JagoHacks

Inilah 5 Tips Penting Merawat iPad Agar Lebih Awet

Mendengar produk dari brand Apple pasti sudah tidak ragu lagi dengan kualitas dan performanya, mulai dari iPhone, iPad, Macbook, Airpod, hingga Apple Watch.

Seberapa bagusnya sebuah produk, semua komponen pada perangkat elektronik pasti akan menyusut. Contohnya seperti battery health yang terus semakin melemah seiring perangkat tersebut digunakan.

Jagofon akan membahas iPad, produk tablet dari Apple yang sangat praktis. Interface yang dimiliki mirip dengan iPhone atau iPod, namun iPad memiliki ukuran yang lebih besar dan adanya tambahan sistem yang sama dengan Macbook.

Kalau kamu sedang berpikir-pikir untuk mengganti iPad yang baterainya bocor, kamu bisa cek di Jagofon karena harganya mulai dari 3 jutaan saja sudah bisa dapat produk Apple yang terverifikasi IMEI dan bergaransi!

Jika sudah memiliki iPad, kamu perlu tahu bagaimana cara untuk merawat iPad dengan benar. Sebaiknya, jangan tunggu rusak baru merawat iPad, tapi alangkah baiknya bila dicegah sejak awal.

Apakah merawat iPad itu sulit? Hal ini termasuk mudah untuk dilakukan. Jadi, yuk baca tips merawat iPad berikut ini.

1. Bersihkan dan Lindungi iPad

Jika bisa, hindari menggunakan iPad disaat tangan kamu sedang berminyak, terlebih jika kamu tidak menggunakan screen guard. Dalam jangka Panjang, hal ini akan membuat fungsi layar tidak maksimal.

Gunakan aksesoris pelindung seperti casing dan screen guard agar iPad kamu terhindar dari goresan dan retakan.

Kalau iPad kamu jatuh, tidak hanya bagian luar saja yang akan bermasalah, bagian dalam pun bisa bermasalah juga. Tidak jarang kita mendengar perangkat elektronik yang rusak karena jatuh, begitu juga iPad.

Bicara soal aksesoris, jika bisa gunakan aksesoris yang benar-benar dapat melindungi iPad kamu. Misalnya, kamu ingin beli adapter namun belinya yang murah atau kw. Tidak jarang terkadang aksesoris palsu bisa tidak terbaca pada iPad.

Jika aksesoris tersebut dihubungkan dalam jangka lama, komponen di dalam iPad dapat rusak jika aksesoris yang digunakan tidak original atau tidak resmi.

Jual CASE CASING IPAD AIR 4 AIR 5 M1 10.9 INCH TOUCHPAD BLUETOOTH KEYBOARD  - Hitam di Seller Dstore 22 - Grogol, Kota Jakarta Barat | Blibli

Sebagai pengalaman pribadi, sebuah iPad pernah jatuh dari setinggi lutut kaki manusia dewasa. Akibatnya adalah layarnya pecah, padahal kalau diperkirakan hanya jatuh dari ketinggian yang tidak terlalu tinggiBahkan perangkat sekecil Airpod bisa rusak dengan mudah apabila jatuh. Maka itu, kamu perlu merawat iPad kamu dengan baik. Jika sudah rusak dan tidak bisa nyala Kembali, kamu bisa coba bawa ke service center yang resmi dari Apple.


Baca juga: Perbandingan iPad 9 dan iPad 8 yang Wajib Kamu Pahami


2. Menjaga Baterai Handphone

Bukan masalah yang jarang, semua perangkat elektronik pasti akan mengalami masalah pada baterai. Pertanyaannya, seberapa cepat baterainya bocor?

Untuk menjaga iPad agar dapat bertahan lama, ada saran khusus resmi diberitakan oleh Apple. Baterai iPad akan lebih stabil apabila digunakan di sekitar suhu 25 derajat celcius.

Jika digunakan lebih dari 35 derajat celcius atau lebih rendah dari 0 derajat, kinerja iPad akan mengalami penurunan karena terlalu panas atau tidak panas sama sekali.

iPad Getting Hot? Here's What You Should Do | X-naut

Untuk produk Apple, suhu pada pemakaian normal masih termasuk normal. Samsung Galaxy S21 memiliki suhu normal sekitar 33 derajat, yang mana termasuk cukup tinggi.

Seberapa banyak pun tips merawat iPad yang ada, baterai akan tetap bisa bocor karena hal ini wajar untuk sebuah perangkat elektronik.

3. Unduh Aplikasi yang Dibutuhkan

Untuk mengunduh sebuah aplikasi, harap gunakan toko resmi agar terhindar dari virus dan serangan lainnya. AppStore untuk Apple dan PlayStore untuk Android. Melihat kompetitor terdekatnya, Samsung, produk Apple tidak memiliki slot untuk microSD card sebagai tambahan penyimpanan eksternal.

