Product

Inilah Spesifikasi dan Harga iPad 6 Tahun 2023

Pertama kali meluncurkan tabletnya pada tahun 2010, Apple menamakan tabletnya ini dengan nama iPad, yang sekarang sangat digemari oleh banyak orang dengan desain elegan dan bergam fiturnya yang canggih. Tak hanya berhenti disitu, Apple terus berinovasi dengan meluncurkan iPad dengan upgrade terbarunya, dan kini telah sampai dengan iPad generasi ke-10.

Meskipun telah meluncurkan tabletnya dengan teknologi muktahir, tak jarang banyak pengguna yang memilih untuk membeli iPad dengan versi sebelumnya karena harganya lebih terjangkau terlebih memiliki fitur khas iPad, salah satunya yaitu iPad generasi ke-6.

iPad generasi ke-6 atau dikenal dengan iPad 6 ini pertama kali diluncurkan pada bulan Maret tahun 2018. Hadir dengan berbagai fitur menarik dan mumpuni, iPad 6 ini masih diincar oleh banyak orang. Penasaran dengan spesifikasi lengkap dan harganya? Yuk simak artikel berikut!

Desain Klasik ala Apple

Source : iPrice

iPad 6 ini memiliki dimensi tinggi 240 mm, lebar 169,5 mm, tebal 7,5 mm. Untuk bobotnya sendiri, terdapat perbedaan pada versi seluler dan juga Wi-Fi, yaitu bobot 478 gram untuk versi seluler dan 469 gram untuk versi Wi-Fi. Desainnya juga masih mengusung desain klasik milik Apple.

iPad 6 ini didesain dengan bezel tebal, tombol home yang berada di tengah bawah untuk pengamanan melalui sidik jari, serta terdiri dari tiga pilihan warna yaitu Silver, Abu-Abu, dan Gold. Meskipun masih memiliki desain klasik Apple, iPad 6 ini masih menampilkan kesan yang elegan.

Layar iPad 6 yang berukuran 9,7 inch dan bobotnya yang cukup ringan bisa dibilang sangat compact, membuat iPad ini mudah dibawa maupun disimpan. Untuk layarnya, iPad 6 ini menggunakan layar Retina beresolusi 2048 x 1536 piksel, namun masih menggunakan teknologi IPS dan telah dilindungi oleh lapisan oleophobic anti sidik jari.

Baca juga: Inilah Line Up iPad Air dan Spesifikasi iPad Air Tebaru

Performa iPad 6th Gen

iPad 6 ini ditenagai oleh Chip A10 fusion dengan RAM 2GB. Chip ini sama persis dengan yang digunakan pada iPhone 7. Dilansir dari laman iprice, Chip A10 Fusion ini diklaim 40% lebih tinggi dibandingkan dengan chip A9 yang ada para produk Apple versi sebelumnya.

Selain itu, iPad 6 ini juga memiliki performa yang mulus untuk digunakan dalam keseharian, seperti scrolling, menonton video, chatting, mengedit video ringan, hingga memainkan game. Game yang cukup berat seperti PUBG dan Fortnite, juga dapat dijalankan oleh iPad 6 ini dengan cukup mulus tanpa lagging.

iPad 6 ini juga dilengkapi dengan pilihan penyimpnan 32 GB dan 128 GB yang dapat disesuaikan dengan preferensi para pengguna. iPad 6 ini juga telah mendukung kehadiran Apple Pencil Gen 1 yang akan membuat kinerja pengguna lebih eifisien. Untuk spesifikasi iPad 6 dapat dilihat pada tabel berikut :

Bodi dan Dimensi

Dimensi  

169.5 x 240 x 7.5mm


Bobot 

469 g (Wi-Fi) 

478 g (LTE)


Warna

Abu-abu, silver, gold

Layar

Teknologi IPS LCD

Ukuran 9,7  inch

Resolusi 1536 x 2048piksel

Chipset

Apple A10 Fusion (16 nm)

Quad-core 2.34 GHz (2x Hurricane + 2x Zephyr)

PowerVR Series7XT Plus (six-core graphics)

Sistem Operasi

iOS 11.3, upgradable to iPadOS 17.3

Kamera

Kamera Utama 

8 MP, f/2.4, 31mm (standard)

Video

1080p@30fps, 720p@120fps, HDR, stereo sound rec.


