Comparison

February 10, 2024

Perbandingan iPhone 11 Pro Max dan iPhone 15 Pro Max Tahun 2023

Dengan perilisan iPhone Series 15, Apple sekali lagi membuktikan komitmennya untuk terus berinovasi dan memperkenalkan teknologi canggih dalam industri smartphone. Seri terbaru ini menampilkan berbagai perubahan yang signifikan, mulai dari penggunaan chip A17 Pro yang lebih kuat hingga peningkatan pada sistem kamera dengan sensor yang lebih besar dan kemampuan zoom optik yang ditingkatkan.

Source: Business Today

Selain itu, fitur-fitur tambahan seperti layar dengan refresh rate yang lebih tinggi, speaker stereo yang lebih kuat, dan kemampuan merekam video ProRes 4K 60 FPS, menunjukkan upaya Apple untuk terus memenuhi dan melampaui harapan Jagoans. Dengan kombinasi inovasi teknologi, desain yang elegan, dan kualitas yang terjamin, iPhone Series 15 terus memperkuat posisi Apple sebagai pemimpin dalam industri smartphone.

iPhone Series 15 juga menjadi pilihan utama bagi para pengguna iPhone yang menginginkan perangkat yang canggih dan andal. Tetapi, ternyata masih banyak juga yang masih setia menggunakan iPhone seri yang lama, loh. Salah satunya yang akan Jagofon bahas kali ini adalah iPhone 11 Pro Max. Kira-kira perbedaan apa saja yang sangat mencolok? Yuk, simak perbedaan iPhone 11 Pro Max dan iPhone 15 Pro Max!

Baca juga: Perbandingan iPhone 15 dan iPhone 11, Sejauh Apa Upgradenya?

Desain

iPhone 11 Pro Max menonjol dalam desain yang elegan dan futuristik dengan kombinasi material kaca dan stainless steel yang menghasilkan tampilan yang premium dan tangguh. Dengan layar Super Retina XDR berukuran 6.5 inci yang melengkung indah ke tepi, iPhone 11 Pro Max memberikan pengalaman visual yang mendalam dan imersif bagi Jagoans. Meskipun memiliki layar yang luas, desainnya tetap ramping dan ergonomis, dengan sudut-sudut yang halus dan tepi yang presisi, memberikan kenyamanan saat digenggam.

Source: ZD Net

Selain itu, iPhone 11 Pro Max juga hadir dalam beragam pilihan warna yang elegan, sehingga kamu dapat menemukan gaya yang sesuai dengan preferensimu. Dengan kombinasi desain yang menawan dan ukuran yang nyaman, iPhone 11 Pro Max menjadi pilihan yang sangat diminati bagi kamu yang menginginkan smartphone yang tidak hanya fungsional, tetapi juga bergaya.
iPhone 15 Pro Max menggunakan titanium pada frame-nya, menggantikan stainless steel yang sebelumnya digunakan.

Titanium dipilih karena sifatnya yang kokoh, ringan, dan tahan korosi, sehingga menjadikan bobot keseluruhan bodi iPhone 15 Pro Max lebih ringan dari pendahulunya, iPhone 14 Pro Max. Meskipun demikian, kelengkungan frame pada iPhone 15 Pro Max menambah ketebalan menjadi 8,25 mm, tetapi memberikan kesan yang lebih natural dan nyaman saat digenggam. Selain titanium, iPhone 15 Pro Max juga menggunakan kaca di sisi belakang dan Ceramic Shield di sisi layar, menjadikannya tidak hanya tahan debu dan air, tetapi juga memancarkan kesan premium dalam desainnya.

