Product

Flagship Termurah? Cek Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S23 FE!

Setelah absen mengeluarkan model "FE" alias Fan Edition pada tahun 2022, Samsung comeback dengan menghadirkan model Galaxy S23 FE pada Bulan Oktober 2023.

Samsung Galaxy FE merupakan versi "lite" dari Samsung Seri S reguler. Samsung S23 FE hadir dengan menghilangkan beberapa fitur yang dirasa tidak terlalu penting untuk menekan harga produksi. Sehingga harga jual Samsung Galaxy S23 FE otomatis akan lebih murah, namun tetap mempertahankan status flagship nya.

Nah, apakah performa Galaxy S23 FE mengalami penurunan juga? Kemudian apakah harga Samsung Galaxy S23 FE masuk ke dalam range budget kamu? Oleh karena itu, yuk kita cek spesifikasi dan harga Samsung Galaxy S23 FE berikut.

Desain Ala Series S

Samsung Galaxy S23 FE
Image Source: Samsung

Desain Samsung Galaxy S23 FE memiliki tampilan yang calm dan elegan. Dengan 4 pilihan warna pastel seperti Mint, Graphite, Cream, dan Purple, ponsel ini menyuguhkan visual yang membuat nyaman mata Jagoans.

Ukuran ponsel ini sendiri memiliki dimensi 158 x 76,5 x 8,2 mm dengan berat 209 gram. Bodinya dilapisi Corning Gorilla Glas 5 di bagian layar dan cover belakangnya, serta ditopang oleh flat frame berbahan aluminium yang dijamin anti retak dan pecah dari ketinggian sampai dengan 1,2 meter pada permukaan yang rata.

Alih-alih menyematkan rounded frame seperti pada seri sebelumnya, Samsung memutuskan untuk menerapkan flat frame di jajaran seri S23. Hal ini juga diterapkan ke dalam Samsung Galaxy S23 FE yang menambah kenyamanan saat menggenggam dan daya cengkeram pada ponsel ini.

Untuk melindungi komponen dalamnya, ponsel ini sudah tersertifikasi IP68 yang tahan debu dan air sampai kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Untuk sektor keamanan lainnya, ponsel ini memiliki sensor sidik jari yang tertanam di bawah layar.

Layar Samsung Galaxy S23 FE memiliki fitur yang mumpuni. Layar ponsel ini memiliki ukuran 6,4 inchi (~83.2% rasio layar ke bodi) dengan panel Dynamic AMOLED 2X yang memiliki refresh rate 120Hz dan memiliki kecerahan puncak di 1450 nit. Resolusi layarnya berada di 1080 x 2340 pixel dengan aspek rasio 19,5:9 dan memiliki kerapatan pixel ~403 ppi.

Ponsel ini memiliki spek layar yang tajam dan memiliki warna yang immersif. Dengan dukungan HDR10+ dan sertifikat Widevine L1, Ponsel ini cocok buat Jagoans yang hobi menonton film dengan kualitas HD di Netflix atau platform lain yang sama.

Baca juga: Paling Tangguh? Harga dan Spesifikasi Samsung S23 Ultra

Performa Samsung S23 FE

Performa Gaming Samsung Galaxy S23 FE
Image Source: Samsung

Spesifikasi Samsung Galaxy S23 FE

  • Layar: 6,4 inci Dynamic AMOLED 2X
  • Chipset: Exynos 2200
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Kamera Belakang: 50 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 8 MP (telephoto)
  • Kamera Depan: 10 MP (wide)
  • Baterai: Li-Po 4500 mAh

Seperti seri-seri sebelumnya, Samsung memutuskan untuk memfragmentasi pasar dengan mengeluarkan 2 versi chipset untuk Seri S. Samsung Galaxy S23 FE sendiri menerapkan metode pemasaran serupa. Untuk pasar USA, Samsung Galaxy S23 memiliki chipset Snapdragon 8 Gen 1, sementara itu untuk negara lainnya disematkan Chipset Exynos 2200 (4nm).