Untungnya tidak seperti perangkat Android, perangkat Apple tidak banyak memiliki banyak aplikasi yang tersembunyi maupun perbedaan dalam menghapus aplikasi dan datanya.

Namun meskipun demikian, terlalu banyak aplikasi juga dapat membuat sistem perangkat jadi tidak optimal.

Kamu bisa hapus atau non aktifkan aplikasi yang tidak kamu gunakan di iPad kamu. Menghapus beberapa aplikasi kecil dapat berpengaruh cukup besar untuk menjaga iPad kamu.

Apple iPad - Check Device Storage | Verizon

Lalu, apa hubungannya menghapus aplikasi dengan merawat iPad?

Sebenarnya, jumlah banyak atau tidaknya aplikasi tidak akan merusak iPad dalam waktu dekat. Namun, meminimalisir pemakaian aplikasi akan sangat berpengaruh pada baterai terutama perihal background activities atau aplikasi yang terus berjalan tanpa kita buka.

4. Rutin Backup Data

Agar tidak banyak sistem yang berjalan atau pembacaan data yang berlebih, ada baiknya kamu mulai backup data.

Backup data bisa dilakukan melalui iCloud atau menggunakan kabel ke laptop kamu. Kalau ingin dipindahkan ke Macbook, kamu bisa gunakan Airdrop.

Cara untuk backup dengan iCloud adalah ke menu pengaturan > profil kamu > iCloud > aktifkan backup.

Mengatur iCloud untuk Windows di PC - Apple Support (ID)

Semua pengguna Apple akan mendapatkan free iCloud 5GB pada akun yang terdaftar dan disambungkan pada perangkat. Jika membutuhkan storage lebih, pengguna perlu untuk membayar paket-paket yang telah disediakan oleh Apple.

Jika kamu berpikir bahwa iCloud sama dengan Google Drive, cara kerjanya memang serupa. Namun, iCloud tidak hanya menyimpan data file saja tapi juga menyimpan data pada perangkat seperti kontak, pesan/SMS, dan lainnya.


Baca juga: iPhone 12 Masih Layak Dipakai Sampai Sekarang, Simak Alasannya!


5. Selalu Update Software iPad

Fungsi dari update software adalah untuk mengoptimalkan sebuah perangkat, mulai dari memberikan pembaharuan yang menjadi semakin bagus, canggih, dan mengurangi bug.

Faktanya, banyak yang jarang melakukan update software. Jadi apakah penting untuk selalu melakukan update software pada iPad?

Jika bisa, sebaiknya lakukan update software setiap ada pembaharuan. Karena jika tidak melakukan update software, mungkin akan ada aplikasi yang tidak mendukung serta adanya bug yang masih berjalan pada sistem.

Namun, perlu diketahui juga bahwa software update yang dipaksakan dapat merusak perangkat juga meskipun secara tidak langsung, contohnya baterai yang lebih cepat habis.

Misalnya iPhone 5 belum tentu dapat menjalankan iOS 16 seperti iPhone 14 dengan maksimal meskipun developer telah menentukan batasan dan penyesuaian pada model atau seri perangkat.

Jangan khawatir jika lupa untuk update software, karena akan selalu ada tanda notifikasi dari ikon aplikasi pengaturan.

Cara untuk update software pada iPad adalah ke menu pengaturan > umum > pembaruan perangkat lunak > unduh software baru.

iOS 11.4 Update Released, Download Now for iPhone and iPad | OSXDaily

Untuk mengunduh software dapat diaktifkan secara otomatis, sehingga iPad akan langsung menginstall software baru selama perangkat terkoneksi Wi-Fi.

Kesimpulan

Itu adalah salah satu tips merawat iPad yang umum dan cukup untuk dilakukan secara mandiri. Jika kamu belum lakukan salah satu dari tips merawat iPad diatas, kamu perlu untuk segera melakukannya.

Kalau kamu sudah punya iPad dan bingung mau tukar tambah dimana? Kamu bisa ke Jagofon aja, pasti kamu bisa dapat iPad yang lebih baru dengan harga yang terjangkau.

Jagofon punya semua tipe iPad loh, mulai dari iPad Air hingga iPad Mini. Semua produk di Jagofon terverifikasi IMEI dan bergaransi! Selain itu, perangkat juga telah dibersihkan secara profesional hingga seperti baru kembali.

Tidak hanya tips merawat iPad, Jagofon juga punya tips merawat Macbook. Kamu juga bisa tukar tambah semua perangkat elektronik kamu, apapun itu mulai dari handphone, tablet, hingga laptop.