Kamera

iPhone 11 Pro Max menawarkan sistem kamera yang mengesankan dengan tiga lensa utama yang bekerja secara sinergis: wide, ultra-wide, dan telephoto, memberikan fleksibilitas fotografi yang luar biasa bagi Jagoans. Dengan teknologi pengolahan gambar yang canggih, pengguna iPhone 11 Pro Max dapat mengambil foto yang detail, jelas, dan berwarna-warni dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Fitur-fitur seperti Night Mode dan Deep Fusion memperkuat kemampuan kamera dalam menghasilkan foto berkualitas tinggi bahkan dalam kondisi cahaya rendah, sementara kemampuan zoom optik dan digital yang kuat memungkinkan kamu untuk menangkap detail-detail halus dari jarak jauh. Dengan kombinasi kualitas kamera yang superior dan beragam fitur fotografi yang canggih, iPhone 11 Pro Max memenuhi harapan pengguna yang menginginkan kemampuan fotografi yang luar biasa dari smartphone-mu.

iPhone 15 Pro vs iPhone 11 Pro: What has changed? - PhoneArena
Source: Phone Arena

iPhone 15 Pro Max menampilkan serangkaian peningkatan yang signifikan dalam sistem kameranya, mulai dari kamera utama dengan sensor yang lebih besar dan teknologi stabilisasi baru hingga penggunaan kamera tele-periskop untuk zoom optik hingga 5x. Perubahan juga terlihat pada kamera ultrawide dengan lapisan anti-reflektif baru untuk meningkatkan kemampuan fotografi di malam hari, serta kemampuan merekam video yang unggul di semua kamera dengan resolusi hingga 4K 60 FPS dan fitur penstabil yang disertakan.

Selain itu, fitur baru yang menarik adalah kemampuan merekam video ProRes 4K 60 FPS yang dapat disimpan langsung ke penyimpanan eksternal, memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi kamu dalam mengelola ruang penyimpanan. Dengan kombinasi peningkatan kualitas gambar, kemampuan zoom yang ditingkatkan, dan fitur perekaman video yang canggih, iPhone 15 Pro Max menawarkan pengalaman fotografi dan videografi yang luar biasa untukmu.

Prosesor

iPhone 11 Pro Max menonjol dalam hal kinerja yang kuat berkat penggunaan chip A13 Bionic yang revolusioner. Chip ini tidak hanya meningkatkan kecepatan pemrosesan secara signifikan, tetapi juga membawa efisiensi energi yang lebih baik, memungkinkan penggunaan yang lebih lama tanpa pengisian ulang. Dengan kecerdasan buatan yang ditingkatkan, chip A13 Bionic memperkuat pengalaman Jagoans dengan meningkatkan kinerja dalam berbagai aplikasi, termasuk game yang menuntut grafis tinggi dan aplikasi produktivitas yang membutuhkan pemrosesan data yang cepat.

Source: Wondershare Mobile Trends

iPhone 15 Pro Max ditenagai oleh SoC baru bernama Apple A17 Pro, menggantikan Apple A16 Bionic yang digunakan pada model sebelumnya. SoC ini mengalami beberapa perubahan signifikan, termasuk peningkatan clock speed CPU, penambahan core GPU menjadi enam core, proses fabrikasi yang lebih kecil menjadi 3 nm, dukungan akselerasi ray tracing dan codec AV1 secara hardware, serta peningkatan kemampuan AI melalui neural engine yang diklaim 2x lebih cepat.

Namun, dibandingkan dengan A16 Bionic, A17 Pro menawarkan peningkatan performa CPU sebesar 10 persen dan GPU sebesar 20 persen, serta disandingkan dengan RAM 8 GB yang lebih besar dari pendahulunya, iPhone 14 Pro Max, bersama dengan opsi penyimpanan internal yang bervariasi. Uji benchmark sintetis GSM Arena juga memperlihatkan dampak positif SoC ini terhadap peningkatan performa iPhone 15 Pro Max.

Baterai

iPhone 11 Pro Max menawarkan daya tahan baterai yang impresif, menjadikannya pilihan yang cocok untukmu yang menginginkan smartphone yang dapat bertahan lama dalam penggunaan sehari-hari. Dibekali dengan baterai berkapasitas besar, iPhone 11 Pro Max mampu menjalankan berbagai aplikasi, permainan, dan aktivitas sehari-hari dengan lancar tanpa harus sering diisi ulang. Dukungan untuk pengisian cepat juga untuk mengisi daya secara efisien ketika diperlukan, sehingga kamu dapat tetap terhubung dan produktif sepanjang hari tanpa perlu khawatir tentang baterai habis.

iPhone 15 Pro vs. iPhone 13 Pro: is it time to upgrade? | Digital Trends
Source: Digital Trends

iPhone 15 Pro Max dilengkapi dengan baterai berkapasitas sekitar 4441 mAh, meskipun angka ini tidak diumumkan secara resmi oleh Apple. Kapasitas ini mengalami peningkatan sekitar 2-3 persen dari pendahulunya, iPhone 14 Pro Max. Dengan tambahan SoC yang lebih efisien, secara teori, diharapkan iPhone 15 Pro Max memiliki daya tahan baterai yang lebih lama.