Exynos sendiri semakin lama semakin berkembang teknologinya dan digadang-gadang sudah menyamai performa dari Snapdragon.

Exynos 2200 sendiri memiliki CPU Octa-core yang terdiri dari 1 core prime Cortex X2 2.8 GHz, 3 core high performance Cortex A710 2.5 GHz, serta 4 core efisiensi daya Cortex A510 1.9 GHz. Di dalam SoC ini juga disematkan GPU Xclipse 920 (810 MHz) untuk mempermulus kerja grafisnya.

Untuk mendukung performa kecepatan membaca data dan kemampuan multitaskingnya, ponsel ini didukung RAM LPDDR5 sebesar 8GB dan memiliki 2 pilihan memori internal berkapasitas 128 GB dan 256 GB yang menganut teknologi UFS 3.1. Hal ini bisa menjamin pengalaman multitasking dan berpindah antar aplikasi dengan mulus.

Untuk mengukur seberapa bagus performa Samsung Galaxy S23 FE, GSMArena melakukan pengetesan performa menggunakan AnTuTu v10 dan menghasilkan skor 1.134.250, skor ini unggul tipis dari versi Snapdragon 8 Gen 1 yang meraih skor 1.129.280.

Sementara itu, Geekbench 5 digunakan untuk mengetes kecepatan prosesor Samsung Galaxy S23 FE. Ponsel ini mendapatkan skor 3.666 untuk multi-core dan 1.158 pada sektor single-core nya. Performa prosesornya masih kompetitif antara Dimensity 8200 Ultra dan Dimensity 9000, namun jika dibandingkan dengan Snapdragon 7+ Gen 2, jaraknya lumayan cukup jomplang.

Di atas kertas, chipset Exynos 2200 menyuguhkan performa yang luar biasa. Ponsel ini bisa memainkan semua game yang ada sekarang ini dengan lancar walaupun tidak semua bisa dijalankan di settingan grafis tinggi.

Namun, ada hal yang mengganjal, yakni masalah stabilitas fpsnya. Setelah dilakukan stress test, Ponsel ini memiliki skor 58% kestabilan untuk CPU nya dan 50% kestabilan untuk GPU nya.

Saat dilakukan stress test selama 1 jam, performa CPU bertahan di skor 66% untuk menstabilkan performa. Sementara itu untuk GPU nya, performa yang dihasilkan sangat bagus untuk di 5 menit pertama, setelah itu berada pada skor stabilitas performa mengecewakan di 46%.

Tenang saja Jagoans, HP nya tidak akan sepanas yang kamu bayangkan kok saat dipakai bermain game hardcore. Namun dikarenakan tidak didukung sistem pendingin yang apik, kamu harus bijak dan bisa berkompromi untuk menurunkan settingan grafis game yang kamu mainkan guna menjaga performanya.

Triple Camera Berkualitas

Image Source: Samsung

Sama seperti seri S21 FE, Samsung Galaxy S23 FE memiliki 3 kamera belakang yang sama namun dengan resolusi kamera utama lebih besar di 50 MP. Artinya ponsel ini diperkuat dengan konfigurasi kamera belakang 50 MP (f/1.8) dengan jarak fokus 24mm (wide) dan memiliki fitur PDAF serta sudah OIS.

Kemudian ponsel ini juga memiliki kamera telefoto 8 MP (f/2.4) dengan jarak fokus 75mm, PDAF serta OIS, dan memiliki kemampuan 3x optical zoom. Terakhir ponsel ini memiliki kamera utrawide beresolusi 12 MP (f/2.2) dan memiliki fov sampai dengan 123˚. Sementara itu, kamera selfie S23FE sendiri memiliki resolusi 10 MP (f/2.4) dengan jarak fokus 26mm.

Untuk kemampuan perekaman video, kamera utama Galaxy S23 FE mampu merekan video dengan kualitas 8K di 24fps, 4K di 30/60fps, 1080p di 30/60/120/240fps, 720p di 960fps. Serta kamera depannya mampu menghasilkan video dengan kualitas 4K di 30/60fps, 1080p di 30/60fps serta didukung fitur gyro-EIS.

