JagoHacks

Ikuti Cara Ini Untuk Mengatasi Laptop Tidak Ada Suara

Source : Pinhomeblog

Banyak orang mungkin pernah mengalami beragam permasalahan laptop, mulai dari RAM yang penuh hingga laptop tidak bersuara. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, mulai dari pekerjaan hingga melakukan hobi.

Apalagi jika pengguna memiliki pekerjaan yang berkaitan dengan audio seperti melakukan video dan sound editing, online meeting dan video conference, maupun melakukan kegiatan atau hobi lainnya seperti mendengarkan musik, menonton film, serta bermain game.

Penyebab dari laptop yang tidak bersuara biasanya dikarenakan beberapa hal, dari kerusakan part tertentu dari laptop, maupun dikarenakan hal sepele, seperti pengguna yang lupa untuk menaikkan volume audio laptop.

Untuk kamu yang memiliki masalah laptop tidak bersuara, tips berikut ini mungkin dapat membantu kamu mengatasi permasalahan tersebut. Penasaran? yuk simak artikel berikut!

Baca juga: Simak! Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Ada Suara

Source : Tribun News

Audio atau suara merupakan komponen yang esensial dari sebuah laptop maupun gadget lainnya. Hal ini dikarenakan banyak aktivitas laptop maupun gadget yang membutuhkan audio, sehingga ketika gadget atau laptop tidak dapat mengeluarkan audio, tentunya akan menghambat pekerjaan dan tak jarang membuat jengkel pengguna.  

Nah, sebelum melakukan hal-hal tertentu untuk mengatasi laptop yang tidak ada suara, ada baiknya Jagoans memeriksa penyebabnya terlebih dahulu. Bisa jadi laptop yang tidak ada suara disebabkan oleh speaker laptop yang rusak, dan audio laptop yang berada dalam keadaan mute.

Namun, jika laptop Jagoans masih mengalami masalah atau trouble pada audionya, jangan panik terlebih dahulu, Jagoans bisa mengikuti beberapa cara berikut untuk mengatasi laptop yang tidak ada suara :

Periksa Volume Laptop

Source : Appuals 

Laptop tidak ada suara biasanya juga dapat disebabkan karena pengaturan audio yang menjadi disable atau tidak diizinkan dikarenakan oleh bug. Untuk mengatasinya, kamu harus merubah opsi disable menjadi enable atau dari pilihan don't allow menjadi allow.

Perlu diingat tampilan pengaturan audio dapat berbeda-beda tergantung dengan versi sistem operasi windows yang kamu gunakan. Namun, pada dasarnya kamu dapat melakukannya denga mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Cari dan buka menu pengaturan audio pada laptop.
  • Pilih menu properties.
  • Terakhir, ubah opsi disable menjadi enable, atau don't allow menjadi allow.
  • Jika berhasil, laptop akan kembali mengeluarkan audio.

Periksa Driver Audio

Source : Eraspace.com

Driver audio merupakan komponen penting dari sebuah speaker laptop. Driver audio ini yang akan membantu sistem operasi dalam berinteraksi dengan perangkat audio, sehingga dapat mengeluarkan audio dengan baik.

Penyebab lainnya dari laptop tidak ada suara adalah driver audio yang eror. Dilansir dari Microsoft Support, penyebab dari driver audio yang bermasalah adalah driver audio yang tidak up-to date atau tidak menggunakan versi terbaru.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu dapat melakukan hal-hal berikut :

  • Pertama, cari menu control panel kemudian pilih device manager.
  • Setelah itu, klik menu Sounds.
  • Kemudian klik kanan pada audio yang terinstal dan klik update driver.
  • Terakhir, lakukan restart dan tunggu beberapa saat.
  • Jika berhasil, suara audio dari laptop akan muncul kembali.