Kamera Depan 

1.2 MP, f/2.2, 31mm (standard)

HDR, Panorama

Video 720p@30fps

Baterai

Li-Po 8827 mAh, non-removable (32.9 Wh)

Penyimpanan

32  GB

128 GB

Kamera Memadai

Meskipun diluncurkan pada 2018 yang lalu, kamera iPad 6 masih memadai untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari, apalagi untuk mengambil gambar sederhana. Kamera utama dari iPad 6 ini memiliki resolusi 8 MP yang dapat merekam video hingga resolusi 1080p pada kecepatan 30fps dengan audio stereo.

Sedangkan untuk kamera depan iPad 6 telah beresolusi 1,2 MP yang juga dapat melakukan perekaman video dengan kualitas 720p pada kecepatan 30 fps. Fitur kamera lainnya yaitu terdapat face detection, panorama, live photo, dan juga fitur HDR. Untuk kamu yang penasaran dengan hasil kameranya dapat dilihat pada gambar berikut :

Source : Youtube Putu Reza
Source : Youtube Putu Reza

Fitur Lainnya iPad 6th Gen

Selain beragam fitur yang sudah disebutkan di atas, iPad 6 juga memiliki kapasitas baterai yang cukup awet untuk pemakaian sehari-hari dengan kapasitas baterai 8827 mAh. Berdasarkan klaim dari Apple, iPad 6 ini dapat bertahan hingga 10 jam untuk menjelajahi web melalui Wi-Fi, menonton video, ataupun mendengarkan musik.

Namun sayangnya, iPad 6 ini belum didukung oleh pengisian daya cepat (fast charging) dan kabel untuk pengisian dayanya masih menggunakan jenis kabel lightning ciri klasik produk dari Apple, belum menggunakan USB Type C yang universal.Pengguna mungkin akan membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam untuk bisa mengisi daya iPad 6 dari kosong hingga penuh.

Di samping itu, iPad 6 juga belum mendukung jaringan 5G. Hal ini tidak terlalu menjadi masalah, mengingat pengguna masih bisa menggunakan jaringan Wi-Fi. Untuk rentang harganya, iPad ini sudah bisa dimiliki dengan harga satu sampai tiga jutaan saja. Untuk kamu yang penasaran dengan iPad model lainnya, kamu bisa mengunjungi website Jagofon.

Baca juga: Inilah Line Up iPad Pro dan Spesifikasi iPad Pro Tebaru

Cek iPad 6th Gen di Jagofon!

Gimana Jagoans? tertarik untuk membeli iPad 6? Untuk Jagoans yang masih bingung, berikut beberapa ponin yang dapat kamun pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli iPad 6 :

Alasan Membeli iPad 6 :

  • Harganya sangat terjangkau untuk fitur yang mumpuni
  • Peforma masih baik ┬ádan setara dengan performa iPhone 7 dengan chip A10 Fusion.
  • iOS masih dapat di update hingga iOS 17.
  • Mendukung Apple Pencil Generasi Pertama.
  • Kapasitas baterai 8827 mAh cukup untuk untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Alasan Tidak Membeli iPad 6 :

  • Desain masih klasik, menggunakan bezel yang lebar dan Touch ID yang tidak modern seperti iPad versi terkini.
  • Layar terkesan sempit karena memiliki bezel yang lebar meskipun berukruan 9,7 inch.
  • Belum mendukung teknologi pengisian daya cepat (fast charging).
  • Belum menggunakan USB Type C yang universal.
  • Kurang cocok untuk aktivitas fotografi karena resolusi masih 8 MP dan 1,2 MP.

Nah itu dia beberapa poin penting yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membeli iPad 6. Dari pada bingung mau beli dimana, kamu bisa banget langsung kungjungi website Jagofon. Selain iPad 6, ada banyak model iPad lainnya yang bisa kamu bandingkan dan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Jagofon merupakan marketplace spesialis gadget bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja gadget bekas. Semua gadget bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah gadget dengan kualitas terbaik.

Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 bulan loh! Jadi pembeli yang pintar! Kamu bisa dapatkan gadget bekas yang kualitasnya setara dengan gadget baru, namun harganya lebih terjangkau! Yuk, tunggu apalagi? segera dapatkan gadget impian kamu hanya di Jagofon!