dengan tim kami!

Hati-hati jika diluar sana ada HP yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon, semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original. Di samping itu, dengan membeli HP dan gadget di Jagofon, kamu juga turut berkontribusi dalam mengurangi e-waste atau limbah elektronik di Indonesia.

Jadi tunggu apalagi? yuk segera dapatkan HP impian kamu hanya di Jagofon!