Product

Oppo Reno6: Kelebihan, Spesifikasi dan Harga

Pada Bulan Juli tahun 2021 Oppo merilis kelas mid-range smartphonenya, yaitu Oppo Reno6 . Smartphone ini merupakan adik dari pendahulunya, yaitu Oppo Reno5 dan Oppo Reno4.

Design Oppo Reno6 ini tidak jauh berbeda dengan series sebelumnya. Namun di series ini Oppo mengedepankan beberapa fitur baru seperti Bokeh Flare Portrait, AI Highlight Video, 50W Flash Charge, OPPO Reno Glow + Ultra-slim Body. Sementara itu, harga Oppo Reno6 dibanderol sekitar 5 Jutaan pada saat rilis.

Oppo Reno6 ditenagai oleh chip Qualcomm Snapdragon 720G dan didukung dengan 8GB RAM (expandable s.d. 5GB) dan 128GB ROM. Kemudian jika Jagoans ingin menambah storage, kamu bisa menambahkan storage tambahan pada slot MicroSD.

Untuk lengkapnya yuk kita simak kelebihan, spesifikasi dan harga Oppo Reno6 berikut.

Layar AMOLED Oppo Reno6

Image Source: JPNN.com

Oppo Reno6 ini berdimensi 159.1 x 73.3 x 7.8 mm dengan berat 17 gram. Bodi yang cukup ringan dan pas ditangan ini disajikan dengan 2 jenis warna, yaitu Aurora dan Stellar Black. Versi Aurora dihadirkan dengan tampilan berjuta warna, sehingga warna akan berubah-ubah jika dilihat dari sudut yang berbeda, layaknya aurora asli yang terpancar di kutub utara. Menarik bukan, Jagoans? Sementara untuk versi Blalck Stellar, warna hitam akan berubah warna kebiruan jika terkena sinar matahari. Oppo memang tidak pernah gagal jika berkaitan dengan pemilihan warna yang pastinya catchy dan stand out.

Jika Oppo Reno5 memiliki 3 lapisan diamond spectrum pada back cover, Oppo Reno6 memiliki 5 lapisan spectrum, yang mana memungkinkan kamu akan melihat warna yang berbeda-beda di berbagai sudut pandang.

Oppo Reno6 menggunakan layar AMOLED yang tentunya bisa memanjakan mata Jagoans karena kemampuannya yang bisa menyediakan warna lebih luas dan memberikan efisensi daya yang lebih bagus.

Layar AMOLED Oppo Reno6 berukuran 6,43 inci dengan resolusi Full HD+ (2400x1080) dengan rasio layar 91,7% akan membuat Jagoanspuas browsing internet atau menonton film karena jangkauan dan ketajaman warna sangat baik.

Sementara itu Oppo Reno6 juga dibekali refresh rate yang cukup tinggi, yaitu ada pada 90Hz, yang mana akan memungkinkan pengalaman scrolling media sosial semakin halus. Selain itu Oppo Reno6 mengalami peningkatan pada touch sampling, yakni berada pada 180 Hz sehingga dapat mempercepat respon saat menyentuh layar.

Baca juga: Pertimbangan Sebelum Membeli Oppo Reno 6, Apa Saja Kekuranganya?

Oppo Reno6 Menggunakan Snapdragon 720G

Image Source: Pricebook

Berikut spesifikasi Oppo Reno6 secara lengkap:

  • SoC: Qualcomm: Snapdragon 720G (8nm)
  • RAM: 8 GB (LPDDR4X)
  • ROM: 128 GB (UFS 2.1), + slot microSD
  • Kamera Depan: 44 MP (f/2.4)
  • Kamera Belakang: 64 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0", 0.7µm, PDAF -  8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm - 2 MP, f/2.4, (macro) - 2 MP, f/2.4, (mono)
  • Fitur Fotografi: Bokeh Flare Potrait Video, AI Highlight Video, Ultra Clear 108, MP Image, Portrait Beautification Video, Palet AI
  • Baterai: 4.310mAh
  • Fast Charging: Flash Charge 50 Watt
  • Sistem Operasi: Android 11, ColorOS 11.1
  • NFC: Ada
  • Fitur Lainnya: In-Display Fingerprint Scanner, speaker Dolby Atmos, jack audio 3,5 mm, Multi Cooling System, Anti-Peeping, Air Gesture, RAM Expansion (2 GB/3 GB/5GB), Freeform Screenshots, Artist Wallpaper Project, Quick Startup, Hyperboost 4.0, Game Focus Mode, SGS Eye Care Display, Oppo Image Clear Engine

Sebenarnya tidak ada peningkata di sisi chipset pada Oppo Reno6. Smartphone ini ditenagai oleh SoC Qualcomm Snapdragon 720G yang mana sama seperti pendahulunya, Oppo Reno 4 dan Oppo Reno5. Kalah dengan smartphone satu kelas lainna seperti vivo X50 yang ditenagai Snapdragon 730 dan Samsung Galaxy M51 yang menggunakan Snapdragon 730G. Namun dengan model chipset yang sama pun, Oppo Reno6 mampu menjalankan game keluaran sekarang dengan lancar.

Oppo Reno6 dibekali RAM 8GB dan ROM 128GB. Kedua jenis penyimpanan ini bisa diperluas. Untuk RAM, Jagoansbisa menambahnya dengan menggunakan jatah ROM menjadi virtual RAM dari 2GB, 3 GB, atau 5GB. Sementara itu, jika kamu ingin menambah penyimpanan external, kamu bisa memasukkan MicroSD ke dalam slot yang tersedia.