Namun, dalam pengujian yang dilakukan oleh GSM Arena, iPhone 15 Pro Max mencatatkan skor ketahanan baterai 118 jam, turun tiga jam dari pendahulunya. Meski demikian, ketahanan baterai tersebut tetap dianggap sangat baik untuk HP dengan baterai kurang dari 4500 mAh, terbukti dengan kemampuan bertahan hingga 24 jam 8 menit dalam skenario uji pemutaran video lokal, bahkan lebih awet dari Smartphone lainnya.

Speaker

iPhone 11 Pro Max menawarkan pengalaman audio yang memuaskan dengan speaker stereo yang kuat dan berkualitas tinggi. Dengan desain speaker stereo yang ditempatkan di bagian atas dan bawah perangkat, iPhone 11 Pro Max menghasilkan suara yang jernih dan kaya, baik untuk mendengarkan musik, menonton video, atau berkomunikasi melalui panggilan telepon. Teknologi Dolby Atmos yang disematkan dalam perangkat ini juga meningkatkan pengalaman audio, menciptakan suasana yang imersif dan menyeluruh bagimu.

Everything the iPhone 15's USB-C port can do (and what you'll need to do  it) | Macworld
Source: MacWorld

Speaker stereo pada iPhone 15 Pro Max menawarkan pengalaman audio yang luar biasa dengan kualitas suara yang mantap dan seimbang. Konfigurasinya tetap seperti pendahulunya, dengan speaker utama di bagian bawah dan speaker sekunder yang berfungsi sebagai earpiece. Suara yang dihasilkan oleh kedua speaker tersebut seimbang dan kaya akan elemen, termasuk bass, treble, dan vokal, memberikan pengalaman mendengarkan yang menyenangkan dan memuaskan bagi Jagoans.

Baca juga: Punya iPhone 11 Pro, Haruskah Upgrade ke iPhone 15 Pro?

Kesimpulan

Perbedaan antara iPhone 11 Pro Max dan iPhone 15 Pro Max mencakup berbagai aspek, mulai dari desain dan spesifikasi teknis hingga fitur-fitur tambahan. Secara umum, iPhone 15 Pro Max menampilkan peningkatan yang signifikan dalam hal performa, dengan penggunaan chip A17 Pro yang lebih kuat dan efisien, serta kamera yang diperbarui dengan sensor yang lebih besar dan teknologi stabilisasi yang lebih baik.

Selain itu, iPhone 15 Pro Max juga menawarkan fitur-fitur tambahan seperti speaker stereo yang ditingkatkan, layar dengan refresh rate yang lebih tinggi, dan kemampuan merekam video ProRes 4K 60 FPS. Meskipun demikian, iPhone 11 Pro Max masih menjadi pilihan yang valid dengan desain yang klasik, performa yang baik, dan fitur-fitur yang memadai untuk kebutuhan sehari-hari.

Kamu bisa membeli iPhone 15 Pro Max sekarang juga di website Jagofon. Jagofon merupakan marketplace yang menjual HP bekas dengan kualitas terbaik! Semua produk yang dijual di Jagofon sudah melalui tes 90+ titik fungsi. Kamu bisa mendapatkan HP impianmu dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan membeli perangkat yang baru. Di sini kamu juga akan mendapatkan garansi hingga 6 bulan, loh!

Cukup checkout antara iPhone 11 Pro Max dan iPhone 15 Pro Max di website Jagofon, lalu segera dikirimkan ke rumahmu, deh. Jika kamu masih ragu ingin membeli HP yang mana, kamu bisa berkonsultasi dengan kami di kontak kami. Keputusan antara kedua model ini akan tergantung pada preferensi individu dan kebutuhanmu dalam hal teknologi dan fitur yang diinginkan.

Share on: