Product

iPad Mini 5 Review: Masih Layak Beli Di Tahun 2023?

iPad Mini 5 adalah iPad favorit yang masih bisa bertahan sampai sekarang. Dijual dengan harga 5 jutaan ke bawah, iPad Mini 5 adalah alternatif bagi mereka yang ingin menggunakan iPad tanpa harus menghabiskan banyak biaya. Apa sih, kelebihan dari iPad ini? Yuk, lihat review iPad Mini 5 oleh Jagofon!

Desain & Display

Secara fisik, iPad Mini 5 memiliki berat yang cukup memuaskan. Meskipun iPad Mini 5 masuk dalam kategori tablet, produk ini memiliki berat yang ringan yaitu 300 gram. Beratnya yang ringan ini tidak akan menambah bebanmu. Bahkan, kamu bisa memegangnya dengan satu tangan saja.

Kalau kamu sudah pernah melihat iPad 4, maka kamu akan familiar dengan desain iPad Mini 5. Letak tombol yang ada di samping posisinya benar-benar sama dengan iPad sebelumnya. Semua tombolnya, mulai dari tombol power di kanan atas, tombol di tengah untuk fingerprint, jack headphone di bagian bawah – semuanya ada di iPad Mini 5.

Source: 9to5mac

Cara charging-nya pun sama. Karena iPad ini cukup lama, tablet ini masih menggunakan kabel lightning untuk mengisi baterainya. Tapi hal ini bukanlah hal yang buruk, karena kamu bisa menggunakan kabelnya untuk transfer data ke laptop juga.

Yang membuat iPad Mini 5 berbeda adalah tiga warnanya – perak, abu-abu, gan gold. Dengan sentuhan glitter yang samar, tiga warna ini memberikan kesan yang mewah di iPad Mini 5.

Source: gottabemobile.com

Meskipun iPad Mini 5 bukan series baru, produk ini tidak kalah dalam aspek display. iPad Mini 5 memiliki screen yang kokoh namun tipis. Karena tipis, kamu bisa menggambar atau menulis dengan mudah di atasnya. Fitur ini lah yang membuat iPad Mini 5 terkenal di kalangan artis, pelukis, penulis, dll.

Mau menggunakan iPad Mini 5 untuk gaming? Tentu saja bisa. Bahkan, kamu mungkin akan terkejut dengan warna gamenya yang sangat cerah dan tajam. Hal ini karena iPad Mini 5 dilengkapi dengan Retina dan True Display, sehingga warna akan pop out ketika ditampilkan di layar.

Baca juga: Perbandingan iPad 9 dan iPad 8 yang Wajib Kamu Pahami

Performa

Seperti yang dikatakan sebelumnya, iPad Mini 5 bisa bertahan untuk gaming. Mulai dari game simpel sampai game 3D, semuanya bisa dimainkan dengan grafik yang mulus.

Tentu saja, tablet ini bisa menggunakan aplikasi berat selain game. iPad Mini 5 bisa digunakan untuk Adobe dan ProCreate. Dan sama seperti game, iPad Mini 5 bisa proses aplikasi yang disebutkan dengan mulus. Bahkan, kamu bisa menggunakannya pada saat yang bersamaan.

Source: SkillShare

Performa iPad Mini 5 yang menakjubkan ini berkat chip A12. Kalau kamu pernah mendengarnya, hal ini karena chip tersebut digunakan oleh iPhone X yang terkenal dan revolusioner. Chip A12 sudah didesain sedemikian agar perangkatnya bisa melakukan pekerjaan heavy duty tanpa harus mengorbankan performa dan daya baterai. Jadi jangan kaget kalau iPad Mini 5 kamu bisa bekerja dengan baik dari awal sampai akhir.

Kamu bisa FaceTime menggunakan iPad Mini 5. FaceTime-nya tergantung dengan koneksi internet. Tenang saja, karena iPad Mini 5 memberi opsi WiFi dan LTE. Jadi, kamu bisa mengganti koneksi apabila salah satu koneksi lambat.

Source: Apple

Tidak usah khawatir soal suara ketika kamu FaceTime, karena iPad Mini 5 punya speaker dengan performa yang ok. Meskipun suaranya tidak maksimal ketika kamu menggunakan full volume, speakernya memberikan suara yang jernih ketika volumenya tidak full. Bahkan, kamu bisa mendengar suara bas meskipun hanya samar-samar. Dan karena iPad Mini 5 punya headphone jack, kamu bisa menggunakan headphone kamu kalau kamu mau mendengar suaranya FaceTime-nya lebih jelas lagi.

Bagaimana kalau kamu butuh memori yang banyak? Tenang saja, karena iPad Mini 5 ada dua pilihan untuk storage. Kamu bisa mendapatkan yang memiliki 64 GB atau 256 GB. perlu diingat bahwa jumlah memori yang dihitung belum termasuk memori yang digunakan untuk aplikasi dasar, jadi pastikan kamu memilih perangkat yang memorinya cocok untuk kebutuhanmu.

Kalau memori yang disediakan tetap tidak cukup, kamu bisa menggunakan iCloud untuk menyimpan file kamu secara online. Tapi, kamu harus mengeluarkan dana untuk berlangganan iCloud. Pastikan kamu pilih versi yang terbaik untuk kamu.

iPad Mini 5 juga dirilis dengan Apple pencil.

Source: Apple

Kamera dan Baterai

Kamera iPad Mini 5 tidak kalah dengan iPhone. Meskipun kameranya hana mempunyai 7 dan 8 megapiksel, hasil foto yang dibuat cukup jernih dan mendekati dengan warna asli objek foto. Kamera depannya pun cukup jernih untuk selfie dan FaceTime. Jadi meskipun hasilnya tidak se-detail kamera jaman sekarang, hasilnya tetap OK untuk dilihat.

Kalau kamu mau merekam video, kamu bisa melakukannya dengan kualitas HD atau 1080p. Kualitasnya sama saja dengan hasil foto jadi jangan berekspektasi lebih. Tidak ada fitur khusus untuk videonya, jadi pastikan bahwa kamu bisa memilih lokasi shooting yang baik. Jika tidak, videomu bisa terlihat gelap karena kekurangan cahaya.

Kamera iPad 4 vs iPad 5 (source: Youtube Rodolfito Soca)

Ketika kamu membuat videomu, kamu nggak usah takut kalau iPad-nya bakal mati. Karena, Apple mengatakan bahwa iPad Mini 5 bisa bertahan selama 10 jam. Dan Apple memenuhi pernyataan mereka; setelah dites, iPad Mini 5 bisa bertahan sampai 13 jam sendiri kalau kamu menggunakan WiFi.

Daya tahan baterai iPad Mini 5 bervariasi, tergantung dengan apa yang dilakukan. Seperti yang dikatakan sebelumnya, tablet ini bisa bertahan 13 jam dengan WiFi. kalau tabletnya didiamkan saja tanpa koneksi dan cahaya rendah, iPad Mini 5 bisa bertahan sampai 28 jam.

Tentu saja, daya baterainya akan berkutand juga apabila melakukan aktivitas berat. Kalau kamu nonton film HD dengan kualitas 1080p, iPad mini ini bisa bertahan selama 14 jam. Dan kalau pencahayaan yang digunakan paling tinggi, produknya bisa bertahan selama 2 jam. Meskipun performa baterainya tidak sampai sehari, kamu bisa survive selama 12 jam-an dengan iPad Mini 5.

Baca juga: Inilah 5 Tips Penting Merawat iPad Agar Lebih Awet

Apakah Kamu Harus Memilikinya?

Source: trustedreviews.com

Kamu bisa memilih untuk membeli iPad Mini 5 atau tidak sesuai kebutuhanmu. Kalau kamu butuh tablet untuk kegiatan sehari-hari dan aktivitas yang agak intense, kamu bisa menggunakan iPad Mini 5. Tablet ini bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama dan memiliki performa yang baik sehingga kamu bisa menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari.

Tapi, kalau kamu butuh tablet untuk aktivitas yang sangat heavy, kami sarankan untuk menggunakan iPad Mini 6. Kalau kamu mau membelinya tapi punya budget terbatas, kamu bisa membeli iPad Mini 5 di Jagofon.

Jagofon menyediakan iPad second sehingga kamu bisa membeli iPad Mini 5 dengan harga yang lebih rendah. Meskipun second, semua produk Jagofon berkualitas karena mereka selalu melakukan quality check di 90+ titik produk mereka. Jadi kalau kamu mau beli iPad Mini 5 berkualitas dengan harga rendah, beli sekarang di Jagofon!