Kamera Oppo Reno6 dengan Dual View Video

Image Source: carisinyal

Oppo Reno6 dibekali konfigurasi yang sama dengan seri pendahulunya, Oppo Reno5, dimana memiliki Kamera Depan: 44 MP (f/2.4) dan 4 kamera utama (Quad Camera) yaitu 64 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0", 0.7µm, PDAF -  8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm - 2 MP, f/2.4, (macro) - 2 MP, f/2.4, (mono). Selain konfigurasi nya yang sama, fiturnya pun serupa dengan pendahulunya seperti Air Controll untuk scrolling tanpa menyentuh layar dan smart message privacy agar pesan masuk tidak bisa dilihat oleh sembarang orang.

Fitur unggul selanjutnya adalah Dual View Video. Fitur ini memungkinkan Jagoansuntuk menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Jadi kamu bisa melakukan video streaming seperti live reaction secara langsung. Kemudian Oppo Reno6 dilengkapi dengan EIS, jadi sudah dipastikan hasil video akan lebih stabil.

Bokeh Flare Video Portrait, fitur yang sangat menarik yang dimiliki Oppo Reno6. Fitur ini akan membuat video kamu memiliki efek bokeh sinematic dengan akurasi blur yang presisi. Kemudian ada juga fitur AI Highlight Video yang memungkinkan kamu merekam video pada malam hari dengan kualitas yang bagus karena fitur ini menggabungkan antara night mode dengan Live HDR.

Baterai Oppo Reno6 Awet & Fast-Charging

Image Source: Tek.id

Oppo Reno6 dibekali dengan baterai yang cukup mumpuni, yakni di 4.310 mAh. Dengan kapasitas sebesar ini kamu bisa menggunakan secara wajar HP ini seharian tanpa harus dicharge ulang. Hal ini dibuktikan dengan percobaan yang dilakukan kanal JagatReview bahwa smartphone ini mampu memutar video tanpa henti selama 21 jam 15 menit.

Sementara itu, Oppo Reno6 dibekali teknologi fast charging yang mumpuni. Oppo menamakan metode fast charging ini dengan Flash Charge 50W. Teknologi ini memungkinkan Jagoans mengisi daya dari 0 sampai 100% hanya dalam 48 menit (claim dari Oppo). Semantara itu hal menarik lainnya adalah ketika kamu mengisi ulang HP ini selama 5 meit saja, kamu bisa menggunakannya untuk menonton video selama 3 jam. Kemudian, jika kamu mengalami kejadian low batt di luar dan mengaktifkan Super Power Saving Mode di 5% sisa daya baterai, kamu masih bisa menggunakan WhatsApp selama 2 Jam lebih. Fitur teknologi yang sangat menarik bukan, Jagoans?

Baca juga: Oppo Reno 7: Spesifikasi dan Harga Tahun 2023

Kesimpulan Oppo Reno6

Jika Jagoans sedang melakukan reseach dan sedang berencana membeli smartphone, Oppo Reno6 memang sangat menarik untuk dibahas. Di satu sisi ada peningkatan, kemudian di sisi lain masih menggunakan teknologi atau fitur yang sama dengan pendahulunya. Oleh karena itu, yuk kita simak alasan untuk membeli atau tidak smartphone keluaran Oppo ini.

Alasan Membeli Oppo Reno6

  • Layar AMOLED dengan refresh 90Hz. Perpaduan fitur ini bisa memanjakan mata Jagoans yang suka scrolling media sosial dan mengeksplor dunia maya karena mulusnya transisi saat scrolling dan luasnya jangkauan warna yang dicakup.
  • Daya baterai yang mumpuni yang didukung Flash Charge 50W. Smartphone yang bisa menemani Jagoans seharian di lapangan, pun jika habis baterainya, kamu bisa mengisi daya dengan super cepat.
  • Fitur kamera yang super keren. Fitur Bokeh Flare Portrait bisa jadi andalan dari Oppo Reno6 karena menyediakan efek blur yang sangat presisi.
  • NFC dan Jack Audio 3,5 mm. Elemen penting yang sekarang sangat dibutuhkan. NFC yang sangat perlu untuk mengecek dan mengisi ulang uang elektronik kita bergeser keperluannya menjadi essential di setiap smartphone. Semantara itu, Jack Audio 3,5 mm yang mulai langka ditemukan pada smartphone keluaran baru, tersedia di Oppo Reno6.

Alasan Tidak Membeli Oppo Reno6

  • Tidak didukung Speaker Stereo. Salah satu fitur yang tidak mendapatkan upgrade dari seri sebelumnya, Oppo Reno5.
  • SoC masih menggunakan Snapdragon 720G. Hal ini juga tidak mendapat peningkatan dari seri terdahulunya. Namun SoC ini masih mumpuni di kelasnya.
  • Pembaharuan yang kurang maximal. Tidak dipungkiri memang tidak banyak peningkatan pembaharuan yang signifikan yang diterapkan di Oppo Reno6 ini. Hal ini memicu pendapat bahwa Oppo Reno6 sebenarnya sama saja dengsn seri sebelumnya, Oppo Reno5, hanya diganti kemasan saja.

Nah, Jagoans, demikian ulasan kelebihan, spesifikasi dan harga Oppo Reno6. Jika kamu mau mengganti gadget kamu dengan yang lebih baru, kamu bisa intip katalog Jagofon. Membeli gadget di Jagofon dijamin kemanan, kualitas, dan kelengkapan aksesorisnya. Pokoknya ga bakal rugi deh!