Melakukan Restart Audio Service

Source : Driver Talent

Cara berikutnya adalah dengan melakukan restart pada menu audio service. Audio service ini merupakan layanan Windows yang bertanggung jawab untuk memainkan semua audio yang tersedia pada Windows. Untuk melakukan restart, Jagoans dapat mengikuti beberapa langkah berikut :

  • Tekan tombol Ctrl + R.
  • Setelah itu ketikkan services.msc.
  • Selanjutnya scroll atau gulir ke bawah sampai menemukan menu Windows Audio Services.
  • Kemudian klik kanan pada menu Windows Audio Services.
  • Pilih opsi restart dan tunggu beberapa saat.
  • Terakhir periksa apakah laptop sudah mengeluarkan audio atau belum.

Gunakan Troubleshoot Audio

Source : Jihosoft

Jika cara-cara tersebut belum berhasil, Jagoans dapat mencoba untuk melakukan cara berikut, yaitu dengan menjalankan troubleshoot audio otomatis. Fitur dari troubleshoot ini merupakan fitur yang disediakan Windows sebagai solusi dari permasalahan laptop maupun komputer, termasuk untuk mendeteksi masalah pada laptop yang tidak ada suara.

Untuk menjalankan fitur troubleshoot audio, berikut langkah-langkahnya :

  • Cari menu pengaturan atau settings.
  • Kemudian klik pada menu troubleshooter.
  • Pada menu audio, klik opsi run the troubleshooter.
  • Selanjutnya, tunggu sampai proses troubleshooting selesai.

Cek Format Audio yang Digunakan

Source : Kompas

Format audio yang tidak didukung oleh laptop juga seringkali membuat laptop yang tidak bersuara. Namun Jagoans tidak perlu khawatir karena Windows menyediakan solusi untuk permasalahan tersebut.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan agar format audio menjadi kompatibel dengan format audio yang ada pada laptop :

  • Buka menu Settings atau Pengaturan, kemudian pilih menu Sounds Settings atau menu Suara.
  • Pada menu Sounds Settings cari menu speakers, kemudian pilih format audio.
  • Sesuaikan format audio dengan audio yang kamu butuhkan.
  • Kemudian cek kembali audio dari laptop, dan pastikan audio sudah berbunyi kembali.

Baca juga: Jangan Panik! Ini Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

Dapatkan Laptop Impian di Jagofon

Nah, itu dia beberapa cara yang dapat Jagoans lakukan untuk mengatasi laptop yang tidak bersuara. Jika cara-cara tersebut tidak berhasil juga, mungkin memang ada part di dalam laptop Jagoans yang rusak dan harus diganti. Untuk itu, Jagoans dapat langsung mengunjungi service center terdekat agar permasalahan tersebut dapat diatasi.

Namun, jika Jagoans memiliki budget yang lebih dan ingin melakukan upgrade laptop, khususnya MacBook, Jagoans bisa mengunjungi dan langsung check out di website Jagofon. MacBook yang ditawarkan Jagofon juga memiliki beragam m0del dan tipe, mulai dari MacBook Air dan juga MacBook Pro.

Di samping MacBook, Jagofon juga menyediakan gadget lainnya dan beragam jenis serta model smartphone. Jagofon sendiri bukan toko, melainkan marketplace gadget bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli gadget impian yang berkualitas.

Selain mendapat harga yang terjangkau, kamu juga akan mendapat kualitas terbaik karena semua produk yang ditawarkan Jagofon telah melalui beragam tes dan telah teruji di 90+ titik fungsi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir Jagoans. Semua gadget bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah gadget dengan kualitas terbaik.

Kapan lagi kamu beli gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Beli gadget bekas di Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar gadget impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon!

Dengan berbelanja produk yang ditawarkan Jagofon, kamu juga turut berkontribusi untuk mengurangi sampah elektronik atau e-waste yang ada di Indonesia. Jadi, tunggu apalagi Jagoans? segera dapatkan gadget impian kamu hanya di Jagofon!