Secara keseluruhan, gambar yang dihasilkan kamera S23FE memiliki hasil yang mengagumkan dengan detail yang super dan warna yang terkesan hidup, serta memiliki jangkauan dynamic range yang luas. Hasilnya juga memiliki ketajaman yang bagus tanpa merusak detail yang disuguhkan.

Berikut beberapa contoh hasil kamera Samsung Galaxy S23 FE.

Samsung Galaxy S23 FE Main Camera
Hasil Kamera Utama | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Telefoto 3x zoom Samsung Galaxy S23 FE
Hasil Kamera Telefoto 3x zoom | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Selfie | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Utama - Low Light Samsung Galaxy S23 FE
Hasil Kamera Utama - Low Light | Image Source: GSMArena

Baterai Cukup Memadai

Image Source: GSMArena

Samsung Galaxy S23 FE dibekali baterai dengan kapasitas 4500 mAh. Kapasitasnya sama dengan S21FE dan S22+ namun memiliki chipset 4nm dengan teknologi terbaru. Hal ini diharapkan menambah daya tahan baterai ponsel ini karena memiliki manajemen daya yang lebih baik.

Dilansir dari GSMArena, Galaxy S23FE versi Exynos memiliki skor active use 8:28h yang mana mampu melakukan panggilan telepon selama 28 jam 26 menit, browsing internet selama 7 jam 31 menit, menonton video playback selama 9 jam 16 menit, dan 5 jam 9 menit.

Sementara itu untuk S23FE versi Snapdragon 8 Gen 1 memiliki daya tahan baterai lebih baik, yakni dengan skor 9:45h dan memiliki kemampuan 20% lebih baik di setiap sektor pengetesan.

Untuk pemakaian sehari-hari ponsel ini masih bisa diandalkan asal masih dalam pemakaian yang wajar ya Jagoans.

Untuk pengisian daya baterai, ponsel ini dibekali dengan teknologi pengisian daya cepat dengan nama Super Fast Charging 25W. Ponsel ini mampu mengisi daya sebanyak 58% di 30 menit pertama, kemudian mampu mengisi daya penuh selama 84 menit.

Baca juga: 5 Kelebihan dan Kekurangan Samsung S23

Cek Samsung Galaxy S23 FE di Jagofon!

Nah, tertarik untuk beli Samsung Galaxy S23 FE? tentu banyak pertimbangan buat Jagoans untuk membeli HP flagship versi lite ini ya. Agar kamu tambah yakin beli atau tidaknya ponsel ini, yuk kita simak beberapa poin sebagai bahan pertimbangan keputusan kamu.

Alasan Beli Samsung Galaxy S23 FE

  • Layar immersive yang lebih lega
  • Chipset yang semakin mumpuni
  • Kualitas foto di atas rata-rata
  • Build quality tak diragukan lagi ketahanannya

Alasan Tidak Beli Samsung Galaxy S23 FE

  • Pilihan desain dan warnanya yang terkesan itu-itu saja
  • Teknologi pengisian daya cepat yang kalah sing dengan kompetitor
  • Tidak termasuk adaptor charger dalam satu paket pembelian

Nah, itulah beberapa poin yang bisa menjadi bahan pertimbangan buat Jagoans sebelum beli Samsung S23 FE. Jika kamu ada pertimbangan lain selain harga jual Samsung Galaxy S23 FE yang masih lumayan tinggi di hampir Rp. 10 juta, kamu bisa cek jajaran HP flagship keluaran Samsung sebelumnya seperti S21FE atau S22 series di Jagofon loh!.

Jagofon merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas. Jangan khawatir, semua produk Jagofon sudah lolos tes 90+ titik fungsi dan terjamin berkualitas.

Beli HP bekas di Jagofon seperti beli HP baru, karena semua produk punya jaminan garansi mesin 1-6 bulan. Ini cara baru beli HP bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!