JagoHacks

HP Sering Ngelag? Berikut Cara Mudah Mengatasinya!

hp sering ngelag

HP sering ngelag adalah sebuah momok yang akan sering dijumpai oleh HP kelahiran lawas. Jagoans pasti kesal saat ingin menjalankan sebuah perintah di aplikasi, respon yang didapat sangat lambat bahkan malah terjadi crash sebelum menuntaskan perintah Jagoans.

Lag sendiri memiliki pengertian keterlambatan atau penundaan. Keterlambatan atau penundaan proses transfer data di HP ini pada umumnya dikarenakan usia HP yang sudah terpaut jauh dengan generasi yang baru. Selain usia HP yang sudah tua, fenomena tak mengasyikkan ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain.

Oleh karena itu yuk kita bahas apa saja yang bisa membuat HP kamu ngelag, sekaligus cara mudah untuk mengatasinya.

Baca juga: Apakah HP Second Bagus Untuk Dibeli? Simak 5 Tipsnya!

Penyebab HP Ngelag

HP Sering Ngelag? Berikut Cara Mudah Mengatasinya! - Jagofon
Image Source: Pixabay

Penyebab HP ngelag dikarenakan oleh beberapa faktor. Kondisi dimana HP memiliki respon yang lambat dalam memroses data ini acap kali ditemukan pada HP yang sering dipakai dan sudah berumur. Adapun beberapa faktor tersebut adalah sebagai berikut.

Cache Menumpuk

Salah satu penyebab seringnya HP kamu ngelag adalah cache yang menumpuk. Cache sendiri merupakan sejenis data memori yang dihasilkan ketika kamu melakukan aktivitas pada sebuah aplikasi. Fungsinya untuk memuluskan proses ketika kamu membuka kembali aplikasi tersebut.

Fungsi cache sebenarnya sangat berguna untuk mempersingkat waktu memuat aplikasi. Namun seiring berjalannya waktu dan semakin seringnya kamu membuka suatu aplikasi, semakin besar juga cache yang disimpan di penyimpanan kamu. Hal ini yang menjadi bom waktu dan tidak kamu sadari sampai HP kamu benar-benar ngelag parah.

Memori Penuh

Selain cache yang menumpuk, data usang lainnya yang kamu simpan di memori internal menyumbang kemungkinan ngelag-nya HP kamu. HP Samsung atau iPhone yang memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas tak mampu menampung banyaknya file atau data yang kamu simpan dalam kurun waktu lama.

Padatnya kapasitas memori HP kamu bisa menghambat suatu proses jalannya aplikasi bahkan sistem operasi karena keterbatasan kapasitas yang bisa digunakan saat melakukan suatu perintah atau tugas. Hal ini juga bisa membuat memori kamu rusak jika kamu diamkan dalam jangka waktu yang lama.

Banyak Aplikasi Berjalan di Balik Layar

Seringnya menggunakan HP untuk multitasking bisa jadi menyebabkan HP kamu sering ngelag. Jika kamu sangat produktif menggunakan HP dan sering membuka- tutup berbagai macam aplikasi tanpa menutup aplikasi tersebut dengan menyeluruh, hal ini akan menyisakan proses yang tertinggal di balik layar.

Proses inilah yang membebankan memori HP kamu, sehingga saat membuka aplikasi baru, HP kamu akan terasa lemot dan ngelag. Fenomena yang sering terjadi di HP Android ini memang merepotkan karena manajemen daya dan aplikasinya tak sebagus iPhone.

Terkena Virus

Tak bisa dipungkiri, dengan semakin terbukanya gerbang dunia digital di masyarakat, oknum tak bertanggungjawab bisa memanfaatkannya untuk hal yang bisa merugikan orang lain. Salah satunya menyebar virus malware atau adware ke dalam HP kamu.

Tak hanya membuat HP kamu ngelag, keberadaan virus ini sangat berbahaya karena bisa mengusik data pribadi kamu yang bisa diselewengkan oleh oknum pembobol data tersebut.

Penggunaan Aplikasi Berat

Menggunakan aplikasi berat adalah salah satu penyumbang yang besar untuk membuat HP kamu sering ngelag. Pasalnya untuk menjalankan suatu aplikasi dibutuhkan memori yang cukup untuk memrosesnya dengan lancar. Jika kapasitas memori kamu sudah keok, untuk menjalankan aplikasi berat dirasa merupakan keputusan yang kurang bijak.

