JagoHacks

Ingin Tukar Tambah HP? Ikuti Trik Ini Agar Untung!

Sekarang, tukar tambah HP adalah tren yang mulai digemari oleh banyak orang. Hal ini tidak aneh mengingat kamu bisa mendapatkan HP impianmu dengan budget yang lebih rendah dengan tukar tambah.

Tentu saja, kamu tidak bisa tukar tambah begitu saja. Kamu harus memastikan bahwa HP yang kamu dapatkan berkualitas dan sesuai dengan yang diinginkan. Bagi yang mau tips dan trik untuk tukar tambah HP, yuk simak artikel di bawah ini!

Pilih Online atau Offline

Hal pertama yang wajib dilakukan untuk tukar tambah HP adalah menentukan bagaimana prosesnya dijalankan. Apakah tokonya online, atau kamu akan mendatangi tokonya secara langsung (offline)?

Dua cara di atas adalah cara umum. Tidak sedikit orang memilih untuk tukar tambah HP online. Tentu saja, masih ada orang yang suka tukar tambah HP offline. Kalau kamu bingung mau tukar offline atau online, kamu bisa lihat tips ini:

Offline

Sampai sekarang, masih banyak orang yang lebih suka ganti HP offline.

Ketika kamu tukar tambah HP offline, kamu bisa melihat produknya secara langsung. Hal ini bisa membantumu untuk memutuskan apakah kamu mau produk yang ditawarkan atau tidak karena kamu bisa menilai produknya secara langsung. Dan kalau kamu tidak suka produknya, kamu bisa langsung memilih produk pengganti yang bisa ditukar dengan HP-mu.

Selain melihat handphonenya secara langsung, kamu juga bisa melakukan konsultasi ke penjualnya. Hal ini cocok bagi mereka yang masih ragu dengan HP pilihan mereka. Dengan konsultasi, kamu bisa catat kebutuhanmu, dan sang penjual bisa mencari HP sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

Meskipun tukar tambah HP offline cukup menyenangkan, masih ada beberapa kekurangan dari hal ini.

Pertama, tukar tambah HP offline akan memakan banyak waktu. Karena dilakukan offline, kamu harus menyisakan waktumu untuk pergi ke tokonya. Hal ini cukup merepotkan bagi orang-orang yang cukup sibuk, karena mereka harus menyisakan waktu istirahat mereka hanya untuk mendatangi tokonya.

Selain memakan waktu dan tenaga, tukar tambah HP offline bisa membuatmu tertekan. Bagi mereka yang ahli di gadget, mereka pasti bisa mendeteksi kekurangan produknya. Tapi bagi orang awam, seller-nya bisa melakukan false marketing dan memberikan produk yang jelek.

Baca juga: Keuntungan Tukar Tambah HP di Jagofon

Online

Sekarang mulai ada tren bagi orang-orang untuk tukar tambah HP offline. Hal ini karena beli HP online lebih murah dibandingkan dengan offline. Hal ini bisa dimengerti, mengingat bagaimana HP online tidak butuh biaya sewa atau gedung. Semua orang bisa jual HP online di mana saja, kapan saja melalui marketplace.

Selain lebih murah, HP online juga lebih banyak variasi. Kalau kamu hanya mendapatkan lima opsi di toko offline, kamu bisa mendapatkan lebih dari dua puluh opsi online. Kemungkinan stok kosong pun lebih kecil. Jadi, kamu pasti bisa mendapatkan HP yang kamu mau offline. Dan kalau HP-nya tidak ada, kamu lebih bebas mencari HP penggantinya karena variasinya lebih banyak.

Sayangnya, toko online juga memiliki isu yang sama dengan toko offline, bahkan lebih serius dibandingkan toko offline. Di toko offline, kamu bisa protes ke penjualnya secara langsung kalau produknya tidak sesuai dengan ekspektasi. Tapi dengan toko online, sang penjual bisa ghosting atau blok kamu di sosial media. Kita juga tidak bisa mendatanginya karena ada kemungkinan lokasi “toko”-nya pun palsu.

Untuk menghindari hal di atas, pastikan bahwa kamu tukar tambah HP di toko yang terpercaya seperti Jagofon. Jagofon ada berbagai garansi, dan alamat tokonya pun jelas. Mereka juga punya CS khusus untuk melayani pelanggan. Jadi kalau kamu kurang puas, kamu tahu harus protes kemana untuk menghubungi Jagofon.