Oleh karena itu, jika kamu hanya memiliki kapasitas memori yang kurang memadai, jangan memaksakan menjalankan aplikasi berat di HP kamu. Hal ini jua untuk memperpanjang masa pakai HP kamu agar bisa bertahan lebih lama.

Cara Mengatasi HP Ngelag

HP Sering Ngelag? Berikut Cara Mudah Mengatasinya! - Jagofon
Image Source: Shutterstock

Nah, setelah menjabarkan beberapa faktor yang menyebabkan HP kamu jadi ngelag, berikut beberapa cara mengatasi HP ngelag.

Bersihkan Cache

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi HP ngelag adalah dengan membersihkan cache HP kamu secara rutin. Untuk membersihkannya akan berbeda-beda untuk setiap HP, namun secara umum caranya pergi ke Settings>Apps>Storage>Clear Cache.

Setelah membersihkannya harusnya performa HP kamu akan kembali normal, namun karena sifat cache akan selalu ada setiap kamu menjalankan aplikasi, kamu harus sering membersihkannya baik secara manual atau menggunakan aplikasi tambahan.

Hapus File dan Aplikasi Tak Perlu

HP Android dan iPhone sering ngelag bisa dikarenakan penyimpanan yang terlalu padat yang berisikan file berukuran besar dan banyaknya aplikasi yang ada di HP kamu.

Oleh karena itu kamu harus menghapus beberapa file yang tidak kamu gunakan lagi. Selain itu kamu bisa menghapus beberapa aplikasi produktivitas atau game yang sudah jarang sekali kamu gunakan.

Solusi lain selain menghapus file yang ada di dalam penyimpanan internal adalah dengan memindahkannya ke cloud storage.

Pakai Aplikasi Lite

Cara ampuh lain untuk menghindari HP ngelag adalah menggunakan aplikasi "lite". Aplikasi versi lite adalah sebuah alternatif yang memang ditujukan untuk HP yang memiliki memori tipis.

Aplikasi lite sendiri hanya menghadirkan fitur esensial dan membuang hal yang tak penting pada sebuah aplikasi sehingga bisa memperingan kinerja HP Android dengan kapasitas RAM yang minim.

Tutup Aplikasi Balik Layar

Hal yang sangat jarang sekali disadari adalah berjalannya aplikasi di balik layar. Hal ini yang bisa jadi penyumbang terbanyak yang menyebabkan HP kamu jadi ngelag.

Untuk menutup aplikasi balik layar, caranya akan berbeda-beda pada setiap memek HP. Namun untuk gambaran umum yang diadaptasi dari One UI kepunyaan Samsung, untuk menghilangkannya cukup tekan Recent App, di sebelah kiri atas ada informasi aplikasi balik layar yang sedang berjalan, kemudian kamu ketuk saja informasi tersebut, kemudian matikan para aplikasi tersebut.

Update OS

Cara lain yang mungkin berhasil adalah dengan update OS alias memperbaharui sistem operasi HP kamu. Tak sedikit HP ngelag dikarenakan adanya bug dalam OS HP kamu.

Hal ini bisa saja terjadi karena kegagalan produsen dalam menjalankan sebuah testing sebelum merilis pembaruan sistem baru. Jika ini terjadi, satu-satunya cara untuk mengatasi masalahnya adalah dengan menunggu pembaruan OS selanjutnya.

Baca juga: 5 Ciri Toko Online Smartphone Terpercaya, Jangan Sampai Tertipu!

Upgrade HP Terbaik dengan Harga Terjangkau di Jagofon!

Permasalahan HP ngelag memang tidak bisa dianggap remeh. Jika kamu menemukan maslah ini, memang kamu bisa mengatasinya dengan cara di atas. Namun sejauh mana kamu bisa mengandalkan cara tersebut apalagi harus sering membersihkan cache dan menghapus beberapa aplikasi dan file kesayangan.

Salah satu cara mengatasi HP ngelag adalah dengan beli HP bekas di Jagofon. Walaupun bekas, HP di Jagofon sudah terjamin kualitasnya karena sudah melalui 90+ titik tes untuk menguji kelayakannya. Beli HP bekas di Jagofon juga seperti beli HP baru karena memiliki garansi uang kembali selama 7 hari dan garansi ganti mesin selama 30 hari.

Nah, jika kamu bingung mau jual HP lama kamu dimana, kamu bisa memanfaatkan fitur buyback di Jagofon yang memungkinkan kamu jual HP bekas kamu dengan aman dan nyaman.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Hati-hati jika diluar sana ada HP yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original.