Cek Kelengkapan dan Fungsi HP

Setelah kamu mendapatkan HP yang kamu inginkan, saatnya kamu melakukan pengecekan. Pertama, kamu harus memastikan bahwa aksesoris asli ada di paketnya. Kalau HP-nya dijual dengan charger, maka kamu harus mendapatkan charger juga. Kalau tidak ada charger asli, minimal kamu diberikan charger oleh penjualnya.

Kalau aksesoris yang kamu inginkan tidak ditawarkan di paket, kamu bisa memesannya di sang penjual. Dengan trik ini, aksesoris yang kamu inginkan akan datang bersamaan dengan HP kamu. Jadi, kamu bisa menggunakan aksesorisnya di saat yang bersamaan saat kamu dapat HP-nya.

Setelah cek aksesoris, kamu wajib cek fungsi HP yang esensial seperti kamera, memori, jaringan, tombol, dan lain-lain. Meskipun kebanyakan HP tukar tambah bukan HP baru, bukan berarti fungsi dasarnya tidak berjalan dengan baik. Kamu harus memastikan bahwa fungsi utamanya bisa memenuhi kebutuhanmu sehari-hari.

Apabila fungsi utamanya ada kekurangan, penjual wajib untuk memberitahukan calon pembeli. Jadi kalau kamu menemukan kekurangan yang tidak dikasih tahu oleh penjual, langsung ganti HP-nya.

Tentu saja, masih banyak fungsi HP yang wajib diperiksa. Ada hal lain seperti battery health, koneksi Bluetooth, dan yang lain-lain. Kalau kamu tidak mau repot, kamu bisa mencari penjual yang bersedia untuk memeriksa semua fungsi HP-nya seperti Jagofon.

Berbeda dengan toko lain, Jagofon memeriksa 90+ titik produk mereka dan memastikan bahwa semua titiknya bisa berfungsi dengan baik. Dan kalau ada kekurangan, Jagofon memastikan bahwa ada deskripsi yang bisa mewakilkan kekurangan tersebut di bagian deskripsi produk mereka. Jadi, kamu pasti tahu kondi produk yang dijual oleh Jagofon.

Baca juga: Satu-satunya Cara Beli HP Second Harga Termurah Versi Jagofon

Tempat Tukar Tambah HP yang Aman dan Mudah

Kalau HP kamu adalah (minimal) iPhone 7 dan mau tukar tambah HP di tempat terpercaya, maka Jagofon lah jawabannya. Jagofon punya program Tukar Tambah dimana kamu bisa tukar HP-mu dengan HP lain yang dijual oleh Jagofon. Dan kalau harganya tidak setimpa, kamu bisa cover sisanya dengan uang.

Untuk melakukan tukar tambah di Jagofon, kamu harus konsultasi ke CS dulu. Apabila CS konfirmasi bahwa HP kamu bisa ditukar di Jagofon, kamu bisa mulai proses tukar tambahnya. Berikut langkah untuk memulai proses tukar tambahnya:

  1. Pergi ke website Jagofon lalu pilih “Tukar Tambah” yang ada di pojok kanan atas website
  2. Isi data yang diminta – nama, nomor HP, dan email
  3. Tulis tipe HP kamu dan tipe HP yang diinginkan
  4. Tulis deskripsi dan kondisi HP kamu selengkap mungkin
  5. Setelah semuanya diisi, ketuk “Lihat Penawaran” untuk melihat detail harga HP lama, HP baru, dan sisa yang harus diganti dengan uang
  6. Pilih “Accept” atau “Terima” untuk menyetujuinya
  7. Buka email untuk melihat detail yang dikirim oleh Jagofon
  8. Tentukan waktu yang diinginkan untuk tukar tambah di kantor Jagofon.

Seperti yang dilihat di atas, tukar tambah HP di Jagofon cukup gampang. Kamu cuma perlu mengisi formulir dan menyetujui harga yang ditawarkan. Kalau kamu tidak setuju, jangan khawatir karena masih ada HP alternatif yang bisa kamu dapatkan di Jagofon. Dapatkan HP idamanmu dengan harga sangat terjangkau dengan program tukar tambah HP Jagofon sekarang juga!